Pendaftaran Online UIN Bukittinggi 2024/2025

www.iainbukittinggi.ac.id 2024 -- Pendaftaran UIN Bukittinggi / IAIN Bukittinggi, PMB UIN Bukittinggi, Penerimaan Mahasiswa Baru E-Campus UIN Bukittinggi, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Bukittinggi, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Bukittinggi, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur Prestasi Non Akademik UIN Bukittinggi, UM - UIN Bukittinggi, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan menyampaikan informasi tentang Pendaftaran Online UIN Bukittinggi 2024/2025. Informasi ini diberikan dengan tujuan agar bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/08/pendaftaran-online-iain-bukittinggi.html

Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi atau yang dikenal dengan nama UIN Bukittinggi merupakan Perguruan Tinggi berbasis Islam yang terletak di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, tepatnya untuk Kampus I di Jl. Paninjauan Garergeh, Bukittinggi, dan Kampus II di Jl. Raya Gurun Aur Kubang Putih, Kabupaten Agam. Sumatera Barat. Indonesia.

UIN Bukittinggi telah memiliki beberapa fakultas dan program studi sebagai berikut :

Fakultas Syariah terdiri darProgram Studi : 
  • Hukum Keluarga (Ahwal Al Syakhshiyah) – (S1)
  • Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) – (S1)
  • Hukum Tatanegara (Siyasah) – (S1)
  • Hukum Pidana Islam (Jinayah) – (S1)

Fakultas Tarbiah dan Keguruan terdiri dari 
Program Studi :
  • Pendidikan Agama Islam (S1)
  • Pendidikan Bahasa Arab (S1)
  • Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
  • Pendidikan Matematika (S1)
  • Pendidikan Teknik Informatika Komputer (S1)
  • Bimbingan dan Konseling (S1)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari Program Studi : 
  • DIII – Perbankan Syariah
  • Ekonomi Islam – (S1)
  • Perbankan Syariah – (S1)
  • Akuntansi Syariah – (S1)
  • Pariwisata Syariah – (S1)
  • Manajemen Haji dan Umroh – (S1)
  • Manajemen Bisnis Syariah – (S1)

Fakultas Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah terdiri dari Program Studi : 
  • Ilmu Al Quran dan Tafsir- (S1)
  • Ilmu Hadis – (S1)
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam – (S1)
  • Sejarah Peradaban Islam – (S1)
  • Aqidah dan Filsafat Islam – (S1)
  • Sosiologi Agama – (S1)

Pascasarjana terdiri dari Program Studi :
  • S2 – Magister Hukum Islam
  • S2 – Magister Pendidikan Agama Islam
  • S2 – Magister Ekonom Syariah
  • S2 – Magister Manajemen Pendidikan Islam
  • S2 – Magister Aqidah Filsafat Islam
  • S3 – Magister Pendidikan Agama Islam

Program Profesi :
  • Pendidikan Prefesi Guru (PPG)

Jika anda berminat menjadi mahasiswa UIN Bukittinggi, silahkan mendaftarkan diri anda segera melalui jalur penerimaan mahasiswa baru yang ada.

Adapun jalur seleksi masuk ke UIN Bukittinggi yang bisa dikuti yaitu jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Jalur SPNA, UM Mandiri, UM Pascasarjana, serta jalur masuk calon mahasiswa asing. Langsung saja kita akan membahas masing-masing jalur yang telah disebutkan.

1. Pendaftaran Online SPAN-PTKIN UIN Bukittinggi

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional untuk melakukan penerimaan mahasiswa baru masuk ke UIN, IAIN, dan STAIN. Seleksi jalur SPAN-PTKIN ini didasarkan pada nilai rapor siswa mulai kelas X sampai dengan kelas XII semester 1, serta dengan mempertimbangkan prestasi-prestasi lain yang relevan.

Dari uraian di atas, dapat kita ketahui bahwa tidak semua siswa bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN. Hanya siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya yang akan mendapatkan kesempatan.

Biaya pendaftaran SPAN-PTKIN telah ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak akan lagi diminta biaya pendaftaran. Peserta dapat melakukan pendaftaran dengan ketentuan bahwa peserta telah diberi rekomendasi dari Kepala Sekolah. Apabila belum mendapatkan rekomendasi dari sekolah, maka peserta harus memintanya terlebih dahulu.

Pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online. Untuk informasi penting lainnya seperti tata cara, biaya, jadwal mekanisme, daftar PTKIN, dan lain sebagainya bisa langsung anda baca pada artikel Pendaftaran Online SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran Online Jalur Prestasi Non Akademik UIN Bukittinggi

Jalur Prestasi Non Akademik merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UIN Bukittinggi dengan melakukan seleksi terhadap prestasi non akademik siswa. Siswa yang memiliki prestasi non akademik bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur ini.

Seleksi jalur prestasi Non Akademik UIN Bukittinggi dilaksanakan hampir bersamaan dengan jalur SPAN-PTKIN. Jika anda pernah menjadi juara atau memiliki piagam-piagam penghargaan di bidang non akademik, maka ikutilah seleksi jalur ini. Anda memiliki peluang yang besar untuk diterima di UIN Bukittinggi.

Informasi lengkap mengenai pendaftaran Jalur Prestasi Non Akademik UIN Bukittinggi silahkan lihat di website resmi.

3. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Bukittinggi

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi nasional dengan sistem ujian tertulis yang bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang akan masuk ke UIN, IAIN, dan STAIN.

Untuk calon peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN, maka bisa mengikuti jalur UM-PTKIN. Persiapkan diri anda dengan baik agar bisa lulus seleksi jalur UM-PTKIN.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui situs resminya. Informasi lengkap seperti tata cara pendaftaran, biaya, jadwal, daftar PTKIN dan  program studi, dan lain-lain bisa anda baca pada alamat tersebut atau bisa langsung membaca pada artikel Panduan Pendaftaran UM-PTKIN

4. Pendaftaran Online UM Mandiri UIN Bukittinggi

UM Mandiri merupakan jalur seleksi mandiri yang diadakan oleh UIN Bukittinggi untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke UIN Bukittinggi dimana seleksi jalur ini dilakukan melalui ujian tertulis.

Calon mahasiswa yang berminat, silahkan mendaftarkan diri secara online melalui website resmi PMB UIN Bukittinggi. Informasi lainnya yang anda butuhkan silahkan baca langsung di website resmi UIN Bukittinggi.

5. Pendaftaran Online KIP Kuliah UIN Bukittinggi

KIP Kuliah merupakan pemberian biaya bantuan pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. 

Bagi anda yang berminat mengikuti seleksi jalur KIP Kuliah serta dapat memenuhi persyaratan pendaftaran, maka silahkan daftarkan diri anda. Informasi lebih lanjut silahkan baca informasinya di Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

6. Pendaftaran Online Jalur Mahasiswa Asing

Bagi calon mahasiswa dari luar negeri yang ingin masuk ke UIN Bukittingi maka bisa mengikuti jalur seleksi khusus untuk calon mahasiswa asing. Informasi lebih lanjut cek di website resmi.

7. Pendaftaran Online Pascasarjana UIN Bukittinggi

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana di UIN Bukitting, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan memenuhi persyaratan pendaftaran serta melakukan pendaftaran sesuai jadwal pelaksanaan. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran program Pascasarjana UIN Bukittinggi dapat anda lihat langsung di alamat pasca.iainbukittinggi.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN Bukittinggi.


Demikianlah informasi yang dapat admin berikan tentang Pendaftaran Online UIN Bukittinggi. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran sampai dengan melihat pengumuman kelulusan.

Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini dan semoga kita semua bisa mendapatkan kesuksesan semuda mungkin. Aamiin Ya Robbal 'Alamin.

Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.