Pendaftaran Online IAIN Kendari 2024/2025

iainkendari.ac.id 2024 -- PMB IAIN Kendari, Cara Pendaftaran IAIN Kendari Online, Informasi Pendaftaran Maba IAIN Kendari, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kendari, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Kendari, Pendaftaran Kuliah IAIN Kendari, Jalur Mandiri, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Bidikmisi, KIP Kuliah, Pendaftaran Online PTKIN ; IAIN Kendari. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online IAIN Kendari 2024/2025. Namun sebelum itu, admin akan memberikan sedikit informasi tentang IAIN Kendari. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Kendari atau Institut Agama Islam Negeri adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia yang terletak di Kendari, Sulawesi Tenggara, tepatnya di Jl. Sultan Qaimuddin No.17, Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

IAIN Kendari resmi berdiri pada tanggal 17 Oktober 2014 berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 145 Tahun 2014 tentang perubahan STAIN Kendari menjadi IAIN Kendari.

Sejarah IAIN Kendari dimulai dari terbentuknya Fakultas Tarbiyah Filial IAIN Alauddin Makassar di Kendari. Selanjutnya, Fakultas Filial IAIN Alauddin Makassar akhirnya berubah status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kendari yang berdiri secara otonom pada tanggal 21 Maret 1997.

Kemudian STAIN Kendari berubah status menjadi IAIN Kendari. IAIN Kendari resmi berdiri pada tanggal 17 Oktober 2014 berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 145 Tahun 2014

Program Studi di IAIN Kendari :
Tadris Fisika, Tadris Biologi, Tadris IPA, Tadris Matematika, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Hukum Keluarga (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Ekonomi Syariah, Pendidikan Guru Raudhatul Atfal, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Hukum Tata Negara, Perbankan Syariah, Manajemen Dakwah, Tadris Bahasa Inggris
Itulah beberapa Program Studi yang ada di  IAIN Kendari yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru. Selanjutnya admin akan menginformasikan mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Kendari. Silahkan disimak di bawah ini.

A. Pendaftaran IAIN Kendari Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional untuk menyeleksi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang ingin masuk ke UIN / IAIN / STAIN melalui seleksi nilai raport atau prestasi lainnya yang relevan.

Dari penjabaran tersebut, dapat diketahui bahwa hanya siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang bisa mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN. Jadi, untuk siswa-siswi lain yang tidak berprestasi dapat mengikuti seleksi jalur lain seperti jalur UM-PTKIN atau jalur Mandiri.

Pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Terlebih dahulu kepada sekolah memberi rekomendasi dengan mengisi data siswa pada PDSS SPAN-PTKIN melalui alamat web di atas, kemudian siswa-siswi dapat login ke alamat di atas menggunakan kode akses dari Kepala Sekolah untuk melengkapi data pendaftaran.

Informasi lebih lanjut seperti persyaratan, cara mendaftar, jadwal, biaya pendaftaran, daftar PTKIN dan program studi, dan keterangan panting lainnya dapat dibaca pada artikel berikut ini :
B. Pendaftaran IAIN Kendari Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa masuk ke UIN / IAIN / STAIN melalui ujian tertulis.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan. Selanjutnya calon peserta membayar biaya pendaftaran ke Bank yang telah ditetapkan.

Kemudian, peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi, lokasi ujian dan tipe ujian (CBT atau PBT) hingga cetak kartu ujian.

Informasi lain seperti persyaratan, biaya pendaftaran, cara mendaftar, tes, daftar PTKIN dan program studi, dan lain sebagainya dapat dibaca secara lengkap pada artikel yang telah admin siapkan berikut :
C. Pendaftaran IAIN Kendari Jalur Lokal

Jalur Lokal adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang dikelola langsung oleh IAIN Kendari.

Alur / SOP Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Lokal :
  1. Langsung Membayar di BANK BNI Terdekat perihal “Pendaftaran MABA IAIN Kendari” 
    • ke : Nomor Rekening : 5050-3000-8-7 , Nama Rek : BPN 060 IAIN Kendari
  2. Menyiapkan Dokumen Pendaftaran sebagai Syarat Pendaftaran : 
    • Bukti/Slip Pembayaran BANK BNI, 
    • Fotocopy Kartu Keluarga, 
    • Fotocopy Ijazah/SKHU
    • Pas Foto 3x4 2 lembar 
  3. Datang dan Menyetor Semua Dokumen Pendaftaran/ Syarat Pendaftaran ke bagian Pendaftaran/ Akademik dan Kemahasiswaan Rektorat IAIN Kendari;
  4. Mengisi Formulir Pendaftaran Elektronik di bagian Pendaftaran / Akademik dan Kemahasiswaan Rektorat IAIN Kendari. 
  5. Mencetak Kartu Ujian 
  6. Selesai
Baca juga : Pendaftaran Online Jalur Mandiri PTKIN di Indonesia
D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Kendari

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berprestasi unggul.

Untuk penjelasan mengenai persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, cara mendaftar, ketentuan terkait pendaftaran, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Kendari

IAIN Kendari juga melalukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, maka silahkan daftarkan diri dengan memenuhi semua persyaratan dan ketentuan. Informasi lebih lanjut dapat dibaca langsung di website resmi di alamat pps.iainkendari.ac.id


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Kendari. Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dibaca di website resmi IAIN Kendari di iainkendari.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di websire resmi IAIN Kendari.

Baca juga :

Demikian informasi mengenai Pendaftaran Online IAIN Kendari yang dapat admin sampaikan. Mudahn-mudahan informasi tersebut dapat memberikan gambaran bagi kamu yang ingin kuliah di IAIN Kendari. Terima kasih telah membaca artikel ini, cukup sekian dan salam sukses. Please share.