Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2024/2025

Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2024 -- Pendaftaran Online Beasiswa Unggulan Kemdikbud, Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemdikbud, Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbud, Beasiswa Mahasiswa Asing, Beasiswa Unggulan Guru Cimb Niaga, Beasiswa Bantuan (Non-Degree). 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi yang berjudul Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemdikbud 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa memudahkan anda untuk menemukan informasi beasiswa yang anda cari. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Dalam upaya meningkatan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia, Pemerintah bersama  lembaga lainnya yang sah memberikan beasiswa kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk mengikuti pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, atau melakukan suatu kegiatan atau berkarya dibidang yang diakui.

Dengan adanya pemberian beasiswa ini, diharapkan dapat mempercepat pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui sumberdaya manusia yang berkualitas. Beasiswa yang dimaksud adalah Beasiswa Unggulan.

Beasiswa Unggulan adalah beasiswa yang diberikan oleh Kemdikbud kepada berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, guru, pegawai negeri/karyawan swasta, dan kalangan lainya yang berprestasi serta memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Beasiswa Unggulan ini memiliki banyak sasaran diantaranya yaitu :
  • Peraih medali olimpiade internasional;
  • Juara tingkat regional, nasional, dan internasional bidang sains, teknologi, seni budaya, dan olah raga;
  • Guru berprestasi dalam berbagai bidang;
  • Pegawai negeri / karyawan swasta yang berprestasi dan mendapatkan persetujuan dan diusulkan oleh atasannya.
  • Perorangan berprestasi yang diusulkan dan disetujui suatu lembaga.
  • Mahasiswa

Dari penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa banyak sekali sasaran dari beasiswa unggulan ini, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru, PNS ataupun karyawan swasta, dan lain-lain.

Melihat banyaknya sasaran dari beasiswa unggulan ini, maka beasiswa yang disalurkan juga bermacam-macam jenisnya. Berikut informasinya.

A. Jenis-Jenis Beasiswa Unggulan

1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Beasiswa Masyarakat Berprestasi diperuntukan bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan atau Doktor (S3) pada perguruan tinggi minimum terakreditasi B dan program studi terakreditasi A.

2. Beasiswa Pegawai Kemendikbud

Beasiswa yang satu ini diperuntukkan bagi Pegawai Kemendikbud yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3 dengan tujuan Pembinaan Karir Pegawai.

3. Beasiswa Mahasiswa Asing

Beasiswa ini ditujukan untuk Mahasiswa jenjang pendidikan master (S2) dan doctoral (S3) di Indonesia dan bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia pada bidang pendidikan Bahasa Indonesia, Seni dan Budaya.

4. Beasiswa Unggulan Guru Cimb Niaga

Program Beasiswa Unggulan Guru CIMB Niaga adalah program beasiswa kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Bank CIMB Niaga yang bertujuan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Melalui Peningkatan Kualitas dan Profesionalitas Guru.

Program Beasiswa Unggulan Guru CIMB Niaga diperuntukan bagi Guru untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan Magister (S2) pada Universitas Padjadjaran, Universitas Gajah Mada dan Universitas Hasanuddin dengan program studi terakreditasi A pada Fakultas Ekonomi.

5. Beasiswa Bantuan (Non-Degree)

Pemberian bantuan beasiswa yang digunakan  bagi peneliti, penulis, pencipta, seniman / budayawan, wartawan, olahragawan, tokoh serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai aktivitas dan kreativitas yang dilaksanakan. 

Dari beberapa jenis beasiswa unggulan kemdikbud di atas, silahkan daftarkan diri anda dengan memilih salah satu beasiswa yang sesuai dengan diri anda.

Para peserta diwajibkan mendaftar secara online di website resmi Beasiswa Unggulan di alamat beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id . Bagi peserta yang mendaftar dengan mengirimkan berkas, juga diwajibkan mendaftar secara online.

B. Alur Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemdikbud ini dilakukan secara online dengan alur seperti berikut ini.
  1. Buka alamat buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id
  2. Bagi yang belum memiliki aku login, silahkan mendaftar terlebih dahulu  dengan mengisi data-data sesuai formulir pendaftaran online yang tersedia berupa : nama lengkap, no. KTP, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, asal, email, dan password.
  3. Setelah mengisi data-data di atas, selanjutnya klik tombol “daftar”
  4. Kemudian anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa email dan password anda telah aktif.
  5. Anda dapat menggunakan email dan password untuk login kembali ke alamat buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id lalu melakukan pengisian data secara lengkap dan benar hingga selesai.

Itulah alur pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemdikbud yang dapat anda ikuti saat melakukan pendaftaran secara online. Selanjutnya anda perlu mengetahui informasi mengenai jadwal pendaftaran.

C. Jadwal Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Pendaftaran Beasiswa Unggulan ini dibuka di sepanjang tahun. Jadi anda bisa melakukan pendaftaran kapanpun namun harus tetap mengupdate informasi di web ini atau bisa langsung di website resmi Beasiswa Unggulan Kemdikbud.

Penting!!!

Informasi mengenai Beasiswa Unggulan Kemdikbud yang belum disampaikan di web ini maka dapat anda lihat langsung di website resmi Kemdikbud di alamat beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id
Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemdikbud. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat terutama untuk anda yang mencari informasi terkait.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa mendapatkan salah satu jenus beasiswa unggulan ini dan nantinya beasiswa yang diperolah dapat digunakan untuk membiayai pendidikan, kegiatan atau  karya yang anda kerjakan.

Tak lupa ucapan terima kasih admin sampaikan kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca informasi disini. Sekian informasi dari admin dan semoga kita termasuk orang-orang yang bisa sukses semuda mungkin.