Pendaftaran Online Beasiswa DIKTI 2024/2025

Pendaftaran Beasiswa DIKTI 2024 -- BUDI Dikti, Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Pendidikan, Beasiswa PPA dan BBM, Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI), Beasiswa Dosen Dalam Negeri, Beasiswa Dosen Luar Negeri, Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam dan Luar Negeri (BPPDN dan BPPLN), 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online Beasiswa DIKTI 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadikan anda mudah menemukan informasi beasiswa DIKTI. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://pendaftaranmptn.blogspot.com/2015/04/beasiswa-pendidikan-dikti.html

Banyak sekali Beasiswa Pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa atau dosen dalam rangka untuk menunjang kebutuhan biaya pendidikan. Disini admin akan membahas berbagai macam jalur pendaftaran Beasiswa Pendidikan Dikti yang dibuka oleh pemerintah.

Begitu mahal/besarnya biaya pendidikan saat ini menyebabkan beberapa calon mahasiswa/mahasiswa atau dosen yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mengalami kendala. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah saat ini telah menyiapkan bantuan dana pendidikan atau beasiswa.

Untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan atau beasiswa tersebut, tentunya kita harus memenuhi persyaratan yang ditentukan. Persyaratan-persyaratan ditujukan agar nantinya bantuan pendidikan atau beasiswa bisa diberikan kepada orang yang tepat.

Oleh karena itu, tidak semua orang bisa mendapatkan bantuan dana pendidikan atau beasiswa jika tidak memenuhi persyaratan. Persyaratan dan ketentuan lain berkaitan dengan bantuan pendidikan atau beasiswa akan dibahas secara lengkap di bawah ini. Bacalah dengan baik dan pahami.

Pengertian Beasiswa Pendidikan Dikti

Beasiswa Pendidikan adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada perorangan yang ditujukan agar bantuan yang diberikan digunakan untuk menunjang pendidikan yang ditempuh. Dengan beasiswa tersebut, maka dapat meringankan beban biaya pendidikan seseorang tersebut.

Macam-macam Beasiswa Pendidikan Dikti

Ada beberapa macam beasiswa DIKTI yang diberikan untuk calon mahasiswa, mahasiswa, calon dosen, dosen, dan juga tenaga pendidik di lingkungan Kemendikbud. Berikut informasinya.
  1. Bantuan Biaya Pendidikan KIP Kuliah
  2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  3. Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM)
  4. Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI)
  5. Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)
  6. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)
  7. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)
  8. Beasiswa Dikti Talent Scouting
Berikut ini akan dijelaskan masing-masing pengertian dan untuk siapa beasiswa tersebut diberikan. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran Bantuan Biaya Pendidikan KIP Kuliah

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta memiliki prestasi akademik yang unggul. 

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Informasi pendaftaran lengkap tentang Bidikmisi seperti persyaratan, tata cara pendaftaran, kuota penerimaan, serta jadwal pelaksanan bisa di baca pada Pendaftaran KIP Kuliah

2. Pendaftaran Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA atau dengan kepanjangan Peningkatan Prestasi Akademik merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik atau prestasi akademik yang unggul yang dibuktikan dengan nilai IPK terakhir saat mendaftar.

Informasi seputar beasiswa PPA ini bisa didapatkan dengan bertanya langsung pada bagian yang mengurusi beasiswa di PTN atau PTS tempat anda kuliah atau bisa dilihat di website resmi PTN atau PTS anda masing-masing.

3. Pendaftaran Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM)

Beasiswa BBM atau dengan kepanjangan Bantuan Belajar Mahasiswa merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Beasiswa ini hampir sama dengan bidikmisi, bedanya untuk bidikmisi diseleksi sebelum anda masuk kuliah sedangkan beasiswa BBM diseleksi setelah anda masuk kuliah.

Beasiswa yang didapatkan berupa tunjangan pendidikan. Sama seperti beasiswa PPA, Untuk mengetahui informasinya, anda bisa bertanya langsung kepada bagian yang menangani beasiswa atau mengecek langsung di website resmi tempat anda kuliah.

4. Pendaftaran Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI)

Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI) merupakan beasiswa yang diberikan kepada mereka yang telah mengharumkan nama Bangsa dan Negara Indonesia di level internasional. Pemerintah akan memberikan beasiswa sebagai penghargaan kepada peserta yang meraih medali Olimpiade Sains Internasional (OSI).

Hal-hal yang berkaitan dengan ketentuan, mekanisme, dan pengelolaan beasiswa bisa dipahami melalui buku pedoman yang telah dibuat atau bisa membaca di website DIKTI di alamat http://beasiswa.dikti.go.id/

5. Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) merupakan beasiswa yang diberikan kepada Calon Dosen, Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Kemendikbud yang mengikuti pendidikan Program Pascasarjana (Magister atau Doktor) di Dalam Negeri yaitu di Indonesia tercinta. Beasiswa ini juga diberikan untuk dosen perguruan tinggi di lingkungan Departemen Agama. Informasi lebih lanjut dapat anda lihat di laman budi.ristekdikti.go.id/bppdn/

6. Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) merupakan beasiswa yang diberikan kepada Calon Dosen, Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Kemendikbud yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Pascasarjana (Magister atau Doktor) di Luar Negeri.

Jika anda bisa memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, maka anda bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Untuk informasi lainnya bisa di lihat di website budi.ristekdikti.go.id/ln/

Tambahan Informasi :
BPP-LN dan BPP-DN sekarang berubah nama menjadi Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) Dikti yang dibedakan menjadi Beasiswa Magister Dalam Negeri, Beasiswa Doktor Dalam Negeri, dan Beasiswa Doktor Luar Negeri. Informasi pendaftaran dan lain-lain bisa dibaca di alamat budi.ristekdikti.go.id

7. Pendaftaran Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)

Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) diperuntukkan bagi mahasiswa S3 pada pascasarjana penyelenggara BPP-DN untuk menambah wawasan dan pengalaman internasional. Informasi pendaftaran lebih lanjut dapat anda baca di http://beasiswa.dikti.go.id/pkpi/

8. Pendaftaran Beasiswa Dikti Talent Scouting

Beasiswa Dikti Talent Scouting merupakan beasiswa yang diberikan kepada dosen tetap di perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berencana melanjutkan studi S3 ke luar negeri untuk mengikuti Program pelatihan untuk Dosen.

Persyaratan Pendaftaran Program Talent Scouting

  • Memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN)
  • Usia maksimal 49 tahun.
  • Sudah memiliki gelar Magister (S2) atau yang setara dan belum memiliki gelar doktor (S3).
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris (nilai TOEFL ITP minimal 500 atau IELTS minimal 5,5).
  • Bersedia mengikuti pelatihan selama 1 hari.
Hal-hal lainnya yang diperlukan bisa dibaca di http://beasiswa.dikti.go.id/talentscouting/ 

Selain beasiswa yang telah disebutkan di atas, masih ada beasiswa-beasiswa lainnya yang diberikan oleh DIKTI. Anda dapat melihatnya di website resmi DIKTI.

Silahkan Baca Juga:

Demikianlah penjelasan yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online Beasiswa DIKTI. Semoga bisa memberi pencerahan kepada anda semua yang mencari informasi beasiswa DIKTI.

Semoga anda bisa mendapatkan beasiswa yang anda inginkan. Terima kasih telah membaca disini. Salam sukses untuk kita semua. Mari bantu bagikan informasi ini pada teman lain yang membutuhkan.