Alur Pendaftaran PPDB Online 2024/2025 SD, SMP, SMA, SMK

Alur Pendaftaran PPDB Online 2024 -- Alur Proses Pelaksanaan PPDB From Home, Alur Pendaftaran PPDB Online SD, SMP, SMA, SMK, Alur PPDB Online Kabupaten dan Kota, Alur Pendaftaran SIAP PSB Online, Langkah Pendaftaran SIAP-PPDB Online, Tata Cara Pendaftaran SIAP PPDB Online, Alur Pelaksanaan PPDB Online, Alur Pendaftaran Siswa Baru SIAP-PPDB Online, Prosedur Pendaftaran PPDB Online, Alur Pendaftaran Peserta Didik Baru, Jadwal PPDB Online. 2026. 2027.

Informasi kali ini yang akan dibahas berjudul Alur Pendaftaran PPDB Online 2024/2025 SD, SMP, SMA, SMK. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran SIAP-PPDB Online Kabupaten atau Kota di daerah anda. Mari simak informasinya.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Berbicara mengenai pendaftaran siswa baru atau penerimaan peserta didik baru, maka salah satu hal penting yang harus diketahui yaitu mengenai alur pendaftarannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa penerimaan peserta didik baru kini telah menggunakan sistem online atau yang dikenal dengan sebutan PPDB Online.

Nah, mengenai alur pelaksanaan PPDB Online, pelaksanaannya dilakukan secara online mulai dari awal hingga akhir, yaitu sejak pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman.

Alur pendaftaran PPDB online adalah proses-proses pendaftaran yang harus dilalui oleh calon peserta ketika melakukan pendaftaran suatu seleksi masuk. Yang dimaksudkan disini adalah pendatfaran masuk ke sekolah melalui PPDB online.

Telah dibahas sebelumnya pada artikel Pendaftaran PPDB Online TK SD SMP SMA SMK bahwa PPDB Online adalah sebuah sistem yang dirancang secara khusus untuk mengelola data seleksi penerimaan peserta didik baru, mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi semuanya dapat diakses secara online dan realtime dimanapun dan kapanpun.

Dengan situs PPDB online ini, diharapkan masyarakat khususnya yang berkiatan dengan dunia pendidikan anak sekolah, maka dapat memperoleh informasi dengan mudah mulai proses pendaftaran siswa baru seperti alur pendaftaran atau tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain-lain hingga menuju proses seleksi dan pengumuman hasil seleksi.

Perlu diketahui bahwa tidak semua wilayah Kabupaten atau Kota tergabung dalam situs PPDB online sehingga untuk Sekolah yang berada di Kabupaten atau Kota yang tidak tergabung dengan situs PPDB online maka untuk memperoleh informasi pendaftaran siswa baru harus secara langsung datang ke sekolah tujuan atau membuka situs Sekolah tersebut jika Sekolah memilikinya.

Suatu kelebihan tersendiri bagi Sekolah yang berada di wilayah Kabupaten atau Kota yang tergabung dalam situs PPDB online karena dapat memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai penerimaan siswa baru.

Untuk kedepannya semoga semua wilayah Kabupaten dan Kota yang utamanya memiliki akses internet memadai serta didukung oleh sumber daya manusia yang handal semoga bisa tergabung dalam situs PPDB online.

Berikut ini akan diberikan informasi mengenai Alur Pendaftaran PPDB Online jenjang SD, SMP, SMA, SMK sebagai persiapan ketika calon siswa baru akan mendaftarkan diri secara online di sekolah tujuan yang telah tergabung dalam situs PPDB online.

Alur Pendaftaran PPDB Online SD, SMP, SMA, SMK

Ada 3 alur proses pelaksanaan PPDB online yang bisa diterapkan oleh panitia, yaitu :
  • Alur pelaksanaan PPDB online mekanisme B Plus
  • Alur pelaksanaan PPDB online mekanisme C Plus
  • Alur pelaksanaan PPDB online mekanisme D Plus

1. Alur Pelaksanaan PPDB Online Mekanisme B Plus

Berikut penjelasan alur pelaksanaan PPDB online mekanisme B plus :
  1. Calon peserta didik baru menyiapkan berkas persyaratan pendaftaran
  2. Calon peserta didik baru mengakses laman situs PPDB daerah masing-masing. Misal Calon peserta didik baru tinggal di Palembang, maka situs PPDB online yang harus diakses adalah palembang.siap-ppdb.com . Pastikan format situsnya yaitu namadaerah.siap-ppdb.com
  3. Calon peserta didik baru melakukan pengajuan pendaftaran mandiri dengan mengisi formulir secara online di situs PPDB online.
  4. Calon peserta didik baru mengunggah / upload dokumen yang disyaratkan untuk mendaftar
  5. Calon peserta didik baru memilih sekolah tujuan
  6. Calon peserta didik baru mencetak bukti pengajuan pendaftaran
  7. Operator sekolah melakukan verifikasi pendaftaran secara online
  8. Calon peserta didik baru melihat hasil seleksi dan pengumuman secara online di situs PPDB online wilayah masing-masing.

Berikut gambar alur pelaksanaan PPDB online mekanisme B plus :

https://www.pendaftaranonline.web.id/


2. Alur Pelaksanaan PPDB Online Mekanisme C Plus

Berikut penjelasan alur pelaksanaan PPDB online mekanisme C plus :
  1. Calon peserta didik baru menyiapkan berkas persyaratan pendaftaran
  2. Calon peserta didik baru membuka laman situs PPDB online daerah masing-masing. Misal Calon peserta didik baru tinggal di Malang, maka situs PPDB online yang harus dibuka adalah malang.siap-ppdb.com . Pastikan format situsnya yaitu namadaerah.siap-ppdb.com
  3. Calon peserta didik baru login ke situs PPDB online menggunakan No. Peserta, Tanggal Lahir, dan Jenis Kelamin.
  4. Calon peserta didik baru melakukan mengisi formulir secara online di situs PPDB online.
  5. Calon peserta didik baru mengunggah / upload dokumen yang disyaratkan untuk mendaftar
  6. Calon peserta didik baru melakukan pemilihan sekolah
  7. Calon peserta didik baru mencetak tanda bukti pendaftaran
  8. Calon peserta didik baru melihat hasil seleksi dan pengumuman secara online di situs PPDB online wilayah masing-masing.

Berikut gambar alur pelaksanaan PPDB online mekanisme C plus :

https://www.pendaftaranonline.web.id/


3. Alur Pelaksanaan PPDB Online Mekanisme D Plus

Berikut penjelasan alur pelaksanaan PPDB online mekanisme D plus :
  1. Calon peserta didik baru menyiapkan berkas syarat pendaftaran
  2. Calon peserta didik baru mengakses laman situs PPDB online daerah masing-masing. Misal Calon peserta didik baru tinggal di Malang, maka situs PPDB online yang harus dibuka adalah malang.siap-ppdb.com . Pastikan format situsnya yaitu namadaerah.siap-ppdb.com
  3. Calon peserta didik baru melakukan pengajuan akun dengan mengisi formulir secara online
  4. Calon peserta didik baru mengunggah / upload dokumen persyaratan
  5. Operator sekolah melakukan verifikasi pengajuan akun dan berkas secara online
  6. Calon peserta didik baru melakukan pemilihan sekolah
  7. Calon peserta didik baru mencetak tanda bukti pendaftaran
  8. Calon peserta didik baru melihat hasil seleksi dan pengumuman secara online di situs PPDB online wilayah masing-masing.

Berikut gambar alur pelaksanaan PPDB online mekanisme D plus :

https://www.pendaftaranonline.web.id/


Itulah beberapa alur pendaftaran PPDB online SD, SMP, SMA, SMK untuk tahun ini. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat ditanyakan pada panitia.

Untuk daftar wilayah SIAP-PPDB Online kabupaten dan kota silahkan anda lihat pada artikel berikut:
Cukup sekian informasi yang dapat admin berikan tentang Alur Pendaftaran PPDB Online SD, SMP, SMA, SMK. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua. Aamiin. Silahkan bagikan informasi ini kepada teman-teman lain yang membutuhkan. Terima kasih.