Pendaftaran PKN STAN 2021/2022 (Tanggal Pendaftaran, Syarat Masuk, Kuota, Cara Daftar, dll)

spmb.pknstan.ac.id 2021 -- Pendaftaran PKN STAN 2021 (Jadwal / Tanggal, Syarat Masuk, Cara Daftar, Ketentuan, dll), Kapan Pendaftaran PKN STAN Dibuka, tanggal pendaftaran stan 2021, pendaftaran stan 2021/2022, syarat pendaftaran stan 2021, kuota stan 2021, syarat masuk stan 2021, kuota pkn stan 2021, pendaftaran pkn stan 2021, Pendaftaran PKN STAN, Pendaftaran SPMB PKN STAN, Penerimaan Mahasiswa Baru STAN, Pendaftaran Online STAN, Informasi Pendaftaran STAN, Ujian Saringan Masuk STAN, Syarat SPMB PKN STAN, Jalur Masuk STAN, SPMB STAN, Sekolah Tinggi Ikatan Dinas, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, STAN. 2023. 2024.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran PKN STAN 2021/2022 (Jadwal / Tanggal Pendaftaran, Syarat Masuk, Cara Daftar, dll). Infromasi ini ditujukan khususnya bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA sederajat yang ingin kuliah di PKN STAN. Mari simak informasinya di bawah ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sebelum memulai membahas tentang pendaftaran online masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Admin terlebih dahulu akan memberikan sedikit ulasan pembuka tentang PKN STAN.

I. Sekilas Tentang PKN STAN

1. Sejarah Singkat

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang disingkat STAN adalah Perguruan Tinggi Ikatan Dinas di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara. 

STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Pada 15 Juli 2015, STAN telah mengalami perubahan nama yaitu menjadi PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN. Perubahan ini didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN.

2. Lokasi Kampus PKN STAN

Lokasi kampus PKN STAN terletak di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia. Disinilah pusat pembelajaran mahasiswa PKN STAN berlangsung.

3. Jurusan dan Program Studi yang Ada di PKN STAN

Jurusan dan program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN yaitu sebagai berikut :

# Jurusan Akuntansi, terdiri dari :
  • Program D-III Akuntansi
  • Program D-IV Akuntansi

# Jurusan Pajak, terdiri dari :
  • Program D-III Pajak
  • Program D-III PBB / Penilai
  • Program D-I Pajak

# Jurusan Kepabeanan dan Cukai, terdiri dari :
  • Program D-III Kepabeanan dan Cukai
  • Program D-I Kepabeanan dan Cukai

# Jurusan Manajemen Keuangan, terdiri dari :
  • Program D-III Kebendaharaan Negara
  • Program D-III Manajemen Aset
  • Program D-I Kebendaharaan Negara

Sedangkan untuk program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh PKN STAN adalah sebagai berikut :
  • Program Diploma IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
  • Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)

4. Lama Studi di PKN STAN

Mengenai lamanya pendidikan yang diselengarakan di PKN STAN tergantung dari program diploma yang dipilih, yaitu :
  • Lama pendidikan program Diploma I (D-I) yaitu 2 semester 
  • Lama pendidikan program Diploma III (D-III) yaitu 6 semester 

5. Keunggulan atau Kelebihan Kuliah di PKN STAN

Siapa sih yang tidak mau kuliah di PKN STAN?

Tentu semuanya ingin kuliah di PKN STAN. Banyak sekali yang ingin kuliah di kampus PKN STAN tapi hanya sedikit saja yang bisa masuk ke sini. Hal itu dikarenakan proses seleksi yang begitu ketat.

Namun bagi yang diterima di PKN STAN, tentu akan merasakan kebanggaran tersendiri karena kuliah di PKN STAN banyak kelebihan atau keunggulannya.

Beberapa kelebihan kuliah di kampus ikatan dinas PKN STAN diantaranya yaitu:
  • Biaya kuliah gratis selama menempuh pendidikan
  • Bisa mendapatkan uang saku per bulan
  • Setelah lulus kuliah bisa langsung diangkat menjadi ASN / PNS

Nah, bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / sederajat yang tertarik untuk kuliah di PKN STAN, maka segera melakukan pendaftaran sesuai jadwal dan prosedur pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia.

Pendaftaran PKN STAN dilakukan secara online dan biasanya dijadwalkan bersamaan dengan perguruan tinggi ikatan dinas lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa PKN STAN adalah perguruan tinggi ikatan dinas yang berada di bawah Kementerian Keuangan RI. Selain PKN STAN, masih banyak perguruan tinggi ikatan dinas lainnya seperti IPDN, Polstat STIS, STTD, STMKG, STSN, STIN, Poltekip & Poltekim, dan masih lagi lainnya.

Selengkapnya baca di : Daftar Sekolah Tinggi Ikatan Dinas

6. Penempatan Kerja

Penempatan kerja lulusan PKN STAN yaitu di Kementerian Keuangan pusat dan daerah. 

Namun baru-baru ini penempatan kerja lulusan PKN STAN telah meluas. Penempatannya tidak hanya di Kementerian Keuangan saja, tetapi juga di Kementerian / Lembaga lainnya sesuai MoU yang dibuat oleh Kementerian Keuangan.

Penempatan lulusan PKN STAN pada instansi lain diprioritaskan untuk menangani fungsi utama  pengelolaan keuangan negara.


Itulah ulasan pembuka tentang PKN STAN. Selanjutnya simak baik-baik informasi penerimaan calon mahasiswa baru PKN STAN yang akan dijelaskan secara rinci di bawah ini.

II. Informasi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru PKN STAN

UTBK Menjadi Syarat Seleksi Administratif SPMB PKN STAN Tahun 2021

Dengan pertimbangan untuk meminimalkan dampak pandemi Covid-19, tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) tahun 2021 akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Oleh karena itu, para peserta yang berminat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2021 diminta agar dapat mengikuti UTBK tahun 2021.

Nilai UTBK yang akan dipakai adalah dari materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk semua kelompok ujian yaitu Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum), ataupun Campuran (Saintek dan Soshum).

Walaupun salah satu syarat administratif pada SPMB PKN STAN tahun 2021 telah diputuskan akan menggunakan nilai UTBK, namun pengumuman resmi SPMB PKN STAN tahun 2021 baru akan diterbitkan bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2021 yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).

A.  Kriteria Peserta

Kebutuhan dari masing-masing spesialisasi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria:
  1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian / Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.
  2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan.

    B. Persyaratan Pendaftaran PKN STAN
                                                  1. Persyaratan Lulusan :
                                                    1. Program Reguler: lulusan (tahun 2020 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2021) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat; atau
                                                    2. Program Afirmasi: calon lulusan tahun 2021 semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
                                                  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar :
                                                    1. lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
                                                    2. calon lulusan tahun 2021, memiliki rata-rata nilai rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
                                                  3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 15 tahun.
                                                  4. Telah terdaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Tahun 2021.
                                                  5. Memiliki nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi.
                                                  6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
                                                  7. Bagi pria tidak bertato / bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
                                                  8. Bagi wanita tidak bertato / bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik / bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).
                                                  9. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.
                                                  10. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya
                                                  11. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
                                                    1. telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;
                                                    2. memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan
                                                    3. mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 (dua) usulan terbaik.


                                                        C. Alur Registrasi PKN STAN

                                                        Alur registrasi calon mahasiswa baru PKN STAN yaitu :
                                                        1. Regstrasi di portal BKN : sscasn.bkn.go.id
                                                        2. Pengisian formulir di spmb.pknstan.ac.id
                                                        3. Kunci data, catat kode MVA
                                                        4. Pembayaran melalui bank mandiri
                                                        5. Cetak kertu ujian dengan login ke sscasn.bkn.go.id

                                                        D. Tata Cara Pendaftaran PKN STAN

                                                        1. Peserta melakukan registrasi melalui portal https://sscasn.bkn.go.id dengan tahapan sebagai berikut:
                                                        1. memilih menu DIKDIN;
                                                        2. mendaftarkan diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan akun dan password yang akan digunakan untuk login;
                                                        3. login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;
                                                        4. memilih sekolah kedinasan PKN STAN, memilih program reguler atau afirmasi, melengkapi biodata, nomor UTBK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan isian lainnya serta mengunggah dokumen yang diperlukan.
                                                        5. Khusus untuk calon peserta program afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagai berikut:
                                                          • Ijazah SD dan Ijazah SMP;
                                                          • Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung, dan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Desa; dan
                                                          • Surat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 (dua) usulan terbaik. Formulir surat rekomendasi dapat diunduh pada laman SPMB PKN STAN
                                                        6. melakukan reviu atas resume dan mencetak Kartu Pendaftaran; dan
                                                        7. logout dari portal https://sscasn.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id.

                                                        Secara rinci baca pada artikel : Pendaftaran Ikatan Dinas di SSCASN BKN go id

                                                        Ingat!!! Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga. Dalam hal peserta terdaftar pada lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

                                                        2. Peserta mengisi formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
                                                        1. login dengan menggunakan akun dan password yang didaftarkan pada portal https://sscasn.bkn.go.id;
                                                        2. mengisi data pilihan program studi;
                                                        3. mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online; dan
                                                        4. mengunci data.

                                                        E. Biaya Pendaftaran PKN STAN

                                                        Biaya pendaftaran SPMB sebesar Rp350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) per peserta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp. 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

                                                        Pembayaran biaya pendaftaran SPMB PKN STAN bisa dilakukan melalui seluruh cabang Bank Mandiri di Indonesia. Pembayaran dapat dilakukan melalui : Teller, ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking.

                                                        F. Pilihan Program Studi pada PKN STAN
                                                        Pada tahun ini hanya ada 3 pilihan program studi yang bisa dipilih pada saat pendaftaran SPMB PKN STAN. Program studi tersebut adalah sebagai berikut :
                                                        1. Program Studi Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
                                                        2. Program Studi Diploma IV Manajemen Keuangan Negara
                                                        3. Program Studi Diploma IV Manajemen Aset Publik

                                                                        G. Jadwal Pelaksanaan PKN STAN

                                                                        Jadwal pendaftaran PKN STAN selengkapnya dapat ditemukan pada artikel berikut : Jadwal Pendaftaran PKN STAN

                                                                        Untuk jadwal pendaftaran sekolah ikatan dinas lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut  Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

                                                                        H. Kuota PKN STAN 

                                                                        Kuota penerimaan mahasiswa baru PKN STAN tahun ini sebanyak 275 mahasiswa

                                                                        I. Dokumen Yang Perlu di Siapkan
                                                                        1. KTP / Kartu Keluarga / Surat Keterangan
                                                                        2. Foto
                                                                        3. Ijazah / Raport semester 1 s.d. 5
                                                                        4. Dokumen tambahan untuk jalur Afirmasi berupa : KTP orang tua, Ijazah SD dan SMP,  Akte kelahiran, KK / Surat Hubungan Kekeluargaan)

                                                                        J. Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Verifikasi Berkas / Pengambilan BPU
                                                                        1. Bukti Pendaftaran Online (BPO) yang ditempeli materai Rp. 6000 yang masih berlaku.
                                                                        2. Fotokopi halaman identitas pada rapor (untuk calon lulusan tahun ini) atau ijazah (untuk lulusan sebelum tahun ini) di balik lembar BPO
                                                                        3. Dokumen asli, Rapor (calon lulusan tahun ini), Ijazah (lulusan sebelum tahun ini)
                                                                        4. Pas foto studio berwarna terbaru (3 bulan terakhir) kualitas studio ukuran 4x6 berlatar belakang merah mengenakan kemeja putih sebanyak tiga (3) lembar
                                                                        5. Bukti pembayaran dari bank, dapat berupa slip setoran, struk atm, atau hasil cetak internet banking
                                                                        6. Bukti diri asli berfoto yang masih berlaku sesuai dengan yang tercantum pada lembar BPO

                                                                        K. Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Ujian
                                                                        1. KTP / Surat keterangan pengganti KTP / Kartu keluarga ASLI
                                                                        2. Kartu ujian

                                                                        L. Tahapan Pelaksanaan Ujian dan Lokasi Ujian PKN STAN

                                                                        1. Seleksi Administrasi :
                                                                        1. Peserta diseleksi berdasarkan syarat administrasi sebagaimana tercantum pada huruf B angka 1 s.d. 5 untuk program reguler serta angka 1 s.d. 5 dan 11 untuk program afirmasi;
                                                                        2. Peserta dinyatakan dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar apabila telah memenuhi persyaratan pada point 1.

                                                                        2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) :
                                                                        1. SKD diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi dan telah melakukan pembayaran;
                                                                        2. SKD dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN);
                                                                        3. SKD meliputi: Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan.
                                                                        4. Peserta dinyatakan lulus SKD apabila:
                                                                          • memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai ketentuan yang berlaku; dan
                                                                          • peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk Seleksi Lanjutan I.
                                                                        5. Jumlah kebutuhan peserta yang lulus Seleksi Lanjutan I ditentukan oleh Panitia Pusat.

                                                                        3. Seleksi Lanjutan I :
                                                                        1. Seleksi Lanjutan I diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus SKD.
                                                                        2. Seleksi Lanjutan I terdiri dari Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi
                                                                          1. Tes Kesehatan dan Kebugaran meliputi:
                                                                            • Tes Kesehatan, yaitu pemeriksaan yang mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat; dan
                                                                            • Tes Kebugaran, yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up/chinning, push up, sit up dan/atau aktivitas lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat.
                                                                          2. Tes Psikologi dilaksanakan menggunakan Computer Based Test.
                                                                        3. Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I apabila:
                                                                          1. peserta memenuhi kriteria kesehatan dan kebugaran;
                                                                          2. peserta memenuhi kriteria psikologi;
                                                                          3. nilai Seleksi Lanjutan I merupakan penjumlahan antara angka 1) dan 2) dengan bobot masing-masing 50% (lima puluh persen); dan
                                                                          4. peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk Seleksi Lanjutan II.
                                                                        4. Jumlah kebutuhan peserta yang lulus Seleksi Lanjutan II ditentukan oleh Panitia Pusat.

                                                                        4. Seleksi Lanjutan II :
                                                                        1. Seleksi Lanjutan II merupakan Tes Wawancara yang diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I.
                                                                        2. Seleksi Lanjutan II dilaksanakan dengan semi online, yaitu peserta mengikuti wawancara di tempat yang telah ditentukan dan pewawancara melakukan wawancara secara online dengan media video conference.
                                                                        3. Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan II apabila:
                                                                          • peserta memenuhi standar minimal kriteria wawancara; dan
                                                                          • peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan.
                                                                        4. Jumlah kebutuhan peserta yang lulus SPMB PKN STAN ditentukan oleh Panitia Pusat.

                                                                        Informasi tahapan seleksi dan lokasi tes seleksi ikatan dinas lainnya baca di : Tahapan Seleksi-Tes Sekolah Ikatan Dinas dan lokasi.

                                                                        M. Lokasi Ujian Tertulis, Alamat Verifikasi Berkas, dan Pengambilan BPU

                                                                        Berikut lokasi ujian, alamat verifikasi berkas, dan pengambilan BPU :
                                                                        1. Jakarta, kampus PKN STAN, Jalan Bintaro Utama Sektor V
                                                                        2. Banda Aceh, Kanwil I DJKN Nangroe Aceh Darussalam, GKN C lantai 2, Jl. Tengku Chik Di Tiro
                                                                        3. Medan, Balai Diklat Keuangan Medan, Jl. Ekawarni No 30
                                                                        4. Padang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumatra Barat, Jl. Khatib Sulaiman No.3 Lolong Belanti Padang
                                                                        5. Pekanbaru, Balai Diklat Keuangan Pekanbaru, Jl. Pepaya No 77 Pekanbaru
                                                                        6. Batam, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam, Jl. Kuda Laut No.1 Batu Ampar
                                                                        7. Jambi, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jambi, Jl. Mayjen Yoesoef Singadikane No. 45 Jambi
                                                                        8. Bengkulu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Bengkulu, Jl. Adam Malik km. 8
                                                                        9. Palembang, Balai Diklat Keuangan Palembang, Jl. Sukabangun II Kec. Sukarami
                                                                        10. Bandar Lampung, Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung, Jl. Pangeran Emir M. Noer No. 5A , Bandar Lampung
                                                                        11. Cimahi, Balai Diklat Keuangan Cimahi, Jl. Gado Bangkong No. 111 Cimahi
                                                                        12. Semarang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jateng, Jl. Pemuda No. 2 Semarang
                                                                        13. Yogyakarta, Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Jl. Solo Km. 11 Kalasan Sleman
                                                                        14. Surabaya, Kanwil Ditjen Pajak  Jatim II, Jl. Indrapura 5 Surabaya
                                                                        15. Malang, Balai Diklat Keuangan Malang, Jl. Jend. A. Yani Utara No. 200 Malang
                                                                        16. Denpasar, Balai Diklat Keuangan Denpasar, Jl. Dr. Kusumaatmadja No. 19 Renon
                                                                        17. Mataram, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTB, Jl. Majapahit no. 10 Mataram
                                                                        18. Kupang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTT, Jl. Franseda Kupang
                                                                        19. Pontianak, Balai Diklat Keuangan Pontianak, Jl. Ahmad Yani II Kec Sungai Raya
                                                                        20. Banjarmasin, Kanwil Ditjen Pajak (DJP) KalSel dan Kalteng, Jl. Lambung Mangkurat No. 21 Banjarmasin
                                                                        21. Balikpapan, Balai Diklat Keuangan Balikpapan, Jl. MT Haryono Dalam RT.84 No. 39A
                                                                        22. Manado, Balai Diklat Keuangan Manado, Jl. Mapenget Km. 0,5 Paniki Dua Manado
                                                                        23. Palu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulteng, Jl. Tanjung Dako No. 15 Palu
                                                                        24. Makassar, Balai Diklat Keuangan Makassar, Jl. Urip Sumoharjo Km. 4 Makassar
                                                                        25. Ambon, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Maluku, Jl. Pitu Ina No. 7 Karang Panjang
                                                                        26. Sorong, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sorong, Jl. Jend. Sudirman No. 26 Sorong
                                                                        27. Jayapura, Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Prov. Papua, Jl. Pasific  Permai Komplek Ruko Dok. 2 Gedung Indoprima Lantai 7


                                                                        N. Pengumuman Hasil Seleksi

                                                                        Hasil seleksi masuk PKN STAN dapat dilihat pada artikel Pengumuman PKN STAN

                                                                        Penting!!!
                                                                        • Apabila ada perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi PKN STAN. dan admin akan mengupdate secara berkala.

                                                                        Informasi seputar pendaftaran mahasiswa baru dapat anda tanyakan melalui contact berikut :
                                                                        Hotline: +6221 7361654-58 ext.264
                                                                        Email : humas.baak@stan.ac.id

                                                                        Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan tentang Pendaftaran PKN STAN (Tanggal Pendaftaran, Syarat Masuk, Kuota, Cara Daftar,  dll). Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam melakukan proses pendaftaran online PKN STAN.

                                                                        Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi masuk PKN STAN. Suatu kebanggaan jika anda bisa lulus STAN. Terima kasih telah membaca artikel ini dan mari bagikan atau share informasi ini kepada teman-teman yang membutuhkan, cukup sekian dan salam sukses.