Pendaftaran Online UNJ 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unj.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNJ Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNJ Online, Penmaba UNJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJ, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ, Info Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNJ,  Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UNJ, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Jalur Bidikmisi, Pendaftaran Kuliah Universitas Negeri Jakarta, UNJ. 2026. 2027.

Disini admin akan memberikan informasi mengenai tentang Pendaftaran Online UNJ 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di UNJ. Untuk itu langsung saja simak informasinya berikut. 

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) adalah Universitas Negeri yang berada di kota jakarta, tepatnya di Jl. Rawamangun Muka, Pulogadung, Jakarta Timur. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) didirikan pada 16 Mei 1964.

Visi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) adalah menjadi Universitas yang memiliki keunggulan kompetitif dalam membangun masyarakat Indonesia yang maju, demokratis dan sejahtera berdasarkan Pancasila di era globalisasi.

Ada dua jenis Pendidikan yang diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yaitu Pendidikan Akademik dan Pendidikan Profesional. 

Fakultas dan Program Studi jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana yang ada di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yaitu :
  • FIP terdiri dari Program Studi Psikologi, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, PAUD, Bimbingan Konseling, PGSD.
  • FBS terdiri dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Arab , Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Bahasa Jepang, dan Pendidikan Bahasa Mandarin.
  • FMIPA terdiri dari Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia , Biologi, an Sistem Komputer
  • FIS terdiri dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Ilmu Agama Islam, Pendidikan Sosiologi, Sosiologi Pembangunan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Hubungan Masyarakat, Usaha Jasa Pariwisata.
  • FT terdiri dari Program Studi Pendidikan Teknik ELektro, Pendidikan Teknik ELektronika, Pendidikan Teknik Informasi dan Komputer, Teknik Elektronika, Pendidikan Teknik Mesin, Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Bangunan, Teknik Sipil, Transportasi, Pendidikan Tata Boga, Tata Boga, Pendidikan Tata Busana, Tata Busana, Pendidikan Tata Rias, Tata Rias, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
  • FIK terdiri dari Program Studi Pendidikan Jasmani, Pendidikan Kepelatihan, Ilmu Keolahragaan, Konsentrasi Olahraga Rekreasi, Konsentrasi Kepelatihan Kecabangan Olahraga
  • FE Pendidikan Ekonomi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Tata Niaga, Manajemen, Akuntansi, Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Sekretari

Itulah sekilas tentang Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Semoga memberi tambahan wawasan untuk anda. Dari beberapa program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNJ.

Seperti tahun sebelumnya, pada tahun ini Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, diantaranya adalah jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri.

Dengan banyaknya jalur penerimaan mahasiswa baru yang ada di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), maka kesempatan kalian untuk masuk Universitas Negeri Jakarta (UNJ) semakin besar. Untuk itu, persiapkanlah diri kalian untuk menghadapi seleksi agar hasil yang kalian harapkan bisa tercapai. Jangan sampai melewatkan kesempatan yang baik ini.

Berikut ini admin akan memberikan penjelasan jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta (UNJ).  Penjelasann selengkapnya simak berikut ini.

1. Pendaftaran UNJ Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang mempunyai prestasi akademik yang unggul selama di sekolah yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya. Jalur SNBP dikenal dengan sebutan jalur undangan PTN.

Untuk siswa yang tidak bisa mengikuti jalur seleksi SNBP maka bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SNBT.

Pendaftaran SNBP diawali oleh kepala sekolah yang merekomendasikan siswa-siswinya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu siswa dapat melanjutkan pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Informasi yang lebih lengkap mengenai Pendaftaran SNBP telah dibahas pada artikel sebelumnya. Tata cara pendaftaran, persyaratan , link pendaftaran,jadwal pendaftaran, jumlah PTN, tahapan seleksi, serta nama-nama PTN, dan lain-lain dapat anda baca pada Panduan Pendaftaran SNBP

2. Pendaftaran UNJ Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil tes saja atau hasil tes dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Jalur SNBT ini dibuka untuk para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Informasi mengenai SNBT telah dibahas secara lengkap pada artikel sebelumnya. Silahkan kunjungi artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT untuk mendapatkan informasi seperti tata cara pendaftaran,  link pendaftaran,persyaratan, kelompok ujian, materi ujian, jadwal pendaftaran, serta nama-nama PTN, kriteria penerimaan, dan lain sebagainya.

3. Pendaftaran UNJ Jalur Mandiri

Jalur Mandiri merupakan jalur seleksi yang diadakan oleh panitia dari suatu Universitas secara mandiri. Hampir semua perguruan tinggi negeri mengadakan jalur seleksi mandiri, salah satunya Yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Pada tahun ini, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka jalur seleksi mandiri yang diperuntukkan bagi calon peserta yang ingin kuliah di UNJ.

Jalur mandiri UNJ terbagi menjadi 2, yaitu :
  • Jalur mandiri ujian tulis, dan
  • Jalur mandiri prestasi

Berikut penjelasan selengkapnya :

1. Jalur Mandiri Prestasi

a. Persyaratan :
  1. Siswa SMA atau yang sederajat yang lulus tahun ini.
  2. Sudah memiliki ijazah/Surat Keterangan Lulus.
  3. Kartu identitas diri.
  4. Memiliki Prestasi seperti yang telah ditentukan.

b. Jenis Prestasi :
  1. Bidang Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknologi).
  2. Bidang Sosial Humaniora (Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi, Lomba Debat).
  3. Bidang Seni & Sastra (Seni Musik, Seni Tari, Seni Peran, Seni Rupa, Lomba Baca Puisi, Menulis.
  4. Bidang Olahraga (Semua)
  5. Hafidz Al Quran minimal 15 Juz.

c. Lingkup Prestasi

Prestasi Internasional:
  • Adalah prestasi yang dihasilkan di lomba tingkat internasional yang sebelumnya telah melalui tahap penyaringan tingkat nasional (mewakili Indonesia).
  • Penyelenggara lomba adalah lembaga resmi yang terkait dengan lomba.
  • Lomba beregu maupun individu.

Prestasi Nasional:
  • Adalah prestasi yang dihasilkan pada lomba tingkat nasional yang sebelumnya telah melalui tahap penyaringan tingkat provinsi atau karya seni yang mendapat pengakuan oleh lembaga resmi terkait minimal tingkat nasional.
  • Penyelenggara lomba adalah lembaga resmi yang terkait dengan mata lomba tersebut.
  • Minimal juara 3.
  • Lomba beregu maupun individu

d. Pembayaran

Biaya pendaftaran Jalur Prestasi: Rp. 400.000. Pembayaran dilakukan melalui Teller BNI, ATM BNI, atau Internet Banking BNI.

e. Alur Pendaftaran Jalur Prestasi 

Pendaftaran jalur prestasi UNJ dilakukan sesuai alur berikut :
  1. Membuat akun di laman http://pendaftaran.unj.ac.id/prestasi/
  2. Login untuk cetak kartu tagihan
  3. Membayar tagihan
  4. Login kembali untuk mengisi biodata, mengunggah foto dan berkas
  5. Memeriksa data
  6. Cetak kartu peserta Penmaba
  7. Mengikuti seleksi
  8. Pengumuman penmaba prestasi

Informasi lainnya bisa di akses di situs resmi pendaftaran UNJ yaitu penmaba.unj.ac.id

2. Jalur Mandiri Ujian Tulis

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa D3 dan S1.

a. Persyaratan
  1. Siswa SMA atau yang sederajat tahun telah lulus 3 tahun terakhir (termasuk lulusan tahun ini)
  2. Sudah memiliki ijazah / Surat Keterangan Lulus.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  4. Program Studi yang dipilih dari Fakultas MIPA harus dari SMA IPA atau SMK pada jurusan yang linier dengan program studi yang dipilih.

b. Jenis Ujian
  • Tes Kemampuan Dasar (TKD) terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Sains dan Teknologi (TK Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Sosial dan Humaniora (TK Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Geografi, Sejarah, dan Ekonomi.
  • Tes Keterampilan HANYA untuk yang memilih kelompok program studi seni dan kelompok program studi olahraga.

c. Kelompok Ujian
  • Kelompok Ujian Saintek dengan materi ujian TKD dan TK Saintek.
  • Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKD dan TK Soshum.
  • Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKD, TK Saintek, dan TK Soshum.

d. Biaya Pendaftaran
  1. Biaya pendaftaran SAINTEK atau SOSHUM: Rp. 300.000,- (Tanpa Uji Keterampilan)
  2. Biaya pendaftaran CAMPURAN: Rp. 450.000,- (Tanpa Uji Keterampilan)
  3. Biaya ujian keterampilan adalah Rp. 300.000,- per pilihan prodi keterampilan dengan ketentuan:-  Apabila peserta memilih lebih dari satu program studi serumpun dalam olahraga, maka biaya uji keterampilan adalah Rp. 300.000,–  Apabila memilih dua program studi yang masing-masing memerlukan uji keterampilan yang berbeda maka biaya uji keterampilan adalah Rp. 600.000,–  Apabila memilih tiga program studi yang masing-masing memerlukan uji keterampilan yang berbeda, maka biaya uji keterampilan adalah Rp. 900.000,-
  4. Mengacu kepada ketentuan biaya ujian keterampilan, maka biaya pendaftaran peserta yang memilih program studi yang memerlukan ujian keterampilan sama dengan biaya pendaftaran kelompok SAINTEK, SOSHUM, dan CAMPURAN ditambah dengan Biaya Ujian Keterampilan yang mengacu pada ketentuan point C.

Pembayaran dilakukan melalui Teller BNI, ATM BNI, atau Internet Banking BNI.

e. Alur Pendaftaran Jalur Ujian Tulis

Pendaftaran jalur ujian tulis UNJ dilakukan sesuai alur berikut :
  1. Membuat akun di laman http://pendaftaran.unj.ac.id/
  2. Login untuk memilih program studi dan mencetak kartu tagihan
  3. Membayar tagihan
  4. Login kembali untuk mengisi biodata dan mengunggah foto
  5. Memeriksa data
  6. Cetak kartu peserta Penmaba
  7. Mengikuti seleksi
  8. Pengumuman Penmaba S1 dan D3

Informasi lainnya bisa di akses di situs resmi pendaftaran UNJ yaitu penmaba.unj.ac.id
Baca juga : Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ
Untuk jalur mandiri PTN lainnya cek pada artikel : Pendaftaran Jalur Mandiri PTN di Indonesia

4. Pendaftaran Jalur Bidikmisi / Pendaftaran Online KIP Kuliah

Bidikmisi adalah dana bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi dan memiliki prestasi yang baik.

Namun, bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Perubahan tersebut tentu akan memberikan perubahan pula pada prosedur pendaftaran dan ketentuan lainnya.

Pelajari lebih lanjut mengenai prosedur, persyaratan, dan lainnya terkait pendaftaran KIP-Kuliah, atau datang ke sekolah untuk menanyakan apa saja yang disyaratkan untuk bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP-Kuliah.

Baca selengkapnya : Pendaftaran KIP Kuliah

5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNJ

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma atau Sarjana, UNJ juga menerima mahasiswa baru jenjang Magister dan Doktor.

Calon peserta yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor di UNJ, maka harus dapat memenuhi persyaratan berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran Jenjang Magister
  • Memiliki ijazah S1 di bidang pendidikan maupun non-kependidikan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah diakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI
  • Memiliki Indeks Prestasi minimum 2,75

Persyaratan Pendaftaran Jenjang Doktor
  • Memilki ijazah S2 atau setara di bidang pendidikan maupun non-kependidikan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah diakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI
  • Memiliki Indek Prestasi minimum 3,00

Alur Pendafaran

Pendaftaran program pascasarjana UNJ dilakukan sesuai alur berikut :
  1. Membuat akun di laman http://pendaftaran.unj.ac.id/pasca/
  2. Login untuk memilih program studi dan mencetak kartu tagihan
  3. Membayar tagihan
  4. Login kembali untuk mengisi biodata, riwayat pendidikan dan foto
  5. Memeriksa data
  6. Cetak kartu peserta Penmaba
  7. Mengikuti seleksi
  8. Pengumuman Penmaba Pascasarjana

Jenis Ujian 
  • S-2 : TPA dan Bahasa Inggris
  • S-3 : TPA, Bahasa Inggris, dan Wawancara Draft Proposal

Biaya Pendaftaran
  • jenjang S-2 Rp. 750.000,-
  • jenjang S-3 Rp. 1.000.000,-

Itulah informasi tentang pendaftaran pascasarjana UNJ. Untuk informasi lain yang belum dimuat disini, maka dapat dilihat langsung di web PPs UNJ di laman pps.unj.ac.id

6. Penerimaan Mahasiswa Baru Pindahan

Persyaratan :
  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada semester berjalan di Universitas Negeri Jakarta atau di Universitas di luar Universitas Negeri Jakarta.
  2. Tersedia daya tampung pada program studi yang dituju.
  3. Telah mengikuti perkuliahan minimal dua semester dan maksimal empat semester dengan tidak memperhitungkan cuti kuliah serta memiliki IPK minimal 2,75 dibuktikan dengan Daftar Hasil Studi (DHS).
  4. Tidak sedang dalam proses drop out, putus kuliah, kehilangan hak sebagai mahasiswa, atau sedang menjalani sanksi akademik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari fakultas asal.
  5. Maksimal lulusan 3 tahun terakhir sejak mendaftar sebagai mahasiswa pindahan.
  6. Tidak ada penambahan masa studi akibat perpindahan Program Studi.
  7. Hanya diizinkan 1 kali pindah Program Studi.

Mekanisme:
  1. Mendaftar pada aplikasi pendaftaran PENMABA Mandiri sesuai dengan jadwal pendaftaran.
  2. Melakukan pembayaran dan pencetakan kartu peserta sesuai dengan prosedur PENMABA Mandiri terbaru.
  3. Melapor ke Sekretariat PENMABA Mandiri di Gedung Dewi Sartika Lantai Dasar dengan membawa:
    • Kartu peserta PENMABA Mandiri
    • Daftar Hasil Studi.
  4. Apabila dinyatakan lolos seleksi akademik PENMABA Mandiri, maka mata kuliah yang pernah diambil, dan mata kuliah tersebut muncul kembali di Prodi yang baru, maka nilai dapat ditransfer ke Program Studi baru.

Itulah informasi mengenai pendaftaran calon mahasiswa baru UNJ jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Informasi lain yang dibutuhkan dapat di cek di website resmi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNJ

Baca juga :

Demikianlah yang bisa admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran Online UNJ Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan kepada anda untuk melakukan pendaftaran online masuk UNJ

Admin turut mendoakan semoga anda lulus jalur seleksi yang kalian ikuti. Terus belajar dan berdoa agar keinginan anda terwujud. Terima kasih telah membaca artikel disini. Semoga kesuksesan dapat kita raih semuda mungkin. Aamiin. Ayo turut berbagi informasi ini atau share pada teman lainnya yang membutuhkan