Pendaftaran Online ISI Yogyakarta 2024/2025

ISI Yogyakarta 2024 -- Pendaftaran ISI Yogyakarta Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran ISI Yogyakarta, PMB ISI Yogyakarta, Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta, Pendaftaran Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta, Pendaftaran D1 - D3 - D4 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, SNBP, SNBT, Mandiri, Instutut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online ISI Yogyakarta 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin kuliah di ISI Yogyakarta. Setelah membaca artikel ini diharapkan kalian bisa mendapatkan informasi penting mengenai jalur penerimaan mahasiswa baru ISI Yogyakarta. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/08/pendaftaran-online-isi-yogyakarta.html

Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau yang dikenal dengan ISI Yogyakarta adalah Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan di bidang seni.

ISI Yogyakarta dibentuk pada 30 Mei 1984 atas dasar Keputusan Presiden RI No. 39/1984 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Nugroho Notosusanto pada 23 Juli 1984.

Fakultas dan Program Studi ISI Yogyakarta yaitu :

Fakultas Seni Pertunjukan terdiri dari program studi :
  • Tari
  • Karawitan
  • Musik
  • Pendidikan Musik
  • Penciptaan Musik
  • Penyajian Musik
  • Teater
  • Etnomusikologi
  • Pedalangan
  • Pendidikan Seni Pertunjukan

Fakultas Seni Rupa terdiri dari program studi :
  • Seni Murni
  • Kriya
  • Desain Interior
  • Desain Komunikasi Visual
  • Desain Produk
  • Tatakelola Seni
  • Batik Dan Fashion

Fakultas Seni Media Rekam terdiri dari program studi :
  • Film Dan Televisi
  • Fotografi
  • Animasi

Program Pascasarjana terdiri dari :
  • Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni
  • Magister Tata Kelola Seni
  • Doktor Penciptaan dan Pengkajian Seni

Itulah fakultas program studi, dan program pendidikan yang ada di ISI Yogyakarta. Bagi kalian yang berminat menjadi mahasiswa ISI Yogyakarta, silahkan daftarkan diri.

Selanjutnya, informasi yang akan kita sampaikan yaitu jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru ISI Yogyakarta. Perhatikan dan pahami dengan baik penjelasannya berikut ini.

A.  Pendaftaran ISI Yogyakarta Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi nasional yang seleksinya dilakukan melalui penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan rapor dan portofolio serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh ISI Yogyakarta.

Seleksi ini diperuntukkan bagi siswa / siswi SMA / SMK / MA / MAK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun ini yang memiliki prestasi unggul, memiliki NISN, dan terdaftar di Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS).

Pendaftaran diawali oleh rekomendasi yang diberikan kepala sekolah pada siswa-siswi berprestasinya. Setelah itu, siswa dapat melanjutkan pendaftaran hingga akhir.

Biaya pendaftaran tidak perlu dikeluarakan karena gratis.

Untuk informasi lainnya seperti informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, biaya pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP.

B.  Pendaftaran ISI Yogyakarta Jalur SNBT

SNBT merupakan pola seleksi nasional yang seleksinya dilakukan melalui tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Lulusan dari Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan, dan sederajat lainnya bisa mendaftar di jalur SNBT ini tentunya harus memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran. Lulusan yang dimaksud adalah lulusan 3 tahun terakhir.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan melakukan pengisian data di laman resminya sampai mencetak kartu peserta. Kartu tersebut perlu dibawa saat tes UTBK. Link laman resmi pendaftaran SNBT dapat ditemukan di akhir pembahasan di bagian ini.

Biaya pendaftaran SNBT perlu dikeluarkan karena tidak gratis. Biayanya dibayarkan melalui bank yang telah bekerja sama dengan panitia SNBT.

Mengenai informasi persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan keterangan lainnya dapat di baca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT 

C. Pendaftaran ISI Yogyakarta Jalur Mandiri

Jalur Mandiri merupakan seleksi terbuka bagi semua lulusan SMA / SMK sederajat dan dilaksanakan secara mandiri oleh ISI Yogyakarta.

Jalur mandiri ini dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana.

Persyaratan Umum :
  1. Pendaftar adalah lulusan SMA / SMK / MA / Paket C semua jurusan yang dibuktikan dengan ljazah/STTB dan SKHUN (khusus lulusan tahun ini dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus disertai hasil nilai ujian sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah)
  2. Pendaftar yang pernah tercatat sebagai mahasiswa di ISI Yogyakarta harus melaporkan secara tertulis kepada panitia
  3. Pendaftar melakukan pembayaran Biaya Pendaftaran 
  4. Pendaftar mengunggah syarat dan kelengkapan berkas sesuai ketentuan

Persyaratan Kesehatan :
  1. Fakultas Seni Pertunjukan : Sehat paru-paru, THT, tidak gagu, gagap, dan cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi. Khusus untuk Program Studi Tari, Teater, Pendidikan Seni Pertunjukan, Seni Pedalangan disyaratkan tidak buta warna menurut Dokter spesialis
  2. Fakultas Seni Rupa: Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, tidak gagu, gagap, dan cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi
  3. Fakultas Seni Media Rekam: Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, tidak cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi

Pendaftara dilakukan secara online melalui laman pendaftaran.isi.ac.id. Informasi lain dapat diakses melalui laman pmb.isi.ac.id

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP Kuliah merupakan program nasional berupa bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi namun berprestasi.

Bagi calon pendaftar dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah dengan melakukan  Pendaftaran KIP-Kuliah secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lebih lanjut tentang KIP Kuliah  ini seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, pertanyaan & solusi seputar KIP Kuliah, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah

E. Pendaftaran Pascasarjana ISI Yogyakarta

ISI Yogyakarta juga melakukan penerimaan calon mahasiswa baru yang biasanya dibuka dalam beberapa gelombang.

Alur Pendaftaran :
  • Mendaftar di pmbpasca.isi.ac.id untuk mendapatkan nomor booking / username dan password
  • Membayar biaya pendaftaran
  • Melengkapi formulir pendaftaran di pmbpasca.isi.ac.id login sesuai nomor booking/ username dan password
  • Mengunggah berkas-berkas lamaran secara online

Informasi lebih lanjut cek di http://pmbpasca.isi.ac.id

E. Biaya Kuliah ISI Yogyakarta

Bagi mahasiswa yang dinyatakan diterima menjadi mahasiswa baru di ISI Yogyakarta, selanjutnya melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Besarnya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar oleh mahasiswa baru tersebut berbeda-beda tergantung penghasilan orang tua dan program studi yang diambil.

Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ISI Yogyakarta.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin berikan tentang Pendaftaran Online ISI Yogyakarta. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus ujian seleksi masuk ke ISI Yogyakarta. Jangan lupa untuk like halaman web kami dan berbagi informasi ini pada teman lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.