Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ 2024/2025 (penmaba.unj.ac.id)

Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ 2024 -- penmaba.unj.ac.id, Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ D3 & S1, Penmaba UNJ D3 & S1, Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ, Biaya Jalur Mandiri UNJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UNJ, Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ Jalur Mandiri, Daya Tampung Jalur Mandiri UNJ, Pendaftaran Online UNJ, Seleksi Mandiri UNJ. 2026. 2027.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ 2024/2025 (penmaba.unj.ac.id). Informasi ini ditujukan bagi siswa-siswi lulusan tingkat SLTA sederajat yang ingin kuliah di UNJ dan masuknya melalui jalur mandiri. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Universitas Negeri Jakarta atau yang sering disebut dengan nama UNJ adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama yang ada di Indonesia yang berlokasi di Jakarta.

Sebagai salah satu PTN ternama, UNJ menyelenggarakan berbagai jenjang pendidikan yaitu mulai dari jenjang Diploma, Sarjana, hingga Pascasarjana.

Bagi siswa-siswi lulusan tingkat SLTA, maka dapat memilih pendidikan di UNJ pada jenjang Diploma atau Sarjana. Lama pendidikan jenjang Diploma 3 (D3) yaitu semester atau 3 tahun, sedangkan lama pendidikan untuk jenjang Sarjana (S1) yaitu 8 semester atau 4 tahun. Lama pendidikan tersebut merupakan lama pendidikan normal, karena ada juga mahasiswa yang lebih lambat dalam menyelesaikan pendidikannya.

Dalam melakukan penerimaan calon mahasiswa baru jenjang D3 dan S1, UNJ membuka beberapa jalur seleksi, baik jalur seleksi nasional ataupun jalur seleksi mandiri. 

Adapun jalur seleksi nasional yang dibuka oleh UNJ yaitu jalur SNBP dan jalur SNBT. Jalur seleksi nasional tersebut dikelola oleh panitia nasional. Sedangkan jalur seleksi mandiri dikelola oleh pihak UNJ, dan ada pula jalur prestasi yang dikelola oleh pihak UNJ.

Antara satu jalur seleksi dengan lainnya memiliki metode seleksi atau ketentuan yang berbeda-beda. Jadi, harus dipahami jalur mana saja yang bisa diikuti dan jalur mana yang tidak bisa diikuti.

Jalur yang lebih awal dibuka adalah jalur SNBP. Kemudian disusul oleh jalur prestasi yang hampir berbarengan dengan jalur SNBT. Dan yang terakhir adalah jalur mandiri UNJ.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai jalur SNBP dan SNBT dapat dibaca pada artikel tersendiri yang berjudul : Pendaftaran Online SNBP dan Pendaftaran Online SNBT. Untuk artikel ini akan difokuskan pada pembahasan jalur mandiri UNJ dan jalur prestasi.

Kalian yang mengikuti jalur seleksi mandiri UNJ kemungkinan besar sebelumnya telah mengikuti jalur SNBP ataupun SNBT tetapi tidak lulus seleksi. Jika benar demikian, tentu kesempatan kalian untuk masuk ke UNJ belum tertutup karena masih ada jalur mandiri ini.

Dengan kata lain bahwa jalur mandiri UNJ bisa menjadi jalur alternatif masuk ke UNJ. Perlu diketahui bahwa jalur seleksi mandiri UNJ dilakukan melalui tes, baik itu melalui tes tertulis ataupun wawancara. Sedangkan untuk jalur prestasi tidak ada tes.

Dikarenakan jalur mandiri UNJ seleksinya melalui tes, maka kalian harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Ingat bahwa ini adalah kesempatan terakhir di tahun ini untuk bisa masuk ke UNJ. Persipakanlah dirimu dengan cara perbanyak latihan soal atau belajar bersama teman atau mengikuti bimbel / privat. Dengan persiapan yang matang, mudah-mudahan harapan kalian untuk bisa diterima di UNJ melalui jalur mandiri dapat terkabulkan. Aamiin.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri UNJ dan jalur prestasi akan dijelaskan di bawah ini yang dimulai dari persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran, jenis dan kelompok ujian, biaya pendaftaran, cara mendaftar, dan lainnya. Silahkan disimak.

I. Pendaftaran Jalur Prestasi UNJ Jenjang Diploma dan Sarjana

A. Syarat Pendaftaran
  1. Siswa SMA atau yang sederajat lulusan tahun ini
  2. Sudah memiliki ijazah / Surat Keterangan Lulus.  
  3. Kartu identitas diri.
  4. Memiliki Prestasi seperti yang telah ditentukan.

B. Jenis Prestasi
  1. Bidang Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknologi).
  2. Bidang Sosial Humaniora (Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi, Lomba Debat).
  3. Bidang Seni & Sastra (Seni Musik, Seni Tari, Seni Peran, Seni Rupa, Lomba Baca Puisi, Menulis.
  4. Bidang Olahraga (Semua)
  5. Hafidz Al Quran minimal 15 Juz.

C. Lingkup Prestasi

Prestasi Internasional:
  1. Adalah prestasi yang dihasilkan di lomba tingkat internasional yang sebelumnya telah melalui tahap penyaringan tingkat nasional (mewakili Indonesia).
  2. Penyelenggara lomba adalah lembaga resmi yang terkait dengan lomba. 
  3. Lomba beregu maupun individu.

Prestasi Nasional: 
  1. Adalah prestasi yang dihasilkan pada lomba tingkat nasional yang sebelumnya telah melalui tahap penyaringan tingkat provinsi atau karya seni yang mendapat pengakuan oleh lembaga resmi terkait minimal tingkat nasional.
  2. Penyelenggara lomba adalah lembaga resmi yang terkait dengan mata lomba tersebut.
  3. Minimal juara 3.
  4. Lomba beregu maupun individu

D. Alur Pendaftaran
  1. Membuat akun pendaftaran di http://pendaftaran.unj.ac.id/prestasi/
  2. Login kembali untuk mendapatkan slip pengantar pembayaran ke Bank BNI
  3. Membayar ke Bank BNI melalui Teller, ATM, atau Internet Banking (baca di sini)
  4. Login kembali untuk memilih program studi, mengisi biodata, mengunggah foto, dan mengunggah prestasi
  5. Memeriksa kembali data-data yang dimasukkan
  6. Cetak tanda peserta Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ jalur prestasi
  7. Ikuti rangkaian seleksi

E. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran jalur prestasi sekitar Rp. 400.000,-. Biaya tersebut dibayarkan di Bank BNI melalui Teller, ATM, Internet Banking. Biaya tersebut bisa saja berubah sesuai ketentuan saat ini. Untuk kepastiannya, silahkan cek di website resmi.

F. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran dibuka sekitar bulan April hingga Mei. Untuk kepastinya, silahkan cek di website resmi.

G. Kontak Panitia (Hanya melayani pukul 09.00 - 17.00 WIB di hari kerja)
  • Email : cs.pendaftaran@unj.ac.id
  • No. Telpon : 021-47882394
  • Difabel : 082130145921 (Chat Whatsapp only)

II. Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ Jenjang Diploma dan Sarjana

A.  Syarat Pendaftaran
  1. Siswa SMA atau yang sederajat yang lulus 3 tahun terakhir (lulusan tahun ini, tahun kemaren, dan tahun kemarennya lagi)
  2. Sudah memiliki ijazah / Surat Keterangan Lulus.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

B. Jenis Ujian
  1. Tes Kemampuan Dasar (TKD) terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  2. Tes Kemampuan Sains dan Teknologi (TK Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Sosial dan Humaniora (TK Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Geografi, Sejarah, dan Ekonomi.
  4. Tes Keterampilan HANYA untuk yang memilih kelompok program studi seni dan kelompok program studi olahraga.

C. Kelompok Ujian  
  • Kelompok Ujian Saintek dengan materi ujian TKD dan TK Saintek.  
  • Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKD dan TK Soshum.  
  • Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKD, TK Saintek, dan TK Soshum.

D. Cara Pendaftaran
  1. Membuat akun di situs pendaftaran.unj.ac.id dengan mengisi form isian Buat Akun Saya. Pastikan menggunakan alamat email dan hp yg benar dan aktif karena akan digunakan dalam pendaftaran penmaba
  2. Masuk ke dalam sistem dengan cara login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah di daftarkan sebelumnya.
  3. Memilih Jenis Kelompok Ujian dan Program Studi. Anda dapat memilih Kelompok : SAINTEK, SOSHUM, dan CAMPURAN. Kemudian Anda memilih program studi sesuai dengan yang anda inginkan. terdapat keterangan berapa total biaya tagihan yang harus Anda bayar. Jika sudah yakin dengan pilihan Anda, klik tombol simpan. Setelah Anda menekan tombol simpan, Anda tidak dapat merubah pilihan program studi, dan akan masuk ke tahapan selanjutnya.
  4. Cetak tagihan. Anda akan diberikan tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat no. Tagihan yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran melalui Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda.. Harap diperhatikan, setelah Anda mencetak tagihan, Anda diberi waktu paling lambat 3 hari untuk melakukan pembayaran. Jika Anda tidak melakukan pembayaran, Anda diharuskan melakukan kembali proses pemilihan kelompok ujian.
  5. Unduh dan cetak Tagihan Pembayaran yang berisi Nomor Pembayaran dan Nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran.
  6. Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout (kanan atas).
  7. Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan Nominal yang tertera pada Tagihan Pembayaran di Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda.
  8. Masuk ke dalam sistem, login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  9. Unggah foto untuk dicetak di kartu ujian. Gunakan foto formal berwarna dengan latar belakang warna merah atau biru dengan format .jpg
  10. Mencetak kartu tanda peserta ujian

E. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran calon mahasiswa baru jalur mandiri UNJ dibuka sekitar bulan Mei hingga Juli. Waktu yang cukup bagi kalian untuk mendaftar jalur mandiri. Untuk kepastian tanggal, silahkan cek langsung di website resmi UNJ. Disini hanya perkiraan saja yang didasarkan pada jadwal tahun lalu.

F. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran sekitar Rp. 300.000,- untuk Saintek dan Soshum, dan Rp. 450.000,- untuk Campuran. Biaya tersebut bisa berubah sesuai aturan terbaru dari pihak kampus. Bagi peserta yang memilih program studi tertentu yang ada ujian keterampilannya, maka ada biayanya sekitar Rp. 300.000,- . Biaya-biaya tersebut dibayarkan melalui Bank BNI melalui ATM, Teller, ataupun Internet Banking.

G. Bantuan
  • cs.pendaftaran@unj.ac.id
  • 082122802276 (Hanya WA chat)
  • 081385046560 (Hanya WA chat)
  • IG : pustikom_official
  • Hari Kerja : Hanya melayani pukul 10.00 - 15.00 WIB
  • Hari Libur : Hanya melayani pukul 11.00 - 14.00 WIB

Itulah informasi penerimaan calon mahasiswa baru jalur mandiri UNJ jenjang Diploma dan Sarjana. Untuk informasi lain yang diperlukan, silahkan hubungi kontak panitia atau cek di website resmi. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.

Untuk informasi lainnya terkait pendaftaran calon mahasiwa baru UNJ jenjang Diploma, Sarjana, dan juga Pascasarjana silahkan cek pada artikel Pendaftaran Online UNJ (Universitas Negeri Jakarta)

Sumber : pendaftaran.unj.ac.id

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ (penmaba.unj.ac.id). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bagikan informasi ini pada teman yang lain dan baca juga artikel terkait lainnya yang ada di blog ini. Cukup sekian informasi ini dan salam sukses untuk kita semua.