Informasi Pendaftaran KIP Kuliah 2025/2026

kip-kuliah.kemdikbud.go.id 2025 -- Pendaftaran KIP Kuliah, PMB Jalur KIP Kuliah, Cara Pendaftaran Online KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran KIP Kuliah, Informasi Penerimaan KIP Kuliah, Pendaftaran KIP Kuliah, Bantuan Biaya Pendidikan (KIP Kuliah), Bantuan Biaya Hidup (KIP Kuliah), Panduan Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah, Website Resmi Pendaftaran Online KIP Kuliah.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Informasi Pendaftaran KIP Kuliah 2025/2026. Informasi ini akan diuraikan menjadi beberapa bagian yaitu cara mendaftar online KIP Kuliah, persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pelaksanaan KIP Kuliah, serta ketentuan lain yang berkaitan dengan KIP Kuliah. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo ikuti proses pembahasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

KIP Kuliah berbeda dengan Beasiswa. KIP Kuliah adalah bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berpotensi akademik unggul, sedangkan KIP Kuliah adalah penghargaan yang diberikan kepada siswa/mahasiswa atas prestasi yang didapatkan.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup untuk membantu calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi serta memiliki potensi akademik yang unggul sebagai jaminan bahwa calon mahasiswa tersebut nantinya dapat menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Penyaluran KIP Kuliah melalui beberapa jalur, diantaranya adalah KIP Kuliah jalur SNBP, KIP Kuliah Jalur UTBK SNBT, KIP Kuliah jalur mandiri PTN, dan KIP Kuliah jalur mandiri PTS, serta KIP Kuliah kampus PTKIN.

Untuk mendapatkan KIP Kuliah, terlebih dahulu harus dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, UT, ISI, atau KIP Kuliah PTS. Jika telah lulus melalui salah satu jalur seleksi tersebut maka memiliki peluang yang besar untuk bisa mendapatkan KIP Kuliah.

Baiklah, langsung saja kita mulai membahas tentang Informasi Pendaftaran KIP Kuliah. Simak informasinya dengan baik berikut ini.

Untuk bisa mendapatkan KIP Kuliah, pertama kalinya harus bisa memenuhi persyaratan yang ditentukan, beberapa persyaratan KIP Kuliah akan dijelaskan sebagai berikut.

A. Persyaratan Pendaftaran Online KIP Kuliah

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah tahun ini adalah sebagai berikut:
  1. Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

Persyaratan Lanjutan Penerima KIP Kuliah Yang Memiliki Keterbatasan Ekonomi

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan salah satu dokumen berikut :
  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  4. Mahasiswa dari panti sosial / panti asuhan, atau
  5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika Tidak Memenuhi Salah Satu dari Lima Kriteria Persyaratan Di Atas :

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua / wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp. 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

B. Jalur Pendaftaran / Penyaluran KIP Kuliah

Pendaftaran KIP Kuliah untuk calon mahasiswa baru dilakukan melalui beberapa jalur, baik jalur nasional maupun jalur mandiri. Jalur-jalur tersebut seperti yang telah dijelaskan di atas, yaitu sebagai berikut :

Pendaftaran KIP Kuliah jalur Nasional
  • Pendaftaran KIP Kuliah jalur SNBP
  • Pendaftaran KIP Kuliah jalur SNBT

Pendaftaran KIP Kuliah jalur Mandiri
Selain itu, ada pula KIP Kuliah untuk kampus PTKIN.

Silahkan memilih jalur KIP Kuliah sesuai keinginan. Setelah mendaftar KIP Kuliah, kemudian harus mendaftar jalur seleksi yang akan diikuti.

Baca informasi selanjutnya : Jalur Seleksi dan Ketentuan KIP Kuliah PTN dan PTS

C. Pendaftaran Akun SIM KIP Kuliah dan Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah

# Pendaftaran Akun SIM KIP Kuliah
 
Pendaftaran Akun di SIM KIP Kuliah dapat dilakukan melalui dua cara yaitu:
  1. Siswa dapat mendaftar secara mandiri, atau
  2. Perguruan Tinggi dapat mendaftarkan mahasiswa yang sudah diterima dan melakukan registrasi.

Untuk pendaftaran akun di SIM KIP Kuliah, calon penerima harus memasukkan data yang valid sebagai berikut:
  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); dan
  3. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

# Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah
 
Tahapan pendaftaran KIP Kuliah dilakukan seperti tahapan berikut ini :
  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps*;
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah **;
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNBP / SNBT / Mandiri);
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang dipilih. Sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNBP). Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host. 
  7. Bagi calon penerima KIP-Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP-Kuliah.

Catatan :
* tersedia di Google Play Store
** NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosio ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.

D. Laman Pendaftaran Baru dan Login untuk Siswa :

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Laman pendaftaran baru KIP Kuliah :
  • http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru

Login KIP Kuliah dengan nomor pendaftaran dan kode akses di laman :
  • http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login

Apabila ada kendala NIK, NISN dan NPSN yang tidak terbaca oleh sistem KIP-Kuliah, Silahkan koordinasi dengan operator DAPODIK / EMIS di sekolah masing-masing untuk perbaikan sumber data.

Bagi siswa lulusan silahkan lakukan pengajuan perbaikan di Verval Lulusan di alamat http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/PengajuanLulusan

E. Jangka Waktu Pemberian KIP Kuliah

Program Regular:
  • Sarjana maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Empat maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Tiga maksimal 6 (enam) semester
  • Diploma Dua maksimal 4 (empat) semester
 
Program Profesi:
  • Dokter maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
  • Ners maksimal 2 (dua) semester
  • Apoteker maksimal 2 (dua) semester
  • Guru maksimal 2 (dua) semester

F. Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah

KIP Kuliah dilaksanakan untuk membantu calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Agar bisa mendapatkannya, maka harus melakukan pendaftaran sesuai dengan jadwal pelaksanaan berikut ini. Lihat pada artikel berikut : Jadwal KIP Kuliah Kemendikbud dan Kemenag

G. Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara KIP Kuliah

Banyak sekali perguruan tinggi yang menyelenggarakan KIP Kuliah, yaitu PTN, PTS, Politeknik, dan PTKIN. Informasi selengkapnya dapat dibaca pada artikel khusus yang telah kami siapkan pada Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara KIP Kuliah

Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi KIP Kuliah

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Informasi Pendaftaran KIP Kuliah. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat terutama yang akan mendaftarkan diri mengikuti KIP Kuliah.

Mari bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat yang membutuhkan agar mereka juga bisa memperoleh informasi dengan cepat. 

Admin turut mendoakan semoga  bisa mendapatkan KIP Kuliah. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin.