Pendaftaran Online Beasiswa LPDP 2024/2025

Pendaftaran Online Beasiswa LPDP 2024 -- Pendaftaran Beasiswa LPDP Online, Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Informasi Beasiswa LPDP, Penerimaan Beasiswa LPDP, Pembukaan Beasiswa LPDP, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi untuk anda tentang Pendaftaran Online Beasiswa LPDP 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan gambaran untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran.

Disini admin akan memberikan semua informasi yang berkaitan dengan Beasiswa LPDP yaitu mengenai persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran dan pengumuman, daftar beasiswa LPDP, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/03/pendaftaran-online-beasiswa-lpdp.html

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang sering dikenal dengan Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pengoptimalan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Visi dari LPDP adalah Menyiapkan Pemimpin Masa Depan Indonesia. Untuk mewujudkan visi tersebut, LPDP memberikan beasiswa pendidikan kepada para pelajar untuk melanjutkan studi dari Program Sarjana (S1) ke Program Magister (S2) dan dari Program Magister (S2) ke Program Doktor (S3), baik ke perguruan tinggi unggulan di dalam negeri ataupun perguruan tinggi unggulan di luar negeri.

LPDP merupakan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Beberapa Program Beasiswa Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), yaitu :
  1. Beasiswa Magister dan Doktor
  2. Beasiswa Tesis dan Disertasi
  3. Beasiswa Afirmasi
  4. Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis
  5. Presidential Scholarship

Salah satu keunggulan dari beasiswa LPDP adalah bahwa pendaftarannya dibuka sepanjang tahun yang terbagi kedalam beberapa periode. Jadi tidak perlu khawatir mengenai jadwal pendaftaran. Apabila anda terlambat mendaftar pada periode pertama, maka masih ada periode kedua, ketiga dan seterusnya sepanjang tahun. Kapan pun anda akan mendaftar, anda bisa melihat jadwal periode yang sedang dibuka.
    Untuk bisa mendaftar dan mendapatkan beasiswa LPDP ini, anda harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Persyaratan yang harus dipenuhi terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan khusus serta formulir dan dokumen pendukung lainnya. Berikut ini admin akan menjelaskan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar.

    I. Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa LPDP
    1. Warga negara Indonesia yang ditunjukkan dengan identitas kependudukan yang sah. 
    2. Lulusan program studi :
      • Perguruan Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
      • Perguruan Tinggi kedinasan yang diakui oleh pemerintah Indonesia.
      • Perguruan Tinggi diluar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    3. Mempunyai jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan dengan pengalaman memimpin sebuah organisasi atau lembaga yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.
    4. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.
    5. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum.
    6. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik.
    7. Menandatangani Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia.
    8. Menandatangani Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain.
    9. Mendapatkan Surat Tugas Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.
    10. Memiliki Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.
    11. Memilih program studi dan/atau perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP.
    12. Mengupload Essay (500 - 700 kata) dengan tema :
      • Peranku bagi Indonesia
      • Sukses terbesar dalam hidupku.
    13. Rencana Studi untuk program Magister. 
        Setelah memenuhi persyaratan umum beasiswa LPDP di atas yang cukup banyak, anda juga diharuskan memenuhi persyaratan khusus beasiswa LPDP.

        II. Jenis-jenis Beasiswa LPDP

        Berikut admin jelaskan persyaratan khusus beasiswa LPDP beserta penjelasan dari 5 jenis beasiswa LPDP.

        1. Pendaftaran Beasiswa Magister dan Doktor

        Beasiswa Beasiswa Magister dan Doktor merupakan beasiswa digunakan untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri.

        Persyaratan Khusus Pendaftaran

        Selain harus memenuhi persyaratan umum, peserta juga harus memenuhi persyaratan khusus.

        Untuk pelamar beasiswa program Magister :
        1. Usia maksimum pelamar adalah 35 (tiga puluh lima) tahun,
        2. Telah menyelesaikan studi pada program sarjana/sarjana terapan dan tidak berlaku bagi mereka yang telah menyelesaikan program magister baik dalam maupun luar negeri.
        3. Mempunyai Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan yang ada dalam daftar LPDP.
        4. Jika tidak memiliki LoA Unconditional seperti keterangan pada nomor 3 di atas, pendaftar wajib memiiki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3,00 pada skala 4 dan memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) yang masih berlaku atau bahasa asing lainnya yang ditentukan LPDP:
          • Untuk studi program Magister di dalam negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 500/iBT® 61/IELTS™ 6,0/TOEIC® 600.
          • Untuk studi program Magister di luar negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 550/TOEFL iBT® 79/ IELTS™ 6,5/TOEIC® 750.
          • Kedua butir di atas dikecualikan bagi mereka yang menyelesaikan pendidikan tinggi yang menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Duplikat ijasah digunakan sebagai pengganti persyaratan TOEFL, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijasah diterbitkan.
          • Untuk studi program Magister di luar negeri pada Perguruan Tinggi yang bahasa pengantar akademiknya non-bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dapat menyesuaikan dengan persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku.
        5. Sanggup menyelesaikan studi program magister paling lama 2 (dua) tahun,
        6. Memiliki dokumen resmi TPA/GRE/GMAT/LSAT (jika ada),
        7. Menulis rencana studi sesuai program studi magister pada perguruan tinggi tujuan.

        Untuk pelamar beasiswa program Doktoral
        1. Usia maksimum pelama adalah 40 (empat puluh) tahun
        2. Telah menyelesaikan studi pada program magister / magister terapan
        3. Mempunyai Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi yang ada dalam list LPDP.
        4. Khusus untuk butir 3 di atas jika tidak memiliki Letter of Acceptance (LoA) Unconditional, pendaftar wajib memiiki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3,25 pada skala 4, atau IPK ekuivalen untuk skala lainnya dan memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang diterbikan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) yang masih berlaku atau bahasa asing lainnya yang ditentukan LPDP:
          • Untuk studi program Doktoral di dalam negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 500/iBT® 61/IELTS™ 6,0/TOEIC® 600.
          • Untuk studi program Doktoral di luar negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 550/TOEFL iBT® 79/ IELTS™ 6,5/TOEIC® 750.
          • Butir a) dan b) dikecualikan bagi mereka yang menyelesaikan pendidikan tinggi yang menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Duplikat ijasah digunakan sebagai pengganti persyaratan TOEFL, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijasah diterbitkan.
          • Untuk studi program Doktoral di luar negeri pada perguruan tinggi yang bahasa pengantar akademiknya non-bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dapat menyesuaikan dengan persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku.
        5. Sanggup menyelesaikan studi doktoral paling lama 4 (empat) tahun
        6. Memiliki dokumen resmi TPA/GRE/GMAT/LSAT (jika ada)
        7. Menulis ringkasan proposal penelitian sesuai program studi doktoral


        Beasiswa Tesis dan Disertasi ditujukan bagi para mahasiswa Magister atau Doktoral yang memiliki keterbatasan dana untuk menyelesaikan tesis/disertasinya, baik yang sedang belajar di dalam negeri maupun luar negeri.

        Persyaratan Pendaftaran
        1. Warga Negara Indonesia
        2. Batas Usia maksimum pelamar pada saat penutupan pendaftaran adalah:
          • 40 tahun untuk pelamar program Beasiswa Tesis,
          • 45 tahun untuk pelamar program Beasiswa Disertasi.
        3. Lulusan program studi :
          • Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi minimal C atau lulusan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diakui oleh Pemerintah Indonesia 
          • Perguruan tinggi di luar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
        4. Mahasiswa sudah menyelesaikan seluruh mata kuliah yang dinyatakan dalam bentuk transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum adalah:
          • 3,25 pada skala 4, bagi yang sedang studi Magister.
          • 3,50 pada skala 4, bagi yang sedang studi Doktoral. 
        5. Dinyatakan telah lulus ujian / seminar proposal oleh pimpinan program pascasarjana atau keterangan lain yang sejenis.
        6. Mendapat rekomendasi dari unsur pimpinan Pascasarjana atau Fakultas;
        7. Judul penelitian dan bidang kajian yang bersifat strategis sesuai dengan visi dan misi LPDP dan bidang keilmuan yang menjadi fokus LPDP yaitu
        8. Bidang Teknik, Bidang Sains, Bidang Kelautan dan Perikanan, Bidang pertanian, Bidang pendidikan, Bidang Kedokteran dan Kesehatan, Bidang Akuntansi dan Keuangan, Bidang Ekonomi, Bidang Hukum, Bidang Agama, Bidang Sosial, Bidang Budaya, Seni dan Bahasa.
        9. Selain itu BPI Program Tesis dan Disertasi juga memiliki tema prioritas sebagai berikut : Kemaritiman, Perikanan, Pertanian, Ketahanan Energi, Ketahanan Pangan, Industri Kreatif, Manajemen Pendidikan, Teknologi Transportasi, Teknologi Pertahanan dan Keamanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknologi Kedokteran dan Kesehatan, Keperawatan, Lingkungan Hidup, Keagamaan, Ketrampilan (Vokasional), Ekonomi/Keuangan Syariah, Budaya/Bahasa, dan Hukum Bisnis Internasional.
        10. Tidak telah, sedang dan tidak akan menerima bantuan beasiswa tesis dan disertasi atau beasiswa pendidikan yang terdapat komponen bantuan riset dari sumber lain baik dalam negeri maupun luar negeri

        3. Pendaftaran Beasiswa Afirmasi

        Beasiswa Afirmasi diberikan untuk putra-putri terbaik Indonesia dari kelompok masyarakat dengan kemampuan eknomi rendah untuk dapat mengikuti studi pada Program Magister atau Doktoral dalam beberapa bidang keilmuan, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri.

        Persyaratan Khusus Pendaftaran

        Persyaratan khusus diperuntukkan bagi:
        • Beasiswa Afirmasi bagi kelompok masyarakat dari daerah perbatasan dan/atau daerah tertinggal
        • Beasiswa Afirmasi bagi alumni penerima Bidikmisi/kelompok masyarakat berprestasi dari keluarga miskin yang memiliki IPK Minimal 3,50
        • Beasiswa Afirmasi Olimpiade Sains, Teknologi, Olah Raga, dan Seni/ Budaya

        Informasi persyaratan khusus selengkapnya dapat dilihat di website LPDP.

        4. Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis

        Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis diberikan untuk pembiayaan studi lanjut pada program spesialis kedokteran di Perguruan Tinggi di dalam negeri.
        Persyaratan Khusus Pendaftaran
        1. Usia maksimum pelamar adalah 35 tahun,
        2. Telah menyelesaikan studi pada program sarjana / sarjana terapan dan tidak berlaku bagi mereka yang telah menyelesaikan program magister baik dalam maupun luar negeri,
        3. Mempunyai Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan yang ada dalam daftar LPDP.
        4. Jika tidak memiliki LoA Unconditional (point c), Pendaftar wajib memiiki rata-rata IPK 3,0 pada skala 4 untuk gabungan IPK sarjana dan Profesi dokter dan memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) yang masih berlaku:
          • Skor minimal: TOEFL ITP® 500/iBT® 61/IELTS™ 6,0/TOEIC® 600.
          • Butir skor tersebut dikecualikan bagi mereka yang menyelesaikan pendidikan tinggi yang menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris. Duplikat ijasah digunakan sebagai pengganti persyaratan TOEFL, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijasah diterbitkan.
        5. Menulis rencana studi dan proposal bidang dokter spesialis yang akan diambil.
        6. Sanggup menyelesaikan studi program pendidikan dokter spesialis sesuai masa studi yang telah ditetapkan oleh kolegium masing-masing bidang spesialis.
        7. Bersedia mengabdi di daerah 3T atau daerah dengan karakteristik tertentu lainnya dalam waktu tertentu

        5. Pendaftaran Presidential Scholarship

        Beasiswa ini diberikan dengan bertujuan menyiapkan generasi terbaik Indonesia yang memiliki jiwa sebagai pemimpin maupun ilmuwan di berbagai bidang dalam rangka menyiapkan Indonesia sebagai negara yang maju pada 100 tahun kemerdekaan RI pada tahun 2045.

        Presidential Scholarship dikelola oleh LPDP yang bekerjasama dengan pihak Kepresidenan RI untuk menempuh studi pada perguruan tinggi terbaik di dunia.

        Persyaratan Pendaftaran Presidential Scholarship
        • Seluruh Warga Negara Indonesia
        • Riwayat kepemimpinan di bidang masing-masing
        • Membuat esai: (a)“Peranku Bagi Indonesia”, (b)“Sukses Terbesar Dalam Hidupku”, (c) Perencanaan karier, (d) Pengabdian pascastudi;
        • Telah mendapatkan rekomendasi dari tokoh atau pakar di bidangnya/pimpinan di unit kerjanya
        • Usia maksimal 40 tahun (S2) & 45 tahun (S3)
        • Mempunyai LoA dari kampus yang direferensikan LPDP atau memiliki kecakapan akademis dan bahasa asing yang baik (ditunjukkan oleh IPK dan TOEFL/IELTS).

        Itulah 5 jenis beasiswa LPDP yang akan diberikan kepada anda yang memenuhi ketentuan masing-masing beasiswa tersebut.
        Setelah anda memenuhi semua persyaratan beasiswa LPDP, kemudian anda bisa melakukan pendaftaran dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Admin akan memberikan panduan kepada anda dalam melakukan pendaftaran online beasiswa LPDP. Berikut ini penjelasannya.

        III. Cara Pendaftaran Online Beasiswa LPDP

        Pendaftaran dilakukan secara online melalui www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id . Bagi yang sudah memiliki akun silahkan login, sedangkan bagi yang belum memiliki akun terlebih dahulu harus membuat akun.

        Setelah memiliki akun selanjutnya daat login menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelag login silahkan mengunggah semua dokumen pendukung dan mengisi formulir sesuai format yang diberikan. (Semua dokumen dapat dilihat pada dokumen petunjuk beasiswa).

        Seluruh dokumen pendukung harus dokumen asli (bukan foto kopian) dan cetak formulir harus dibawa pada tahap seleksi wawancara. Dokumen pendukung yang dimaksud dijelaskan berikut ini.

        Formulir dan Dokumen Pendukung Beasiswa LPDP
        1. Cetak Formulir Pendaftaran Online.
        2. Ijazah dan Transkrip Asli.
        3. Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL dan yang setara.
        4. Sertifikat Prestasi.
        5. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Hukum.
        6. Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Kode Etik Akademik.
        7. Surat Pernyataan mengabdi Kepada Kepentingan Bangsa Indonesia.
        8. Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa dari Sumber lain.
        9. Surat Ijin Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.
        10. Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.
        11. Essay

        Setelah anda melakukan pendaftaran dan mengupload sejumlah dokumen pendukung di atas. Selanjutnya anda menunggu proses penetapan kelulusan administrasi sesuai jadwal yang telah ditentukan. Apabila anda lulus administrasi, maka dilanjutkan dengan tes wawancara. Setelah itu anda tinggal menunggu pengumuman kelulusan.

        IV. Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP

        Jadwal pendaftaran diprediksikan dibuka untuk 4 periode seperti tahun sebelumnya. Berikut perkiraan jadwalnya :
        • Periode  I :  Oktober tahun sebelumnya - Januari tahun ini
        • Periode  II : Januari -  April
        • Periode  III : April - Juli 
        • Periode  IV : Juli - Oktober

        Jadwal lengkap bisa dilakukan diwebsite resmi Beasiswa LPDP

        V. Daftar Nama-nama Perguruan Tinggi Tujuan Beasiswa LPDP

        Berikut ini akan diberikan daftar nama-nama Perguruan tinggi tujuan Beasiswa LPDP, baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.

        Daftar Nama-nama Perguruan Tinggi Dalam Negeri 

        Selain nama-nama Perguruan Tinggi Dalam Negeri di atas, masih banyak lagi Perguruan Tinggi diluar Negeri yang menjadi tujuan Beasiswa LPDP seperti Perguruan Tinggi di Australia, Amerika Serikat, Britania Raya, Belanda, Jerman, Belgia, Kanada, China, Denmark, Finlandia, Perancis, Hongkong, India, Irlandia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Maroko, Mesir, New Zeland, Norwegia, Pakistan, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, dan Turki..

        Alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi berkaitan dengan Beasiswa LPDP adalah Gedung A.A. Maramis II Lantai 2, Jalan Lapangan Banteng Timur No. 1, Jakarta 10710, Telepon (021) 3808392, Fax (021) 384 6474, Situs resmi : www.lpdp.depkeu.go.id

        Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

        Baca Juga :

        Demikianlah Informasi yang bisa admin sampaikan mengenai informasi Pendaftaran Online Beasiswa LPDP. Semoga artikel ini bisa memberi pencerahan untuk anda yang membaca.

        Admin turut mendoakan semoga anda bisa mendapatkan beasiswa LPDP dan selanjutnya admin mengucapkan selamat untuk yang mendapatkan beasiswa LPDP, dan yang belum bisa mendapatkan bisa mendaftarkan diri lagi. 

        Terima kasih telah membaca artikel disini. Semoga berhasil dan sukses untuk kita semua. Mari bantu bagikan artikel ini kepada yang membutuhkan.