Pendaftaran Online IAIN Madura 2020/2021

spmb.stainpamekasan.ac.id 2020 -- PMB IAIN Madura / SPMB STAIN Pamekasan, Pendaftaran Online Maba IAIN Madura, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Madura, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Madura, Pendaftaran Kuliah di IAIN Madura, Jalur Seleksi Masuk IAIN Madura ; Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN, Jalur Mandiri, Bidikmisi, Pascasarjana. 2022. 2023.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online IAIN Madura 2020/2021. Infomasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri kuliah di IAIN Madura. Langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Madura adalah salah satu perguruan tinggi keagaman islam negeri (PTKIN) di Indonesia yang berlokasikan di Jl Raya Panglegur KM.4 Pamekasan, Jawa Timur.

Awal berdirinyanya, IAIN Madura merupakan Fakultas Tarbiyah Pamekasan cabang IAIN Sunan Ampel Surabaya yang didirikan pada 20 Juli 1966 Masehi atau 2 Rabiul Akhir 1386 Hijriyah.

Kemudian pada tahun 1997 Presiden RI menerbitkan Keputusan Presiden/KEPPRES Nomor 11 Tahun 1997 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri di seluruh Indonesia. KEPPRES itu kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor: E/136/1997 tentang Alih Status dari Fakultas Daerah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri pada 30 Juni 1997.

Sejak saat itu, Fakultas Tarbiyah Pamekasan berubah status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Peresmian alih status ini dilakukan di Jakarta pada 21 Maret 1997 Masehi atau 12 Dzulqaidah 1417 Hijriyah.

Pada tahun 2018, STAIN Pamekasan berubah statusnya menjadi IAIN Madura. Perubahan ini didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 28 Tahun 2018.

Visi IAIN Madura yaitu:
"Membangun dan memberdayakan ilmu-ilmu agama Islam dengan mengintegrasikan dan menginternalisasikan ketangguhan karakter moral, kesalehan nurani/spiritual dan ketajaman/nalar emosional untuk mewujudkan masyarakat madani."

Jurusan dan Program Studi yang ada di IAIN Madura, yaitu :

1. Jurusan Tarbiyah, terdiri dari program studi :
  • Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Tadris Bahasa Indonesia, dan Bimbingan Dan Penyuluhan Islam
2. Jurusan Syariah, terdiri dari program studi :
  • Ahwal Al-Syakhshiyyah, Hukum Ekonomi Syariah, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, dan Komunikasi dan Penyiaran Islam
3. Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, terdiri dari program studi :
  • Perbankan Syari'ah, Ekonomi Syari'ah, dan Akuntansi Syari'ah
4. Program Pascasarjana terdiri dari program studi :
  • Magister Pendidikan Agama Islam, dan Magister Hukum Keluarga Islam

Itulah ulasan singkat mengenai IAIN Madura. Dilihat dari banyaknya pilihan program studi, calon mahasiswa dapat memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang dimiliki.

Seperti yang kita ketahui bahwa IAIN Madura merupakan kampus keagamaan islam, jadi bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di kampus islam, IAIN Madura adalah salah satu pilihannya.

Disini kalian akan belajar banyak mengenai ilmu-ilmu pendidikan, bisnis, hukum-hukum, dan banyak lagi yang lainnya yang sesuai ajaran islam. 

Nah, untuk bisa menempuh pendidikan di IAIN Madura, maka diawali dengan melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru.

Pendaftaran calon mahasiswa baru IAIN Madura dapat dilakukan di setiap  tahun ajaran baru. Calon mahasiswa mendaftarkan diri pada salah satu jalur seleksi yang dibuka. Jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Madura yaitu jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, dan jalur mandiri. Silahkan pilih jalur seleksi sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Untuk mengetahui lebih rinci terkait jalur-jalur seleksi ke IAIN Madura tersebut, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

A. Pendaftaran IAIN Madura Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan nasional masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN, yang salah satunya yaitu IAIN Madura.

Jalur ini khusus diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya tersebut d setiap semester dan siswa tersebut akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data PDSS secara online di alamat pdss.span-ptkin.ac.id. Siswa yang telah direkomendasikan akan diberi kode akses berupa ID pendaftaran dan password untuk login ke alamat siswa.span-ptkin.ac.id. Siswa memeriksa data pendaftaran yang telah diisikan oleh Kepala Sekolah dan juga melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk informasi lebih lanjut seperti persyaratan, cara mendaftar, prosedur, mekanisme seleksi, biaya, pilihan PTKIN, pilihan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN.

B. Pendaftaran IAIN Madura Jalur UM-PTKIN

UM-TKIN juga merupakan jalur seleksi nasinal. Bedanya dengan SPAN-PTKIN yaitu pada SPAN-PTKIN seleksinya dididasarkan pada prestasi siswa, sedangkan pada jalur UM-PTKIN seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Bagi kalian yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN, maka dapat mengikuti jalur UM-PTKIN ini. Atau bagi kalian yang telah mengikuti jalur SPAN-PTKIN namun pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus seleksi, maka dapat mengikuti jalur UM-PTKIN ini.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses alamat um-ptkin.ac.id. Silahkan lakukan pendaftaran dilakukan di alamat tersebut dengan mengikuti prosesnya hingga mencetak kartu peserta.

Untuk penjelasan lebih lanjut seperti persyaratan, biaya pendftaran, cara mendaftar, pilihan PTKIN dan program studi, dan penjelasan penting lainnya dapat dibaca pada artikel tersendiri yang berjudul :  Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online UM-PTKIN

C. Pendaftaran IAIN Madura Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dikelola langsung oleh panitia dari IAIN Madura. Jalur ini bisa menjadi alternatif terakhir untuk bisa masuk ke kampus ini. 

1. Persyaratan Pendaftaran :
  1. Siswa SMA / SMK / MA / MAK / Pesantren Mu'adalah untuk lulusan 3 tahun terakhir. Hitung mundur 3 tahun kebelakang (tahun ini, tahun kemaren, tahun kemarennya lagi)
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di IAIN Madura.

2. Alur Pendaftaran :
  1. Calon peserta mengisi biodata secara online di spmb.stainpamekasan.ac.id sehingga mendapat nomor Kode Bayar dan PIN
  2. Membayar biaya pendaftaran melalui BRIS (BRI Syariah)
  3. Peserta melanjutkan pendaftaran online di spmb.stainpamekasan.ac.id dengan memasukkan nomor Kode Bayar dan PIN
  4. Mengisi Form Biodata Diri; Form Biodata Orang Tua; Form Biodata Sekolah.
  5. Memilih Program Studi
    • Pendaftar memilih 2 (dua) program studi yang diminati dan 1 (satu) program studi alternatif;
    • Urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  6. Mengunggah File :
    • Foto berwarna ukuran 3x4;
    • Ijazah Asli untuk Lulusan tahun kemaren dan tahun kemarennya lagi, atau Surat Keterangan Lulus MA, MAK, SMA, SMK, atau sederajat yang sudah dilegalisasi untuk lulusan tahun ini.
    • Surat Keterangan Kelakuan Baik / SKKB dari sekolah bagi lulusan tahun ini atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian / SKCK bagi lulusan tahun-tahun sebelumnya.
  7. Melakukan Finalisasi Pendaftaran
  8. Mencetak Kartu Peserta.

3. Materi Ujian :
  • Pengetahuan Dasar
  • Pengetahuan Keislaman
  • Baca Tulis Al-Qur'an

4. Jadwal Pendaftaran :

Pendaftaran akan dibuka jika kuota masing-masing program studi pada jalur nasional belum terpenuhi. Jadi, pendaftarannya setelah jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN berakhir.
D. Pendaftaran Bidikmisi di IAIN Madura

IAIN Madura juga memberikan kesempatan pada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.

Seleksi bidikmisi akan dilakukan setelah peserta dinyatakan lolos seleksi pada tiga jalur (span-ptkin, um-ptkin, atau mandiri) dan pelaksanaannya setelah selesai jalur mandiri dan dinyatakan sebagai mahasiswa.

Informasi lebih lanjut dapat dipantau langsung di situs resmi di alamat spmb.stainpamekasan.ac.id

E. Pendaftaran Program Pascasarjana IAIN Madura

IAIN Madura juga melakukan penerimaan calon mahasiswa baru untuk Program Pascasarjana. Biasanya penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana dibuka pada semester ganjil dan semester genap.

Prosedur Pendaftaran :
  1. Registrasi online awal dengan mengisi data calon pendaftar sesuai Kartu Tanda Penduduk
  2. Pembayaran uang pendaftaran melalui Bank BRI Syariah
  3. Pendaftaran online dengan mengisi formulir pendaftaran secara lengkap, satu hari setelah melakukan pembayaran uang pendaftaran) 
  4. Mencetak (print out) Kartu Peserta Ujian setelah mengisi formulir pendaftaran dan divalidasi oleh Panitia Ujian SPMB 
  5. Mengikuti Ujian Masuk SPMB

Informasi pendaftaran dapat ditanyakan langsung di kampus Pascasarjana IAIN Madura atau membaca di website resmi di alamat pasca.stainpamekasan.ac.id


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Madura, Silahkan ikuti salah satu jalur seleksi yang persyaratan dapat dipenuhi oleh kalian serta lihat juga peluang kelulusannya. Untuk informasi lebih lanjut yang diperlukan dapat dilihat langsung di website resmi di alamat spmb.stainpamekasan.ac.id. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi tersebut.

Mari Baca Juga :
Demikian penyampaian tentang Pendaftaran Online IAIN Madura. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan bantuan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca informasi ini. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog ini ya. Thanks very much.