Panduan Pendaftaran Online Bidikmisi 2024/2025

kip-kuliah.kemdikbud.go.id 2024 -- Pendaftaran KIP Kuliah, PMB Jalur Bidikmisi, Cara Pendaftaran Online Bidikmisi, Panduan Pendaftaran Bidikmisi, Informasi Penerimaan Bidikmisi, Pendaftaran Bidikmisi, Bantuan Biaya Pendidikan (Bidikmisi), Bantuan Biaya Hidup (Bidikmisi), Panduan Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi, Website Resmi Pendaftaran Online Bidikmisi. KIP Kuliah. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Panduan Pendaftaran Online Bidikmisi 2024/2025. Informasi ini akan diuraikan menjadi beberapa bagian yaitu cara mendaftar online bidikmisi, persyaratan pendaftaran bidikmisi, jadwal pelaksanaan bidikmisi, serta ketentuan lain yang berkaitan dengan Bidikmisi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo ikuti proses pembahasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/


Bidikmisi kini telah berubah menjadi KIP Kuliah. Baca Informasinya : Pendaftaran KIP Kuliah

-----------------

Informasi di bawah ini jangan dijadikan acuan karena sudah tidak update. Silahkan kunjungi link di atas yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah.

------------------

Bidikmisi berbeda dengan Beasiswa. Bidikmisi adalah bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berpotensi akademik unggul, sedangkan Beasiswa adalah penghargaan yang diberikan kepada siswa/mahasiswa atas prestasi yang didapatkan.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan oleh pemerintah melalui Ristek DIKTI untuk membantu calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi serta memiliki potensi akademik yang unggul sebagai jaminan bahwa calon mahasiswa tersebut nantinya dapat menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Bidikmisi terdiri dari beberapa jalur, diantaranya adalah Bidikmisi jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Bidikmisi jalur mandiri PTN, dan Bidikmisi jalur mandiri PTS, Bidikmisi UT, dan Bidikmisi ISI. 

Untuk mendapatkan Bidikmisi, terlebih dahulu anda harus dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, UT, ISI, atau Bidikmisi PTS. Jika anda telah lulus melalui salah satu jalur seleksi tersebut, maka anda memiliki peluang yang besar untuk bisa mendapatkan Bidikmisi.

Baiklah, langsung saja kita mulai membahas tentang Panduan Pendaftaran Online Bidikmisi. Simak informasinya dengan baik berikut ini.

Untuk bisa mendapatkan Bidikmisi, pertama kalinya anda harus bisa memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh panitia Bidikmisi, beberapa persyaratan Bidikmisi akan dijelaskan sebagai berikut.

A. Persyaratan Pendaftaran Online Bidikmisi
  1. Siswa SMA / SMK / MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun ini
  2. Lulusan tahun lalu yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    • PTN dengan pilihan seleksi masuk :
      • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
      • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
      • Seleksi Mandiri PTN
    • Politeknik, UT, dan ISI
    • PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

B. Jalur Pendaftaran Bidikmisi

Pendaftaran Bidikmisi untuk calon mahasiswa baru dilakukan melalui beberapa jalur, baik jalur nasional maupun jalur mandiri. Jalur-jalur tersebut seperti yang telah dijelaskan di atas, yaitu sebagai berikut :

Pendaftaran Bidikmisi jalur Nasional
  • Pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPTN
  • Pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN
  • Pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPN

Pendaftaran Bidikmisi jalur Mandiri
Selain itu, ada pula Bidikmisi jalur SBMPN, Bidikmisi PTKIN, Bidikmisi ISI, dan Bidikmisi UT.

Silahkan anda memilih jalur Bidikmisi sesuai keinginan anda. Setelah mendaftar Bidikmisi, kemudian anda harus mendaftar jalur seleksi yang akan anda ikuti.

Baca informasi selanjutnya : Jalur Seleksi dan Ketentuan Bidikmisi PTN dan PTS

C. Cara Pendaftaran Online Bidikmisi

Pendaftaran  Bidikmisi dapat dilakukan secara online maupun offline (langsung di Kampus tujuan), disini yang kita bahas adalah pendaftaran Bidikmisi secara online. Pendaftaran Bidikmisi online ini diawali Sekolah yang mendaftarkan siswanya, kemudian siswa melanjutkan dengan pendaftaran online secara mandiri. Langkah-langkah pendaftaran online Bidikmisi dijelaskan berikut ini.

Tata Cara Pendaftaran Online Bidikmisi Oleh Sekolah
  1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi kepada peserta bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/ 
  2. Pada halaman yang telah anda buka, muncul 2 pilihan, yaitu fitur untuk sekolah yang telah mendaftar dan mendapatkan akun dan juga fitur untuk sekolah yang belum pernah mendaftar Bidikmisi.
    • Jika sekolah anda pernah mendaftar dan mempunyai akun Bidikmisi, langsung saja login dengan memilih fitur "sudah terdaftar".
    • Jika Sekolah anda belum pernah mendaftar Bidikmisi sebelumnya, Pilih fitur"belum terdaftar".
  3. Bagi sekolah yang belum memiliki akun Bidikmisi, maka terlebih dahulu melakukan pengisian data sekolah dengan melampirkan hasil scan beberapa berkas pendaftaran berupa identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah. 
  4. Ditjen  Belmawa  akan memverifikasi  pendaftaran  dalam  kurun  waktu  1  x  24  jam.
  5. Setelah diverifikasi, Sekolah bisa melakukan login pendaftaran ke alamat Bidikmisi di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/ menggunakan NPSN dan Kode Akses Sekolah dengan memilih fitur "sudah terdaftar" untuk merekomendasikan  masing-masing  peserta Bidikmisi.
  6. Setelah mendaftarkan peserta Bidikmisi, Sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masing masing siswa peserta Bidikmisi yang sudah direkomendasikan
  7. Berikan nomor pendaftaran dan kode akses tersebut kepada peserta Bidikmisi
  8. Selanjutnya siswa peserta Bidikmisi melakukan pendaftaran online Bidikmisi.

Baca selengkapnya pada artikel berikut : Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Sekolah

Tata Cara Pendaftaran Online Bidikmisi Oleh Siswa
  1. Calon peserta membuka situs resmi pendaftaran Bidikmisi untuk siswa, yaitu http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/
  2. Login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses siswa yang telah didapatkan dari sekolah
  3. Kemudian peserta Bidikmisi mengisi biodata diri dengan lengkap dan benar.
  4. Jika telah selesai dan sesuai dengan identitas diri anda, cetaklah kartu tanda peserta Bidikmisi.
  5. Siswa yang telah melakukan pendaftaran Bidikmisi, kemudian mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur nasional atau jalur mandiri sebagai salah satu syarat Bidikmisi, yaitu mengikuti Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SNMPN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, atau Bidikmisi jalur Mandiri PTS.

Baca selengkapnya pada artikel : Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa

Setelah menyelesaikan tahap pendaftaran online di atas, dan dinyatakan lulus jalur seleksi yang diikuti. kemudian panitia Bidikmisi akan melakukan seleksi tahap selanjutnya, biasanya mereka anda melakukan survey dengan datang langsung ke rumah anda. Kemudian panitia akan menentukan apakan anda berhak mendapatkan Bidikmisi atau tidak.

D. Jadwal Pendaftaran Bidikmisi

Bidikmisi dilaksanakan untuk membantu calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Agar bisa mendapatkannya, maka anda harus melakukan pendaftaran sesuai dengan jadwal pelaksanaan berikut ini. Lihat pada artikel berikut : Jadwal Pendaftaran Bidikmisi

E. Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara Bidikmisi

Banyak sekali perguruan tinggi yang menyelenggarakan Bidikmisi, yaitu PTN, PTS, Politeknik, PTKIN, ISI, dan UT. Informasi selengkapnya dapat anda baca pada artikel khusu yang telah kami siapkan pada Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara Bidikmisi

Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Bidikmisi.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Panduan Pendaftaran Online Bidikmisi. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi anda terutama yang akan mendaftarkan diri mengikuti Bidikmisi.

Mari bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan agar mereka juga bisa memperoleh informasi dengan cepat. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa mendapatkan Bidikmisi. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin.