Pendaftaran Online IPB 2020/2021 (Institut Pertanian Bogor)

admisi.ipb.ac.id 2020 -- Pendaftaran IPB Online, PMB IPB, Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IPB, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IPB, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur BUD, Jalur UTMI, Jalur PIN IPB, Jalur Bidikmisi, Pendaftaran Institut Pertanian Bogor, IPB. 2022. 2023.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online IPB 2020/2021 (Institut Pertanian Bogor). Admin akan membahas secara rinci untuk masing-masing jalur seleksi yang dibuka oleh IPB. Namun sebelum membahas tentang hal tersebut, admin akan memberikan informasi mengenai Institut Pertanian Bogor (IPB).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Pertanian Negeri yang terletak di Bogor tepatnya di jln. Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Institut Pertanian Bogor (IPB) dibentuk pada 1 September 1963. Moto Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah mencari dan memberi yang terbaik.

Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) terletak di 5 lokasi yaitu : Kampus IPB Baranang Siang, Kampus IPB Dramaga, Kampus IPB Gunung Gede, Kampus IPB Cilibende, dan Kampus IPB Taman Kencana.

Fakultas dan Program Studi di IPB untuk jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana, yaitu :

Fakultas dan Program Studi Program Diploma IPB
  • Terdiri dari Program Keahlian : Komunikasi, Ekowisata, Manajemen, Teknik Komputer, SJMP, Gizi, Teknik Industri Benih, Perikanan Budidaya, Manajemen Ternak, Manajemen Agribisnis, Program Diploma Manifaktur / Jasa, Analisis Kimia, Teknik Lingkungan, Akuntansi, Teknik Perkebunan, Produksi Pertanian, Perkebunan Kelapa Sawit.

Fakultas dan Program Studi Program Sarjana IPB
  • Fakultas Pertanian (FAPERTA) terdiri dari program studi Manajemen Sumberdaya Lahan, Agronomi Dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, dan Arsitektur Lansekap.
  • Fakultas Kedokteran Hewan (Fkh) terdiri dari program studi Kedokteran Hewan.
  • Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan (FPIK) terdiri dari program studi Teknologi & Manajemen Perikanan Budidaya, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Hasil Perairan, Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap, dan Ilmu Dan Teknologi Kelautan.
  • Fakultas Peternakan (FAPET) terdiri dari program studi Teknologi Produksi Ternak, dan Nutrisi Dan Teknologi Pakan.
  • Fakultas Kehutanan (FAHUTAN) terdiri dari program studi Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan& Ekowisata, dan Silvikultur.
  • Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) terdiri dari program studi Teknik Mesin Dan Biosistem, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, dan Teknik Sipil Dan Lingkungan.
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari program studi Statistika, Meteorologi Terapan, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, Fisika, dan Biokimia.
  • Fakultas Ekonomi Dan Manajemen (FEM) terdiri dari program studi Ekonomi Dan Studi Pembangunan, Manajemen, Agribisnis, Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, dan Ekonomi Syariah.
  • Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) terdiri dari program studi Ilmu Gizi, Ilmu Keluarga dan Konsumen, Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.
  • Sekolah Bisnis terdiri dari program studi Bisnis.

Fakultas dan Program Studi Program Pascasarjana IPB
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Ilmu Tanah (TNH), Agroteknologi Tanah (ATT), Mitigasi Bencana Kerusakan Lahan (MBK), Bioteknologi Tanah dan Lingkungan (BTL), Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), Ilmu Perencanaan Wilayah (PWL), Ilmu dan Teknologi Benih, Agronomi dan Hortikultura, Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman (PBT), Entomologi (ENT), Fitopatologi (FIT), dan Arsitektur Lanskap (ARL).
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari program studi Anatomi dan perkembangan Hewan (APH) / Biologi Perkembangan (BPK), Ilmu-Ilmu Faal dan Khasiat Obat (IFO), Kesehatan Masyarakat Verteriner (KMV), Mikrobiologi Medik (MKM), Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (PEK), Biologi Reproduksi (BRP), dan Ilmu Biomedis Hewan (IBH)
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari program studi Ilmu Akuakultur (AKU), Ilmu Kelautan (IKL), Teknologi Kelautan (TEK), Pengelolaan Sumberdaya Perairan (SDP), Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (SPL), Sistem dan Pemodelan Perikanan Tangkap (SPT), Teknologi Perikanan Tangkap (TPT), dan Teknologi Hasil Perairan (THP).
  • Fakultas Peternakan terdiri dari program studi Ilmu Nutrisi dan Pakan (INP), dan Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (ITP).
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari program studi Ilmu dan Teknologi Hasil Hutan (THH), Rekayasa dan Peningkatan Mutu Hasil Hutan (RPM), Teknologi Serat dan Komposit (TSK), Konservasi Biodiversitas Tropika (KVT), Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan (MEJ), Ilmu Pengelolaan Hutan (IPH), dan Silvikultur Tropika (SVK).
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari program studi Ilmu Pangan (IPN), Ilmu Keteknikan Pertanian (TEP), Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (TMP), Teknologi Pascapanen (TPP), Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), dan Teknologi Industri Pertanian (TIP)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari program studi Biokimia (BIK), Biologi Tumbuhan (BOT), Biosains Hewan (BSH), Mikrobiologi (MIK), Biofisika (FIS), Klimatologi Terapan (KLI), Ilmu Komputer (KOM), Kimia (KIM), Matematika Terapan (MAT), Statistika (STK), dan Statistika Terapan (STT)
  • Fakultas Ekonomi dan Manajemen terdiri dari program studi Ilmu Ekonomi (EKO), Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PWD), Ilmu Manajemen (MAN), Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), EkonomiSumberdaya Kelautan Tropika (ESK), Ilmu Ekonomi Pertanian (EPN), dan Magister Sains Agribisnis (AGB)
  • Fakultas Ekologi Manusia terdiri dari program studi Ilmu Gizi Manusia (GMA), Ilmu Gizi Masyarakat (GMS), Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak (IKA), Ilmu Konsumen (IKO), Ilmu Penyuluhan Pembangunan (PPN), Komunikasi Pembangunan Pertanian Pedesaan (KMP), Sosial Pedesaan (SPD).

Program Multidisiplin
  • terdiri dari program studi Bioteknologi (BTK), Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL), dan Primatologi (PRM)

Program Profesional
  • terdiri dari program studi Magister Profesional Hortikultura, Magister Profesional Perbenihan, Magister Profesional Perkebunan, Magister Profesi Konservasi Keanekaragaman Hayati, Magister Profesional Industri Kecil dan Menengah, Magister Profesional Teknologi Pangan, Magister Teknologi dan Informasi untuk Perpustakaan, Magister Manajemen Pembangunan Daerah, Magister Profesional Pengembangan Masyarakat, Magister Manajemen Ketahanan Pangan, Program Manajemen dan Bisnis, dan Master of Science in Information Technology for Natural Resources Management.

Itulah sekilas informasi tentang Institut Pertanian Bogor (IPB). Semoga bermanfaat dalam menambah wawasan anda terutama yang ingin kuliah di IPB. Dari beberapa program studi yang ada, mungki salah satunya adalah program studi yang anda impikan selama ini. Untuk itu, daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa abru IPB dan pilih program studi impian anda.

Ada banyak jalur penerimaan mahasiswa baru IPB yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD), jalur Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI), dan jalur Prestasi Internasional-Nasional, serta jalur KIP Kuliah. Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian seleksi yang akan dilaksanakan pada waktunya melalui jalur yang anda ikuti.

Langsung saja admin akan memberikan penjelasan masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB). Simak dengan baik penjelasannya berikut ini.

1. Pendaftaran IPB Jalur SNMPTN

SNMPTN adalah jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi yang diadakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang mana seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Pendaftaran SNMPTN di awali dari registrasi akun LTMPT, pengisian data PDSS, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNMPTN.



Bacaan Lanjutan : Pendaftaran Web.SNMPTN.ac.id

Ketika melakukan pengisian data pendaftaran, calon peserta SNMPTN bisa memilih perguruan tinggi IPB sebagai perguruan tinggi yang diminati. 

Informasi lengkap tentang tata cara mengikuti SNMPTN, tahapan seleksi, nama-nama PTN lain sampai ke jadwal pendaftaran, biaya, riteria penerimaan, jumlah PTN dan prodi pilihan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Panduan Pendaftaran SNMPTN atau bisa juga baca di Pendaftaran Online SNMPTN.

2. Pendaftaran IPB Jalur SBMPTN

SBMPTN merupakan jalur seleksi yang diadakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Nilai UTBK diperoleh dari hasil tes UTBK. Baca lebih lanjut mengenai ini pada artikel Pendaftaran UTBK

Tahapan pendaftaran SBMPTN dimulai dari registrasi akun LTMPT, pendaftaran UTBK, dan diakhiri dengan pendaftaran SBMPTN. Informasi mengenai LTMPT telah diberikan melalui link artikel di atas. Silahkan buka dan baca informasinya.


Pembahasan secara terperinci tentang cara pendaftaran SBMPTN, persyaratan pendaftaran, alur pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan SBMPTN, dan hal terkait lainnya dapat anda baca pada artikel Panduan Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran Beasiswa Utusan Daerah (BUD) IPB

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan IPTEK yang berkualitas, IPB membuka jalur penerimaan mahasiswa yang disebut Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Beasiswa Utusan Daerah (BUD) adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa program sarjana dan pascasarjana IPB yang dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta. Setelah lulus dari IPB, mahasiswa tersebut diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerahnya masing-masing.

Jika anda berminat untuk mengikuti seleksi jalur tersebut, maka bisa mendaftarkan diri anda ke situs resminya yaitu http://admisi.ipb.ac.id/p/single/bud . Untuk lebih jelas mengenai ketentuan dan persyaratannya bisa dilihat di situs tersebut.

4. Pendaftaran Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI)

Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI) adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian.

Persyaratan untuk mengikuti seleksi ini yaitu :
  1. Lulus Ujian Nasional SMA / MA (IPA) untuk lulusn 3 tahun terakhir dari tahun ini
  2. Memiliki sehat jasmani dan rohani.

Jika anda berminat untuk mengikuti seleksi tersebut, maka anda bisa mendaftarkan diri ke situs resminya yaitu http://utm.ipb.ac.id/ . Cara mendaftar, Informasi dan Persyaratan UTMI lainnya bisa di baca pada situs tersebut.

5. Pendaftaran Ujian Prestasi Internasional-Nasional (PIN) IPB

Jalur pendaftaran PIN IPB ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mempunyai berbagai prestasi baik prestasi nasional maupun internasional sesuai bidang kajian ilmu yang akan ditempuh.

Pelamar merupakan lulusan terbaru, maksudnya siswa yang baru lulus SMA/MA dan sederajat lainnya yang bisa mendaftaran dirinya.

Selama di sekolah (SMA/MA dan sederajat lainnya), calon mahasiswa harus pernah menjadi finalis lomba tingkat internasional, nasional, karya ilmiah, atau olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika. Salah satu dari prestasi tersebut harus pernah didapatkan.

Persyaratan untuk Calon Mahasiswa
  1. Diundang oleh Rektor IPB 
  2. Tidak memalsukan dokumen dalam berkas lamaran
  3. Membayar biaya pendidikan
  4. Menyerahkan fotokopi Ijazah, NEM, dan rapor, serta Daftar Riwayat Hidup
  5. Menyerahkan pasfoto terbaru untuk KTM / ATM
  6. Melengkapi formulir registrasi 

Jika anda memiliki prestasi tersebut dan berminat untuk mendaftarkan diri, silahkan untuk mengunjungi situs resminya yaitu http://admisi.ipb.ac.id/p/single/pin

6. Pendaftaran Program Alih Jenis IPB

Program Alih Jenis pendidikan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin pindah bidang pendidikan dari pendidikan program vokasi (D3) ke pendidikan program akademik (S1).

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulusan program D3 dari program studi/program keahlian yang relevan dan sudah terakreditasi minimal B.
  2. IPK yang tercantum pada transkrip akhir Program Diploma  >= 3,00.  Khusus untuk Pelamar Program Studi Ilmu Gizi, IPK Minimal 3,00 untuk calon mahasiswa tugas belajar atau sudah bekerja di bidang yang relevan dengan bidang gizi dan IPK minimal 3,50 untuk pelamar fresh graduate (lulus maksimal 2 tahun terakhir)
  3. Persyaratan Registrasi
  4. Pelamar  yang dinyatakan lulus ujian tertulis dan diterima oleh IPB wajib melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan dengan membawa persyaratan yang mencakup:
  5. Sebanyak 2 (dua) rangkap copy ijazah dan transkrip program D3 yang dilegalisir dan menunjukkan dokumen aslinya
  6. Bukti Lunas biaya pendaftaran, seleksi dan Uang Kuliah Semester Pertama
  7. Surat keterangan sehat dari RS Pemerintah
  8. Surat kesanggupan membayar biaya pendidikan/pernyataan beasiswa dari institusi yang berwenang
  9. Surat izin pimpinan bila sudah bekerja
  10. Surat kesediaan mengikuti perkuliahan (kuliah, praktikum dan kegiatan akademik lainnya) secara penuh
  11. Pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.

Untuk informasi lainnya dapat anda baca di  http://admisi.ipb.ac.id/

7. Pendaftaran Program Diploma IPB

Penerimaan calon mahasiswa baru melalui program Diploma dilakukan melalui 2 (dua) jalur, yaitu jalur undangan dan jalur reguler.
  1. Jalur Undangan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru program diploma yang seleksinya didasarkan pada nilai rapor, artinya tanpa tes tertulis. IPB mengundang sekolah setingkat SMU untuk mengirim siswa/siswinya menjadi calon mahasiswa baru Program Diploma.
  2. Jalur Reguler adalah  jalur penerimaan mahasiswa baru program diploma yang seleksinya didasarkan pada tes tertulis. Calon mahasiswa melamar pada loket pendaftaran yang dibuka oleh Direktorat Program Diploma IPB.

Penting!!!
Semua  informasi mengenai pendaftaran jalur mandiri IPB yang belum dimuat disini dapat anda baca di http://admisi.ipb.ac.id 

8. Pendaftaran Online KIP Kuliah

IPB merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyalurkan bantuan dana pendidikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berprestasi akademik baik yang disebut dengan Bidikimisi.

Namun istilah Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesai Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Perubahan tersebut tentu memberikan perubahan pula pada prosedur pendaftaran dan ketentuan lainnya.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui alamat web kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti keunggulan KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, syarat mendaftar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah.

9. Pendaftaran Program Pascasarjana IPB

IPB membuka penerimaan mahasiswa baru jenjang pascasarjana. Adapun jalur yang dibuka yaitu jalur reguler, jalur kelas khusus, dan jalur penelitian (by research).

Kelas Reguler merupakan jalur penyelenggaraan pendidikan pascasarjana yang dilakukan sesuai dengan peraturan akademik di IPB, dengan waktu pelaksanaan perkuliahan Senin-Jumat (Sabtu opsional). Secara umum jalur ini dibuka untuk semua program studi, kecuali mungkin beberapa program studi yang tidak buka. Perkuliahan dimulai pada bulan Agustus setiap tahunnya. 

Kelas Khusus dan Profesional merupakan jalur penyelenggaraan pendidikan pascasarjana yang dilakukan sesuai dengan peraturan akademik di IPB, dengan waktu pelaksanaan perkuliahan Jumat-Sabtu. Kelas khusus hanya dibuka untuk program studi tertentu. Periode perkuliahan dimulai pada Bulan Januari atau Agustus.

Tahapan dan syarat pendaftaran calon mahasiswa secara online di Sekolah Pascasarjana IPB adalah:
  1. Mendaftar melalui sistem online pada laman http://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id
  2. Jika belum punya akun silakan isi form pendaftar untuk membuat akun.
  3. Jika sudah selesai klik simpan, lalu cek email > klik verifikasi akun
  4. Setelah email berhasil diverifikasi, silakan login kembali untuk ke tahap selanjutnya > pilih jalur masuk yang tersedia, penyelenggara Pascasarjana jalur masuk Reguler  lalu klik "Detail" > klik "Ambil nomor pendaftaraan"
  5. Kemudian akan muncul perintah untuk membuka email dan mendapatkan kode pembayaran, jika belum mendapatkan email konfirmasi klik "Detail" untuk "Kirim Ulang Notifikasi Email"
  6. Setelah melakukan pembayaran, login kembali pilih "Login Formulir Pendaftaraan" untuk masuk ke subsistem
  7. Login ke subsistem dengan menggunakan nomor pendaftaraan dan tanggal lahir.
  8. Pendaftar wajib mengisi Formulir  dan wajib mengunggah (upload) beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    1. Pindai dari Ijazah asli S1, Transkrip S1, dan Bukti Bayar (untuk S2)
    2. Pindai dari Ijazah asli S1, Ijazah S2, Transkrip S1, Transkrip S2 dan Bukti Bayar (untuk S3)
    3. Dokumen Karya Ilmiah (Formulir B (Khusus bagi Pendaftar S3)
    4. Surat Rekomendasi dari 3 nama pemberi rekomendasi ( Formulir C)
      • Salah satu pemberi rekomendasi WAJIB dari Dosen/Staf Pengajar dari Perguruan Tinggi
      • Kualifikasi pemberi rekomendasi adalah minimal bergelar Magister bagi pendaftar program Magister Sains (S2), dan minimal bergelar Doktor bagi pendaftar program Doktoral (S3)
    5. Surat Jaminan Biaya (Formulir D)
    6. Sinopsis rencana penelitian (maksimal 3 halaman)
    7. Bagi Pendaftar program magister dengan IPK antara 2,00 - 2,50  wajib memiliki TPA (UUOPT Bappenas) dengan nilai  TPA >= 450 (untuk S2), dan pendaftar program doktor dengan IPK antara 3,00 - 3,25 wajib memiliki TPA (UUOPT Bappenas) dengan nilai TPA >= 475 (untuk S3). 
    8. Nilai TOEFL (untuk S2 dan S3) 
  9. Proposal penelitian dan publikasi ilmiah wajib bagi pendaftar Jalur Penelitian (By Research)
  10. Hasil seleksi akan diumumkan melalui laman https://registrasi.admisi.ipb.ac.id/. Surat hasil seleksi dan surat panggilan verifikasi dapat diunduh pada laman tersebut dengan menggunakan user akses pendaftaran masing-masing. 
  11. Untuk yang memilih jalur khusus, wajib mengunggah TPA dengan skor > 475 untuk S2 dan skor > 500 untuk S3 yang masih berlaku.
  12. Bagi pendaftar yang ingin mendaftar melalui jalur beasiswa Kemenristekdikti, HARUS juga mendaftar langsung di laman KEMENRISTEKDIKTI sesuai dengan skema beasiswa yang dipilih
  13. Bagi pendaftar yang ingin mendaftar melalui jalur beasiswa Kemenkeu (LPDP), HARUS juga mendaftar langsung di laman LPDP sesuai dengan skema beasiswa yang dipilih
  14. Bagi pendaftar yang sumber pembiayaannya dari BUDI/BPPDN/Afirmasi pilihan program studinya hanya diperbolehkan satu dan harus sama dengan yang dipilih pada laman beasiswa BUDI / BPPDN / Afirmasi
  15. Bagi pendaftar yang tidak memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan hingga saat penutupan pendaftaran, tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi
  16. Bagi pendaftar program Doktor yang pendidikan S2-nya bergelar Magister Manajemen (MM) atau Magister Profesional, program studinya harus terakreditasi A
  17. Program Magister Sains di IPB tidak menerima pendaftar yang bergelar D-IV


Itulah beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru IPB. Melihat begitu banyaknya jalur-jalur yang dibuka, maka peluang untuk diterima di IPB juga semain besar. Namun harus di ingat bahwa yang mendaftar dan ingin kulah di IPB juga banyak. Untuk itu, anda  harus mempersipakan diri dengan sebaik mungkin untuk bisa lulus seleksi masuk IPB.

Silahkan Baca Juga :

Demikian informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online IPB (Institut Pertanian Bogor). Semoga informasi yang telah anda baca bermanfaat dan memudahkan anda untuk melakukan pendaftaran mahasiswa baru IPB.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus dari salah satu jalur seleksi IPB dan nantinya bisa kuliah di IPB. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga kita bisa menjadi orang yang sukses sejak muda. Amin. 

Ayo turut berbagi informasi ini atau share pada teman lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.