Persyaratan Pendaftaran Masuk Sekolah Ikatan Dinas 2020/2021

Persyaratan Pendaftaran Masuk Sekolah Ikatan Dinas 2020 -- Syarat Masuk Sekolah Ikatan Dinas, Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa / Taruna Baru Ikatan Dinas, Syarat Penerimaan Mahasiswa / Taruna Baru Ikatan Dinas, Persyaratan untuk Mendaftar Kuliah di Sekolah Tinggi Ikatan Dinas, Syarat Daftar PKN STAN, Syarat Daftar IPDN, Syarat Daftar Polstat STIS, Syarat Daftar POLTEKIP, Syarat Daftar POLTEKIM, Syarat Daftar STSN, Syarat Daftar STIN, Syarat Daftar STTD, Syarat Daftar STMKG, Syarat Daftar Kuliah Gratis Ikatan Dinas. 2022. 2023.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Persyaratan Pendaftaran Masuk Sekolah Ikatan Dinas 2020/2021. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa / taruna baru yang ingin mendaftarkan diri di Sekolah Tinggi Ikatan Dinas. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.


Sekolah Tinggi Ikatan Dinas merupakan lembaga pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah di bawah naungan Kementerian Republik Indonesia ataupun oleh Lembaga Pemerintah Nonkementerian.

Telah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya bahwa saat ini ada 8 sekolah tinggi ikatan dinas yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Sekolah ikatan dinas yang dimaksud yaitu PKN STAN, STIN, IPDN, STMKG, STIN,  Poltekip dan Poltekim, STSN, dan Perguruan tinggi di bawah Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi). Baca selengkapnya Daftar Sekolah Ikatan Dinas dan Profilnya

Kedelapan sekolah ikatan dinas tersebut hanya bisa dipilih salah satu saja oleh calon mahasiswa atau taruna baru pada saat pendaftaran. Artinya, calon mahasiswa atau taruna hanya bisa memilih satu saja sekolah ikatan dinas yang diminati.
Untuk bisa mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa atau taruna baru di sekolah ikatan dinas, maka terlebih dahulu calon mahasiswa atau taruna harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia.

Semua informasi mengenai sekolah ikatan dinas telah tertera pada Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id. Baca lanjutannya : Pendaftaran Online sscasn.bkn.go.id .Begitu juga dengan persyaratan pendaftaran masing-masing sekolah ikatan dinas, semuanya telah dipublish di situs tersebut.

Nah, mungkin banyak yang bertanya, bagaimana melihat persyaratan pendaftaran di situs SSCN tersebut. Caranya langsung saja akses melalui alamat di atas. Namun jika situs tidak bisa diakses, artinya belum ada pendaftaran yang dibuka. Jadi, tunggu hingga pendaftaran dibuka.

Untuk membantu calon mahasiswa atau taruna baru dalam mempersiapkan berkas pendaftaran atau dokumen pendaftaran yang diperlukan pada saat pendaftaran nanti, berikut admin telah merangkum informasi seputar Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas yang diambil dari data tahun lalu. Informasi ini akan diupdate saat persyaratan untuk tahun ini telah tersedia. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas tahun 2020. Update.

A. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas PKN STAN
Info : PKN STAN tidak membuka penerimaan mahasiswa baru di tahun 2020. Namun informasi di bawah ini bisa dijadikan sebagai rujukan untuk kalian yang ingin mendaftar PKN STAN di tahun depan. Siapa tahu di tahun depan PKN STAN membuka penerimaan mahasiswa baru.

Kriteria Peserta :
  1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan Non-Kementerian Keuangan.
  2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Propinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementertan Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut. berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara

Persyaratan Pendaftaran PKN STAN
  1. Lulusan (tahun 2018 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2019) semua sekolah menengah atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar
    • lulusan tahun 2018 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidakkurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
    • calon lulusan tahun 2019, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2.80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2019 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1999 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2019 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
  4. Sehat jasmani dan kejiwaan dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria sehat jasmani adalah
    • mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
    • mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
    • mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu.
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus Spesialisasi Diploma I dan Diploma III Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syarat sebagai berikut:
    • jenis kelamin dan tinggi badan;
      • Spesialisasi Diploma I :
        • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
        • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;
      • Spesialisasi Diploma III :
        • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm;
    • tidak cacat badan;
    • tidak buta warna; dan
    • untuk pengguna kacamata / lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan / atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal ukuran 2 dioptri.
  7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
    • telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat, dan SMA/SLTA atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur; dan
    • memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
  8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
  9. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun-tahun sebelumnya.

Hanya PKN STAN yang tidak membuka penerimaan mahasiswa baru jalur ikatan dinas di tahun 2020 ini. Sekolah tinggi ikatan dinas lainnya dibuka di tahun ini seperti Polstat STIS, IPDN, STMKG, STSN, STIN, Poltekip dan Poltekip, STTD dan beberapa sekolah di bawah kementerian perhubungan

B. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Politeknik Statistik STIS

1. Persyaratan Umum :
    1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba;
    2. Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata / lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri;
    3. Lulusan SMA / MA Peminatan MIPA/IPS (semua Program Studi), dan SMK / MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika (khusus untuk Proram Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV);
    4. Nilai Matematika (Kelompok A/ Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1‐100) atau 3,20 (skala 1‐4,00) pada Ijazah atau Surat Keterangan Lulus/Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara (bagi yang belum memiliki ijazah);
    5. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2020;
    6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
    7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
    8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
    9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
    10. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS) / Kementerian / Lembaga / Instansi lainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten / Kota;

                      2. Persyaratan Khusus untuk Program Diploma III
                        • Domisili peserta adalah Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara (dibuktikan dengan Kartu Keluarga).

                        C. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas IPDN

                        1. Persyaratan Umum Pendaftaran IPDN
                        1. Warga Negara Indonesia
                        2. Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 31 Desember 2020; dan
                        3. Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm

                        2. Persyaratan Administrasi Pendaftaran IPDN
                        1. Berijazah paling rendah Sekolah Menengah Umum (SMU) atau Madrasah Aliyah (MA) termasuk lulusan Paket C dengan ketentuan
                          • Nilai Rata-rata Ijazah minimal 70,00 (tujuh puluh koma nol-nol) untuk Nilai Rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah lulusan 2017 s.d. 2020; dan
                          • Nilai Rata-rata Ijazah bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat ditetapkan minimal 65,00 (enam puluh lima koma nol-nol) untuk Nilai Rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah lulusan 2017 s.d. 2020;
                        2. KTP-el bagi peserta yang berusia 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP-el;
                        3. Bagi yang belum memiliki KTP-el atau Kartu Keluarga (KK) dapat melampirkan Surat Keterangan Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP-el yang ditandatangani oleh pejabat berwenang;
                        4. Surat Keterangan lulus dari Kepala Sekolah atau pejabat yang berwenang, bagi siswa SMU/MA Tahun Ajaran 2019/2020;
                        5. Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) khusus bagi peserta OAP yang ditandatangani oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota masing-masing dan mengetahui Ketua atau Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP);
                        6. Alamat e-mail yang aktif; dan
                        7. Pasfoto

                        3. Persyaratan Khusus Pendaftaran IPDN
                        1. Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
                        2. Tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi peserta pria, kecuali karena ketentuan agama/adat;
                        3. Tidak bertato atau bekas tato;
                        4. Tidak menggunakan kacamata / lensa kontak;
                        5. Belum pernah menikah / kawin, bagi pendaftar wanita belum pernah hamil / melahirkan;
                        6. Belum pernah diberhentikan sebagai Praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya dengan tidak hormat;
                        7. Apabila pendaftar dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebagai Praja IPDN, maka pendaftar:
                          • Sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan;
                          • Bersedia diangkat menjadi CPNS / PNS dan ditugaskan / ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia;
                          • Bersedia ditempatkan pada proses pembelajaran di seluruh kampus IPDN;
                          • Bersedia mentaati segala peraturan yang berlaku di IPDN; dan
                          • Bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan /atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, menyebarkan paham radikalisme dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual (LGBT).
                        8. Apabila pendaftar terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen persyaratan pendaftaran di atas maka pendaftar dinyatakan GUGUR; dan
                        9. Tata cara dan teknis pengisian persyaratan administrasi secara lengkap dapat dipelajari melalui video tutorial pada Website SPCP IPDN

                        D. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas STMKG

                        Info : STMKG tidak membuka pendaftaran di tahun ini. Jadi persyaratan ini sebagai gambaran :

                        Persyaratan Umum
                        1. Pria / Wanita, Warga Negara Indonesia
                        2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal minus (-) 2, spheris dan tidak silinder.     
                        3. Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun
                        4. Belum menikah dan  bersedia  tidak  menikah selama pendidikan.
                        5. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
                        6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
                        7. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
                        8. Bersedia  bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

                        Persyaratan Akademik
                        1. Lulus / akan lulus SMA / Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, serta jurusan yang sesuai dengan kompetensi Program Studi Instrumentasi-MKG.
                        2. Lulus / akan lulus SMK dengan kompetensi keahlian pada butir (1) tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-MKG. Kompetensi keahlian selain pada butir (1) tersebut tidak dapat  diterima.
                        3. Nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
                        4. Bagi yang sudah lulus SMA / MA / SMK nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 4, 5, dan 6) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).

                        E. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Poltekip dan Poltekim

                        1. Kriteria Pelamar
                        1. Formasi Umum merupakan pelamar lulusan SLTA-Sederajat yang memenuhi kualifikasi persyaratan sebagaimana dalam pengumuman ini.
                        2. Formasi Putra / Putri Papua / Papua Barat merupakan pelamar lulusan SLTA-Sederajat keturunan Papua / Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (salah satu atau kedua orang tua) asli Papua/Papua Barat, dibuktikan dengan KTP Bapak / Ibu kandung, Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir yang bersangkutan dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa / Lurah / Kepala Suku.
                        3. Formasi Pegawai merupakan pelamar yang telah diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum dan HAM dan memenuhi kualifikasi persyaratan sebagaimana dalam pengumuman ini.
                        4. Formasi Pegawai Putra / Putri Papua / Papua Barat merupakan pelamar keturunan asli putra / putri Papua / Papua Barat yang telah diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum dan HAM dan memenuhi kualifikasi persyaratan sebagaimana dalam pengumuman ini

                        2. Persyaratan Pendaftaran POLTEKIP dan POLTEKIM
                        1. Warga Negara Republik Indonesia;
                        2. Pria / Wanita;
                        3. Pendidikan SLTA sederajat;
                        4. Usia dengan ketentuan sebagai berikut :
                        5. Formasi Umum dan Formasi Putra / Putri Papua / Papua Barat: usia pelamar pada tanggal 1 Juni 2020 serendah-rendahnya 17 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun 0 bulan 0 hari (dibuktikan dengan Akta Kelahiran/surat keterangan lahir);
                        6. Formasi Pegawai dan Formasi Pegawai Putra/Putri Papua/Papua Barat: usia pelamar pada tanggal 1 Juni 2020 tidak lebih dari 25 tahun 0 bulan 0 hari (dibuktikan dengan Akta Kelahiran / surat keterangan lahir);
                        7. Tinggi Badan Pria minimal 165 cm, Wanita minimal 158 cm, berat badan seimbang (ideal) berdasarkan hasil pengukuran yang dilaksanakan pada saat verifikasi dokumen asli;
                        8. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, tidak memakai kacamata dan/atau softlens, tidak tuli, dan tidak buta warna;
                        9. Bagi pria tidak bertato / bekas tato dan tidak ditindik / bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama / adat dengan disertakan surat keterangan dari ketua adat;
                        10. Bagi wanita tidak bertato / bekas tato dan tidak ditindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik / bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan);
                        11. Belum pernah menikah dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Lurah/ Kepala Desa dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan;
                        12. Bersedia ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi di seluruh Wilayah Indonesia;
                        13. Tidak pernah putus studi/ drop out (DO) dari POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN dan POLITEKNIK IMIGRASI dan atau Akademi / Sekolah Kedinasan Pemerintah lainnya;
                        14. Membuat dan mengisi formulir pernyataan dan melengkapi surat-surat keterangan lainnya setelah dinyatakan diterima sebagai Calon Taruna / Taruni;
                        15.  Tidak sedang menjalani ikatan dinas/ pekerjaan dengan instansi/ perusahaan lain.
                        16. Bagi pelamar formasi pegawai / formasi pegawai Putra /Putri Papua / Papua Barat, selain harus  memenuhi persyaratan diatas (angka 1 s.d. 13), juga harus memenuhi syarat :
                          • Mendapatkan persetujuan untuk mengikuti pendidikan ikatan dinas dengan pangkat/gol. ruang setinggi-tingginya Pengatur Muda Tk.I/ (II/b) dibuktikan dengan surat pengantar dari Pejabat Pimpinan Tinggi (Pimpinan Unit Eselon I atau Kepala Kantor Wilayah);
                          • Tidak dalam proses pemeriksaan atau sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, dibuktikan dengan surat keterangan bebas dari proses pemeriksaan atau bebas hukuman disiplin dari Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Wilayah masing-masing;
                          • PPKP tahun 2018 dan PPKP tahun 2019 minimal bernilai baik dan seluruh komponen / unsur penilaian PPKP minimal baik serta telah membuat SKP tahun 2020 pada sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG);

                        3. Syarat Unggah Dokumen Pendaftaran
                        1. Surat Lamaran bermaterai Rp. 6.000,-
                        2. e-KTP / Surat Keterangan telah malakukan perekaman e-KTP
                        3. Ijasah (asli)
                        4. Akte Lahir / Surat Keterangan Lahir (asli)
                        5. Surat Keterangan belum menikah dari Lurah/Kepala Desa (asli)
                        6. Surat Pernyataan 6 Poin
                        7. Pas Foto berlatar belakang Merah (Poltekip) dan Biru (Poltekim)
                        8. Khusus pelamar lulusan tahun 2020 Ijasah bisa digantikan dengan Surat Keterangan Lulus

                        F. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas STIN

                        Persyaratan Umum
                          1. Warga Negara Indonesia (laki-laki / perempuan)
                          2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
                          3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945
                          4. Berkelakuan baik dan tidak terlibat tindak pidana
                          5. Berpendidikan minimal SMA / SMK / MA (bukan lulusan paket C) dengan ketentuan:
                          6. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan
                          7. Belum pernah melahirkan (perempuan) dan belum pernah punya anak biologis (laki-laki)
                          8. Tidak bertato dan/atau memiliki bekas tato
                          9. Tidak bertindik dan/atau memiliki bekas tindik pada bagian tubuh yang tidak lazim (perempuan)
                          10. Tidak bertindik dan/atau memiliki bekas tindik pada bagian tubuh manapun (laki-laki)
                          11. Sehat jasmani, rohani, dan tidak mengalami patah tulang
                          12. Apabila berkacamata, maksimal ukuran 1+ (plus) atau -(minus)
                          13. Tidak buta warna
                          14. Tinggi badan minimal laki-laki 165 cm, perempuan minimal 155 cm, dan berat badan ideal
                          15. Usia pada tanggal 31 Desember 2020 serendah-rendahnya 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun (dibuktikan dengan akte kelahiran/surat keterangan lahir)
                          16. Mendapatkan persetujuan orang tua atau wali yang dibuktikan dengan surat pernyataan orang tua / wali
                          17. Peserta seleksi penerimaan taruna/i STIN tidak dipungut biaya kecuali biaya mengikuti SKD

                                                          Dokumen yang diunggah :

                                                          1. Surat ijin orang tua/wali asli. Contoh surat dapat diunduh di stin.ac.id. Setelah selesai dibuat, surat tersebut diunggah dalam bentuk pdf/jpeg dengan nama file ortu.pdf atau ortu.jpeg
                                                          2. Fotocopy ijazah SMA / SMK / MA yang telah dilegalisir untuk lulusan tahun 2018 dan tahun 2019. Dokumen tersebut diunggah dalam bentuk pdf/jpeg dengan nama file ijazah 2018/2019.pdf atau ijazah 2018/2019.jpeg
                                                          3. Surat keterangan lulus dari sekolah bagi lulusan tahun 2020. Dokumen tersebut  diungggah dalam bentuk pdf/jpeg dengan mana file skl2020.pdf atau skl2020.jpeg
                                                          4. Foto berwarna seluruh badan, terbaru, tampak depan, ukuran postcard, dan mengenakan pakaian atas berwarna putih serta bawah berwarna hitam. Bagi laki-laki latar belakang foto berwarna merah dan bagi perempuan latar belakang foto berwarna biru. Foto tersebut diunggah dalam bentuk pdf/jpeg dengan mana file foto.pdf atau foto.jpeg
                                                          5. Fotocopy kartu keluarga (KK). Dokumen tersebut diunggah dalam bentuk pdf/jpeg dengan nama file kk.pdf atau kk.jpeg

                                                          G. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Poltek SSN

                                                          1. Persyaratan Umum Pendaftaran

                                                          Berikut persyaratan umum pendaftaran :
                                                          1. Warga Negara Indonesia (WNI)
                                                          2. Pria/ Wanita
                                                          3. Siswa Kelas XII atau lulusan:
                                                            1. SMA Jurusan IPA
                                                            2. Madrasah Aliyah Jurusan IPA
                                                            3. SMK Teknik Elektronika Industri
                                                            4. SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
                                                              • Rekayasa Perangkat Lunak
                                                              • Teknik Komputer dan Jaringan
                                                              • Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi
                                                              • Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi
                                                          4. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris (Teori/ Pengetahuan) masing-masing minimal 80 (Delapan Puluh) pada Semester IV dan V
                                                          5. Usia minimal 17 (tujuh belas) tahun dan tidak melebihi dari 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 31 Desember 2020
                                                          6. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak cacat fisik dan mental, serta tidak memiliki penyakit bawaan dan/ atau menular yang dapat mengganggu proses belajar
                                                          7. Bagi pria tidak bertato/ bekas tato dan tidak bertindik/ bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan ketentuan agama/ adat
                                                          8. Bagi wanita tidak bertato/ bekas tato dan tidak bertindik/ bekas tindik anggota badan selain telinga
                                                          9. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Poltek SSN
                                                          10. Tidak pernah putus studi/ drop out (DO) dari Poltek SSN dan/ atau perguruan tinggi kedinasan kementerian/ lembaga lainnya
                                                          11. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan instansi lain
                                                          12. Bersedia membayar biaya pelaksanaan seleksi SKD BKN sesuai PP Nomor 63 Tahun 2016 sebesar Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah)

                                                          2. Persyaratan Administrasi

                                                          Berkas dibawah ini dilengkapi pada saat lulus Seleksi Psikotes dan diserahkan pada saat Seleksi Wawancara, yaitu:
                                                          1. Asli Surat Lamaran Kepada Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara ditulis tangan dengan tinta warna hitam, bermaterai Rp. 6.000,- 
                                                          2. Asli dan Fotokopi Rapor Semester IV dan V dan lembar identitas diri pada rapor yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan;
                                                          3. Asli surat keterangan konversi nilai rapor skala 0-100 yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (bila nilai rapor menggunakan skala huruf);
                                                          4. Asli dan Fotokopi Ijazah/Transkip Nilai Ujian Nasional (NUN) yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (bila lulus tahun sebelumnya);
                                                          5. Asli SKCK dari Kepolisian Sektor (POLSEK) setempat;
                                                          6. Asli surat pernyataan yang ditandatangani oleh pelamar dan diketahui oleh orang tua/wali yang menyatakan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan sanggup mengganti biaya pendidikan apabila melanggar, bermaterai Rp. 6.000,- 
                                                          7. Asli Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit/dokter klinik yang telah memiliki izin S.IP (cap basah);
                                                          8. Asli Surat Keterangan Belum Pernah Menikah dari Kepala Desa/Kelurahan setempat;
                                                          9. Asli dan Fotokopi identitas diri seperti KTP atau SIM atau Kartu Pelajar;
                                                          10. Pas Foto Berwarna Terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4×6 cm sebanyak 1(satu) lembar, berlatar belakang merah;
                                                          11. Foto masing-masing ukuran 4R Fullbody terbaru tampak Depan, Samping, dan Belakang, dengan ketentuan:
                                                            • Laki-laki: Menggunakan kaos lengan pendek putih dan celana pendek warna gelap di atas lutut, tanpa alas kaki
                                                            • Perempuan : Menggunakan kaos olahraga lengan panjang dan celana olahraga lengan panjang, tanpa alas kaki

                                                          H. Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Bawah Kementerian Perhubungan

                                                          Persyaratan pendaftaran  API Madiun, ATKP Medan, ATKP Makassar, PIP Semarang, PIP Makassar, PKTJ Tegal, Poltekpel Surabaya, Poltekpen Surabaya, STIP Jakarta, STPI Curug, dan STTD, selengkapnya dapat dibaca pada artikel : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

                                                          Itulah persyaratan pendaftaran yang harus dipersiapkan sejak sekarang oleh calon mahasiswa atau taruna baru sekolah ikatan dinas. Persiapkan juga diri kalian untuk menghadapi ujian tertulis, ujian fisik, wawancara jika ada, dan persiapan-persiapan lainnya. Dengan persiapan yang maksimal, mudah-mudahan kalian adalah salah satu yang akan diterima menjadi mahasiswa atau taruna baru ikatan dinas.

                                                          Beberapa yang menjadi keunggulan dengan kuliah di sekolah tinggi ikatan dinas yaitu saat kuliah bisa gratis sampai selesai, mendapatkan uang saku bulanan, dan setelah lulus kuliah bisa langsung bekerja dan diangkat jadi PNS.

                                                          Tentu saja itu sangat menggiurkan mengingat saat ini cukup sulit mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Nah, dengan berkuliah di sekolah ikatan dinas, maka tak perlu bingung lagi setelah lulus.

                                                          Itulah penjelasan singkat untuk pembahasan kali ini. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka silahkan ikuti yang ada di website resmi dan kamipun akan segera mengupdate info terbaru.

                                                          Baca juga artikel terkait lainnya  di bawah ini ya :
                                                          Demikian penyampaian tentang Persyaratan Pendaftaran Masuk Sekolah Ikatan Dinas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semangat untuk sukses.