Pendaftaran Online UNILA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

simanila.unila.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNILA Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB UNILA, Simanila  UNILA, Pendaftaran UNILA Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNILA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNILA, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNILA, Pendaftaran Kuliah UNILA, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Jalur KIP Kuliah, Universitas Lampung, UNILA. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNILA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Disini admin akan menjelaskan keseluruhan jalur masuk Universitas Lampung (UNILA). Namun sebelumnya admin akan memberikan sedikit gambaran mengenai Universitas Lampung (UNILA).
http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Lampung (UNILA)

Universitas Lampung atau yang disingkat dengan UNILA adalah Perguruan Tinggi Negeri pertama dan tertua di kota Lampung, tepatnya di Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Rajabasa, Bandarlampung, Lampung, Indonesia. Universitas Lampung (UNILA) telah didirikan pada 23 September 1965 .

Beberapa Fakultas dan Program Studi yang telah ada di Universitas Lampung (UNILA) yaitu :
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi : Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi : Ilmu Hukum.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik, Pendidikan Bahasa Perancis.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi : Agribisnis/Sosial Ekonomi Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, Produksi Ternak, Teknik Pertanian, Budidaya Perairan, Kehutanan, Agroekoteknologi.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi : Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Geofisika, Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Geodesi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi : Sosiologi, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi : Kimia, Biologi, Fisika, Matematika, Ilmu Komputer.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi : Pendidikan Dokter

Program Pascasarjana
  • terdiri dari : Magister Ilmu Lingkungan, Magister Manajemen, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Ilmu Hukum, Magister Hukum, Magister Teknologi Pendidikan, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan IPS, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Magister Agronomi, Magister Agribisnis, Magister Teknologi Agroindustri, Magister Ilmu Kehutanan, Magister Manajemen Sumber Daya Alam, Magister Teknik Sipil, Magister Ilmu Pemerintahan, Magister Ilmu Administrasi, Magister Kimia, Magister Biologi, Magister Matematika, Magister Fisika, Magister Teknologi Pangan, Magister Ilmu Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Magister Keguruan Guru SD, Magister Keguruan IPA, Magister Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, dan Magister Teknik Mesin.

Itulah sekilas informasi tentang UNILA. Mungkin bisa menjadi informasi tambahan bagi anda yang ingin kuliah di UNILA. Baiklah, kita lanjutkan pembahasan utama kita.

Pada tahun ini Universitas Lampung (UNILA) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, Jalur Mandiri, dan Jalur untuk Program Pasca Sarjana. Melalui jalur-jalur tersebutlah calon mahasiswa bisa masuk dan diterima menjadi mahasiswa Universitas Lampung (UNILA).

Langsung saja kita akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung (UNILA). Simak informasinya berikut ini.

1. Pendaftaran UNILA Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional yang merupakan jalur undangan untuk menjaring calon mahasiswa yang berprestasi ketika di sekolah yang dilihat dari nilai raport dan prestasi akademik lainnya.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan untuk lulusan SMA / MA / SMK / sederajat lulusan tahun ini saja yang berprestasi terutama dilihat dari nilai rapornya.

Pendaftaran SNBP dimulai dari kepala sekolah yang memberikan rekomendasinya dengan mengisi data di PDSS. Kemudian siswa yang telah direkomendasikan bisa melanjutkan pendaftaran hingga finish.

Biaya pendaftaran SNBP tidak perlu dikeluarkan karena gratis.

Keterangan selengkapnya tentang SNBP telah dibahas pada artikel sebelumnya. Pada artikel tersebut dibahas : link pendaftaran, tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal lengkap, jumlah PTN pilihan, nama-nama PTN lain, tahapan seleksi, dan hal terkait lainnya, silahkan kunjungi artikel  yang berjudul Pendaftaran SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNILA Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya melalui tes UTBK.

Jalur SNBT ini dibuka untuk lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang lulus maksimal 3 tahun terakhir. Lulusan tahun ini yang tidak lulus di jalur SNBP atau tidak mendapatkan kesempatan mengikuti SNBP bisa mengikuti SNBT ini.

Pendaftarannya dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran SNBT perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur seleksi ini.

Informasi selengkapnya tentang SNBT telah dibahas pada artikel sebelumnya. Artikel tersebut membahas : link pendaftaran, tata cara pendaftaran, alur pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, kelompok ujian, materi ujian, nama-nama PTN lain, dan lain-lainnya, silahkan kunjungi artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran Jalur Mandiri UNILA

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan secara langsung oleh pihak panitia Universitas Lampung (UNILA). Salah satu tujuannya adalah menberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di Universitas Lampung (UNILA).

Mungkin calon mahasiswa tersebut telah mengikuti ujian seleksi lainnya, misal SNBP atau SNBT, tetapi dinyatakan tidak lulus. Nah jalur ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang tetap ingin kuliah di Universitas Lampung (UNILA).

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui website resmi Universitas Lampung (UNILA) yaitu simanila.unila.ac.id. Jalur mandiri ini dibuka untuk melakukan penerimaan mahasiswa baru Jenjang Diploma, Sarjana, dan Magister. Informasi selengkapnya bisa dilihat pada website resmi Universitas Lampung (UNILA) tersebut. 

4. Pendaftaran KIP Kuliah di UNILA

KIP Kuliah adalah biaya bantuan pendidikan yang akan diberikan kepada calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun mempunyai kendalan dalam membiayai pendidikannya dikarenakan ia berasal dari keluarga kurang mampu dari segi finansial.

Untuk itu, calon mahasiswa yang demikian mendapat kesempatan untuk mendaftar KIP Kuliah. 

Banyak persyaratan lain yang harus dipenuhi untuk mendapatkan KIP Kuliah. Informasi selengkapnya tentang KIP Kuliah bisa dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Informasi terdahulu : Panduan Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi

Baca juga : Pendaftaran KIP Kuliah jalur SNBT

5. Pendaftaran UNILA Jalur SMMPTN Barat

UNILA membuka jalur SMMPTN Barat untuk menyeleksi calon mahasiswa baru nelalui tes. Bagi yang ingin kuliah di UNILA, maka dapat mengikuti jalur seleksi SMMPTN Barat ini. Informasi lebih lanjut silahkan baca pada artikel Pendaftaran SMMPTN Barat

6. Pendaftaran Pascasarjana UNILA

UNILA kembali menerima mahasiswa baru jenjang pascasarjana. Bagi anda yang berminat kuliah jenjang Pascasarjana di UNILA, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Jalur seleksi pascasarjana UNILA dibuka melalui jalur seleksi mandiri. Pendaftaran dan ketentuan lainnya dapat anda baca di web UNILA, yaitu di pasca.unila.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNILA. Silahkan ikuti jalur seleksi yang anda minati.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNILA.

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online UNILA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga artikel ini bisa membantu memberi pencerahan kepada anda. Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi. 

Terima kasih atas kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini. Sekian dari admin, dan salam sukses untuk kita semua. Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya dan ayo sukai juga halaman web kami.