Selamat datang di www.pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Online IKJ 2018/2019 (Institut Kesenian Jakarta)

ikj.ac.id 2018 -- PMB IKJ Jakarta, Pendaftaran Online IKJ, Penerimaan Mahasiswa Baru IKJ, Pendaftaran Kuliah IKJ, Tes Masuk IKJ, Cara Pendaftaran Kuliah IKJ, Informasi Pendaftaran Institut Kesenian Jakarta, Pendaftaran Online Calon Mahasiswa Baru Institut Kesenian Jakarta. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online IKJ 2018/2019 (Institut Kesenian Jakarta). Informasi ini ditujukan terutama untuk siswa-siswi lulusan SLTA sederajat atau bagi yang sudah bekerja yang ingin kuliah di IKJ. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IKJ atau Institut Kesenian Jakarta adalah perguruan tinggi swasta (PTS) di Jakarta yang menyelenggarakan pendidikan di bidang Seni.

IKJ telah didirikan pada tahun 1970 oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu yaitu Ali Sadikin, di bawah Yayasan PKJ. Saat ini, IKJ berada dalam naungan resmi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sejak pendiriannya, IKJ telah berperan melahirkan seniman, desainer, pemusik, sineas dan berbagai tenaga profesional seni yang menghidupkan kegiatan budaya, kegiatan sosial dan kegiatan industri di Jakarta.

Fakultas dan Program Studi di IKJ :
  • Fakultas Film dan Televisi terdiri dari Program Studi S1 Film Dan Televisi, D3 Fotografi, dan D3 Film Dan Televisi
  • Fakultas Seni Pertunjukan terdiri dari Program Studi S1 Antropologi Tari, S1 Etnomusikologi, S1 Musik, S1 Teater, S1 Tari, D3 Seni Musik, D3 Pemeranan, D3 Penata Tari
  • Fakultas Seni Rupa terdiri dari Program Studi S1 Seni Murni, S1 Desain Interior, S1 Desain Produk (Mode Busana), S1 Desain Komunikasi Visual, dan S1 Kriya Seni
  • Sekolah Pascasarjana terdiri dari Program Studi S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni

Itulah sekilas informasi mengenai kampus IKJ. Dengan membaca informasi di atas dan informasi lainnya, maka wawasan kita semakin bertambah dari hari ke hari.

Dari sejumlah program studi yang ada di IKJ tersebut, mungkin ada salah satu program studi yang kamu minati. Oleh karena itu, silahkan daftarkan dirimu di kampus ini dan pilih program studi tersebut.

Bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri di IKJ, maka dapat melakukannya pada saat penerimaan mahasiswa baru IKJ di buka. IKJ membuka penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang D3, S1, dan S2 melalui jalur ujian tulis.

Hasil dari ujian tulis menjadi pertimbangan kelulusanmu. Apabila memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh panitia, maka kamu bisa dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru IKJ.

Untuk mendapatkan hasil yang baik tersebut, tentunya kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pelajari materi-materi yang akan diujikan, sering-seringlah berlatih.

Selanjutnya admin berikan informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru IKJ. Silahkan disimak.

1. Pendaftaran Mahasiswa Baru IKJ

A. Persyaratan
  1. Mengikuti test tertulis dan praktek
  2. Berijazah SMU / sederajat
  3. 1 lembar fotokopi ijazah yang dilegalisir

  4. 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga, 
  5. 1 lembar fotokopi Akte Lahir
  6. Pas foto bw 3 x 4 = 2 lembar, 2 x 3 = 2 lembar
  7. Surat keterangan sehat dari dokter
  8. Surat keterangan tidak buta warna dari dokter spesialis mata
  9. Surat bebas NAZA (narkotika dan zat adiktif lainnya)
  10. Surat penyetaraan ijazah yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) Republik Indonesia bagi calon mahasiswa yang berasal dari sekolah internasional

B. Pendaftaran Online

Pendaftaran online dilakukan melalui alamat website masing-masing Fakultas. Silahkan lihat di website masing-masing Fakultas.

C. Materi Ujian
  • Menggambar
  • Pengetahuan Dasar Seni Rupa
  • Wawancara

D. Jadwal dan Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dibuka dalam beberapa gelombang yang dimulai dari bulan Februari hingga Agustus.

Waktu Pendaftaran :
  • Senin-Jumat : 08.00-16.00 WIB (istirahat 12.00-13.00)
  • Sabtu : 09.00-12.00 WIB

2. Mahasiswa Alih Jenjang (D-III Lanjut S.1)

Syarat Pendaftaran :
  1. Transkrip nilai D-III (Transkrip yang ada kode Mata Kuliah asal), dilegalisir/cap basah.
  2. Pas foto berwarna ukuran 3x4 = 3 lembar, ukuran 2x3 = 3 lembar.
  3. SKCK dari pihak Kepolisian (asli dan photo copy sebanyak 1 lembar).
  4. Surat keterangan berbadan sehat dari RSUD (Asli).
  5. Surat keterangan bebas Narkotika dari BNN, RSKO Jakarta dan RS. Fatmawati. Bagi calon mahasiswa luar jabodetabek dapat melakukan pemeriksaan di BNND atau RSUD setempat.
  6. Photo copy KTP orang tua / wali (ayah / ibu) masing-masing 1 lembar.
  7. Akreditasi minimal B, dengan melampirkan Surat keterangan atau foto copy sertifikat nilai Akreditasi dari BAN PT.
  8. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.75.
  9. Menyerahkan photo copy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  10. Menyerahkan photo copy Akte Kelahiran sebanyak 2 lembar.
  11. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- dari orang tua/wali mengenai kesanggupan membayar biaya kuliah
  12. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- mengenai kesediaan menerima sanksi drop out apabila terbukti menggunakan Narkoba

3. Mahasiswa Khusus

Syarat Pendaftaran : 
  1. Berijazah SLTA / sederajat berikut daftar nilai yang sudah dilegalisir oleh sekolah
  2. Pas foto berwarna ukuran 3x4 = 3 lembar, ukuran 2x3 = 3 lembar.
  3. SKCK dari pihak Kepolisian (asli dan photo copy sebanyak 1 lembar).
  4. Surat keterangan bebas Narkotika dari BNN, RSKO Jakarta dan RS. Fatmawati. Bagi calon mahasiswa luar jabodetabek dapat melakukan pemeriksaan di BNND ata RSUD setempat.
  5. Menyerahkan photo copy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  6. Menyerahkan photo copy Akte Kelahiran sebanyak 2 lembar.
  7. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- dari orang tua / wali mengenai kesanggupan membayar biaya kuliah.
  8. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- mengenai kesediaan menerima sanksi drop out apabila terbukti menggunakan Narkoba.

4. Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Pascasarjana

IKJ melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana setiap tahun akademik baru. Formulir dapat diperoleh di Sekretariat Pascasarjana IKJ di Gedung Pascasarjana IKJ, Kampus Institut Kesenian Jakarta, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat.

A. Persyaratan Calon Mahasiswa
  1. Mengisi Formulir Pendaftaran (dapat melalui email)  
  2. Menyerahkan fotokopi ijazah dan transkrip akademik S-1 (atau setara) yang telah dilegalisasi (2 rangkap)
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui rekening BNI No.256150454
  4. Menyerahkan Pasfoto berwarna  3 x 4 (2 lembar)
  5. Menyerahkan Sertifikat TOEFL (dengan nilai minimum 450)
  6. Menyerahkan proposal proyeksi tugas akhir penciptaan atau pengkajian sebanyak 1 bundel.
  7. Menandatangani surat kesanggupan membayar biaya kuliah (bermeterai Rp6.000,00) dan kesanggupan mengikuti kuliah sesuai ketentuan dan tata tertib yang berlaku.
  8. Menyerahkan surat izin mengikuti kuliah dari instansi/lembaga tempat bekerja
  9. Lulus Seleksi Masuk: Tes Tertulis dan Tes Wawancara

B. Persyaratan Administrasi
  1. Surat Lamaran Calon Mahasiswa kepada Direktur Pascasarjana IKJ (ditulis tangan)
  2. Membuat esai yang menggambarkan minat calon mahasiswa dengan isi: alasan memilih Pascasarjana IKJ, Tugas akhir yang akan dibuat (Penciptaan / Pengkajian Seni), Karya/Kajian yang diminati / dikem-bangkan, rencana tugas akhir ide / masalah kesenian yang akan dikerjakan).
  3. Rekomendasi dari dua tokoh yang berperan dalam pendidikan / pekerjaan calon mahasiswa
  4. Surat Pernyataan Jaminan Pembiayaan Studi
  5. Surat Izin Mengikuti Kuliah dari Instansi tempat calon mahasiswa bekerja
  6. Pasfoto 4×6 (4 lembar)
  7. Fotokopi KTP / Paspor yang masih berlaku
  8. Fotokopi Ijazah S1 yang dilegalisasi
  9. Fotokopi Transkrip Akademik S1 yang dilegalisasi
  10. Fotokopi hasil TOEFL dengan nilai minimum 450
  11. Portfolio digital hasil karya calon mahasiswa

C. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan setiap tahun dimulai pada bulan Februari sampai dengan bulan Agustus. Jadwal lengkap dapat dilihat langsung di web resmi Pascasarjana IKJ


Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru IKJ. Untuk informasi lain yang kamu butuhkan, dapat dibaca di website resmi IKJ. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi IKJ.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Online IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini.