Pendaftaran Online IAIN Tulungagung 2024/2025

www.iain-tulungagung.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Tulungagung, Cara Pendaftaran IAIN Tulungagung Online, Pendaftaran SPAN-PTKIN / UM-PTKIN / PMB Jalur Mandiri IAIN Tulungagung, KIP Kuliah, Bidikmisi, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Tulungagung, Pendaftaran Diploma / S1 / S2 / S3 IAIN Tulungagung, Pendaftaran Kuliah IAIN Tulungagung, Pendaftaran Maba IAIN Tulungagung, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi yang berjudul Pendaftaran Online IAIN Tulungagung 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke IAIN Tulungagung. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Tulungagung adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Mayor Sujadi Tim. No.46, Plosokandang, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Status sebelumnya sebelum menjadi IAIN Tulungagung adalah STAIN Tulungagung. STAIN Tulungagung merupakan bentuk pengembangan dan peningkatan serta pemantapan status dari Fakultas cabang IAIN Sunan Ampel yang berada di luar induknya, yang tersebar di berbagai daerah.

Fakultas dan Program Studi yang ada di IAIN Tulungagung :
  • Fakultas Syariah & Ilmu Hukum (FASIH) terdiri dari Jurusan / Prodi : Al-Ahwal al syakhsiah, Hukum Ekonomi Syariah, Zakat & Wakaf, dan Hukum Tata Negara
  • Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan (FTIK) terdiri dari Jurusan / Prodi : Tadris Bahasa Inggris (TBI), Tadris Matematika (TMT), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Guru Radlatul Atfal (PGRA), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Tadris Biologi, Tadris IPS, Tadris Bahasa Indonesia
  • Fakultas Ushuluddin, Adab & Dakwah (FUAD) terdiri dari Jurusan / Prodi : Tasawuf Psikoterapi, Filsafat Agama, Ilmu Al-quran Dan Tafsir, Bahasa Dan Sastra Arab, Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan Konseling Islam
  • Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam (FEBI) terdiri dari Jurusan / Prodi : Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah
  • Program Pascasarjana (PPS) terdiri dari program studi : Pendidikan Islam, Hukum Eknomi Syariah, Ilmu Al-quran & Tafsir, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Ilmu Pendidikan Dasar Islam

Itulah beberapa program studi yang ada di IAIN Tulungagung. Dari sejumlah program studi yang ada tersebut, mungkin salah satunya ada yang kamu minati. Oleh karena itu, silahkan pilih program studi tersebut pada saat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru.

Selanjutnya kamu perlu mengetahui informasi penting seputar PMB IAIN Tulungagung. Informasi yang dimaksud yaitu jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Tulungagung. Berikut informasi selengkapnya.

A. Pendaftaran IAIN Tulungagung Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi pertama yang dibuka oleh IAIN Tulungagung. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini. Seleksi dilakukan dengan berdasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Proses pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi dan mendaftarkan siswanya secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id . Setelah itu, akan mendapatkan kode akses pendaftaran.

Selanjutnya siswa menggunakan kode akses tersebut untuk login pendaftaran ke alamat web di atas untuk melengkapi data pendaftaran online.

Untuk informasi seperti persyaratan, jadwal, jumlah pilihan PTKIN, daftar PTKIN se-Indonesia, dan informasi penting lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN.

B. Pendaftaran IAIN Tulungagung Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN adalah jalur seleksi yang dibuka setelah SPAN-PTKIN. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Seleksi dilakukan  melalui ujian tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id . Calon peserta mengakses alamat tersebut untuk mendaftar secara online. Namun sebelum mendaftar online, terlebih dahulu harus membayar biaya pendaftaran di Bank untuk mendapatkan kode akses pendaftaran yang digunakan untuk mendaftar online.

Informasi seperti persyaratan, jadwal, biaya, daftar PTKIN pilihan, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel yang telah admin siapkan berikut ini : Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online UM-PTKIN.

C. Pendaftaran IAIN Tulungagung Jalur SPMB Mandiri

SPMB Mandiri adalah jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh IAIN Tulungagung untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang mana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Prosedur Pendaftaran :
  1. Membayar biaya pendaftaran di bagian keuangan IAIN Tulungagung untuk mendapatkan PIN dan Password SPMB Mandiri
  2. Mendaftar online di Sekretariat SPMB Mandiri menggunakan PIN dan Password 
  3. Mengisi form pendaftaran secara lengkap dan benar
  4. Cetak kartu ujian di Sekretariat SPMB Mandiri
  5. Mengikuti tes sesuai jadwal dengan membawa kartu ujian peserta dan KTP / SIM / KK
  6. Melihat pengumuman secara online di www.iain-tulungagung.ac.id
  7. Melakukan daftar ulang bagi yang dinyatakan lulus
D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Tulungagung

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi.

Informasi mengenai persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pelaksanaan, cara mendaftar, ketentuan terkait pendaftaran, dan lainnya, silahkan baca pada artike : Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

E. Pendaftaran Program Pascasarjana IAIN Tulungagung

Selain melakukan penerimaan mahasiswa jenjang S1 dan Diploma, IAIN Tulungagung juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang S2 dan S3. 

Persyaratan Pendaftaran :
  1. Mengisi formulir yang telah disediakan
  2. Membayar biaya pendaftaran di BRI terdekat
  3. Foto Copy :
    • Jenjang Magister, fotocopy Ijazah dan Transkip nilai S1 rangkap 2
    • Jenjang Doktor, fotocoopy Ijazah dan Transkip nilai S1 & S2 rangkap 2
  4. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  5. Bagi yang bekerja, menyerahkan surat rekomendasi dari tempat kerja
  6. Menyerahkan proposal tesis (untuk S2) atau proposal disertasi (untuk S3) yang relevan dengan program studi yang dipilih
  7. Menyerahkan surat rekomendasi dari 2 guru besar (Profesor) untuk pendaftar S3
  8. IPK Magister minimal 3,00, dan nilai tesis minimal 3,00 untuk pendaftar S3

Pendaftaran dilakukan secara langsung di kantor Pascasarjana IAIN Tulungagung di Jln Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung. Telp. (0355) 321513, email : pps@iain-tulungagung.ac.id


Itulah informasi mengenai jalur- jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Tulungagung. Untuk informasi lain yang diperlukan, silahkan kunjungi website resmi IAIN Tulungagung di alamat website iain-tulungagung.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

Baca juga :
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Tulungagung. Semoga informasi tersebut dapat memberikan gambaran terutama bagi kamu yang ingin kuliah di IAIN Tulungagung.

Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima menjadi mahasiswa baru IAIN Tulungagung pada tahun ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, cukup sekian dan terima kasih. Please share.