Pendaftaran Online IAIN Ambon 2024/2025

iainambon.ac.id 2024 -- IAIN Ambon, Pendaftaran IAIN Ambon Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Ambon, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Ambon, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Ambon, Jalur SPAN-PTKIN, UM PTKIN, Jalur Mandiri, KIP Kuliah, Bidikmisi, Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Agama Islam Negeri Ambon. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi Pendaftaran Online IAIN Ambon 2024/2025. Sebelum menjelaskan hal tersebut, admin terlebih dahulu akan memberikan sedikit ulasan tentang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Ambon adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia yang berada di Ambon, tepatnya di Jalan Dr. H. Tarmizi Taher - Kebun Cengkeh, Batu Merah Atas, Ambon, Maluku, Indonesia.

Fakultas dan Program Studi di IAIN Ambon :
  • Fakultas Syariah (Hukum Islam) terdiri dari program studi : Al Ahwal Al Syakhsyiah (Peradilan Agama), Muamalah (Hukum Ekonomi), Perbandingan Mazhab dan Hukum, Jinayah Siyasah (Hukum Pidana dan Politik), Ekonomi Syariah 
  • Fakultas Dakwah dan Ushuluddin  terdiri dari program studi : Aqidah Filsafat, Sosiologi Agama, Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Jurnalistik, Bimbingan dan Penyuluhan Islam.
  • Fakultas Tarbiyah  terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika
  • Program studi pada jenjang Pascasarjana

Itulah sedikit informasi mengenai IAIN Ambon, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru IAIN Ambon dengan mengikuti jalur seleksi masuk IAIN Ambon, yaitu jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri, Bidikmisi dan PMB Pascasarjana. Informasi selengkapnya silahkan baca dan pahami di bawah ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Ambon

A. Pendaftaran IAIN Ambon Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke UIN / IAIN / STAIN di Indonesia. Salah satunya masuk ke IAIN Ambon.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data siswa di PDSS SPAN-PTKIN melalui alamat www.span-ptkin.ac.id lalu pilih menu sekolah. Setelah itu, masing-masing siswa akan mendapatkan kode akses pendaftaran.

Siswa menggunakan kode akses tersebut untuk login ke alamat di atas kemudian melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta SPAN-PTKIN.

Informasi lebih lanjut seperti persyaratan, jadwal, tahapan seleksi, jumlah pilihan program studi dan PTKIN, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut :
B. Pendaftaran IAIN Ambon Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru masuk ke UIN / IAIN / STAIN di Indonesia. Salah satunya masuk ke IAIN Ambon.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan sendiri oleh calon peserta tanpa melalui pihak sekolah. Calon peserta mendaftar online melalui alamat web www.um-ptkin.ac.id. Namun sebelumnya, calon peserta terlebh dahulu harus membayar biaya pendaftaran di Bank untuk mendapatkan kode akses pendaftaran.

Setelah mendapatkan kode akses, maka dapat login ke alamat web di atas untuk melakukan pengisian data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta UM-PTKIN.

Untuk infomasi penting lainnya seperti persyaratan, biaya pendaftaran, jadwal, materi seleksi, jumlah pilihan program studi dan PTKIN, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel
C. Pendaftaran IAIN Ambon Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi lokal yang dikelola oleh IAIN Ambon untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Jalur ini merupakan jalur terakhir yang dibuka oleh IAIN Ambon. Oleh karena itu, kamu harus bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin agar harapanmu masuk ke IAIN Ambon dapat terwujudkan.

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui alamat umm.iainambon.ac.id . Calon mahasiswa mengakses alamat tersebut kemudian melakukan pengisian data hingga mencetak kartu peserta.

Prosedur Pendaftaran :
  1. Permbayaran biaya pendaftaran mahasiswa baru melalu Bank BTN Kantor Kas IAIN Ambon
  2. Pendataan calon mahasiswa baru dengan formulir yang disediakan oleh panitian, baik berupa fisik maupun formulir elektronik, pendaftaran online melalui umm.iainambon.ac.id
  3. Menyerahkan persyaratan berupa ijazah/surat keterangan lulus, pas foto 3x4 sebanyak 3 lembar dengan dicantumkan nama dibelakang setiap foto
  4. Calon mahasiswa diberikan kartu ujian agar digunakan untuk syarat mengikuti ujian masuk Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri
D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Ambon

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi yang baik. IAIN Ambon merupakan salah satu kampus yang turut menyalurkan program KIP Kuliah untuk calon mahasiswa barunya.

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah dapat ditanyakan langsung ke panitia PMB IAIN Ambon atau untuk penjelasan lebih lanjut silahkan baca pada artikel ini : Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

E. Pendaftaran Pacasarjana IAIN Ambon

IAIN Ambon juga melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi kamu yang ingin kuliah di Pascasarjana IAIN Ambon, silahkan lakukan pendaftaran. Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan langsung di kampus Pascasarjana IAIN Ambon


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Ambon. Silahkan pilih salah satu jalur yang kamu minati. Untuk informasi lain yang kamu perlukan dapat dilihat langsung di website resmi IAIN Ambon di alamat pasca.iainambon.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi IAIN Ambon

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin berikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online IAIN Ambon. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan manfaat untuk anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga Allah memberikan kemudahan dalam menyelesaikan proses pendaftaran ini dan nantinya kamu bisa diterima sebagai mahasiswa di IAIN Ambon. Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya dan ayo sukai juga halaman web kami.