Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK 2020/2021 update

siap-ppdb.com 2020 -- Pendaftaran PPDB Online TK SD SMP SMA SMK, Pendaftaran Online Siswa Baru TK SD SMP SMA SMK, Pendaftaran SIAP PPDB Online, PSB Online, PPDB Online, Penerimaan Siswa Baru TK SD SMP SMA SMK di PPDB Online, Informasi Pendaftaran Siswa Baru, Syarat PPDB Online, Pembukaan Pendaftaran Online Siswa Baru TK SD SMP SMA SMK, Portal Peserta PPDB Online, Jalur PPDB, Jalur Zonasi, Jalur Prestasi, Jalur Pindah Tugas, Jalur Afirmasi. 2022.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran PPDB TK SD SMP SMA SMK 2020/2021. Disini admin akan memberikan panduan kepada anda tentang tata cara melakukan pendaftaran secara online di SIAP PPDB Online dan juga memberikan informasi lain yang berkaitan.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/06/pendaftaran-online-siap-ppdb.html

Mungkin ada yang belum tahu apa itu SIAP PPDB Online?

SIAP PPDB online adalah pusat informasi / pengelolaan yang dirancang untuk proses penerimaan siswa baru jenjang SD SMP SMA SMK yang mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi sampai dengan pengumuman hasil seleksi dilakukan secara online.

Di zaman yang serba canggih ini, bukan hanya pendaftaran masuk ke Perguruan Tinggi yang dilakukan secara online, tetapi juga sudah masuk ke dunia Sekolah, dalam hal ini adalah Pendaftaran PPDB Online TK SD SMP SMA SMK.

Untuk bisa melakukan pendaftaran secara online, tentunya siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke SD, SMP, SMA atau SMK diharuskan bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Selain itu juga tempat tinggal calon siswa-siswa harus bisa mendukung jaringan internet agar bisa melakukan pendaftaran online.

Salah satu kelebihan dari pendaftaran secara online di SIAP PPDB untuk siswa TK SD SMP SMA SMK adalah calon peserta didik baru tidak perlu lagi datang ke sekolah untuk mengisi formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran cukup diisi secara online lalu mengikuti arahan yang diberikan.

Dengan pendaftaran online ini, pendaftaran bisa dilakukan dimana saja sesuai ketentuan dan kapan sjaa sesuai jadwal, yang penting daerah tersebut mendukung jaringan internet.

Namun bila diperlukan, calon peserta datang ke sekolah untuk menyerahkan formulir pendaftaran online dan berkas lainnya sesuai ketentuan yang diminta panitia.

Dalam melakukan pendaftaran PPDB online, mungkin anda mengalami kesulitan.

Harap tenang, Aamin disini akan memberikan bantuan kepada anda yang mungkin mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran PPDB online untuk calon siswa-siswi SD SMP SMA SMK.

Di bawah ini admin akan memberikan daftar nama wilayah peserta PPDB Online yang telah bergabung dengan SIAP PPDB Online, serta ketentuan lainnya terkait PPDB online SD SMP SMA SMK di tahun ajaran ini.

Calon peserta didik baru dapat mengunjungi artikel untuk menemukan informasi pada PPDB Online tiap provinsi, kota, atau kabupaten yang dituju. Berikut informasinya.

A. Daftar PPDB Online Provinsi, Kota, dan Kabupaten

Daftar daerah yang tergabung dalam PPDB Online, yaitu :

Itulah daftar wilalah yang tergabung dalam PPDB online. Kedepan, tentu akan ada penambahan wlayah lain yang tergabung dalam PPDB online ini.

Sebelum mendaftar, periksa dan pastikan terlebih dahulu apakah pendaftaran PPDB di daerah anda telah menggunakan sistem PPDB online atau tidak.

B. Persyaratan PPDB Online TK SD SMP SMA SMK

1. Persyaratan PPDB TK

Persyaratan calon peserta didik baru pada TK adalah:
  1. Berusia 5 (lima) tahun atau paling rendah 4 (empat) tahun untuk kelompok A; dan
  2. Berusia 6 (enam) tahun atau paling rendah 5 (lima) tahun untuk kelompok B.

2. Persyaratan PPDB SD
  1. Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD berusia:
    • (a) 7 (tujuh) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun; atau
    • (b) paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.
  2. Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun.
  3. Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional
  4. Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru Sekolah.

3. Persyaratan PPDB SMP

Persyaratan calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP:
  1. Berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; dan
  2. Memiliki ijazah SD/sederajat atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 6 (enam) SD

4. Persyaratan PPDB SMA dan SMK
  1. Persyaratan calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMA atau SMK:
    • (a) berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; dan
    • (b) memiliki ijazah SMP/sederajat atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) SMP.
  2. SMK dengan bidang keahlian, program keahlian, atau kompetensi keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam penerimaan peserta didik baru kelas 10 (sepuluh).

Penting!!!
Syarat usia sebagaimana dimaksud dalam persyaratan PPDB online TK SD SMP SMA SMK di atas dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah / kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang sesuai dengan domisili calon peserta didik.

Persyaratan Tambahan untuk PPDB SMP SMA SMK
  1. Persyaratan calon peserta didik baru baik warga negara Indonesia atau warga negara asing untuk kelas 7 (tujuh) SMP atau kelas 10 (sepuluh) SMA / SMK yang berasal dari Sekolah di luar negeri selain memenuhi persyaratan sebagaimana yang disebutkan di atas, wajib mendapatkan surat keterangan dari direktur jenderal yang menangani bidang pendidikan dasar dan menengah.
  2. Selain memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada point (1), peserta didik warga negara asing wajib mengikuti matrikulasi pendidikan Bahasa Indonesia paling singkat 6 (enam) bulan yang diselenggarakan oleh Sekolah yang bersangkutan.

C. Jalur Pendaftaran PPDB Online TK SD SMP SMA SMK

1. Jalur Pendaftaran PPDB online :
  1. PPDB jalur zonasi
  2. PPDB jalur afirmasi
  3. PPDB jalur perpindahan tugas orang tua / wali; dan/atau
  4. PPDB jalur prestasi

2. Peruntukkan Masing-masing Jalur :
  • Jalur prestasi  tidak berlaku untuk jalur pendaftaran calon peserta didik baru pada TK dan kelas 1 (satu) SD.
  • Jalur prestasi diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi akademik atau non akademik
  • Jalur zonasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan Pemerintah Daerah.
  • Jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu.
  • Perpindahan tugas orang tua / wali diperuntukkan bagi peserta didik yang orang tua / walinya dipindahtugaskan. Perpindahan ini dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

3. Persyaratan PPDB Online secara Tiap Jalur

a. Persyaratan PPDB Online Jalur Zonasi
  1. Diperuntukkan bagi peserta didik berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah. 
  2. Kuota ini termasuk bagi anak penyandang disabilitas.
  3. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.
  4. Kartu keluarga dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari RT atau RW yang dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain.
  5. Jangka waktu tinggal dan domisili peserta didik bersangkutan minimal atau paling singkat 1 tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili.
  6. Sekolah memprioritaskan peserta didik yang memiliki KK atau surat keterangan domisili dalam satu wilayah kabupaten/kota yang sama dengan sekolah asal.

b. Persyaratan PPDB Online Jalur Afirmasi
  1. Pada PPDB 2020 jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu. 
  2. Harus dibuktikan dengan bukti keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah (Kartu Indonesia Pintar dan sejenisnya). 
  3. Merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi sekolah bersangkutan. 
  4. Bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah wajib dilengkapi dengan surat pernyataan dari orangtua / wali. 
  5. Isinya menyatakan bersedia diproses hukum apabila terbukti memalsukan bukti keikutsertaan.
  6. Jika terdapat dugaan pemalsuan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat / daerah wajib melakukan verifikasi data dan lapangan serta menindaklanjuti hasil verifikasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

c. Persyaratan PPDB Online Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua / wali
  1. Perpindahan tugas orang tua / wali dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.
  2. Kuota jalur ini dapat digunakan untuk anak guru.

d. Persyaratan PPDB Online Jalur Prestasi
  1. Jalur prestasi tidak berlaku untuk jalur pendaftaran calon peserta didik baru pada TK dan kelas 1 SD. 
  2. Syarat jalur prestasi ditentukan berdasarkan nilai ujian sekolah 
  3. Selain itu, jalur prestasi juga dapat menggunakan hasil perlombaan dan atau penghargaan di bidang akademik maupun non-akademik pada tingkat internasional, nasional, provinsi, dan atau tingkat kabupaten/kota. \
  4. Bukti atas prestasi hasil perlombaan / penghargaan itu diterbitkan paling singkat 6 bulan, dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

D. Tata Cara Pendaftaran PPDB Online TK SD SMP SMA SMK secara Umum

Berikut tata cara pendaftaran PPDB online secara umum :
  1. Kunjungi alamat situs PPDB online provinsi / kota / kabupaten tujuan anda
  2. Pilih jenjang dan jalur pendaftaran yang akan diikuti
  3. Klik menu Daftar
  4. Isilah formulir Pra Pendaftaran Online (khusus untuk calon siswa baru lulusan tahun sebelumnya atau lulusan luar daerah atau lulusan Sekolah Luar Negeri atau lulusan Program Paket A/B) atau ikuti petunjuk yang diberikan
  5. Isilah formulir Pendaftaran Online dan pilih Loket Sekolah pilihan anda
  6. Cetak tanda bukti pendaftaran online
  7. Melakukan Verifikasi Pendaftaran 
  8. Melihat hasil seleksi

Tata cara yang diberikan di atas adalah tata cara pendaftaran PPDB online secara umum. Di tiap daerah telah ada rinciannya masing-masing. Maka dari itu, silahkan kunjungi artikel di bagian A untuk menuju ke PPDB provinsi / kota / kabupaten tujuan anda.

E. Pendaftaran SIAP PPDB Online

Bagi siswa, guru, dinas pendidikan, ataupun masyarakat yang ingin turut serta mengirimkan pertanyaan atau pun komentar melalui fasilitas Pesan Anda, atau ingin memantau proses pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman PPDB, maka dapat membuat akun SIAP PPDB Online.

Untuk dapat melakukan proses pendaftaran SIAP PPDB Online, maka anda dapat melakukannya seperti tata cara yang dijelaskan berikut ini.

Tata Cara Pendaftaran SIAP PPDB Online

Pertama yang anda lakukan adalah membaca tentang petunjuk pendaftaran online SIAP PPDB. Setelah paham, kemudian ikuti langkah pendaftaran onlinenya. Berikut admin telah merangkum informasinya untuk anda.
  • Buka website resmi pendaftaran SIAP PPDB Online yaitu siap-ppdb.com
  • Kemudian muncul halaman baru, lihat di sudut kanan atas ada label mendaftar / login. Kemudian klik label tersebut. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut, lihat yang diberi warna merah pada sudut kanan atas.
  • Setelah di klik, kemudian akan muncul halaman baru yang menampilkan tulisan Selamat Datang di Komunitas TELKOM SIAP Online. Jika anda sudah memiliki akun, silahkan klik "Masuk" menggunakan ID Anda dan Password yang sudah anda miliki, atau juga bisa login menggunakan Facebook atau Twetter. Jika belum memiliki akun, silahkan klik "Mendaftar". Berikut ini tampilannya  
  • Setelah klik mendaftar, maka akan muncul halaman baru. Isi dengan alamat email anda yang anda miliki. Berikut ini tampilannya.
  • Setelah klik lanjut pada halaman tersebut, maka akan muncul halaman selanjutnya. Anda harus mengisi nama lengkap anda (sebaiknya tanpa gelar), terus mengisi jenis kelamin, tanggal lahir, dan mengisi bahwa anda adalah guru, tenaga kependidikan, orang tua, siswa, alumni, mahasiswa, dosen, masyarakat peduli pendidikan. Berikut ini tampilannya
  • Kemudian klik lanjut pada halaman di atas, maka akan muncul halaman selanjutnya seperti di bawah ini. Isi pasword dan ulangi lagi pasword yang anda isi tersebut. Kemudian masukkan kode yang tersedia. Setelah itu. klik lanjut. Agar lebih jelas, lihat gambar berikut ini.
  • Setelah klik lanjut, kemudian akan muncul halaman selanjutnya seperti berikut ini yang meminta anda untuk mengisi alamat email dan kode aktivasi.
  • Selanjutnya cek email anda, lihat kode aktifasi yang yang ada dan masukkan kode aktifasi pada halaman di atas.
  • Selanjutnya, ID dan Password anda siap digunakan. Berikut tampilannya.


Itulah langkah-langkah atau cara yang dapat anda lakukan ketikan akan mendaftarkan diri ke SIAP PPDB Online. Pendaftaran SIAP PPDB Online ini dapat dilakukan oleh siapa saja seperti guru, siswa, orang tua, mahasiswa, tokoh masyaratkat, dan lain sebagainya.

Kalau pendaftaran khusus untuk siswa baru, maka pendaftarannya dlakukan di PPDB Online masing-masing daerah kota atau kabupaten. Data kota atau kabpaten penyelenggara PPDB online telah diberikan dibagian atas pembahasan ini.

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pendaftaran SIAP PPDB Online untuk siswa SD SMP SMA SMK. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi anda dan juga bisa memberikan pencerahan kepada anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi. Terima kasih atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini dan salam sukses.

Ayo sukai halaman web kami yang ada di sebelah kanan untuk pengguna laptop. Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.