Pendaftaran Jalur Ujian Mandiri UNDIP 2024/2025 (um.undip.ac.id)

Pendaftaran Jalur Ujian Mandiri UNDIP 2024 -- um.undip.ac.id -- Pendaftaran UM UNDIP S1 dan Vokasi, Pendaftaran Ujian Mandiri UNDIP, Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah UM UNDIP, Jadwal Pendaftaran UM UNDIP, Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Ujian Mandiri UNDIP, Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP Jalur Mandiri, Pendaftaran D3 - D4 - S1 Jalur Mandiri UNDIP. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi yang berjudul Pendaftaran Jalur Ujian Mandiri UNDIP 2024/2025 (um.undip.ac.id). Informasi ini ditujukan bagi para lulusan SLTA sederajat yang ingin masuk ke UNDIP melalui jalur mandiri. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Universitas Diponegoro atau dikenal dengan nama UNDIP adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Di setiap tahun ajaran baru, UNDIP membuka penerimaan mahasiswa baru melalui berbagai jalur, baik itu jalur nasional, jalur mandiri, ataupun jalur undangan bagi yang berprestasi.

Jalur-jalur seleksi yang dibuka oleh UNDIP tersebut diperuntukkan bagi calon mahasiswa jenjang Diploma / Vokasi, Sarjana, Pascasarjana, dan program profesi. Nah, disini akan difokuskan pada peneriman mahasiswa baru jenjang Diploma / Vokasi  dan Sarjana saja.

Penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma / Vokasi  dan Sarjana dibuka melalui jalur nasional seperti SNBP dan SNBT, serta bagi yang kurang mampu akan diberikan Bidikmisi jika memenuhi persyaratan, serta jalur - jalur seleksi lainnya.

Jalur SNBP dan SNBT saat ini telah berlalu. Mungkin kalian yang ingin mendaftar di jalur mandiri ini sebelumnya telah mengikuti jalur SNBP ataupun SNBT tetapi dinyatakan tidak lulus. Sebagai solusi terakhir maka bisa mengikuti seleksi jalur mandiri.

Jalur mandiri UNDIP dikenal dengan sebutan UM UNDIP atau Ujian Mandiri UNDIP. Jalur mandiri ini bisa menjadi salah satu jalur alternatif untuk bisa masuk ke UNDIP.

Tentunya bagi kalian yang telah berkali-kali mencoba berbagai jalur seleksi masuk UNDIP tetapi belum lulus, maka bisa mencoba mengikuti seleksi jalur ujian mandiri UNDIP / UM UNDIP.

Dengan masih adanya peluang masuk ke UNDIP, maka peluang ini harus bisa dimaksimakan dengan sungguh-sungguh. Kalian bisa memaksimalkannya dengan cara belajar bersama teman, atau belajar di rumah, atau mendatangkan guru privat ke rumah, atau belajar di bimbel, dan lain-lain. 

Pastinya, kalian harus belajar dengan sungguh-sungguh. Dengan kesungguhan ini, mudah-mudahan harapan untuk diterima menjadi mahasiswa baru UNDIP melalui jalur mandiri dapat terwujudkan. Aamiin.

Nah, untuk bisa mendaftar di jalur mandiri UNDIP / UM UNDIP, kalian harus bisa memenuhi semua persyaratan pendaftaran, serta mengikuti semua ketentuan yang berlaku dengan pendaftaran jalur mandiri ini. Untuk mengetahui seperti apa ketentuan-ketentuan pendaftaran jalur ujian mandiri UNDIP, langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Pendaftaran Jalur Ujian Mandiri UNDIP  Jenjang Sarjana (S1) dan Vokasi / Diploma

A. Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan mengikuti seleksi jalur ujian mandiri UNDIP yaitu :
  1. Siswa lulusan SMA / SMK / MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) dan merupakan lulusan 3 tahun terakhir (lulusan tahun ini, tahun kemarin, dan tahun kemarinnya lagi). 
  2. Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju
  3. Usia maksimal 22 tahun

B. Langkah Pendaftaran Online Ujian Mandiri S1 dan Vokasi UNDIP
  1. Peserta mengambil kode PIN / Billkey dengan mengisi Formulir Registrasi Calon Peserta Ujian Mandiri secara lengkap. 
    • Alamat web pendaftaran : um-online.undip.ac.id , atau buka um.undip.ac.id lalu pilih menu Vokasi / Sarjana lalu pilih Pendaftaran Online UM
  2. Kemudian membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri)
  3. Mengisi formulir pendaftaran online dan mencetak kartu ujian di um-online.undip.ac.id
    • Yang perlu dipersiapkan untuk pengisian formulir pendaftaran online:
      • File foto yang sesuai dengan yang diminta bertipe jpeg/jpg ukuran 30KB - 100KB
      • Data-data peserta (profil, Orang tua, sekolah, pilihan studi)

Setelah mendaftar, kemudian siap untuk mengikuti ujian. Datang ke lokasi ujian sesuai tanggal pelaksanaan dengan membawa identitas diri dan fotocopy ijazah yang dilegalisir / ijazah asli (hanya ditunjukkan kepada pengawas saat ujian).

C. Pilihan Kelompok Program Studi

Berikut ketentuan pemilihan kelompok program studi pada jalur ujian mandiri UNDIP :
  • SAINTEK : 3 pilihan program studi (ada 34 prodi S1 Saintek dan 7 Prodi Sarjana Terapan Saintek)
  • SOSHUM : 3 pilihan program studi (ada 17 prodi S1 Soshum dan 4 Prodi Sarjana Terapan Soshum)

D. Materi Ujian
  • Saintek : Umum (Logika, Verbal, Numerik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia), Akademik (Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi)
  • Soshum : Umum (Matematika Dasar, Logika, Verbal, Numerik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia), Akademik (Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Geografi dan Kewarganegaraan)

E. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran diperkirakan dibuka dari bulan Mei hingga Juli. Untuk kepastiannya, silahkan cek langsung di website resmi UM UNDIP.

F. Pilihan Lokasi Ujian

Silahkan pilih lokasi ujian terdekat dengan tempat tinggalmu atau pilih sesuai keinginanmu :
  • Semarang, Jepara, Yogyakarta, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Cibubur, Bandung, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarbaru, Batam, Bandar Lampung, Balikpapan, Denpasar, Makasar, Padang, dan Banda Aceh.

G. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran dibedakan menjadi dua sesuai lokasi ujiannya. Perkiraan biayanya yaitu :
  • Lokasi Ujian Semarang : Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) 
  • Lokasi Ujian Luar Semarang : Rp. 375.000,- (tiga ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) 

H. Himbauan

Bagi peserta yang sudah melakukan pembayaran, dimohon peserta segera mencetak kartu ujian, Hindari pencetakan kartu pada jadwal penutupan guna menghindari overload pada server UM. Pada saat ujian peserta tidak perlu membawa stofmap karena tidak ada pengumpulan berkas pada saat ujian.

I. Helpdesk / Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP

Jika mengalami kesulitan terkait pendaftaran, atau membutuhkan bantuan, silahkan menghubungi panitia di kontak berikut :
  • Gedung ICT Undip Lt.1 Kampus Tembalang Semarang
  • Telp: 024-7460033 / 7460041 / 08112-883-688 (CALL) 
  • 0812-2561-1333 (SMS CENTER/NO CALL/WHATSAPP )
  • dilayani pada jam kerja jam 08.00-16.00 WIB 
  • Email : um@live.undip.ac.id

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur ujian mandiri UNDIP jenjang Sarjana dan Diploma / Vokasi. Jika ada informasi lain yang dibutuhkan, maka dapat langsung cek di website resmi UM UNDIP. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di web resmi UM UNDIP.

Selain jalur mandiri, jalur SNBP, dan SNBT, UNDIP juga membuka penerimaan mahasiswa baru jalur PSBB, jalur PSDKU, jalur kerjasama, jalur SBUB, serta jalur mahasiswa pascasarjana dan program profesi.

Temukan informasi jalur lainnya pada artikel berikut : Pendaftaran Online UNDIP (Universitas Diponegoro

Sumber ; um.undip.ac.id


Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Jalur Ujian Mandiri UNDIP (um.undip.ac.id). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan bagi kalian calon peserta jalur ujian mandiri UNDIP. Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus seleksi UM UNDIP. Aamiin.