Pendaftaran Online UIN Salatiga 2024/2025

pmb.iainsalatiga.ac.id 2024 -- Pendaftaran UIN Salatiga, PMB UIN Salatiga, Cara Pendaftaran UIN Salatiga Online, Pendaftaran SPAN-PTKIN / UM-PTKIN / PMB Mandiri UIN Salatiga, KIP Kuliah, Bidikmisi, Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Salatiga, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UIN Salatiga, Pendaftaran Kuliah UIN Salatiga, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru UIN Salatiga. 2026. 2027.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran Online UIN Salatiga 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke UIN Salatiga. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

UIN Salatiga adalah salah satu perguruan tinggi keagamaan islam negeri yang ada di Indonesia yang berada di Jawa Tengah. Alamat Kampus UIN Salatiga yaitu :

Alamat Kampus I :
Jalan Tentara Pelajar No. 2
Kota Salatiga, Jawa Tengah 50721
Alamat Kampus II :
Jalan Nakula Sadewa V No. 9
Kota Salatiga, Jawa Tengah 50722
Telp. (0298) 341900
Alamat Kampus III :
Jl. Lingkar Selatan Km. 2 pulutan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433

Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Salatiga yaitu :

Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan terdiri dari program studi : 
  • S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
  • S1 Tadris Bahasa Ingris (TBI)
  • S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  • S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
  • S1 Tadris IPA (TIPA)
  • S1 Tadris Matematika (TM)
  • S1 Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam (BKPI)
  • Program Khusus Kelas Internasional (KKI)

Fakultas Syari`ah (Hukum) terdiri dari program studi :
  • S1 Hukum Keluarga Islam/Ahwal Al-Syahsiyyah (HKI)
  • S1 Hukum Ekonomi Syariah/Mu’amalah (HES)
  • S1 Hukum Tata Negara Islam/Siyasah Syari’ah (HTNI)

Fakultas Dakwah terdiri dari program studi :
  • S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
  • S1 Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)
  • S1 Menejemen Dakwah (MD)
  • S1 Psikologi Islam (PI)

Fakultas Ushuludin, Adab Dan Humaniora terdiri dari program studi :
  • S1 Sejarah Peradaban Islam (SPI)
  • S1 Bahasa dan Sastra Arab (BSA)
  • S1 Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT)
  • S1 Ilmu Hadits (IH)
  • S1 Aqidah dan Filsafat Islam (AFI)

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam terdiri dari program studi :
  • S1 Perbankan Syari’ah 
  • S1 Ekonomi Syari’ah 
  • S1 Manajemen Bisnis Syariah
  • S1 Akuntansi Syariah

Program Pascasarjana terdiri dari program studi : 
  • Magister Pendidikan Agama Islam
  • Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Magister Ekonomi Syariah 
  • Magister Tadris Bahasa Inggris
  • Magister Hukum Keluarga Islam
  • Doktor Pendidikan Agama Islam

Itulah beberapa program studi yang ada di UIN Salatiga, silahkan pilih salah satu program studi yang kamu inginkan sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakatmu.

Setelah mengetahui informasi tersebut, selanjutnya kamu perlu mengetahui informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UIN Salatiga. Berikut admin berikan informasinya.

A. Pendaftaran UIN Salatiga Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi undangan nasional yang diadakan secara serentak oleh PTKIN di Indonesia yang dikelola oleh panitia SPAN-PTKIN. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa - siswi berprestasi lulusan SLTA yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang merekomendasikan siswa-siswinya secara online. Setelah direkomendasikan, maka akan mendapatkan kode akses pendaftaran. Masing-masing siswa menggunakan kode akses pendaftaran dari Kepala Sekolah untuk melanjutkan proses pendaftaran.

Panduan pendaftaran, persyaratan, jadwal, jumlah pilihan PTKIN, daftar PTKIN se-Indonesia, dan keterangan lain yang dibutuhkan dapat dilihat dan dibaca pada artikel yang telah admin siapkan berikut ini : Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN.

B. Pendaftaran UIN Salatiga Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN adalah jalur seleksi ujian tertulis nasional yang diselenggarakan serentak oleh PTKIN se-Indonesia yang dikelola oleh panitia UM-PTKIN. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan tiga tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini, baik yang berprestasi ataupun yang tidak berprestasi.

Pendaftaran dilakukan secara online. Calon peserta melakukan pendaftaran sendiri tanpa melalui pihak sekolah. Informasi seperti persyaratan, cara pendaftaran, jadwal, pilihan PTKIN, daftar PTKIN di Indonesia, dan keterangan lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online UM-PTKIN

C. Pendaftaran UIN Salatiga Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diselenggarakan secara langsung oleh UIN Salatiga untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Jalur mandiri UIN Salatiga ada 2 yaitu jalur undangan dan jalur ujian mandiri.

# Jalur Undangan

Jalur undangan adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa - siswi berprestasi yang mendapatkan undangan dari UIN Salatiga. Jalur ini hampir sama dengan jalur SPAN-PTKIN, hanya saja jalur ini dikelola secara langsung oleh panitia PMB UIN Salatiga.

Tahapan Seleksi :
  1. Pengiriman Undangan
  2. Penyerahan Berkas
  3. Proses Seleksi Berkas
  4. Pengumuman Hasil Seleksi (Online)
  5. Pendaftaran Ulang / Registrasi

Persyaratan Pendaftaran :
  1. Siswa dari sekolah / madrasah / sederajat di kelas terakhir pada tahun ini.
  2. Siswa memperoleh nilai Agama pada rapor 8 (delapan)
  3. Sekolah / Madrasah memperoleh akreditasi minimal B.
  4. Siswa memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah / Madrasah.
  5. Siswa memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  6. Santri dari pondok pesantren yang memiliki ijazah setara SMA / sederajat yang direkomendasikan oleh pimpinan pesantren
  7. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran

Untuk informasi lebih lanjut temukan di pmb.iainsalatiga.ac.id

# Jalur Ujian Mandiri

Jalur Ujian Mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Salatiga yang mana seleksinya dilakukan melalui ujian CBT.

Jalur ini diperuntukkan bagi lulusan SMA / Pesantren Mu'adalah / sederajat lulusan lima tahun terakhir.

Calon peserta harus bisa memenuhi semua persyaratan pendaftaran dan mengikuti semua ketentuannya. Keterangan lainnya dapat dibaca langsung di situs resmi PMB UIN Salatiga di pmb.iainsalatiga.ac.id
E. Pendaftaran KIP Kuliah UIN Salatiga

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan juga memiliki potensi akademik baik.

Penjelasan lebih lanjut, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag. Pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, cara mendaftar, ketentuan terkait pendaftaran, dan lainnya.

F. Pendaftaran Progam Pascasarjana UIN Salatiga

Selain melakukan penerimaan calon mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma, UIN Salatiga juga melakukan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana.

Jadi, untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke program pascasarjana, UIN Salatiga bisa kamu pilih jika program studi yang kamu minati ada disini. Untuk informasi pendaftaran dapat dilihat langsung melalui alamat pps.iainsalatiga.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan calon mahasiswabaru UIN Salatiga. Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dilihat langsung di website UIN Salatiga di alamat iainsalatiga.ac.id untuk S1 / Diploma dan alamat pps.iainsalatiga.ac.id untuk Pascasarjana.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website UIN Salatiga resmi tersebut.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online UIIN Salatiga. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kamu semua. Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterime sebagai mahasiswa baru UIN Salatiga tahun ini. Aamiin Ya Robbal Alamin. Thanks.