Pendaftaran Online UNIMA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unima.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNIMA Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNIMA Online, PMB UNIMA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMA, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNIMA, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UNIMA, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Bidikmisi, Jalur Mandiri, Universitas Negeri Manado, UNIMA, 2025. 2026.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNIMA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk para lulusan SMA sederajat yang ingin mendaftar kuliah di UNIMA. Langsung saja simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas tentang Universitas Negeri Manado (UNIMA)

Universitas Negeri Manado (UNIMA) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara yang tepatnya terletak di bukit Tonsaru Tataaran Tondano, Sulawesi Utara, Indonesia.

Universitas Negeri Manado (UNIMA) didirikan pada 22 September 1955.  Universitas Negeri Manado (UNIMA) pada mulanya berasal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang merupakan satu dari empat PTPG yang didirikan pertama di Indonesia yaitu PTPG Batusangkar, PTPG Malang, PTPG Bandung, PTPG Tondano, dimana PTPG Tondano sekarang telah menjadi Universitas Negeri Manado (UNIMA).

Universitas Negeri Manado (UNIMA) telah memiliki beberapa Fakultas dan Program Studi, yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Luar Biasa / Pendidikan Khusus, Bimbingan dan konseling, Psikologi, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Agama Hindu, Pendidikan Anak Usia Dini.
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi D3 Pemasaran, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Manajemen, S1 Akuntansi
  • Fakultas MIPA terdiri dari Jurusan Matematika, Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, Jurusan Biologi
  • Fakultas Ilmu Sosial terdiri dari Jurusan PPKn (Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan), Jurusan Sejarah, Jurusan Pendidikan Geografi
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan terdiri dari Jurusan Ilmu Keolahragaan, Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, dan Jurusan Pendidikan Kepelatihan
  • Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Program Studi Teknik Listrik (D3), Program Studi Teknik Sipil (D3), Program Studi Teknologi Kayu (D3), Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Fakultas Bahasa dan Seni terdiri dari jurusan Pendidika Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa Asing, Jurusan Pendidikan Seni.
  • Program Pascasarjana UNIMA terdiri dari jurusan Ilmu Administrasi Negara, Biologi, Manajemen Pendidikan, Bahasa Indonesia

Itulah sekilas tentang Universitas Negeri Manado (UNIMA). Semoga bisa memberi gambaran awal serta menambah wawasan kita tentang Universitas Negeri Manado. Baiklah kita kembali lagi membahas jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Manado.

Seperti tahun sebelumnya, pada tahun ini Universitas Negeri Manado (UNIMA) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut adalah jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur Mandiri. Melalui jalur itulah kalian bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Negeri Manado (UNIMA).

Dengan banyaknya jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Manado (UNIMA) tersebut, tentunya kalian memiliki kesempatan yang besar untuk bisa diterima di universitas tersebut. 

Namun perlu diingat bahwa tidak mudah untuk bisa diterima di universitas tersebut karena begitu banyaknya persaingan sesama pendaftar yang sama-sama ingin lulus dan bisa kuliah di Universitas Negeri Manado (UNIMA). Untuk itu, kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar keinginan untuk lulus seleksi bisa terwujud.

Langsung saja kita akan membahas secara rinci jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Manado. Perhatikan dan pahami dengan baik pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran UNIMA Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang didasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah di tahun ini serta ingin melanjutkan pendidikan ke PTN yang ada di Indonesia.

Pendaftaran SNBP dimulai dari pihak sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah direkomendasikan, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga selesai.

Biaya pendaftaran SNBP tidak perlu dikeluarkan karena gratis.

Untuk informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, link pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP

2. Pendaftaran UNIMA Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil tes dan / atau hasil tes dengan kriteria lain yang disepakati PTN.

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. 

Serangkaian proses pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran tidak gratis alias berbayar. Pembayaran dilakukan di bank yang telah bermitra dengan panitia SNBT.

Untuk keterangan lain yang dibutuhkan seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, tanggal pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran UNIMA Jalur Mandiri B2P

Jalur mandiri adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh panitia lokal dari UNIMA. Jalur mandiri UNIMA disebut dengan Baku Beking Pande (B2P).

Calon mahasiswa harus memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa diterima menjadi mahasiswa UNIMA. Untuk bisa mengikuti seleksi ini, maka calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh panitia dari UNIMA.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiir B2P :
  1. Buka BROWSER, masukkan alamat http://si.unima.ac.id/gtadmisi
  2. Pilih DAFTAR 
  3. Isi FORMULIR data awal berupa Nama Lengkap, No. Telepon, Alamat Email, Jalur Masuk B2P, Gelombang, Kelompok Ujian, dan Kode Verifikasi yang ada. 
  4. Pastikan data yang dimasukkan BENAR kemudian klik tombol DAFTAR
  5. Jika pendaftaran berhasil akan muncul konfirmasi seperti dI bawah ini. Kemudian WAJIB klik CETAK BUKTI untuk tahap selanjutnya.
  6. BUKTI CETAK digunakan untuk melakukan pembayaran BIAYA PENDAFTARAN SELEKSI.
    • Panduan pembayaran dapat diunduh pada bagian INFORMASI laman http://si.unima.ac.id/gtadmisi
  7. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran seleksi, silakan LOGIN dengan menggunakan NOMOR PENDAFTARAN dan PASSWORD sesuai yang tertera pada BUKTI CETAK.
  8. Silakan melakukan pengisian data pada FORMULIR yang ada dengan benar dan lengkap kemudian VERIFIKASI.
  9. Selesai VERIFIKASI, Anda akan memperoleh KARTU TANDA PESERTA UJIAN.
  10. SELESAI

Informasi lainnnya yang dibutuhkan bisa dilihat di laman http://si.unima.ac.id/gtamdisi

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan ketentuan bahwa calon mahasiswa tersebut berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan calon mahasiswa tersebut mempunyai prestasi akademik yang baik.

Namun kini bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Keterangan lain seperti persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara pendaftaran KIP-Kuliah, tanggal pendaftaran KIP-Kuliah, tanya jawab tentang KIP-Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal penting lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

5. Pendaftaran Mahasiswa Pindahan

UNIMA juga menerima mahasiswa pindahan dari Perguruan Tinggi lain, baik dari PTN ataupun PTS.  Informasi lebih lanjut cek di https://unima.ac.id/data_pindahan

6. Pendaftaran Pascasarjana UNIMA

Selain menerima mahasiswa baru untuk jenjang Diploma ataupun Sarjana, UNIMA juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. 

Pendaftaran secara online melalui laman http://si.unima.ac.id/gtamdisi . Tahapan pendaftarannya tidak jauh berbeda dengan jalur mandiri B2P. Untuk informasi lainnya dapat diakses melalui laman tersebut.


Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNIMA yang bisa dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNIMA. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakatmu.

Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIMA

Silahkan Baca Juga Pendaftaran PTN di Sulawesi :

Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online UNIMA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga bisa membantu dan memberi pencerahan untuk kalian dalam melakukan pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru UNIMA.

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus seleksi. Terima kasih telah membaca artikel disini. Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat lainnya yang membutuhkan.