Pendaftaran Online UINSI Samarinda 2024/2025

pmb.uinsi.ac.id 2024 -- Pendaftaran UINSI Samarinda, Pendaftaran Mahasiswa Baru UINSI Samarinda, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UINSI Samarinda, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UINSI Samarinda, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, UMAN-PTKIN, UM Mandiri, KIP Kuliah, Bidikmisi, Pendaftaran Online UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi yang berjudul Pendaftaran Online UINSI Samarinda 2024/2025 (UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda). Informasi ini berisi tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru masuk ke UINSI Samarinda. Artikel ini diberikan dengan tujuan dapat agar memudahkan anda mendapatkan informasi PMB UINSI Samarinda. Untuk mengetahui informasi, ayo ikuti pembahasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda atau yang dikenal dengan nama UINSI Samarinda merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam yang terletak di Samarinda provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

UINSI Samarinda telah memiliki beberapa fakultas dan program studi sebagai berikut :

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (S1) terdiri dari program studi :
  • Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, dan Manajeman Pendidikan Islam.
Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (S1) terdiri dari program studi :
  • Komunikasi Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Bimbingan Konseling Islam, dan Ilmu Al-Quran dan Tafsir.
Fakultas Syariah (S1) terdiri dari program studi :
  • Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam, dan Hukum Tata Negara Islam.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (S1) terdiri dari program studi : 
  • Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Majamemen Bisnis Syariah.
Program Pascasarjana terdiri dari program studi : 
  • Doktor S3 - Pendidikan Agama Islam (Pai)
  • Magister S2 - Pendidikan Agama Islam (Pai)
  • Magister S2 - Manajemen Pendidikan Islam (Mpi)
  • Magister S2 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Piaud)
  • Magister S2 - Ekonomi Syari'ah (Es)
  • Magister S2 - Hukum Keluarga (Hk)
  • Magister S2 - Komunikasi Dan Penyiaran Islam (Kpi)
  • Magister S2 – Ilmu Al-Quran Dan Tafsir (Iat)

Pada tahun ini, UINSI Samarinda kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang S1 maupun S2. Untuk jenjang S1 dibuka melalui jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan UMAN-PTKIN. Informasi selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran UINSI Samarinda Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor kelas X sampai dengan kelas XII semester 1. Hanya siswa yang secara konsisten menunjukkan kemampuan akademiknya yang mendapatkan kesempatan mengikuti jalur ini.

Pendaftaran SPAN-PTKIN diawali oleh Kepala Sekolah yang merekomendasikan para siswanya. Kemudian siswa melakukan pendaftaran online dengan mengakses alamat website www.span-ptkin.ac.id. Login ke alamat tersebut dengan menggunakan ID pendaftaran dan password yang didapatkan dari sekolah. Mengisi biodata diri sampai mencetak kartu tanda peserta SPAN-PTKIN.

Mengenai biaya pendaftaran SPAN-PTKIN bahwa biayanya gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah. Oleh karena itu peserta tidak akan dipungut biaya pendaftaran. Informasi selengkapnya mengenai Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran Online SPAN-PTKIN

B. Pendaftaran UINSI Samarinda Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru untuk masuk ke UIN, IAIN, atau STAIN yang seleksinya didasarkan pada hasil ujian tertulis.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat website www.um-ptkin.ac.id. Peserta harus mengakses alamat tersebut untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri pada formulir pendaftaran online sampai dengan mencetak kartu tanda peserta UM-PTKIN.

Informasi selengkapnya mengenai jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, tata cara pendaftaran, serta keterangan lainnya bisa anda baca pada artikel : Panduan Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Pendaftaran Online UM-PTKIN

C. Pendaftaran UMAN-PTKIN UINSI Samarinda

UMAN-PTKIN merupakan jalur seleksi mandiri yang diadakan secara mandiri oleh panitia penyelenggara dari UINSI Samarinda untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui sistem tes tulis atau SSE.

Jalur UMAN - PTKIN dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang S1, S2, dan S3. Persyaratannya sebagai berikut :

Persyaratan untuk Program S1 :
  • Merupakan lulusan  dari Satuan Pendidikan MA / MAK / Pesantren Muadalah / SMA / SMK / Penyetaraan / Paket C. Bagi lulusan tahun berjalan harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren/Muadalah dan dilengkapi dengan pas foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap dari Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  • Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di kampus UINSI Samarinda.
  • Foto digital formal dengan latar merah ukuran 500 Kb.
  • Mempersiapkan dokumen digital lain yang diperlukan seperti (scan ijazah, trankrip nilai, ktp, kartu keluarga, dll) dengan ukuran mak. 500 Kb.
  • Lulus seleksi.

Persyaratan untuk Program S2 :
  • Merupakan lulusan  dari Satuan Pendidikan Program Sarjana, yang dibuktikan dengan kepemilikan Ijazah dan Transkrip Nilai.
  • Foto digital formal dengan latar merah dengan ukuran mak. 500 Kb
  • Mempersiapkan dokumen digital lain yang diperlukan seperti (scan ijazah, trankrip nilai, ktp, kartu keluarga, dll) dengan ukuran mak. 500 Kb.
  • Lulus seleksi.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Persyaratan untuk Program S3 :
  • Merupakan lulusan  dari Satuan Pendidikan Program Magister, yang dibuktikan dengan kepemilikan Ijazah dan Transkrip Nilai.
  • Mendapatkan Rekomendasi dari min 2 orang.
  • Memiliki Proposal Penelitian Disertasi.
  • Daftar Karya Tulis Ilmiah yang dipublikasikan (Jika ada).
  • Sertifikat Penghargaan atau Prestasi lain (Jika ada).
  • Foto digital formal dengan latar merah dengan ukuran mak. 500 Kb.
  • Mempersiapkan dokumen digital lain yang diperlukan seperti (scan ijazah, trankrip nilai, ktp, kartu keluarga, dll) dengan ukuran mak. 500 Kb.
  • Lulus seleksi.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Prosedur Pendaftaran :
  1. Membuat Akun melalui laman https://uman.uinsi.ac.id , mencetak SIP (Slip Instruksi Pembyaran) yang didalamnya terdapat informasi ID Pendaftaran dan PIN.
  2. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan menunjukkan print out SIP (poin 1) dan menuliskan pada form setoran di kolom keterangan dengan Pendaftaran UMAN UINSI Samarinda. Biaya pendaftaran yang telah di setor tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun!!!.
  3. Melakukan pendaftaran dan melengkapi data yang diperlukan melalui laman https://uman.uinsi.ac.id menggunakan ID Pendaftaran dan PIN yang tertera pada slip pembayaran bank.
  4. Melakukan finalisasi (proses pendaftaran dinyatakan berhasil jika Anda sudah melakukan Finalisasi melalui sistem). Ingat !!! Cermati dan periksa kembali seluruh data yang sudah di input sebab setelah Finalisasi Program Studi yang telah dipilih tidak dapat diubah kembali dengan alasan apapun).
  5. Cetak kartu peserta sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  6. Mengikuti seleksi sesuai jadwal dan pola ujian yang telah ditetapkan.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website uman.uinsi.ac.id. Informasi selengkapnya bisa anda baca pada alamat tersebut.

D. Pendaftaran KIP Kuliah UINSI Samarinda

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dai keluarga kurang mampu secara ekonomi. UINSI Samarinda turut menyalurkan KIP Kuliah kepada calon mahasiswa barunya.

Calon peserta yang ingin mendaftar harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran, informasinya bisa di baca di Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

E. Pendaftaran Pascasarjana UINSI Samarinda

Program Pascasarjana UINSI Samarinda kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ini. Jika anda berminat, silahkan daftarkan diri anda sebelum masa pendaftaran ditutup.

Pendaftaran dilakukan secara online seperti yang telah dijelaskan pada bagian C di atas.


Dari beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UINSI Samarinda, silahkan anda ikuti jalur yang diperkirakan dapat memberikan peluang besar untuk kelulusan anda.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka ikuti yang ada website resmi.
Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran Online UINSI Samarinda yang admin sampaikan tersebut bisa memberikan manfaat untuk anda.

Terima kasih telah membaca artikel di website ini. Selalu kunjungi website ini dan semoga anda mendapatkan kebaikan dari Allah SWT. Aamiin Ya Robbal 'Alamin.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat.