Jalur Seleksi dan Ketentuan Bidikmisi PTN dan PTS 2022/2023

Jalur Seleksi dan Ketentuan Bidikmisi PTN dan PTS 2022 -- Jenis Seleksi Penerimaan Bidikmisi, Daftar Seleksi yang Tersedia di Bidikmisi, Jalur Seleksi Penerimaan Bidikmisi, Jalur Seleksi Bidikmisi PTN / PTS dan Ketentuannya, Ketentuan Seleksi Bidikmisi PTN dan PTS. 2024. 2025.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Jalur Seleksi dan Ketentuan Bidikmisi PTN dan PTS 2022/2023. Informasi ini ditujukan terutama untuk calon mahasiswa penerima Bidikmisi. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Bidikmisi kini telah berubah menjadi KIP Kuliah. Baca Informasinya : Pendaftaran KIP Kuliah

Telah diketahui bahwa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan petunjuk pendaftaran Bidikmisi yang telah dirinci menjadi Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Sekolah dan Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa. Kedua artikel tersebut pada intinya menjelaskan tentang petunjuk pendaftaran Bidikmisi. Bagi anda yang belum mengunjungi artikel tersebut, silahkan baca terlebih dahulu agar anda bisa lancar dalam mendaftar Bidikmisi.

Ketika anda ingin mendaftar Bidikmisi, maka banyak hal yang harus dipahami, salah satunya yaitu jalur seleksi penerimaan Bidikmisi.

Jalur-jalur seleksi ini perlu anda ketahui agar anda bisa memilih dengan tepat jalur seleksi mana yang harus diikuti sehingga nantinya anda bisa diterima melalui jalur seleksi tersebut.

Dalam Buku Petunjuk Teknik Bidikmisi Siswa disebutkan bahwa daftar seleksi yang tersedia di bidikmisi ada beberapa jalur yaitu :
  • SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  • SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri)
  • Seleksi Mandiri PTN
  • Seleksi Mandiri PTS

Dari beberapa jalur seleksi yang ada pada sistem Bidikmisi nasional di atas, silahkan anda pilih salah satu, dan seandainya anda tidak lulus di satu jalur maka masih bisa mendaftar di jalur seleksi Bidikmisi berikutnya yang dibuka.

Perlu diketahui pula bahwa selain jalur seleksi penerimaan Bidikmisi yang dikelola secara nasional yang disebutkan di atas, masih ada jalur seleksi penerimaan Bidikmisi lainnya yang dikelola secara mandiri atau secara langsung oleh perguruan tinggi penyelenggara seperti Bidikmisi Universitas Terbuka, dan perguruan tinggi lainnya.

Selanjutnya admin akan menyampaikan pembahasan inti tentang Jalur Seleksi Penerimaan Bidikmisi. Dalam menyalurkan Bidikmisi, Perguruan Tinggi dapat melakukan seleksi kepada calon penerima Bidikmisi melalui seleksi nasional maupun seleksi mandiri.

A. Seleksi untuk Perguruan Tinggi Negeri

1. Seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN

Seleksi yang paling banyak diikuti oleh calon peserta adalah seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN. Ketentuan yang perlu diperhatikan dalam mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN dapat dilihat di bawah ini.

Ketentuan seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN :
  1. PTN melakukan seleksi terhadap penerima rekomendasi Bidikmisi yang merupakan lulusan seleksi nasional (SNMPTN-SBMPTN) sesuai persyaratan dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN;
  2. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTN dengan memprioritaskan, pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi, pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, urutan kualitas Sekolah, dan memperhatikan asal daerah pendaftar. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, akan lebih baik kalau PTN melakukan kunjungan ke alamat pendaftar;
  3. Pertimbangan khusus dalam kelulusan seleksi diberikan kepada pendaftar yang mempunyai prestasi ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/OSIS);
  4. Pelamar Bidikmisi penerima BSM dan/atau memiliki KIP dan sejenisnya dapat dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi. Namun jika di kemudian hari ditemukan ternyata tidak layak dapat dikenakan sanksi
  5. Kunjungan ke alamat pendaftar dapat dilakukan dengan mendayagunakan mahasiswa PTN yang bersangkutan atau PTN dari domisili pendaftar dengan mekanisme yang disetujui bersama.
  6. Hasil seleksi nasional calon mahasiswa diumumkan oleh pengelola di tingkat perguruan tinggi dan diinformasikan ke Ditjen Belmawa melalui Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.

2. Seleksi Mandiri (Seleksi Lokal) PTN

Selain melalui mendaftar melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, calon peserta Bidikmisi juga bisa mendaftar Bidikmisi melalui jalur seleksi mandiri PTN. Dalam melakukan seleksi Bidikmisi melalui seleksi mandiri perguruan tinggi, PTN berpedoman pada ketentuan berikut.

Ketentuan Bidikmisi Seleksi Mandiri PTN :
  1. PTN melakukan seleksi terhadap pendaftar menggunakan jalur, persyaratan dan kriteria khusus yang ditetapkan oleh masing-masing PTN;
  2. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTN dengan memprioritaskan pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi, pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, urutan kualitas Sekolah, dan memperhatikan asal daerah pendaftar. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, dianjurkan kalau PTN melakukan kunjungan ke alamat pendaftar. Disamping itu dapat juga dilakukan verifikasi dan rekomendasi oleh penerima Bidikmisi sebelumnya.
  3. Pertimbangan khusus dalam kelulusan seleksi diberikan kepada pendaftar yang mempunyai prestasi ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah / OSIS);
  4. Apabila diperlukan tes di lokasi yang memerlukan kehadiran fisik pendaftar, maka seluruh biaya untuk mengikuti proses seleksi mandiri termasuk biaya transportasi dan akomodasi ditanggung oleh PTN yang bersangkutan;
  5. Pelamar Bidikmisi penerima BSM dan/atau memiliki KIP dan sejenisnya dapat dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi. Namun jika di kemudian hari ditemukan ternyata tidak layak dapat dikenai sanksi
  6. Hasil seleksi calon mahasiswa diumumkan oleh Rektor/Direktur /Ketua atau yang diberi wewenang melalui media yang dapat diakses oleh setiap pendaftar dan diinformasikan ke Ditjen Belmawa melalui Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.

B. Jalur Seleksi Bidikmisi untuk PTS

Perlu diketahui bahwa tidak semua PTS menyelenggarakan Bidikmisi. Maka dari itu anda harus mengetahui dengan pasti apakah PTS yang anda tuju menyenggarakan Bidikmisi atau tidak.

Dalam menyeleksi calon penerima Bidikmisi, PTS berpedoman pada ketentuan seleksi Bidikmisi PTS yang dibuat oleh Dirjen Belmawa. Ketentuannya dapat anda simak dibawah ini.

Ketentuan Seleksi Bidikmisi untuk PTS :
  1. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTS dengan memprioritaskan pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi, pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, dan memperhatikan asal daerah pendaftar. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, akan lebih baik kalau PTS melakukan kunjungan ke alamat pendaftar;
  2. Kunjungan ke alamat pendaftar dapat dilakukan dengan mendayagunakan mahasiswa PTS yang bersangkutan atau PTS dari domisili pendaftar dengan mekanisme yang disetujui bersama.
  3. Pelamar Bidikmisi penerima BSM dan/atau memiliki KIP dan sejenisnya dapat dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi. Namun jika di kemudian hari ditemukan ternyata tidak layak dapat dikenai sanksi
  4. Hasil seleksi calon mahasiswa diumumkan oleh panitia seleksi PTS dan diinformasikan ke Ditjen Dikti melalui Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi. 

Pengumuman hasil seleksi perguruan tinggi selanjutnya diinformasikan melalui laman website belmawa.ristekdikti.go.id oleh Ditjen Belmawa.

Itulah informasi tentang Jalur Seleksi dan Ketentuan Bidikmisi PTN dan PTS. Untuk informasi lain yang anda perlukan maka bisa anda baca di website resmi Bidikmisi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Bidikmisi

Untuk infomasi lengkap seputar Bidikmisi seperti persyaratan, jadwal, tata cara pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda simak secara lengkap pada artikel berikut ini :

Demikianlah informasi Jalur Seleksi dan Ketentuan Bidikmisi PTN dan PTS. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat untuk anda. Admin turut mendoakan semoga anda bisa mendapatkan Bidikmisi tersebut.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami. Terima kasih atas waktu luang anda dan mari ajak teman lainnya juga.