Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa 2022/2023

Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa 2022 -- Langkah-langkah Pendaftaran Bidikmisi Siswa, Cara Mendaftar Bidikmisi Siswa, Proses Pendaftaran Bidikmisi Siswa, Login Pendaftaram dan Verifikasi Bidikmisi Siswa, Pedoman Pendaftaran Bidikmisi Siswa, Registrasi Online Bidikmisi Siswa, User Manual Sistem Pendaftaran Bidikmisi Siswa, Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi, Panduan Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi, Alur Pendaftaran Bidikmisi Siswa. Bidikmisi. 2024. 2025.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa 2022/2023. Informasi ini admin berikan untuk siswa-siswi SMA yang telah akan mendaftar Bidikmisi. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Bidikmisi kini telah berubah menjadi KIP Kuliah. Baca Informasinya : Pendaftaran KIP Kuliah

Informasi ini merupakan lanjutan dari informasi sebelumnya tentang Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Sekolah. Apabila anda belum membaca informasi tersebut, maka sebaiknya bacalah terlebih dahulu agar lebih mudah memahami informasi ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Dengan diberikannya Bidikmisi, diharapkan ketika kuliah mahasiswa tersebut bisa berprestasi, dan perkuliahannya dapat berjalan lancar serta dapat menyelesaikan kuliahnya tersebut dengan tepat waktu.

Ada banyak jalur penyaluran Bidikmisi dan yang paling dicari adalah Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN. Untuk lebih memahaminya silahkan kunjungi artikel tersebut.

Untuk siswa-siswi yang ingin mendaftar Bidikmisi, maka harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah dimana Kepala Sekolah mendaftarkan siswa-siswi yang pantas untuk didaftarkan dan selanjutnya siswa-siswi tersebut melakukan verifikasi data pendaftaran.

Artikel ini ditujukan terutama untuk siswa-siswi yang telah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah dan siswa-siswi yang trsebut harus melakukan verifikasi.

Disini admin akan memberikan panduannya untuk siswa agar proses pendaftaran Bidikmisi yang dilakukan oleh siswa dapat berjalan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Informasi ini bersumber dari User Manual Sistem Bidikmisi 2016 – SISWA. Langsung saja admin sajikan informasi selengkapnya berikut ini.

Proses Pendaftaran Bidikmisi Siswa

A. Login Pendaftaran

Pertama kali yang harus dilakukan oleh siswa yang ingin login ke munu Bidikmisi siswa adalah membuka alamat berikut : bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id . Kemudian siswa memilih menu siswa dan silahkan login. Untuk lebih jelas maka dapat dilihat pada tata cara login berikut ini :
  1. Buka alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Pilih menu Siswa
  3. Login menggunakan No. Pendaftaran dan Kode Akses
  4. Kemudian klik tombol "Masuk"
  5. Selanjutnya anda akan masuk ke sistem pendaftaran Bidikmisi

Cara Mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses Bidikmisi Siswa

Nomor pendaftaran dan kode akses bisa diperoleh melalui beberapa cara seperti berikut ini :

1. Melalui Rekomendasi Sekolah

Untuk mendapatkan rekomendasi sekolah, Anda harus menghubungi pihak sekolah Anda untuk direkomendasikan sehingga Anda mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses.

2. Melalui Pendaftaran secara Pribadi

Pendaftaran secara pribadi dikhususkan bagi siswa calon pendaftar penerima bantuan kemiskinan dari pemerintah yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM), Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Untuk melakukan pendaftaran secara pribadi yang perlu Anda siapkan adalah NISN yang valid dan tercatat dalam sistem kemdikbud dan nomor kartu bantuan pemerintah.

3. Melalui Pembaruan Akun

Metode pembaruan akun ini dikhususkan untuk para pendaftar tahun sebelumnya yang sudah memiliki nomor pendaftaran namun belum diterima di perguruan tinggi melalui program bidikmisi. Untuk melakukan proses pembaruan akun silahkan pilih menu seperti pada poin 1, kemudian pilih tab bertuliskan Pembaruan Akun setelah itu Anda akan mendapati tampilan seperti pada Gambar 2.

Jika Anda Lupa Kode Akses

Jika Anda lupa kode akses Anda, silahkan pilih menu LUPA KODE AKSES? yang ada pada laman login (lihat Gambar 3). Setelah itu Anda akan diarahkan menuju laman formulir lupa kode akses(Gambar 4). Pada laman tersebut masukkan nomor pendaftaran Anda kemudian sistem akan menampilkan data Anda.

Setelah data Anda ditampilkan, pilih tombol “Kirimkan” untuk mengirimkan informasi nomor pendaftaran dan kode akses ke email Anda.

B. Dashboard

Pada menu dashboard siswa terdapat beberapa menu seperti menu pendaftaran siswa, menu angkah pengisian berkas, dan menu jadwal penting Bidikmisi.

Siswa harus melakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang telah diberikan dan mengisi data pendaftaran yang wajib dipenuhi, diantaranya adalah:
  1. Biodata : biodata pribadi siswa
  2. Kondisi Ekonomi : data mengenai kondisi ekonomi orang tua
  3. Data Keluarga : berisi mengenai daftar dan status keluarga siswa
  4. Data Prestasi : daftar prestasi yang telah dicapai oleh siswa selama sekolah
  5. Kondisi Rumah : data mengenai kondisi rumah yang ditempati
  6. Aset Keluarga : data mengenai aset yang dimiliki oleh keluarga
  7. Rencana Hidup : rencana hidup/tinggal pendaftar di perguruan tinggi tujuan
  8. Jalur seleksi : pengisian jalur seleksi yang akan diikuti

C. Pelengkapan Data

1. Biodata Pribadi

Pada  laman form Biodata, ada beberapa isian yang harus dilengkapi oleh siswa, yaitu :

a. NISN
  • Nomor Induk Siswa Nasional. Apabila siswa tidak memiliki NISN, maka gunakan NIS dari sekolah lalu tambahkan angka 0 hingga berjumlah 10 digit. Contoh, NIS dari sekolah 10396 maka NISN penggantinya adalah 1039600000.
b. Nama Siswa
  • Nama sesuai raport/ijazah jenjang pendidikan sebelumnya. Nama yang digunakan disini harus sama persis dengan nama yang digunakan untuk SBMPTN, SNMPTN dan seleksi lainnya
c. Jenis Kelamin
  • Jenis kelamin siswa
d. Agama
  • Agama yang dianut siswa saat ini
e. Tempat Lahir
  • Kabupaten/Kota tempat kelahiran siswa.
f. Tanggal Lahir
  • Tanggal lahir siswa.
g. Alamat
  • Alamat surat menyurat yang mudah dihubungi.
h. Email
  • Alamat email yang valid dan bisa dihubungi.
i. Kode Pos
  • Kode pos daerah tempat tinggal.
j. No Telepon
  • No Telepon yang bisa dihubungi (Kosongkan jika tidak ada).
k. No Handphone
  • No Handphone yang bisa dihubungi (Kosongkan jika tidak ada)

Setelah melengkapi form biodata, kemudian klik pada tombol "Simpan". Hasil pengisian biodata tersebut akan ditampilkan pada halaman. Silahkan anda periksa apakah data tersebut sudah benar.

Selanjutnya anda dapat mengunggah foto pribadi. Ini tidak diwajibkan namun sangat disarankan sebagai data pendukung. Caranya, tekan tombol "Pilih file foto pribadi", cari file foto anda dan jika sudah terpilih dan ter-upload lalu tekan tombol "Simpan".

Catatan : Foto yang diupload ukurannya tidak boleh melebihi 300Kb. Khusus untuk foto pribadi, ukuran foto perlu diatur hingga menjadi 400x600 pixel.

2. Kondisi Ekonomi

Jika siswa baru pertama kali masuki ke menu ekonomi, maka siswa akan masuk ke halaman Form Ekonomi yang menampilkan form untuk mengisi/melengkapi data kondisi ekonomi orang tua.

Pada halaman form ekonomi, ada beberapa data yang harus dilengkap, yaitu :

a. Pekerjaan Ayah/Wali
  • Pekerjaan yang sedang ditekuni Ayah saat ini
b. Penghasilan Ayah
  • Pilih pilihan yang sesuai dengan rata-rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ayah / Wali dalam 4 bulan terakhir. Contoh : pilih kotak < 1 Juta jika penghasilan kotor 4 bulan terakhir adalah : (1) Bulan 1 : Rp. 500.000,-. (2) Bulan 2 : Rp. 300.000,-.  (3) Bulan 3 : Rp. 400.000,-. (4) Bulan 4 : Rp. 400.000.-. (5) Rata-rata : Rp. 400.000.-
c. Bantuan pemerintah (Jika Ada)
  • Pada form ini juga ditampilkan formulir bantuan pemerintah. Silahkan isi jika ada dan silahkan kosongkan jika tidak ada
d. Pekerjaan Ibu
  • Pekerjaan yang sedang ditekuni Ibu saat ini.
e. Penghasilan Ibu
  • Pilih pilihan yang sesuai dengan rata rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ibu dalam 4 bulan terakhir. Contoh : pilih kotak < 1 Juta jika penghasilan kotor 4 bulan terakhir adalah (1) Bulan 1 : Rp. 500.000,-. (2) Bulan 2 : Rp. 300.000,-. (3) Bulan 3 : Rp. 400.000,-. (4) Bulan 4 : Rp. 400.000.-. (5) Rata-rata : Rp. 400.000.-'.
f. Total Hutang Kepada Pihak Lain
  • Hutang kepada pihak lain. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
g. Cicilan Hutang Dibayar Per Bulan
  • Cicilan hutang dibayar per bulan. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
h. Total Piutang Kepada Pihak Lain
  • Piutang kepada pihak lain. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
i. Cicilan Piutang Dibayar Per Bulan
  • Cicilan piutang dibayar per bulan.<br>Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
j. Tabungan Keluarga
  • Tabungan Keluarga Bentuk Kas / Giro atau setara kas lainnya.

Penting!!!
Perlu diketahui bahwa data pada form Ekonomi setelah disimpan tidak dapat dirubah kembali, maka dari itu disarankan untuk lebih teliti dalam mengisi form ini
Setelah mengisi data-data di atas, lalu klik "Simpan" dan siswa akan melihat data-data yang telah diisikan tersebut pada halaman.

Langkah selanjutnya adalah mengunggah foto SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) melalui panel sebelah kanan pada halaman Ekonomi. Caranya adalah dengan menekan tombol "Pilih file foto SKTM" lalu pilih filenya pada komputer. File foto harus berukuran tidak lebih dari 300Kb. Setelah foto dipilih, lalu tekan tombol "Simpan"

3. Data Keluarga

Jika siswa baru pertama kali masuk ke menu data keluarga, maka siswa secara otomatis akan masuk ke halaman Form Keluarga. Data-data yang harus diisi pada halaman tersebut berupa :

a. Nama Ayah
  • Mengisikan nama lengkap Ayah. Contoh: Rahman Abdullah 
b. Status Ayah
  • Memilih status Ayah
c. Status Hubungan
  • Memilih status hubungan antara siswa dengan Ayah
d. Hubungan Wali
  • Memilih hubungan antara siswa dengan Walinya. Diisi apabila hubungan antara siswa dengan Ayah adalah Wali.
e. Pendidikan Ayah
  • Memilih pendidikan terakhir yang pernah ditempuh oleh Ayah.
f. Kerja Ayah
  • Memilih pekerjaan yang saat ini sedang ditekuni oleh Ayah.
g. Detail Ayah
  • Keterangan mengenai pekerjaan Ayah seperti profesi, tempat bekerja, berapa lama sudah bekerja, jadwal kerjanya, kondisi kesehatan dan kondisi karir/profesinya.
h. Nama Ibu
  • Mengisikan nama lengkap Ibu
i. Status Ibu
  • Memilih status Ibu
j. Pendidikan Ibu
  • Memilih pendidikan terakhir yang pernah ditempuh oleh Ibu.
k. Kerja Ibu
  • Memilih pekerjaan yang saat ini sedang ditekuni oleh Ibu.
l. Detail Ibu
  • Keterangan mengenai pekerjaan Ibu seperti profesi, tempat bekerja, berapa lama sudah bekerja, jadwal kerjanya, kondisi kesehatan dan kondisi karir/profesinya.
m. Jumlah Tanggungan
  • Jumlah orang yang ditanggung keluarga, tidak termasuk ayah/ibu sendiri.
n. No. Telepon Orang tua
  • Mengisi nomor telpon orang tua (Kosongi jika tidak ada).

Setelah melengkapi form keluarga, klik pada tombol "simpan" dibagian bawah dan kemudian akan muncul data yang baru saja diisikan.

Langkah selanjutnya adalah upload foto keluarga melalui panel foto yang tersedia di sebelah kanan halaman Data Keluarga. Caranya adalah dengan menekan tombol "Pilih file foto keluarga", lalu pilih file foto keluarga. dari komputer anda dan jika sudah diupload selanjutnya tekan tombol "simpan". Perlu diperhatikan bahwa ukuran file foto keluarga tidak boleh melebihi 300Kb.

4. Prestasi

Halaman pada menu Prestasi digunakan apabila siswa pernah meraih prestasi semasa sekolah. Melalui halaman ini siswa dapat mengklain prestasi yang pernah dicapainya.

Untuk menambahkan prestasi, tekan tombol "tambah prestasi", lalu akan terbuka halaman Daftar Prestasi yang berisi seluruh pencapaian/prestasi yang pernah dicapai oleh siswa pada sekolah asal siswa.

Apabila siswa kesulitan menemukan prestasi yang dicari, tekan tombol "cari prestasi" untuk mempermudah pencarian. Klik pada tombol "+" untuk mengklaim prestasi yang ditampilkan. Setelah mengklaim prestasi-prestasi yang dipilih, tekan tombol "←" untuk kembali ke halaman Prestasi.

Langkah selanjutnya adalah mengunggah sertifikat dari setiap prestasi yang diklaim. Siswa tidak diwajibkan untuk mengunggah file sertifikat prestasi, namun sangat direkomendasikan. Cara mengunggah file foto sertifikat adalah dengan menekan tombol "unggah" yang tersedia disetiap prestasi yang dikalim.

Unggah sertifikat dengan menekan tombol "Pilih file sertifikat prestasi". Pilih file sertifikat sesuai dengan prestasi terkait. Setelah itu tekan tombol "simpan sertifikat". Perlu diperhatikan bahwa ukuran file foto sertifikat tidak boleh melebihi 300Kb.

5. Rumah

Apabila siswa baru pertama kali masuk ke menu data rumah, maka secara otomatis siswa akan masuk ke dalam halaman Form Rumah. Data-fata yang harus diisi berupa :

a. Kepemilikan
  • Kepemilikan rumah yang ditempati keluarga sekarang.
b. Tahun Perolehan
  • Mengisi tahun perolehan dari rumah tinggal.
c. Sumber Listrik
  • Memilih pilihan yang sesuai dengan sumber listrik dari rumah.
d. Daya Listrik
  • Memilih daya listrik yang digunakan. Hanya diisi jika sumber listrik PLN
e. Luas Tanah
  • Memilih pilihan yang sesuai dengan luas tanah rumah tinggal. Contoh: Pilih pilihan < 25 M² jika luas tanah rumah tinggal mempunyai luasan 25 M² .
f. NJOP/Meter
  • Mengisi besaran NJOP berdasarkan dokumen resmi. Isikan 0 apabila tidak ada dokumen tersebut. Contoh: 105000 (tanpa tanda titik atau koma).
g. Luas Bangunan
  • Memilih pilihan yang sesuai dengan luas bangunan. Contoh: Pilih pilihan <25 M² jika rumah memiliki luasan 25 M² 
h. Bahan Atap
  • Memilih jenis atap yang paling banyak digunakan rumah tinggal.
i. Bahan Lantai
  • Memilih jenis lantai yang paling banyak digunakan rumah tinggal.
j. Bahan Tembok
  • Memilih jenis tembok yang paling banyak digunakan rumah tinggal.
k. Mandi Cuci Kakus
  • Memilih pilihan yang sesuai dengan fasilitas mandi cuci kakus di rumah.
l. Sumber Air Utama
  • Memilih jenis sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh rumah tinggal.
m. Jarak dari pusat kota
  • Mengisi jarak rumah tinggal dari pusat kabupaten / kota dalam satuan kilometer
n. Jumlah orang tinggal
  • Jumlah orang yang tinggal dirumah termasuk ayah dan ibu.

Setelah melengkapi form rumah tersebut. lalu klik pada tombol "simpan". 

Langkah selanjutnya adalah mengupload foto rumah tampak depan dan ruangan rumah sebagai data pendukung. Caranya adalah dengan menekan tombol "pilih file foto rumah tampak depan" untuk memilih foto rumah tampak depan dan untuk memilih foto ruang keluarga "pilih file foto ruang keluarga", setelah terupload lalu klik "simpan". Perlu diperhatikan bahwa ukuran file foro masing-masing tidak boleh melebihi 300Kb.

6. Aset

Jika keluarga memiliki aset, silahkan gunakan menu ini untuk mengisi setiap aset yang dimiliki. Untuk mengisi data aset silahkan klik tombol "tambah aset" kemudian mengisi data-data berupa :

a. Nama Barang/Aset
  • Diisi dengan nama barang/aset. Contoh: Sepeda motor, Handphone.
b. Merk/Tipe
  • Diisi dengan merk / tipe / jenis barang. Contoh: Samsung Galaxy S.
c. Jenis Barang
  • Pilih jenis barang yang sesuai dengan barang yang disebutkan.
d. Tahun Perolehan
  • Tahun saat barang diperoleh.
e. Metode Perolehan
  • Metode / cara perolehan barang.
f. Kondisi Barang/Aset
  • Kondisi barang / aset saat ini
g. Harga Beli
  • Harga ketika membeli barang
h. Estimasi Nilai Barang Saat Ini
  • Estimasi / perkiraan harga barang ketika dijual

Jika telah selesai mengisi data tersebut, lalu klik "Simpan Aset"

7. Rencana Hidup / Tinggal

Saat pertama kali membuka menu ini, maka siswa akan diarahkan untuk mengisi data rencana hidup. Data-data yang harus diisi berupa :

a. Rencana Tinggal
  • Memilih pilihan yang sesuai dengan rencana tempat tinggal saudara. Contoh : pilih kotak Bersama Keluarga / Kenalan jika akan tinggal bersama keluarga di lokasi pendidikan
b. Dukungan Keluarga
  • Dukungan keluarga untuk biaya transport pertama.
c. Transportasi Asal
  • Transportasi dari tempat tinggal asal ke Perguruan Tinggi pilihan utama.
d. Transportasi Harian
  • Rencana transporasi harian di PT pilihan utama.
e. Biaya Transportasi
  • Estimasi biaya Transportasi 1 kali dari tempat tinggal ke PT pilihan utama. Contoh : 25000

Jika sudah mengisi data, silahkan klik "simpan"

8. Seleksi

Menu seleksi hanya bisa diakses apabila siswa sudah melengkapi semua data yang wajib dipenuhi. Untuk melanjutkan pada menu seleksi, sebelumnya siswa harus membaca beberapa persetujuan yang perlu dipahami. Diantaranya adalah yang berhubungan dengan:
  • Penghasilan orang tua
  • Dampak pemalsuan data
  • Ketentuan yang mengharuskan siswa mendaftar seleksi masuk Perguruan Tinggi (PT)

Siswa harus menyetujui ketentuan dari masing-masing pernyataan dengan mencentang "Saya Memahami", setelah itu klik tombol " proses selanjutnya"

Siswa bisa memilih untuk mengikuti seleksi dengan menekan tombol “DAPATKAN KAP & PIN” dan kemudian pilih jalur seleksi yang tersedia lalu ikuti perintah yang diberikan. Siswa bisa saja menemui tombol tersebut tidak aktif pada saat itu, hal itu dikarenakan rentang waktu seleksi terkait sudah habis/belum dibuka.

Daftar seleksi yang tersedia di bidikmisi:
  • SNMPN, SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri PTN, Seleksi Mandiri PTS, dan SBMPN


9. Cetak Kartu Peserta

Siswa bisa mencetak formulir apabila siswa sudah memilih minimal salah satu jalur seleksi. Kartu Peserta wajib dibawa ketika daftar ulang diterima seleksi di Perguruan Tinggi.

10. Cetak Formulir

Siswa bisa mencetak formulir apabila siswa sudah memilih minimal salah satu jalur seleksi. Formulir digunakan untuk arsip siswa dan digunakan apabila perlu dalam hal pendaftaran hingga daftar ulang

Itulah informasi seputar Bidikmisi yang dapat admin bagikan. Apabila ada informasi lain yang anda butuhkan maka bisa anda lihat langsung di website resmi Bidikmisi atau bertanya pada panitia melalui kontak berikut.

Kontak Resmi Bidikmisi
Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Gedung D Lantai 7, Jalan Pintu 1 Senayan
Email : bidikmisi@kemdikbud.go.id atau bidikmisi@dikti.go.id
Facebook : fb.me/program.bidik.misi
Twitter : twitter.com/bidikmisi
Zendesk : bidikmisi.zendesk.com
Catatan penting :
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Bidikmisi.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda terutama bagi siswa-siswi yang akan mendaftar Bidikmisi.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.