Pendaftaran Online PKN STAN 2024/2025 (SPMB PKN STAN)

spmb.pknstan.ac.id 2024 -- Pendaftaran PKN STAN, Pendaftaran SPMB PKN STAN Online, Syarat Masuk STAN, Jadwal Pendaftaran PKN STAN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN, Pendaftaran Mahasiswa Baru PKN STAN, Pendaftaran Ikatan Dinas PKN STAN, SPMB PKN STAN. Pendaftaran STAN, Pendaftaran STAN Online, Seleksi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru STAN, Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran SPMB PKN STAN, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru STAN, Politeknik Keuangan Negara STAN, Pendaftaran SPMB PKN STAN. Daftar Kuliah di SPKN STAN. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online PKN STAN 2024/2025 (SPMB PKN STAN). Dengan adaya informasi ini, diharapkan dapat menjadi panduan pendaftaran bagi anda yang ingin mendaftarkan menjadi calon mahasiswa baru PKN STAN.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Banyak sekali Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementerian dan juga lembaga Pemerintah Nonkementerian.

Salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan dan merupakan sekolah ikatan dinas paling favorit saat ini yaitu PKN STAN.

PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN adalah Sekolah Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan di bawah naungan Kementerian Keuangan Negara RI.

Sebelum berubah nama menjadi PKN STAN, sebelumnya bernama STAN saja. Perubahan nama ini didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. 

Berdasarkan peraturan tersebut, maka Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) telah resmi berubah menjadi Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN).

Pada saat ini telah ada beberapa Jurusan yang terdiri dari beberapa Program Studi seperti berikut ini :

Jurusan Akuntansi memiliki 2 (dua) Program Studi unggulan, yaitu :
  • Program Studi Diploma Empat (IV) Akuntansi; dan
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Akuntansi

Jurusan Pajak memiliki 3 (tiga) Program Studi unggulan, yaitu :
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Pajak;
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
  • Program Studi Diploma Satu (I) Pajak

Jurusan Kepabeanan dan Cukai memiliki 2 (dua) Program Studi unggulan, yaitu :
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Kepabeanan dan Cukai; dan
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Kepabeanan dan Cukai

Jurusan Manajemen Keuangan memiliki 3 (tiga) Program Studi unggulan, yaitu :
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Kebendaharaan Negara;
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Manajemen Aset; dan
  • Program Studi Diploma Satu (I) Kebendaharaan Negara

Dari beberapa program studi yang ada di PKN STAN tersebut, kemungkinan besar salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu segera daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru STAN.

Info : informasi ini didasarkan pada infomasi tahun sebelumnya. Untuk informasi tahun ini akan segera di update. Namun setidaknya ini bisa menjadi acuan sementara untuk persiapan pendaftaran.

Bagi yang berminat untuk mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru STAN, maka anda perlu mengetahui persyaratan pendaftaran PKN STAN berikut ini.

A.  Kriteria Peserta

Kebutuhan dari masing-masing spesialisasi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria:
  1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan Non-Kementerian Keuangan.
  2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Propinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementertan Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut. berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara

B. Persyaratan Pendaftaran PKN STAN
  1. Lulusan (tahun 2019 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2020) semua sekolah menengah atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bag! pendaftar
    • lulusan tahun 2019 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidakkurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
    • calon lulusan tahun 2020, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2.80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2020 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1999 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2020 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
  4. Sehat jasmani dan kejiwaan dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria sehat jasmani adalah
    • mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
    • mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
    • mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu.
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus Spesialisasi Diploma I dan Diploma III Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syarat sebagai berikut:
    • jenis kelamin dan tinggi badan;
      • Spesialisasi Diploma I :
        • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
        • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;
      • Spesialisasi Diploma III :
        • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm;
    • tidak cacat badan;
    • tidak buta warna; dan
    • untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan / atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal ukuran 2 dioptri.
  7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
    • telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat, dan SMA/SLTA atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur; dan
    • memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
  8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
  9. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun-tahun sebelumnya.


C. Tata Cara Pendaftaran PKN STAN

1. Tahapan pendaftaran meliputi:

Registrasi peserta melalui portal sscasn.bkn.go.id (buka disini) terdiri dari tahapan berikut :
  1. memilih menu Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Melalui Pendidikan Kedinasan
  2. mendaftarkan diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan akun dan password yang akan digunakan untuk login
  3. login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. memilih sekolah kedinasan PKN STAN, melengkapi biodata, dan mengunggah dokumen yang diperlukan. Khusus untuk calon peserta program afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagaimana dimaksud pada angka 2
  5. mengecek resume dan mencetak bukti pendaftaran
  6. logout dari portal sscasn.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal spmb.pknstan.ac.id

Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

2. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
  1. login dengan menggunakan akun dan password yang didaftarkan pada portal sscasn.bkn.go.id;
  2. mengisi data pilihan Spesialisasi;
  3. mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online
  4. mengunci data dan mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA)
  5. menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan

3. Setelah melakukan pembayaran, peserta mengunduh dan mencetak Kartu Ujian pada portal sscasn.bkn.go.id. Kartu Ujian dapat diunduh dan dicetak satu hari setelah calon peserta menyetor biaya pendaftaran.

4. Calon peserta Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen pada portal sscasn.bkn.go.id sebagai berikut:
  1. Ijazah SD dan Ijazah SMP; dan
  2. Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung, dan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan / Kepala Desa

5. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan : 
  1. Melakukan pembayaran sesuai jadwal
  2. pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking dengan menggunakan MVA (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id
  3. sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam huruf B tentang Syarat-syarat Pendaftaran. Kesalahan yang terjadi pada saat melakukan penyetoran biaya pendaftaran di bank adalah tanggung jawab masing-masing peserta dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.

6. Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id

D. Program Studi yang dapat dipilih saat Pendaftaran
  1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
  2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
  3. Program Studi Diploma I Pajak;
  4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
  5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
  8. Program Studi Diploma III Pajak;
  9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
  10. Program Studi Diploma IV Akuntansi.

E. Lokasi Ujian Tertulis, Alamat Verifikasi Berkas, dan Pengambilan BPU
  1. Jakarta, kampus PKN STAN, Jalan Bintaro Utama Sektor V
  2. Banda Aceh, Kanwil I DJKN Nangroe Aceh Darussalam, GKN C lantai 2, Jl. Tengku Chik Di Tiro
  3. Medan, Balai Diklat Keuangan Medan, Jl. Ekawarni No 30
  4. Padang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumatra Barat, Jl. Khatib Sulaiman No.3 Lolong Belanti Padang
  5. Pekanbaru, Balai Diklat Keuangan Pekanbaru, Jl. Pepaya No 77 Pekanbaru
  6. Batam, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam, Jl. Kuda Laut No.1 Batu Ampar
  7. Jambi, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jambi, Jl. Mayjen Yoesoef Singadikane No. 45 Jambi
  8. Bengkulu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Bengkulu, Jl. Adam Malik km. 8
  9. Palembang, Balai Diklat Keuangan Palembang, Jl. Sukabangun II Kec. Sukarami
  10. Bandar Lampung, Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung, Jl. Pangeran Emir M. Noer No. 5A , Bandar Lampung
  11. Cimahi, Balai Diklat Keuangan Cimahi, Jl. Gado Bangkong No. 111 Cimahi
  12. Semarang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jateng, Jl. Pemuda No. 2 Semarang
  13. Yogyakarta, Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Jl. Solo Km. 11 Kalasan Sleman
  14. Surabaya, Kanwil Ditjen Pajak  Jatim II, Jl. Indrapura 5 Surabaya
  15. Malang, Balai Diklat Keuangan Malang, Jl. Jend. A. Yani Utara No. 200 Malang
  16. Denpasar, Balai Diklat Keuangan Denpasar, Jl. Dr. Kusumaatmadja No. 19 Renon
  17. Mataram, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTB, Jl. Majapahit no. 10 Mataram
  18. Kupang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTT, Jl. Franseda Kupang
  19. Pontianak, Balai Diklat Keuangan Pontianak, Jl. Ahmad Yani II Kec Sungai Raya
  20. Banjarmasin, Kanwil Ditjen Pajak (DJP) KalSel dan Kalteng, Jl. Lambung Mangkurat No. 21 Banjarmasin
  21. Balikpapan, Balai Diklat Keuangan Balikpapan, Jl. MT Haryono Dalam RT.84 No. 39A
  22. Manado, Balai Diklat Keuangan Manado, Jl. Mapenget Km. 0,5 Paniki Dua Manado
  23. Palu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulteng, Jl. Tanjung Dako No. 15 Palu
  24. Makassar, Balai Diklat Keuangan Makassar, Jl. Urip Sumoharjo Km. 4 Makassar
  25. Ambon, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Maluku, Jl. Pitu Ina No. 7 Karang Panjang
  26. Sorong, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sorong, Jl. Jend. Sudirman No. 26 Sorong
  27. Jayapura, Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Prov. Papua, Jl. Pasific  Permai Komplek Ruko Dok. 2 Gedung Indoprima Lantai 7

F. Lokasi Ujian Tes Kesehatan dan kebugaran, serta TKD
  • Jakarta, Medan. Pekanbaru, Palembang, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makassar, Denpasar

G. Tahapan Seleksi PKN STAN

H. Jadwal Pelaksanaan PKN STAN

I. Dokumen Yang Perlu di Siapkan
  1. KTP / Kartu Keluarga / Surat Keterangan
  2. Foto
  3. Ijazah / Raport semester 1 s.d. 5
  4. Dokumen tambahan untuk jalur Afirmasi berupa : KTP orang tua, Ijazah SD dan SMP,  Akte kelahiran, KK / Surat Hubungan Kekeluargaan)

J. Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Verifikasi Berkas / Pengambilan BPU
  1. Bukti Pendaftaran Online (BPO) yang ditempeli materai Rp. 6000 yang masih berlaku.
  2. Fotokopi halaman identitas pada rapor (untuk calon lulusan tahun ini) atau ijazah (untuk lulusan sebelum tahun ini) di balik lembar BPO
  3. Dokumen asli, Rapor (calon lulusan tahun ini), Ijazah (lulusan sebelum tahun ini)
  4. Pas foto studio berwarna terbaru (3 bulan terakhir) kualitas studio ukuran 4x6 berlatar belakang merah mengenakan kemeja putih sebanyak tiga (3) lembar
  5. Bukti pembayaran dari bank, dapat berupa slip setoran, struk atm, atau hasil cetak internet banking
  6. Bukti diri asli berfoto yang masih berlaku sesuai dengan yang tercantum pada lembar BPO

K. Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Ujian
  1. KTP / Surat keterangan pengganti KTP / Kartu keluarga ASLI
  2. Kartu ujian

Demikian infomasi tentang Pendaftaran Online PKN STAN yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberi pencerahan untuk anda.

Catatan:
  • Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.
  • Informasi di atas didasarkan pada data tahun lalu, untuk info update akan admin sampaikan pada waktunya.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk PKN STAN. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi disini. 

Mari bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan, atau ajak teman anda secara langsung. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu untuk semuanya.