Persyaratan Pendaftaran PKN STAN 2019/2020

Persyaratan Pendaftaran PKN STAN 2019 -- Persyaratan Masuk PKN STAN, Persyaratan SPMB PKN STAN, Syarat Daftar STAN, Syarat Masuk PKN STAN, Persyaratan Masuk STAN, Persyaratan Sekolah Ikatan Dinas PKN STAN, Persyaratan Seleksi Masuk STAN, Persyaratan Pendaftaran STAN, Persyaratan Pendaftaran dan Seleksi PKN STAN, Syarat Kelulusan PKN STAN. 2021.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Persyaratan Pendaftaran PKN STAN 2019/2020. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa PKN STAN yang akan mendaftar di tahun ini. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Keuang Negara STAN atau yang dikenal dengan nama PKN STAN merupakan salah satu perguruan tinggi ikatan dinas di Indonesia yang bernaung di bawah Kementerian Republik Indonesia.

PKN STAN merupakan salah satu sekolah ikatan dinas yang paling banyak peminatnya. Dari tahun ke tahun, yang mendaftar bertambah terus. 

Mungkin karena PKN STAN adalah sekolah ikatan dinas ya.?

Benar sekali, PKN STAN sebagai sekolah ikatan dinas, menyelenggarakan pendidikan gratis bagi para mahasiswanya karena biayanya telah ditanggung oleh negara. Selain kuliahnya gratis, mahasiswa PKN STAN juga akan diberi uang saku.

Dengan kelebihan tersebut, maka membuat para calon mahasiswa berkeinginan tinggi agar diterima menjadi mahasiswa baru PKN STAN.

Bukan hanya itu, ini yang ditunggu, setelah lulus dari pendidikan di PKN STAN, bisa diangkat jadi PNS dan langsung bekerja di kementerian keuangan, di direktorat bea dan cukai, di direktorat jenderal pajak, di direktorat jenderat kekayaan Indonesia, Sekretariat Jenderal dan Inspektorat Jenderal, dan lain-lain.

Begitu mudahnya mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah serta biaya kuliah yang gratis selama menempuh pendidikan menjadikan PKN STAN sebagai sekolah ikatan dinas favorit.

Tak salah jika banyak sekali siswa-siswi lulusan SMA / MA / sederajat yang sangat berminat untuk kuliah di PKN STAN.

Nah, bagi kalian yang berminat untuk kuliah di PKN STAN, maka perlu mempersiapkan diri sejak sekarang, baik itu persiapan administrasi pendaftaran ataupun persiapan penguasaan materi.

Berikut ini admin berikan informasi mengenai Persyaratan Pendaftaran PKN STAN. Silahkan disimak dengan baik di bawah ini.

Persyaratan Pendaftaran PKN STAN
  1. Lulusan (tahun 2017 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2018) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
    • Untuk lulusan tahun 2017 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
    • Untuk calon lulusan tahun 2018, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2018 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1998 tidak diperkenankan untuk mendaftar. usia minimal pada tanggal 1 September 2018 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
  4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat adalah:
    • mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
    • mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
    • mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus program studi kepabeanan dan cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut :
    • Untuk program studi Diploma I:
      • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm
      • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm
    • Untuk Program studi Diploma III:
      • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm
      • Tidak Cacat Badan;
      • Tidak Buta Warna; dan
      • Untuk pengguna kacamata / lensa kontak minus (rabun jauh) dan / atau plus (rabun dekat) dan / atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
    • dicalonkan oleh SMA / SLTA atau yang sederajat dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA / SLTA mencalonkan hanya 1 (satu) siswa terbaiknya; dan
    • telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP / SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
  8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasaran PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
  9. Pendaftar tidak pernah terdaftar menjadi mahasiswa di PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.


Itulah persyaratan pendaftaran PKN STAN. Persiapkan sejak sekarang apa-apa yang diperlukan pada saat pendaftaran nanti. Untuk informasi lain yang diperlukan, silahkan lihat di website resmi PKN STAN.

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.

Lengkapi informasimu dengan membaca artikel berikut : Pendaftaran Online PKN STAN


Demikian informasi mengenai Persyaratan Pendaftaran PKN STAN. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya. Cukup sekian dan salam sukses selalu.