Pendaftaran Online Institut Teknologi Indonesia (ITI) 2024/2025

pmb.iti.ac.id 2024 -- PMB ITI - Institut Teknologi Indonesia, Pendaftaran Online ITI, Penerimaan Mahasiswa Baru ITI, Pendaftaran D3 / S1  ITI - Institut Teknologi Indonesia, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITI, Cara Pendaftaran Kuliah ITI, Informasi Pendaftaran Maba ITI, Pendaftaran Online Calon Mahasiswa Baru Institut Teknologi Indonesia 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online Institut Teknologi Indonesia (ITI) 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang berkeinginan untuk kuliah di ITI Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Institut Teknologi Indonesia (ITI) adalah sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di Tanggerang Selatan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi teknik. Institut Teknologi Indonesia (ITI) telah didirikan pada tahun 1984 mendirikan untuk mengatasi masalah kelangkaan insinyur di Indonesia pada saat itu.

Program akademik Institut Teknologi Indonesia (ITI) mengarah pada Technology Based Entrepreneur University. Hal ini direalisasikan pada visi dan misinya seperti berikut ini.

Visi :
  • Sebagai Technology Based Entrepreneur University, ITI pengembang keswadayaan Iptek tepat- guna masyarakat untuk menjawab tantangan pembangunan daerah dan nasional.

Misi :

ITI mengemban lima misi yang disebut “Pancadharma”, sebagai berikut :
  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten, berkarakter dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Melakukan Penelitian yang bermutu tinggi, terutama penelitian yang bersifat terapan guna memberikan nilai tambah secara nyata terhadap kualitas kehidupan bangsa dan umat
  • Melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan taraf kesejahteraan dan kemartabatan masyarakat, Bangsa dan Negara melalui upaya kerjasama kelembagaan dan/atau perorangan dengan berbagai pihak berdasarkan azas kesetaraan dan manfaat
  • Melakukan upaya pembentukan nilai secara terus menerus melalui pembinaan kelembagaan dan tata laksana kehidupan Institut yang berorientasi pada pengembangan kompetensi dan penguatan integritas
  • Mengembangkan bisnis berbasis intelektualitas secara professional dengan berpegang teguh pada etika akademik dalam rangka menjamin keberlangsungan peningkatan kualitas kehidupan melalui peningkatan taraf ekonomi dan kesejahteraan secara

Program Studi di Institut Teknologi Indonesia (ITI) :

Program Studi Strata Satu (S1)
  • Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Kimia, Informatika, Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Wilayah Kota, Teknologi Industri Pertanian, dan Manajemen
Program Studi Diploma III (D3)
  • Teknik Mesin Otomotif

Itulah beberapa program studi yang ada di Institut Teknologi Indonesia (ITI), silahkan pilih salah satu yang kamu inginkan sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kamu miliki.

Setelah mengetahui informasi tersebut, maka selanjutnya kamu harus mengetahui informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Indonesia (ITI). Berikut admin berikan informasinya. Silahkan disimak dengan baik.

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi Indonesia (ITI)

A. Persyaratan Umum
  1. Lulusan SMU jurusan IPA (untuk semua program studi)
  2. Lulusan SMU jurusan IPA / IPS (untuk program studi tertentu)
  3. Lulusan SMK / STM (untuk program studi yang sejenis)
  4. Pindahan dari Perguruan Tinggi lain (untuk program studi yang sejenis)

B. Persyaratan Administrasi
  1. Lulusan atau siswa SMA / SMK / MA kelas XII / semester 6
  2. Bebas test untuk siswa dengan NEM >= 7.5 untuk masing-masing mata pelajaran yang di UN-kan
  3. Membeli Formulir :
    • 1 Pilihan Program Studi Rp. 250.000,-
    • 2 Pilihan Program Studi Rp. 300.000,-

C. Pendaftaran
  1. Pendaftaran dapat dilakukan langsung di Kampus ITI, Jl. Puspiptek raya Serpong Tangerang Selatan, atau melalui e-mail : pmb@iti.ac.id
  2. Untuk mahasiswa yang berada diluar daerah atau provinsi bisa mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran online pada laman pmb.iti.ac.id, klik pada menu "Pendaftaran Online" kemudian melakukan pengisian data secara online.
  3. Membayar biaya Formulir
  4. Bagi calon mahasiswa jalur USM, biaya tersebut sudah termasuk biaya USM.
  5. Bagi calon mahasiswa jalur prestasi harus menyerahkan sertifikat / piagam kejuaraan.

D. Pengisian Formulir
  1. Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar melalui kampus ITI bisa mengisi formulir di panitia penerimaan mahasiswa baru atau E-mail : pmb@iti.ac.id
  2. Bagi mahasiswa yang berada di luar daerah dan provinsi bisa langsung mengisi formulir secara online melalui laman pmb.iti.ac.id, klik pada menu "Pendaftaran Online" lalu isi data

E. Pengembalian Formulir
  1. Formulir dikembalikan ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru ITI : Jl. Raya Puspiptek Serpong Tangerang Selatan.
  2. Pengembalian formulir Harus disertai :
    • Pas foto berwarna ukuran 2×3 (2 lembar) dan 3×4 (1 lembar)
    • Bagi mahasiswa pindahan / lintas jalur harus disertai Surat Permohonan melanjutkan studi / surat pindahan dari Perguruan Tinggi Asal. Transkrip Nilai & Printout dari Forlap Dikti Perguruan Tinggi Asal.

F. Sistem Seleksi Pada Tiap Jalur Seleksi
  1. Jalur PMDK (Penelusuran Minat dan kemampuan) yaitu dengan menyeleksi nilai rapor kelas I, II dan III, serta prestasi tertentu di tingkat provinsi.
  2. Jalur STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) dan NEM (Nilai Ebtanas Murni).
  3. Jalur Seleksi : dengan mengikuti ujian seleksi masuk.
  4. Jalur pindahan / lintas jalur dari program D-2 atau D-3 dari Perguruan Tinggi lain.

G. Jalur Beasiswa
  1. Bagi setiap mahasiswa baru yang memenuhi syarat berhak mendapatkan beasiswa dari Yayasan Beasiswa ITI, berupa keringanan biaya UPP.
  2. PMDK : Beasiswa / keringanan biaya UPP Rp. 0,- hingga Rp. 8.000.000,- diberikan kepada calon mahasiswa peringkat 1 sampai 5 di Sekolah dari Semester 1 sampai Semester 5.
  3. Prestasi Non Akademik : Beasiswa/keringanan Biaya UPP Rp.0,- hingga 8.000.000,- diberikan kepadaq calon mahasiswa yang berprestasi di bidang seni, Olahraga & Karya Ilmiah Juara I, II dan III Tingkat Kabupaten/Provinsi/Nasional.
  4. Beasiswa/keringanan biaya UPP sebesar Rp.1.000.000,- diberikan kepada calon mahasiswa jalur USM yang mendapatkan nilai Grade A.
  5. Beasiswa/keringanan biaya UPP sebesar Rp. 750.000,- diberikan kepada calon mahasiswa jalur USM yang mendapatkan nilai Grade B.

H. Jadwal Pelaksanaan

Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru ITI dibuka dalam beberapa tahap / gelombang yang biasanya dimulai dari awal tahun hingga bulan Agustus / September. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di website resmi ITI.


Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ITI. Untuk informasi lain yang kamu butuhkan dapat dilihat langsung di situs resmi ITI di alamat pmb.iti.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITI di alamat tersebut.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online Institut Teknologi Indonesia (ITI). Semoga apa yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan manfaat dan gambaran untuk kamu yang ingin kuliah di kampus ITI.

Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima menjadi mahasiswa baru Institut Teknologi Indonesia (ITI) melalui jalur seleksi yang kamu ikuti. Terima kasih telah membaca artikel ini, cukup sekian dan salam sukses. Please share this article to your friends and don't forget for comeback.