Pendaftaran PKN STAN 2020/2021 (Tanggal Pendaftaran, Syarat Masuk, Kuota, Cara Daftar, dll)

spmb.pknstan.ac.id 2020 -- Pendaftaran PKN STAN 2020 (Jadwal / Tanggal, Syarat Masuk, Cara Daftar, Ketentuan, dll), Kapan Pendaftaran PKN STAN Dibuka, tanggal pendaftaran stan 2020, pendaftaran stan 2020/2021, syarat pendaftaran stan 2020, kuota stan 2020, syarat masuk stan 2020, kuota pkn stan 2020, pendaftaran pkn stan 2020, Pendaftaran PKN STAN, Pendaftaran SPMB PKN STAN, Penerimaan Mahasiswa Baru STAN, Pendaftaran Online STAN, Informasi Pendaftaran STAN, Ujian Saringan Masuk STAN, Syarat SPMB PKN STAN, Jalur Masuk STAN, SPMB STAN, Sekolah Tinggi Ikatan Dinas, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, STAN. 2022. 2023.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran PKN STAN 2020/2021 (Jadwal / Tanggal Pendaftaran, Syarat Masuk, Cara Daftar, dll). Infromasi ini ditujukan khusunya bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA sederajat yang ingin kuliah di PKN STAN.

Sebelum memulai membahas tentang pendaftaran online masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Admin terlebih dahulu akan memberikan sedikit ulasan pembuka tentang PKN STAN.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

I. Sekilas Tentang PKN STAN

1. Sejarah Singkat

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang disingkat STAN adalah Perguruan Tinggi Ikatan Dinas di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara. 

STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Pada 15 Juli 2015, STAN telah mengalami perubahan nama yaitu menjadi PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN. Perubahan ini didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN.

2. Lokasi Kampus PKN STAN

Lokasi kampus PKN STAN terletak di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia. Disinilah pusat pembelajaran mahasiswa PKN STAN berlangsung.

3. Jurusan dan Program Studi yang Ada di PKN STAN

Jurusan dan program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN yaitu sebagai berikut :

# Jurusan Akuntansi, terdiri dari :
  • Program D-III Akuntansi
  • Program D-IV Akuntansi

# Jurusan Pajak, terdiri dari :
  • Program D-III Pajak
  • Program D-III PBB / Penilai
  • Program D-I Pajak

# Jurusan Kepabeanan dan Cukai, terdiri dari :
  • Program D-III Kepabeanan dan Cukai
  • Program D-I Kepabeanan dan Cukai

# Jurusan Manajemen Keuangan, terdiri dari :
  • Program D-III Kebendaharaan Negara
  • Program D-III Manajemen Aset
  • Program D-I Kebendaharaan Negara

Catatan :
  • Calon mahasiswa jalur ikatan dinas silahlah pilih salah satu program studi di atas.

Sedangkan untuk program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh PKN STAN adalah sebagai berikut :
  • Program Diploma IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
  • Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)

4. Lama Studi di PKN STAN

Mengenai lamanya pendidikan yang diselengarakan di PKN STAN tergantung dari program diploma yang dipilih, yaitu :
  • Lama pendidikan program Diploma I (D-I) yaitu 2 semester 
  • Lama pendidikan program Diploma III (D-III) yaitu 6 semester 

5. Keunggulan atau Kelebihan Kuliah di PKN STAN

Siapa sih yang tidak mau kuliah di PKN STAN?

Tentu semuanya ingin kuliah di PKN STAN. Banyak sekali yang ingin kuliah di kampus PKN STAN tapi hanya sedikit saja yang bisa masuk ke sini. Hal itu dikarenakan proses seleksi yang begitu ketat.

Namun bagi yang diterima di PKN STAN, tentu akan merasakan kebanggaran tersendiri karena kuliah di PKN STAN banyak kelebihan atau keunggulannya.

Beberapa kelebihan kuliah di kampus ikatan dinas PKN STAN diantaranya yaitu:
  • Biaya kuliah gratis selama menempuh pendidikan
  • Bisa mendapatkan uang saku per bulan
  • Setelah lulus kuliah bisa langsung diangkat menjadi ASN / PNS

Nah, bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / sederajat yang tertarik untuk kuliah di PKN STAN, maka segera melakukan pendaftaran sesuai jadwal dan prosedur pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia.

Pendaftaran PKN STAN dilakukan secara online dan biasanya dijadwalkan bersamaan dengan perguruan tinggi ikatan dinas lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa PKN STAN adalah perguruan tinggi ikatan dinas yang berada di bawah Kementerian Keuangan RI. Selain PKN STAN, masih banyak perguruan tinggi ikatan dinas lainnya seperti IPDN, Polstat STIS, STTD, STMKG, STSN, STIN, Poltekip & Poltekim, dan masih lagi lainnya.

Selengkapnya baca di : Daftar Sekolah Tinggi Ikatan Dinas

6. Penempatan Kerja

Penempatan kerja lulusan PKN STAN yaitu di Kementerian Keuangan pusat dan daerah. 

Namun baru-baru ini penempatan kerja lulusan PKN STAN telah meluas. Penempatannya tidak hanya di Kementerian Keuangan saja, tetapi juga di Kementerian / Lembaga lainnya sesuai MoU yang dibuat oleh Kementerian Keuangan.

Penempatan lulusan PKN STAN pada instansi lain diprioritaskan untuk menangani fungsi utama  pengelolaan keuangan negara.


Itulah ulasan pembuka tentang PKN STAN. Selanjutnya simak baik-baik informasi penerimaan calon mahasiswa baru PKN STAN yang akan dijelaskan secara rinci di bawah ini.

II. Informasi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru PKN STAN

Pada tahun ini, Polteknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) kembali membuka penerimaan calon mahasiswa baru baik untuk program Diploma I ataupun program Diploma III.

Penerimaan calon mahasiswa PKN STAN program D-I dan D-III tersebut dibuka melalui jalur ikatan dinas.

Informasi di bawah ini merupakan informasi penerimaan calon mahasiswa baru PKN STAN jalur ikatan dinas. Silahkan simak informasi selengkapnya berikut ini.

A.  Kriteria Peserta

Kebutuhan dari masing-masing spesialisasi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria:
  1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan Non-Kementerian Keuangan.
  2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Propinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementertan Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut. berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara

B. Persyaratan Pendaftaran PKN STAN
                                                1. Lulusan (tahun 2019 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2020) semua sekolah menengah atas atau yang sederajat.
                                                2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar :
                                                  • lulusan tahun 2019 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
                                                  • calon lulusan tahun 2020, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2.80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
                                                3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2020 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2020 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
                                                4. Sehat jasmani dan kejiwaan dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria sehat jasmani adalah :
                                                  • mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
                                                  • mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
                                                  • mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu.
                                                5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
                                                6. Khusus Spesialisasi Diploma I dan Diploma III Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syarat sebagai berikut:
                                                  • jenis kelamin dan tinggi badan;
                                                    • Spesialisasi Diploma I
                                                      • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
                                                      • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;
                                                    • Spesialisasi Diploma III
                                                      • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm;
                                                  • tidak cacat badan;
                                                  • tidak buta warna; dan
                                                  • untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan / atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal ukuran 2 dioptri.
                                                7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
                                                  • telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat, dan SMA / SLTA atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur; dan
                                                  • memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
                                                8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
                                                9. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun-tahun sebelumnya.


                                                C. Alur Registrasi PKN STAN

                                                Alur registrasi calon mahasiswa baru PKN STAN yaitu :
                                                1. Regstrasi di portal BKN : sscasn.bkn.go.id
                                                2. Pengisian formulir di spmb.pknstan.ac.id
                                                3. Kunci data, catat kode MVA
                                                4. Pembayaran melalui bank mandiri
                                                5. Cetak kertu ujian dengan login ke sscasn.bkn.go.id

                                                D. Tata Cara Pendaftaran PKN STAN
                                                 1. Tahapan pendaftaran meliputi:

                                                Registrasi peserta melalui portal sscasn.bkn.go.id (buka disini) yang terdiri dari tahapan berikut :
                                                1. memilih menu Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Melalui Pendidikan Kedinasan
                                                2. mendaftarkan diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan akun dan password yang akan digunakan untuk login
                                                3. login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
                                                4. memilih sekolah kedinasan PKN STAN, melengkapi biodata, dan mengunggah dokumen yang diperlukan. Khusus untuk calon peserta program afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagaimana dimaksud pada angka 2
                                                5. mengecek resume dan mencetak bukti pendaftaran
                                                6. logout dari portal sscasn.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal spmb.pknstan.ac.id

                                                Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

                                                2. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
                                                1. login dengan menggunakan akun dan password yang didaftarkan pada portal sscasn.bkn.go.id;
                                                2. mengisi data pilihan Spesialisasi;
                                                3. mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online
                                                4. mengunci data dan mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA)
                                                5. menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan

                                                3. Setelah melakukan pembayaran, peserta mengunduh dan mencetak Kartu Ujian pada portal sscasn.bkn.go.id. Kartu Ujian dapat diunduh dan dicetak satu hari setelah calon peserta menyetor biaya pendaftaran.

                                                4. Calon peserta Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen pada portal sscasn.bkn.go.id sebagai berikut:
                                                1. Ijazah SD dan Ijazah SMP; dan
                                                2. Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung, dan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa

                                                5. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan : 
                                                1. Melakukan pembayaran sesuai jadwal
                                                2. pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking dengan menggunakan MVA (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id
                                                3. sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam huruf B tentang Syarat-syarat Pendaftaran. Kesalahan yang terjadi pada saat melakukan penyetoran biaya pendaftaran di bank adalah tanggung jawab masing-masing peserta dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.

                                                6. Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id

                                                E. Biaya Pendaftaran PKN STAN

                                                Biaya pendaftaran SPMB PKN STAN sebesar Rp. 300.000,- sesuai dengan Nomor MVA Bank Mandiri yang terdapat pada BPO (Bukti Pendaftaran Online) masing-masing Peserta.

                                                Pembayaran biaya pendaftaran SPMB PKN STAN bisa dilakukan melalui seluruh cabang Bank Mandiri di Indonesia. Pembayaran dapat dilakukan melalui : Teller, ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking.

                                                F. Pilihan Program Studi pada PKN STAN
                                                Pada tahun ini ada beberapa pilihan program studi yang bisa anda pilih pada saat pendaftaran SPMB PKN STAN. Program studi tersebut adalah sebagai berikut :
                                                1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
                                                2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
                                                3. Program Studi Diploma I Pajak;
                                                4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
                                                5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
                                                6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
                                                7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
                                                8. Program Studi Diploma III Pajak;
                                                9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan / Penilai; dan
                                                10. Program Studi Diploma IV Akuntansi.

                                                                G. Jadwal Pelaksanaan PKN STAN 2019. Untuk jadwal PKN STAN 2020 Belum Ada.

                                                                Jadwal pendaftaran PKN STAN lengkap dapat dilihat di bawah ini :
                                                                • Pendaftaran online : 9 April s.d. 30 April 2019
                                                                • Pembayaran biaya pendaftaran : 9 April s.d. 30 April 2019
                                                                • Pengumuman jadwal dan lokasi Ujian Tertulis : 27 Mei 2019
                                                                • Ujian Tertulis : 3 - 13 Juli 2019
                                                                • Pengumuman jadwal dan lokasi Psikotes, Ujian Kesehatan dan Kebugaran : 26 Juli 2019
                                                                • Psikotes : 3 - 8 Agustus 2019
                                                                • Ujian Kesehatan dan Kebugaran : 4 - 9 Agustus 2019
                                                                • Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN : 23 Agustus 2019
                                                                • Pendaftaran ulang : 28 - 30 Agustus 2019
                                                                • Mulai pendidikan : 9 September 2019

                                                                Artikel terkait : Jadwal Pendaftaran PKN STAN

                                                                Untuk jadwal pendaftaran sekolah ikatan dinas lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut  Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

                                                                H. Kuota PKN STAN 2020

                                                                Kuota penerimaan mahasiswa baru PKN STAN sebanyak 3000 mahasiswa untuk tahun 2019. Untuk kuota penerimaan PKN STAN 2020 belum diketahui. Kemungkinan masih dalam jumlah yang tidak begitu beda dari tahun sebelumnya.

                                                                I. Dokumen Yang Perlu di Siapkan

                                                                1. KTP / Kartu Keluarga / Surat Keterangan
                                                                2. Foto
                                                                3. Ijazah / Raport semester 1 s.d. 5
                                                                4. Dokumen tambahan untuk jalur Afirmasi berupa : KTP orang tua, Ijazah SD dan SMP,  Akte kelahiran, KK / Surat Hubungan Kekeluargaan)

                                                                J. Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Verifikasi Berkas / Pengambilan BPU
                                                                1. Bukti Pendaftaran Online (BPO) yang ditempeli materai Rp. 6000 yang masih berlaku.
                                                                2. Fotokopi halaman identitas pada rapor (untuk calon lulusan tahun ini) atau ijazah (untuk lulusan sebelum tahun ini) di balik lembar BPO
                                                                3. Dokumen asli, Rapor (calon lulusan tahun ini), Ijazah (lulusan sebelum tahun ini)
                                                                4. Pas foto studio berwarna terbaru (3 bulan terakhir) kualitas studio ukuran 4x6 berlatar belakang merah mengenakan kemeja putih sebanyak tiga (3) lembar
                                                                5. Bukti pembayaran dari bank, dapat berupa slip setoran, struk atm, atau hasil cetak internet banking
                                                                6. Bukti diri asli berfoto yang masih berlaku sesuai dengan yang tercantum pada lembar BPO

                                                                K. Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Ujian
                                                                1. KTP / Surat keterangan pengganti KTP / Kartu keluarga ASLI
                                                                2. Kartu ujian

                                                                L. Tahapan Pelaksanaan Ujian dan Lokasi Ujian PKN STAN

                                                                Ujian Masuk ke PKN STAN terdiri dari ujian tertulis, psikos tes, dan ujian kesehatan dan kebugaran.

                                                                Berikut penjelasan selengkapnya :

                                                                1. Ujian Tertulis

                                                                a. Ujian Tertulis dengan menggunakan computer assisted test (CAT) akan diselenggarakan di 30 lokasi berikut:
                                                                • Jakarta, Cimahi, Balikpapan, Banda Aceh, Semarang, Manado, Medan, Yogyakarta, Palu, Padang, Surabaya, Makassar, Pekanbaru, Malang, Ambon, Batam, Denpasar, Sorong, Jambi, Mataram, Jayapura, Bengkulu, Kupang, Tual, Palembang, Pontianak, Ternate, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Merauke

                                                                b. Ujian Tertulis terdiri atas:
                                                                1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) meliputi:
                                                                  • Tes Karakteristik Pribadi;
                                                                  • Tes Intelegensi Umum; dan
                                                                  • Tes Wawasan Kebangsaan.
                                                                2. Tes Potensi Akademik (TPA), dan
                                                                3. Tes Bahasa Inggris (TBI)

                                                                c. Peserta dinyatakan lulus Ujian Tertulis apabila:
                                                                1. memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai ketentuan yang berlaku;
                                                                2. memenuhi nilai ambang batas TPA (67) dan TBI (30);
                                                                3. peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan yang tersedia.

                                                                d. Pemeringkatan hasil ujian tertulis sebagaimana dimaksud pada huruf c angka 3) dilakukan berdasarkan:
                                                                1. nilai total yang merupakan penjumlahan dari nilai TPA dan TBI;
                                                                2. apabila terdapat peserta dengan jumlah nilai total TPA dan TBI yang sama sehingga mengakibatkan jumlah yang dapat diterima melebihi kebutuhan, nilai peserta tersebut akan diurutkan berdasarkan nilai SKD.

                                                                e. Peserta Program Afirmasi dinyatakan lulus ujian tertulis apabila memenuhi nilai ambang batas SKD dan berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan yang tersedia. Pemeringkatan dilakukan berdasarkan nilai SKD. Peserta Program Afirmasi wajib mengikuti TPA dan TBI untuk pemeringkatan apabila terdapat nilai SKD yang sama.

                                                                f. Penentuan Spesialisasi bagi peserta yang lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN ditentukan oleh Panitia Pusat berdasarkan nilai total TPA dan TBI dan pilihan peserta pada saat pendaftaran.

                                                                g. Pengumuman jadwal dan tempat Ujian Tertulis dapat dilihat melalui situs http://www,kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id 

                                                                h. Ujian Tertulis dilaksanakan selama 150 menit dengan pembagian sesi. Ketetapan waktu pelaksanaan untuk tiap-tiap daerah akan disampaikan melalui pengumuman (huruf g).

                                                                i. Peserta wajib hadir dan melakukan verifikasi 60 menit sebelum jadwal sesi ujian dengan menunjukkan:
                                                                • Kartu Ujian asli sebagaimana dimaksud pada huruf C angka 1 poin c; dan
                                                                • Bukti Identitas (KTP / Surat Keterangan Pengganti KTP/Kartu Keluarga) ASLI (bukan fotocopy, bukan fotocopy yang dilegalisasi, bukan cetak berwarna, bukan scan / foto pada handphone) sesuai dengan ketentuan.

                                                                j. Pelaksanaan Ujian Tertulis diselenggarakan sesuai dengan alamat lokasi pelaksanaan ujian dan pembagian sesi sebagaimana tercantum pada pengumuman (huruf g).

                                                                k. Peserta hanya dapat mengikuti Ujian Tertulis pada hari / tanggal dan sesi sesuai yang tercantum pada pengumuman (huruf g). Bagi peserta yang terlambat melakukan verifikasi, tidak dapat menunjukkan dokumen pada huruf (i), dan/atau salah waktu / lokasi ujian tidak diperkenankan masuk untuk mengikuti ujian, dan dinyatakan gugur.

                                                                l. Peserta pria wajib mengenakan kemeja lengan panjang / pendek polos warna putih dan celana panjang formal (bukan jeans / corduroy) warna hitam polos.

                                                                m. Peserta wanita wajib mengenakan busana / blus lengan panjang / pendek polos warna putih, dan rok panjang formal (bukan jeans / corduroy) sampai mata kaki tanpa belahan warna hitam polos.

                                                                2. Psikotes
                                                                1. Psikotes diikuti oleh seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Ujian Tertulis.
                                                                2. Psikotes diselenggarakan  sesuai jadwal. Lokasi dan jadwal ujian akan diumumkan sesuai jadwal.
                                                                3. Pelaksanaan Psikotes bagi masing-masing peserta ujian dilaksanakan sehari sebelum Ujian Kesehatan dan Kebugaran.
                                                                4.  Peserta dinyatakan lulus Psikotes apabila:
                                                                  • peserta memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Panitia Pusat untuk Psikotes; dan
                                                                  • peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan yang tersedia.
                                                                5. Pemeringkatan peserta dilakukan berdasarkan nilai Ujian Tertulis.

                                                                3. Ujian Kesehatan dan Kebugaran
                                                                1. Ujian Kesehatan dan Kebugaran diikuti oleh seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Ujian Tertulis.
                                                                2. Ujian Kesehatan dan Kebugaran diselenggarakan sesuai jadwal. Lokasi dan jadwal ujian akan diumumkan sesuai jadwal.
                                                                3. Ujian Kesehatan dan Kebugaran meliputi :
                                                                  • Ujian Kesehatan, yaitu pemeriksaan yang mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan lainnya.
                                                                  • Ujian Kebugaran, yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run.
                                                                  • khusus untuk calon mahasiswa Spesialisasi Diploma I dan Diploma III Kepabeanan dan Cukai ujian kebugaran ditambah dengan pull up / chinning, push up, sit up dan / atau aktivitas lainnya.
                                                                4. Peserta dinyatakan lulus Ujian Kesehatan dan Kebugaran apabila;
                                                                  • peserta memenuhi kriteria kesehatan dan kebugaran yang ditentukan oleh Panitia Pusat; dan
                                                                  • peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan yang tersedia.
                                                                5. Pemeringkatan peserta dilakukan berdasarkan nilai Ujian Tertulis.

                                                                Informasi tahapan seleksi dan lokasi tes seleksi ikatan dinas lainnya baca di : Tahapan Seleksi-Tes Sekolah Ikatan Dinas dan lokasi.

                                                                M. Lokasi Ujian Tertulis, Alamat Verifikasi Berkas, dan Pengambilan BPU

                                                                Berikut lokasi ujian, alamat verifikasi berkas, dan pengambilan BPU :
                                                                1. Jakarta, kampus PKN STAN, Jalan Bintaro Utama Sektor V
                                                                2. Banda Aceh, Kanwil I DJKN Nangroe Aceh Darussalam, GKN C lantai 2, Jl. Tengku Chik Di Tiro
                                                                3. Medan, Balai Diklat Keuangan Medan, Jl. Ekawarni No 30
                                                                4. Padang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumatra Barat, Jl. Khatib Sulaiman No.3 Lolong Belanti Padang
                                                                5. Pekanbaru, Balai Diklat Keuangan Pekanbaru, Jl. Pepaya No 77 Pekanbaru
                                                                6. Batam, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam, Jl. Kuda Laut No.1 Batu Ampar
                                                                7. Jambi, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jambi, Jl. Mayjen Yoesoef Singadikane No. 45 Jambi
                                                                8. Bengkulu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Bengkulu, Jl. Adam Malik km. 8
                                                                9. Palembang, Balai Diklat Keuangan Palembang, Jl. Sukabangun II Kec. Sukarami
                                                                10. Bandar Lampung, Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung, Jl. Pangeran Emir M. Noer No. 5A , Bandar Lampung
                                                                11. Cimahi, Balai Diklat Keuangan Cimahi, Jl. Gado Bangkong No. 111 Cimahi
                                                                12. Semarang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jateng, Jl. Pemuda No. 2 Semarang
                                                                13. Yogyakarta, Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Jl. Solo Km. 11 Kalasan Sleman
                                                                14. Surabaya, Kanwil Ditjen Pajak  Jatim II, Jl. Indrapura 5 Surabaya
                                                                15. Malang, Balai Diklat Keuangan Malang, Jl. Jend. A. Yani Utara No. 200 Malang
                                                                16. Denpasar, Balai Diklat Keuangan Denpasar, Jl. Dr. Kusumaatmadja No. 19 Renon
                                                                17. Mataram, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTB, Jl. Majapahit no. 10 Mataram
                                                                18. Kupang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTT, Jl. Franseda Kupang
                                                                19. Pontianak, Balai Diklat Keuangan Pontianak, Jl. Ahmad Yani II Kec Sungai Raya
                                                                20. Banjarmasin, Kanwil Ditjen Pajak (DJP) KalSel dan Kalteng, Jl. Lambung Mangkurat No. 21 Banjarmasin
                                                                21. Balikpapan, Balai Diklat Keuangan Balikpapan, Jl. MT Haryono Dalam RT.84 No. 39A
                                                                22. Manado, Balai Diklat Keuangan Manado, Jl. Mapenget Km. 0,5 Paniki Dua Manado
                                                                23. Palu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulteng, Jl. Tanjung Dako No. 15 Palu
                                                                24. Makassar, Balai Diklat Keuangan Makassar, Jl. Urip Sumoharjo Km. 4 Makassar
                                                                25. Ambon, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Maluku, Jl. Pitu Ina No. 7 Karang Panjang
                                                                26. Sorong, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sorong, Jl. Jend. Sudirman No. 26 Sorong
                                                                27. Jayapura, Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Prov. Papua, Jl. Pasific  Permai Komplek Ruko Dok. 2 Gedung Indoprima Lantai 7


                                                                N. Pengumuman Hasil Seleksi

                                                                Hasil seleksi masuk PKN STAN dapat dilihat pada artikel Pengumuman PKN STAN

                                                                Penting!!!
                                                                • Apabila ada perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi PKN STAN. dan admin akan mengupdate secara berkala.

                                                                Informasi seputar pendaftaran mahasiswa baru dapat anda tanyakan melalui contact berikut :
                                                                Hotline: +6221 7361654-58 ext.264
                                                                Email : humas.baak@stan.ac.id

                                                                Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan tentang Pendaftaran PKN STAN (Tanggal Pendaftaran, Syarat Masuk, Kuota, Cara Daftar,  dll). Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam melakukan proses pendaftaran online PKN STAN.

                                                                Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi masuk PKN STAN. Suatu kebanggaan jika anda bisa lulus STAN. Terima kasih telah membaca artikel ini dan mari bagikan atau share informasi ini kepada teman-teman yang membutuhkan, cukup sekian dan salam sukses.