Selamat datang di www.pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Sekolah 2017/2018

Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Sekolah 2017 -- Pendaftaran Bidikmisi Sekolah, Cara Pemberian Rekomendasi Siswa pada Bidikmisi, Petunjuk Merekomendasikan Siswa pada Bidikmisi, Login Bidikmisi Sekolah dan Siswa, Pedoman Pendaftaran Bidikmisi Sekolah dan Siswa, Proses Pendaftaran Bidikmisi, User Manual Sistem Pendaftaran Bidikmisi, Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi, Panduan Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi, 2019. 2020.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Sekolah 2017/2018. Informasi ini ditujukan untuk Sekolah yang akan memberikan rekomendasi pendaftaran Bidikmisi dan untuk siswa yang akan direkomendasikan untuk mendapatkan Bidikmisi. Informasi selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Mungkin ada yang belum paham apa itu Bidikmisi?

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan biaya perkuliahannnya.

Mengapa Bidikmisi berbeda dengan beasiswa?

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Bidikmisi adalah salah satu bentuk kepedulian Pemerintah terhadap calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk tetap bisa kuliah di Perguruan Tinggi yang diminatinya. Dengan bantuan biaya pendidikan ini, maka diharapkan calon mahasiswa tersebut dapat menjalani perkuliahannya dengan lancar dan bisa menyelesaikannya dengan tepat waktu.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dapat melanjutkan kuliah dengan biaya Bidikmisi dari pemerintah. Maka dari itu, ayo daftarkan diri anda untuk mendapatkan Bidikmisi agar bisa kuliah.

Ketika ingin mendaftar Bidikmisi, tentu saja anda membutuhkan pedoman atau petunjuk agar proses pendaftaran Bidikmisi yang dilakukan dapat berjalan lancar.

Berikut admin berikan petunjuk pendaftaran Bidikmisi Sekolah dan Siswa yang bersumber dari petunjuk teknis yang dibuat oleh panitia Bidikmisi.. Simaklah dengan teliti dan baik.

Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi untuk Sekolah

A. Registrasi Sekolah

Proses pendaftaran Bidikmisi dimulai oleh Sekolah dimana pihak Sekolah memberikan rekomendasi untuk siswa-siswinya. Berikut tata cara pendaftarannya:
  1. Pendaftaran dimulai dengan mengakses alamat: bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Kemudian memilih menu Sekolah.
  3. Muncul 2 pilihan menu yaitu Sudah Terdaftar atau Belum Terdaftar
Info:
  • Menu Sudah Terdaftar diperuntukkan bagi sekolah yang sudah mendaftar dan mendapatkan akun.
  • Menu Belum Terdaftar diperuntukkan bagi sekolah yang belum pernah mendaftar bidikmisi.

1. Untuk Sekolah yang Belum Terdaftar

Setelah anda membuka alamat website di atas kemudian cari sekolah yang ingin didaftarkan pada laman tersebut dengan memasukkan kata kunci berupa nama sekolah atau NPSN sekolah.

Apabila sekolah yang dicari sudah ditemukan, tekan tombol “Lanjutkan Pendaftaran” untuk membuka halaman Formulir Pendaftaran Sekolah.

Apabila sekolah yang dicari tidak dapat ditemukan namanya pada daftar sekolah, tekan link "tidak menemukan sekolah?" untuk mengisi form sekolah baru. Berikut data-data yang harus di isi :
Pada halaman tersebut terdapat beberapa isian yang perlu diisi guna melengkapi datadata
sekolah yang didaftarkan, diantaranya adalah:

a. NPSN
  • Mengisi NPSN Sekolah yang telah terdaftar di sistem pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan (PDSPK). Jika belum mempunyai NPSN silahkan melapor ke dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.
b. Nama Sekolah
  • Mengisi Nama Sekolah
c. Alamat Sekolah
  • Mengisi alamat surat menyurat yang bisa dihubungi dengan format: nama jalan dan nomor, kecamatan, kota. Contoh: Jl Majapahit No 5 RT 05 RW 06, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Lubuklinggau.
d. Provinsi
  • Memilih Provinsi tempat sekolah berada
e. Kota
  • Memilih Kota tempat sekolah berada
f. Email Sekolah
  • Mengisi alamat email sekolah sesuai dengan format email pada umumnya. Contoh: namaemail@domain.com
g. Nomor Telepon Sekolah
  • Mengisi nomor telepon sekolah yang bisa dihubungi, sertakan juga kode area tempat sekolah berada. Contoh: 031-8123212
h. Nama Kepala Sekolah
  • Mengisi nama kepala sekolah disertai gelar.
i. Email Kepala Sekolah
  • Mengisi alamat email kepala sekolah.
j. No. Telp Kepala Sekolah
  • Mengisi nomor telepon kepala sekolah yang bisa dihubungi.
k. Status Sekolah
  • Memilih status sekolah.
l. Akreditasi
  • Memilih status akreditasi sekolah.
m. Nilai Akreditasi
  • Mengisi nilai akreditasi sekolah. Contoh: 87.61
n. Jenis Sekolah
  • Memilih jenis sekolah.
o. Lampiran Lembar F
  • Lembar F adalah lembar persetujuan dan tanda tangan yang menyatakan bahwa data sekolah yang diisi adalah benar. Contoh Lembar F bisa didownload dengan menekan tombol "Download contoh formulir" di halaman tersebut.
p. Kode Verifikasi
  • Menulis ulang kode yang tampak pada gambar.

Jika anda menemukan kasus seperti ini!!!
  • Ketika mendaftarkan sekolah, terkadang ditemukan sekolah telah memiliki NPSN namun dianggap tidak valid. Hal ini dikarenakan NPSN tidak terdaftar pada Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK). Solusinya adalah pihak sekolah harus melaporkan ke dinas pendidikan kabupaten / kota setempat dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku disana.

Setelah sukses mendaftarkan sekolah, maka akan muncul pesan sukses pada halaman Bukti Pendaftaran Sekolah dan bukti pendaftaran juga akan dikirimkan ke email yang digunakan untuk mendaftarkan sekolah Anda.

Pada halaman Bukti Pendaftaran Sekolah disertakan Username / NPSN dan Kode Akses yang akan digunakan dalam proses login.

2. Untuk Sekolah yang Sudah Terdaftar

Untuk sekolah yang sudah mendaftar dan mendapatkan akun Bidikmisi bisa langsung melakukan login. Login menggunakan NPSN dan Kode Akses yang diperoleh ketika pendaftaran.

Ketika proses login berhasil, maka user akan masuk ke dalam halaman Dashboard Sekolah jika data di informasi sekolah di sistem bidikmisi sama dengan informasi di sistem PDSPK. Jika terdapat perbedaan, maka sekolah akan diarahkan menuju laman verifikasi data.

Yang perlu Anda lakukan jika diarahkan ke laman tersebut adalah dengan memilih tindakan penggantian laman sekolah dengan memilih tombol “Ganti nama sekolah” pada sebelah kanan laman sehingga Anda akan diarahkan menuju laman.

Setelah itu silahkan Anda klik tombol simpan dan tunggu administrator untuk melakukan verifikasi nama sekolah Anda. setelah Anda diverifikasi oleh administrator, maka Anda dapat melakukan login dan merekomendasikan siswa seperti biasanya. Setelah login, silahkan rekomendasikan siswa-siswi anda.

B. Proses Perekomendasian Siswa

1. Dashdoard

Di halaman dashboard akan diberikan petunjuk langkah-langkah pemberian rekomendasi siswa. Langkah-langkah pemberian rekomendasi siswa sebaiknya dilakukan secara terurut meskipun tidak diwajibkan.

2. Data UNAS

Pada saat data UNAS pertama kali dibuka, maka tidak ada data apapun. Pihak sekolah harus mengisi data UNAS siswa dengan menekan tombol "tambah data". Setelah itu, pihak sekolah akan memasuki halaman Tambah Data Ujian Nasional .

Disini pihak sekolah bisa menambahkan nilai rata-rata UNAS yang dicapai oleh sekolah dari jumlah mata pelajaran yang menjadi bahan UNAS pada tahun tertentu.

Info Tambahan!!!
Bagi sekolah yang tidak memiliki kelas tertentu (seperti BAHASA atau SMK), biarkan nilai tetap seperti yang ditampilkan/tidak perlu dirubah.

3. Data Prestasi 

Pada saat data prestasi pertama kali dibuka, maka tidak ada data apapun dihalaman tersebut. pengisian data prestasi ini tidak wajib bagi sekolah yang belum mempunyai prestasi. Namun, menjadi wajib bagi sekolah yang telah mempunyai prestasi.

Bagi sekolah yang mempunyai prestasi hendaknya dimasukkan semuanya kedalam sistem pendaftaran bidikmisi. Nantinya, prestasi-prestasi yang dimasukkan akan ditampilkan pada proses pendaftaran siswa, dimana siswa yang memiliki prestasi dapat mengklaim prestasi yang dimasukkan oleh sekolah. 

Untuk menambahkan prestasi tekan tombol "tambah prestasi" kemudian muncul halaman pengisian data. Pada halaman tersebut terdapat beberapa isian yang perlu diisi guna melengkapi data prestasi sekolah, diantaranya adalah:
  • Nama Kegiatan : Mengisi nama kegiatan secara lengkap (tidak boleh disingkat)
  • Tahun : Memilih tahun kapan kegiatan dilaksanakan
  • Jenis : Memilih jenis kegiatan. Untuk ketua OSIS bisa menggunakan pilihan Lainnya.
  • Tingkat : Memilih tingkat prestasi
  • Pencapaian : Memilih tingkat pencapaian. Untuk ketua OSIS bisa menggunakan Juara 1.
Setelah mengisi data prestasi, klik tombol "simpan" untuk menyimpan data yang telah dimasukkan.

4. Rekomendasi Siswa

Pilih menu rekomendasi siswa pada deretan menu dashbord yang tersedia. Setelah memilih menu tersebut maka akan muncul halaman rekomendasi siswa. Pada halaman tersebut muncul tombol "rekomendasi siswa", silahkan klik.

Setelah itu klik tombol "Mulai impor" Proses impor akan dilakukan sampai seluruh siswa yang ada pada sistem PDSPK sukses terimpor ke dalam sistem bidikmisi. Tunggu sampai proses impor tersebut selesai.

Setelah proses impor selesai, silahkan pilih menu rekomendasikan siswa untuk mulai merekomendasikan siswa yang sebelumnya telah Anda impor ke sistem

Proses rekomendasi dapat dilakukan dengan memasukkan NISN ke kolom yang telah disediakan atau dengan memilih menu “REKOMENDASIKAN” pada masing-masing baris data yang ditampilkan pada tabel data siswa yang telah diimpor.

Jika Anda memasukkan atau memilih menu rekomendasi, maka sistem akan melakukan pengecekan ke sistem apakah siswa sudah direkomendasikan atau belum. Jika sudah direkomendasikan, sistem akan memberikan pesan bahwa siswa telah direkomendasikan sebelumnya. Jika siswa belum pernah direkomendasikan maka sistem akan memberikan informasi lebih lengkap mengenai siswa yang akan direkomendasikan

Jika siswa telah berhasil direkomendasikan, maka akan muncul informasi data pribadi siswa dan yang paling utama adalah menampilkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang dapat digunakan oleh siswa untuk login ke menu siswa dan melengkapi proses pendaftaran. Data siswa yang telah direkomendasikan dapat dilihat pada menu Rekomendasi.

Itulah informasi yang dapat admin bagikan untuk anda terutama pihak sekolah yang akan memberikan rekomendasi untuk siswa-siswinya.

Baca informasi selanjutnya : Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Bidikmisi.

Infomasi lengkap seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal, dan lain-lain seputar bidikmisi dapat anda baca langsung pada artikel berikut ini :

Demikian informasi yang dapat admin bagikan untuk anda tentang Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Sekolah. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat untuk anda semua.

Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.