Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub 2022/2023 di sipencatar.dephub.go.id

sipencatar.dephub.go.id 2022 -- Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub, Pendaftaran Taruna/i Ikatan Dinas Kemenhub di sipencatar.dephub.go.id, Pendaftaran Sipencatar Kemenhub, Pendaftaran Sekolah, Poltek, atau Akademi Ikatan Dinas Kemenhub di sipencatar.dephub.go.id, Pendaftaran Kuliah Ikatan Dinas Kemenhub di sipencatar.dephub.go.id. 2024. 2025.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub 2022/2023 di sipencatar.dephub.go.id. Informasi ini ditujukan bagi para calon taruna / taruni baru yang mendaftarkan diri di perguruan tinggi yang ada di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Langsung saja lihat informasi selengkapnya di bawah ini.


Pendidikan tinggi ikatan dinas merupakan pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian RI dan / atau Lembaga Pemerintah Non Kementerian RI.

Tidak semua lembaga atau kementerian menyelenggarakan pendidikan tinggi ikatan dinas, hanya ada beberapa lembaga / kementerian tertentu yang menyelenggarakannya.

Salah satu Kementerian yang menyelenggarakan pendidikan tinggi ikatan dinas adalah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub).

Kemenhub menyelenggarakan pendidikan tinggi ikatan dinas pada beberapa perguruan tinggi di bawah Kemenhub. Penerimaan calon taruna / taruni baru Kemenhub dikenal dengan nama Sipencatar Kemenhub.

Sipencatar Kemenhub atau Seleksi Penerimaan Calon Taruna Baru Kementerian Perhubungan merupakan seleksi penerimaan calon taruna / taruni baru masuk ke perguruan tinggi yang ada di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Di bagian bawah artikel ini akan diberikan informasi daftar nama perguruan tinggi ikatan dinas di bawah kementerian perhubungan RI, serta persyaratan dan ketentuan lain terkait pendaftaran.

Pada saat mendaftar, calon taruna / taruni hanya bisa memilih salah satu dari beberapa perguruan tinggi ikatan dinas tersebut.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di perguruan tinggi ikatan dinas di bawah kementerian perhubungan, maka perlu untuk membaca penjelasan di bawah ini sampai selesai.

A. Persyaratan Pendaftaran
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun pada 1 September 2022, kecuali untuk pendaftar pada program stud DIII Manajemen Lalu Lintas Udara minimal 18 tahun pada 1 September 2022.
  3. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan:
    • Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70,00 (skala penilaian 10-100) / 2,8 (skala penilaian 1-4); sedangkan untuk peserta formasi pola pembibitan Kemenhub Putra/Putri Papua / Papua Barat nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 6,5 (skala penilaian 1-10) / 65,00 (skala penilaian 10-100) / 2,6 (skala penilaian 1-4)
    • Untuk lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 (skala penilaian 10-100), sedangkan untuk peserta formasi pola pembibitan kemenhub khusus Putra / Putri Papua / Papua Barat nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 65,00 (skala penilaian 10-100), dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan menunjukkan ijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Sederajat.
    • Untuk lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, jika nilai rata-rata ijazah menggunakan skala penilaian 1 - 10 atau menggunakan skala penilaian 1 - 4 diwajibkan untuk mengkonversi nilai tersebut ke skala penilaian 10 - 100 (panduannya dapat diunduh di laman Sipencatar Kemenhub) dengan melampirkan surat keterangan dari sekolah asal yang ditandatangi kepala sekolah.
    • Bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing melampirkan surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  4. Tinggi badan minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm, khusus untuk :
    • Program studi D-IV Penerbangan minimal 163 cm;
    • Program Studi D-III PKP / PPKP / OBU / MBU / OPU dan  D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP) Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, Pria Minimal 165 cm, dan wanita minimal 160 cm.
  5. Bagi pendaftar formasi pola pembibitan kemenhub khusus Putra / Putri Papua / Papua Barat mencantumkan Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang dikeluarkan oleh kepala desa / lurah / kepala suku di wilayah papua / papua barat.
  6. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba;
  7. Calon Taruna tidak bertato / bekas tato dan tidak ditindik / bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama adat (dibuktikan dengan surat keteragan dari pemuka agama / adat);
  8. Calon Taruni tidak bertato / bekas tato dan tidak ditindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik / bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan) kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama adat (dibuktikan dengan suarat keteragan dari pemuka agama / adat);
  9. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total dengan melampirkan surat pernyataan tidak buta warna pada saat pendaftaran;
  10. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
  11. Belum pernah diberhentikan sebagai Taruna / Taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan Perguruan Tinggi lainnya dengan tidak hormat;
  12. Bersedia menaati segala peraturan pada pelaksaaan Pola Pembibitan di lingkungan Kementerian Perhubungan
  13. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan dll), melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual;
  14. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas / dokumen;
  15. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai perguruan tinggi yang dituju. Biaya pendaftaran dapat dilihat di laman sipencatar.kemenhub.go.id
  16. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni (bermaterai 10.000 Rupiah);
  17. Khusus Program Studi D-III PPKP (Penyelamatan Pemadam Kebakaran Penerbangan), hanya menerima pendaftar pria;
  18. Memiliki Surat Elektronik / e-mail dan nomor telepon yang masih aktif dan valid untuk sarana penyampaian perkembangan proses seleksi.

B. Persyaratan Ijazah Kelulusan / Jurusan

Selain harus memenuhi persyaratan pendaftaran di atas, calon taruna / taruni baru juga harus memenuhi persyaratan ijazah kelulusan / jurusan. Silahkan lihat langsung pada artikel masing-masing perguruan tinggi kedinasan yang diminati. Link artikel diberikan pada pembahasan bagian C di bawah ini.

C. Daftar Perguruan Tinggi Ikatan Dinas di Bawah Kemenhub

Berikut adalah daftar perguruan tinggi ikatan dinas yang berada di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Informasi lebih lanjut silahkan langsung ke link masing- masing kampus.

Matra Darat :

Matra Laut :

Matra Udara :

Silahkan pilih salah satu perguruan tinggi ikatan dinas kemenhub yang kalian minati. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pendaftaran masing-masing perguruan tinggi seperti persyaratan, ketentuan, biaya, dan lain sebagainya silahkan baca pada artikel yang telah admin persiapkan atau langsung kunjungi pada link di atas pada tiap perguruan tinggi masing-masing.

D. Tata Cara Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub
  1. Calon Taruna / Taruni hanya boleh mendaftar di satu Sekolah Kedinasan pada Kementerian atau Lembaga dan apabila Calon Taruna/Taruni diketahui mendaftar lebih dari satu Sekolah Kedinasan maka yang bersangkutan dinyatakan gugur;
  2. Calon Taruna / Taruni wajib melakukan pendaftaran online melalui portal Dikdin BKN di alamat dikdin.bkn.go.id, dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan. (panduan buka disini)
  3. Semua berkas di unggah (upload) ke dalam pendaftaran online dalam bentuk softcopy, terdiri atas:
    1. Pas Foto terbaru berlatar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran  minimal 120 kB dan maksimal 500 kB dengan format jpg);
    2. KTP bagi Calon Taruna / Taruni yang berusia di atas 17 tahun, dan bagi yang belum memiliki KTP menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP. Khusus Calon Taruna / Taruni yang berusia di bawah 17 tahun menggunakan Kartu Keluarga (KK) dengan format JPG ukuran maksimal 500 kb
    3. Ijazah SMA / MA / SMK sederajat bagi yang telah dinyatakan lulus atau raport bagi yang dinyatakan belum lulus / masih duduk di kelas XII dan surat pernyetaraan / persamaan ijazah bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb.
    4. Tanda bukti pembayaran formulir pembayaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kb dengan format .jpg)
    5. Persyaratan lainnya yang ditetapkan dalam peraturan kepala badan pengembangan SDM perhubungan nomor : PK.04/BPSDMP-2022 diunggah dalam 1 (satu) berkas file PDF ukuran maksimal 2000 kb yang terdiri dari :
      • Formulir pernyataan calon taruna / taruni sipenctar kemenhub tahun 2022 bermaterai 10000 rupiah.
      • Surat pernyataan mutlak menyetujuan hasil sipencatar bermaterai 10000 rupiah.
      • Surat pernyataan tanggung jawab mutlak tidak buta warna bermaterai 10000 rupiah.
      • Surat keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang dikeluarkan oleh kepala desa / lurah / kepala suku di wilayah papua / papua barat (hanya untuk pendaftar pola pembibitan khusus putra / putri papua / papua barat)
Info : Format-format surat pernyataan dapat di unduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template

E. Tahapan Seleksi Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub
  1. Seleksi Tahap I : 
    • Pendaftaran
    • Seleksi Administrasi
  2. Seleksi Tahap II :
    • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) mengikuti ketentuan PNBP SKD BPN
  3. Seleksi Tahap III :
    • Tes Kesehatan
    • Kesemaptaan
  4. Seleksi Tahap IV : 
    • Psikotes;
    • Wawancara
  5. Seleksi Tahap V (khusus Penerbang) :
    • Tes Bakat Terbang
    • Tes Kesehatan di balai penerbangan (HATPEM) 

* Biaya di setiap tahapan seleksi menyesuaikan dengan tarif perguruan tinggi masing- masing

F. Jadwal Pendaftaran dan Seleksi / Tes Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub
  • Pendaftaran pola pembibitan kemenhub dan pola pembibitan pemda : 9 - 30 April 2022
  • Pengumuman peserta SKD : Mei 2022
  • Pelaksanaan SKD pola pembibitan kemenhub dan pola pembibitan pemda : Juni 2022
  • Pengumuman hasil SKD : Awal Juli 2022
  • Pelaksanaan Tes Kesehatan dan Kesemaptaan : Juli 2022
  • Pelaksanaan Psikotes dan Tes Wawancara : Agustus 2022
  • Pengumuman hasil akhir : Awal September 2022

Itulah penjelasan mengenai Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub di sipencatar.dephub.go.id . Untuk informasi lain yang diperlukan, silahkan baca langsung di website resmi Sipencatar Kemenhub. Jika ada perubahan atau perbedaan, ikuti yang ada di website tersebut dan adminpun akan segera mengupdatenya.

Admin disini turut mendoakan semoga kalian bisa lulus dan diterima menjadi taruna / taruni baru di perguruan tinggi  yang ada di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga : 

Demikian penjelasan dari artikel ini. Semoga bermanfaat untuk semua. Jangan lupa persiapkan diri sebaik mungkin agar harapan untuk bisa lulus dapat terkabulkan. Aamiin. Please share this article.