Pendaftaran Mahasiswa / Taruna Baru Sekolah Ikatan Dinas 2024/2025

Pendaftaran Mahasiswa / Taruna Baru Sekolah Ikatan Dinas 2024 -- Pendaftaran Mahasiswa Baru Sekolah Ikatan Dinas, Pendaftaran Taruna Baru Sekolah Ikatan Dinas, Penerimaan Calon Taruna / Mahasiswa Baru Ikatan Dinas, Pendaftaran Kuliah di Sekolah Ikatan Dinas, Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Gratis dari Pemerintah, Syarat, Alur, Cara, Jadwal, Tahap Seleksi, 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa / Taruna Baru Sekolah Ikatan Dinas 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa / taruna baru yang ingin mendaftarkan diri di Sekolah ikatan dinas pada tahun ini. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.


http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekolah Tinggi Ikatan Dinas atau yang sering disebut lebih singkat dengan sebutan Sekolah Ikatan Dinas merupakan lembaga pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah melalui Kementerian Republik Indonesia atau Lembaga Pemerintah Nonkementerian.

Sekolah ikatan dinas yang diselenggarakan oleh Kementerian Republik Indonesia yaitu : 
  • Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu), yaitu Politeknik Keuangan Negera STAN (PKN STAN)
  • Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), yaitu POLTEKIP dan POLTEKIM
  • Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yaitu Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI - STTD), dan beberapa perguruan tinggi lainnya, temukan pada artikel ini : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub
  • Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) , yaitu Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Sedangkan sekolah ikatan dinas yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemerintah Nonkementerian yaitu :
  • Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di bawah Badan Intelijen Negara (BIN), yaitu Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
  • Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di bawah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yaitu Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)
  • Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di bawah Badan Pusat Statistik (BPS), yaitu Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS)
  • Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di bawah Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), yaitu Polieknik Sandi dan Siber Negara (Poltek SSN)

Dari kedua jenis instansi yang menyelenggarakan sekolah ikatan dinas tersebut, terdapat cukup banyak sekolah ikatan dinas untuk saat ini. Dari beberapa sekolah ikatan dinas tersebut, yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa / taruna hanya satu saja.

Jadi, seorang calon mahasiswa baru atau calon taruna baru hanya bisa memilih satu saja sekolah ikatan dinas yang diminati.
Baca Juga : Pendaftaran Sekolah Tinggi kedinasan (Ikatan Dinas dan Non Ikatan Dinas)
Calon mahasiswa atau taruna baru harus menentukan pilihan dengan tepat agar pilihannya bisa mengantarkan diri lulus seleksi dan diterima sebagai mahasiswa / taruna baru di sekolah ikatan dinas yang diminati.

Nah, bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru atau calon taruna baru, maka perlu untuk membaca artikel di bawah ini secara lengkap dan jelas. Silahkan dibaca dan lanjutkan pada artikel berikutnya untuk melengkapi informasi yang ada.

A. Penjelasan Menu di Portal SSCN BKN

Sebelum kalian melakukan pendaftaran, terlebih dahulu pahami menu-menu yang ada di situs Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id) agar nanti ketika mendaftar tinggal klik saja menu pendaftaran. Penjelasan selengkapnya mengenai ini silahkan lanjutkan pada artikel : Penjelasan Menu di Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id)

B. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Setelah memahami menu-menu yang ada di Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id), selanjutnya baca persyaratan pendaftaran calon mahasiswa atau taruna baru untuk sekolah ikatan dinas yang diminati. Penjelasan selengkapnya dapat di baca pada artikel : Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas


Setelah membaca persyaratan pendaftaran dan bisa memenuhinya semua, selanjutnya silahkan daftarkan diri pada salah satu sekolah ikatan dinas yang diminati.

Pendaftaran dilakukan melaui dua tahap. Pertama yaitu pendaftaran secara online melalui Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id . Setelah mendaftar di alamat tersebut, lanjutkan mendaftar di website resmi masing-masing Sekolah Ikatan Dinas.

Penjelasan selengkapnya di Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN

D. Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Untuk memahani seperti apa urutan kegiatan pendaftaran calon mahasiswa atau taruna baru sekolah ikatan dinas, maka langsung saja simak informasi berikut : Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

E. Tahapan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

Setelah proses pendaftaran selesai, selanjutnya calon mahasiswa atau taruna baru mengikuti seleksi sesuai ketentuan masing-masing sekolah ikatan dinas yang diminati. Seleksi calon mahasiswa atau taruna ikatan dinas dilakukan dalam beberapa tahap dan menggunakan sistem gugur.

Untuk mengetahui secara rinci tahapan seleksi sekolah ikatan dinas masing-masing, silahkan baca pada artikel berikut Tahapan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas.

F. Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

Agar seluruh kegiatan mulai dari pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman hasil seleksi dapat terkontrol dengan baik, maka perlu sekali kalian mengetahui jadwalnya. Baca selengkapnya :  Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

F.  Daftar Sekolah Tinggi Ikatan Dinas dan Profilnya

Untuk mengetahui keseluruhan sekolah ikatan dinas yang akan dipilih pada saat pendaftaran nanti, maka perlu untuk membaca secara lengkap artikel ini : Daftar Sekolah Tinggi Ikatan Dinas dan Profilnya

G. Tanya Jawab dan Konsultasi Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Bagi calon mahasiswa atau taruna baru yang mengalami kesulitan dalam melakukan proses pendaftaran atau yang ingin menanyakan hal yang tidak dipahami mengenai proses pendaftaran ini, silahkan kontak panitia di alamat yang tersedia. Berikut admin telah merangkumnya pada artikel : Tanya Jawab dan Konsultasi Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

H. Pengumuman Hasil Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

Seperti yang teah dijelaskan di atas bahwa seleksi calon mahasiswa atau taruna baru ikatan dinas dilakukan dalam beberapa tahap. Di akhir dari setiap tahapan akan diumumkan nama-nama peserta yang dinyatakan lulus. Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca : Pengumuman Hasil Seleksi Sekolah Ikatan Dinas


Itulah informasi mengenai pendaftaran mahasiswa atau taruna baru sekolah ikatan dinas. Bagi kalian yang benar-benar inging diterima menjadi mahasiswa atau taruna baru sekolah ikatan dinas, maka persiapkan segala sesuatunya mulai sekarang.

Persiapan yang bisa dilakukan yaitu menyiapkan berkas pendaftaran, menyiapkan kemampuan diri, baik kemampuan akademik ataupun kemampuan fisik, dan kemampuan wawancara, serta persiapan lainnya yang harus diperlukan.

Baca Juga :

Demikian penjelasan mengenai Pendaftaran Mahasiswa / Taruna Baru Sekolah Ikatan Dinas. Semoga informasi di atas dapat memberikan pencerahan bagi calon mahasiswa atau taruna baru sekolah ikatan dinas. Cukup sekian dan semoga kalian sukses dalam proses pendaftaran, seleksi, dan kelulusan akhir. Salam sukses dan semangat terus untuk menggapan kesuksesan.