Pendaftaran Online IAIN Palangka Raya 2024/2025

www.iain-palangkaraya.ac.id 2024 -- SPMB IAIN Palangka Raya, Cara Pendaftaran Online IAIN Palangka Raya, Pendaftaran SPAN-PTKIN / UM-PTKIN / PMB Jalur Mandiri IAIN Palangka Raya, Bidikmisi, KIP Kuliah, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Palangka Raya, Informasi Pendaftaran Diploma / S1 / S2 / S3 IAIN Palangka Raya, Pendaftaran Kuliah IAIN Palangka Raya. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi yang berjudul Pendaftaran Online IAIN Palangka Raya 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke IAIN Tulungagung. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Palangka Raya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. G. Obos Kompleks Islamic Centre Palangka Raya.

IAIN Palangka Raya telah didirikan pada tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H / 21 Maret 1997 M yang didasarkan pada SK Presiden RI No. 11, tahun 1997.

IAIN Palangka Raya telah memiliki beberapa Fakultas yang terdiri dari beberapa Jurusan dan Program Studi seperti berikut ini.

Fakultas Usluhudin, Adab dan Dakwah
  • Jurusan Ushluhudin terdiri dari Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
  • Jurusan Adab terdiri dari Prodi Bahasa dan Sastra Arab, dan Prodi Sejarah Kebudayaan Islam
  • Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam terdiri dari Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, dan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Syariah
  • Jurusan Syariah terdiri dari Prodi Al-Akhwal Asy-Syakhsiyyah, Prodi Hukum Ekonomi Syariah, dan Prodi Zakat dan Wakaf
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • Jurusan Tarbiyah terdiri dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Guru MI, Prodi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
  • Jurusan Pendidikan Bahasa terdiri dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab
  • Jurusan Pendidikan IPA terdiri dari Prodi Pendidikan Fisika, dan Prodi Pendidikan Biologi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Jurusan Ekonomi Islam terdiri dari Prodi Ekonomi Syariah, dan Prodi Perbankan Syariah
Program Pascasarjana
  • Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Magister Ekonomi Syari'ah, dan Magister Hukum Keluarga

Itulah beberapa jurusan dan program studi yang ada di IAIN Palangka Raya. Kamu dapat memilih salah satu program studi tersebut pada saat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru IAIN Palangka Raya.

Selanjutnya, admin akan memberikan informasi utama mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Palangka Raya. Ayo kita simak bersama informasinya berikut ini.

A. Pendaftaran IAIN Palangka Raya Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke UIN / IAIN / STAIN di Indonesia, salah satunya masuk ke IAIN Palangka Raya.

Seleksi jalur SPAN-PTKIN dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport selama di tingkat SLTA / sederajat.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id . Selanjutnya siswa akan diberi kode akses untuk melanjutkan pendaftaran ke alamat tersebut.

Panduan pendaftaran, persyaratan, jadwal, tahapan seleksi, jumlah pilihan PTKIN, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN.

B. Pendaftaran IAIN Palangka Raya Jalur UM-PTKIN

Jalur UM-PTKIN adalah jalur seleksi ujian tertulis nasional yang dibuka setelah jalur SPAN-PTKIN. Jalur ini dapat diikuti oleh siswa berprestasi ataupun yang tidak berprestasi.

Pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta. Pendaftaran diawali dengan cara calon peserta datang ke Bank BNI untuk mendapatkan kode akses pendaftaran. Setelah itu, gunakan kode akses tersebut untuk mendaftar UM-PTKIN secara online di alamat www.um-ptkin.ac.id

Informasi seperti cara pendaftaran, persyaratan, jadwal, biaya pendaftaran, jumlah pilihan PTKIN, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lainnya dapat di baca pada artikel Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online UM-PTKIN.

C. Pendaftaran IAIN Palangka Raya Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi yang dibuka secara lokal untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin mendaftar di IAIN Palangka Raya. Seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Jalur Mandiri ini biasanya dibuka dalam beberapa gelombang, terkadang sampai 3 gelombang tergantung kuota penerimaan. Jadi, bagi calon mahasiswa yang tidak diterima pada jalur lainnya, maka bisa mengikuti seleksi jalur mandiri ini.

Informasi pendaftaran selengkapnya dapat dibaca pada alamat website berikut : www.iain-palangkaraya.ac.id
Baca juga : Pendaftaran Jalur Mandiri PTKIN
D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Palangka Raya

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik baik.

Informasi tentang jalur seleksi calon penerima bantuan KIP Kuliah, dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

E. Pendaftaran Program Pascasarjana IAIN Palangka Raya

IAIN Palangka Raya juga melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk program pascasarjana. Informasi pendaftaran lebih lanjut apat dibaca di alamat website pasca.iain-palangkaraya.ac.id atau iain-palangkaraya.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Palangka Raya. Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dibaca langsung di website resminya pada alamat iain-palangkaraya.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi IAIN Palangka Raya.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Palangka Raya. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan manfaat untuk kamu.

Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di IAIN Palangka Raya melalui jalur yang kau ikuti. Aamiin. Terima kasih telah membaca artikel ini. Please share this article to your friends