Pendaftaran Online PTB STMKG 2024/2025 (Jadwal, Syarat, Cara Daftar, dll)

ptb.stmkg.ac.id 2024 -- Pendaftaran Online PTB STMKG (Jadwal, Syarat, Cara Daftar, Ketentuan, dll), Penerimaan Taruna Baru STMKG, Pendaftaran PTB STMKG, Pembukaan PTB STMKG, Pendaftaran Taruma Baru PTB STMKG, Penerimaan Mahasiswa Baru PTB STMKG, Cara Pendaftaran Online PTB STMKG, Info Pendaftaran Online PTB STMKG, Pendaftaran Ikatan Dinas Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Online PTB STMKG 2024/2025 (Jadwal, Syarat, Cara Daftar, dll). Bagi yang ingin kuliah di STMKG, silahkan pahami ketentuan-ketentuan pendaftarannya. Simak selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

STMKG atau yang memiliki kepanjangan Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika merupakan Sekolah tinggi kedinasan yang ikatan dinas yang berada di bawah lingkungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pada awalnya, STMKG didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG). Kemudian mengalami perubahan-perubahan, baik perubahan nama, lokasi kampus ataupun perubahan badan yang menaunginya.

Pada tahun 2014, tepatnya tanggal 23 April 2014 merupakan peresmian perubahan Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang berada dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Itulah sedikit informasi tentang sejarah STMKG. Baiklah, memasuki  informasi utama yang akan kita bahas pada kesempatan ini, admin mengajak anda semua untuk membaca informasi yang akan diberikan ini dengan baik atau bila perlu anda catat informasi penting yang anda butuhkan.

Pada tahun ini, STMKG kembali membuka Penerimaan Taruna Baru untuk jenjang Sarjana Terapan. Penerimaan ini memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik Indonesia untuk dididik menjadi seorang yang ahli dibidang meterorologi, klimatologi, geofisika atau instrumentasi.

Bagi putra-putri Indonesia yang akan belajar di STMKG bisa memilih Program Studi yang diminati, diantaranya adalah :
  • Program studi meterorologi
  • Program studi klimatologi,
  • Program studi geofisika, dan 
  • Program studi instrumentasi

Program pendidikan yang dilaksanakan adalah selama 8 semester. Apabila dalam menempuh pendidikan tersebut calon Taruna melakukan pelanggaran disiplin, moral, etika, atau tidak mencapai Indek Prestasi Komulatif (IPK) yang ditentukan, maka calon taruna bisa dinyatakan gugur dalam masa pendidikannya.

Untuk bisa melakukan pendaftaran menjadi calon taruma STMKG, maka harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan lainnya.

Info : informasi ini didasarkan pada infomasi tahun sebelumnya. Untuk informasi tahun ini akan segera di update. Namun setidaknya ini bisa menjadi acuan sementara untuk persiapan pendaftaran.

A. Kriteria Peserta

Kebutuhan (formasi) dari tiap tiap program studi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria sebagai berikut :
  1. Formasi Reguler adalah formasi penerimaan taruna baru bagi peserta dari seluruh wilayah Negara Republik Indonesia
  2. Formasi Afirmasi adalah formasi penerimaan taruna baru yang dikhususkan bagi putra - putri dari wilayah Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Tenggara.

B. Persyaratan Pendaftaran

1. Persyaratan Umum Pendaftaran
  1. Pria / Wanita, Warga Negara Indonesia.
  2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata dengan Lensa Spheris Maksimal Minus (-) 4 D, dan Lensa Silindris Maksimal Minus (-) 2 D dan bersedia untuk melakukan pengobatan LASIK (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis) dengan biaya sendiri apabila diterima / lulus seleksi.
  3. Umur tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun
  4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  5. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  7. Tinggi badan minimal 160 cm untuk Pria dan 155 cm untuk Wanita, dengan berat badan seimbang.
  8. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  9. Khusus untuk peserta afirmasi terdapat syarat tambahan sebagai berikut :
    • Memiliki akta kelahiran dan domisili sesuai identitas KTP/KK di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi utara, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara atau Sulawesi Tenggara.
    • Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara atau Sulawesi Tenggara.
    • Khusus bagi perserta Orang Asli Papua (OAP) mendapatkan rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Aketua / Anggota dari Majelis Rakyat Papua atau Papua Barat.

                            2. Persyaratan Akademik
                            1. Lulus / akan lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau yang sederajat untuk SEMUA JURUSAN.
                            2. Bagi yang lulus pada tahun ini dan ijazahnya belum keluar, wajib menggunakan Surat Keterangan LULUS/Surat Keterangan Aktif di Kelas XII.
                                  C. Tata Cara Pendaftaran PTB STMKG

                                  Alur Pendaftaran
                                  1. Pendaftaran dilakukan secara online terintegrasi melalui portal Panitia Pendaftaran & Seleksi Sekolah Kedinasan
                                  2. Pendaftar harus terlebih dahulu yakin memenuhi seluruh syarat pendaftaran. Apabila ternyata tidak memenuhi persyaratan, pendaftaran tidak dapat dibatalkan dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan, tidak dapat diambil kembali dengan alasan apapun.
                                  3. Akses dan buat akun di dikdin.bkn.go.id lalu pilih menu Registrasi lalu isi data pendaftaran (panduan buka disini)
                                  4. Melanjutkan pendaftaran di portal pendamping institusi : https://simas.stmkg.ac.id/spmbfront/ formulir pendaftaran dapat dilihat di https://ptb.stmkg.ac.id dan akun media sosial resmi STMKG
                                  5. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 75.000,-, dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp. 50.000,-.

                                    D. Tahapan Seleksi PTB STMKG dan Lokasi Tes

                                    Seleksi terdiri dari 3 tahap dengan sistem gugur yaitu :
                                    • Seleksi kompetensi dasar (SKD)
                                    • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran fisika, matematika, dan bahasa inggris
                                    • Tes Kesehatan, Tes Kebugaran, dan Wawancara
                                    Informasi lainnya dapat di baca pada artikel : Tahapan Seleksi-Tes Sekolah Ikatan Dinas

                                    E. Jadwal Pelaksanaan STMKG dan Lokasi Tes

                                    F. Ketentuan Lain
                                    Website PTB: https://ptb.stmkg.ac.id/
                                    Website STMKG: https://stmkg.ac.id/
                                    Instagram: @stmkgofficial
                                    Twitter: @stmkgofficial
                                    Facebook: STMKG Jakarta
                                    G. Pengumuman Hasil Seleksi

                                    Pengumuman hasil seleksi STMKG dan sekolah ikatan dinas lainnya dapat dibaca pada artikel : Pengumuman Hasil Seleksi Sekolah Ikatan Dinas

                                    Penting!!!
                                    Untuk informasi yang belum dimuat disini, maka dapat dilihat langsung di website resmi STMKG di alamat ptb.stmkg.ac.id . Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di alamat tersebut.

                                    Bacaan berikutnya : Pengumuman Hasil Tes PTB STMKG

                                    Silahkan Baca Juga :

                                    Demikianlah informasi yang dapat anda sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online PTB STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika). Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang akan melakukan proses pendaftaran PTB STMKG.

                                    Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa di PTB STMKG. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses. Ayo turut berbagi  info ini pada teman lainnya dan ayo sukai juga halaman web kami.