Pendaftaran Online Polindra 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.polindra.ac.id 2024 --  Pendaftaran Polindra Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB Polindra, Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Indramayu, Penerimaan Maba Polindra, Pendaftaran D3/D4 Polindra, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Pendaftaran Politeknik Negeri Indramayu. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online Polindra 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan utamanya untuk anda yang ingin kuliah di Politeknik Negeri Indramayu. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Negeri Indramayu atau yang disingkat dengan nama Polindra merupakan salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan jenjang vokasi.

Kampus Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) terletak di Jl. Raya Lohbener Lama No. 08 Indramayu 45252.

Lokasi tersebut dipilih sebagai alternatif untuk memudahkan pengembangan Politeknik Negeri Indramayu dan jangkauan dari mahasiswa yang kelak akan kuliah di Polindra, baik dari Kabupaten Indramayu maupun dari luar.

Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) telah memiliki beberapa jurusan dan program studi yaitu :

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Mesin
  • D4 Perancangan Manufaktur

Jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Pendingin dan Tata Udara
  • D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol

Jurusan Teknik Informatika terdiri dari program studi :
  • D3 Keperawatan
  • D3 Teknik Informatika
  • D4 Rekayasa Perangkat Lunak
  • D4 Sistem Informasi Kota Cerdas

Dari beberapa jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Negeri Indramayu (Polindra), mungkin ada salah satu jurusan yang anda minati, maka dari itu silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Polindra.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru Polindra dengan mengikuti jalur seleksi masuk Polindra, yaitu jalur SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri.

Langsung saja kita bahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru Polindra yang telah disebutkan di atas. Berikut penjelasan selengkapnya.

A. Pendaftaran Online Polindra Jalur SNBP

Polindra merupakan salah satu Politeknik Negeri / PTN yang turut berpartisipasi dalam jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Polindra dapat mengikuti seleksi jalur SNBP ini.

Perlu diketahui bahwa tidak semua peserta dapat mendaftar jalur SNBP ini karena SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Jadi, untuk calon peserta lulusan sekolah tahun lalu, atau yang tidak berprestasi, maka silahkan ikuti seleksi jalur lainnya seperti SNBT atau jalur mandiri.

Calon peserta yang ingin mendaftar SNBP harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah itu dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Untuk panduan lengkap mengenai SNBP seperti cara pengisian data, persyaratan, jadwal, jumlah pilihan Politeknik dan program studi, dan keterangan penting lainnya dapat dibaca pada artikel Informasi Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Online SNBP.

B. Pendaftaran Online Polindra Jalur SNBT (UTBK-SNBT)

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik Negeri / PTN yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Melekatnya UTBK pada jalur SNBT sehingga jalur ini sering pula disebut dengan jalur UTBK-SNBT.

Lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir bisa mendaftar di jalur ini apabila bisa memenuhi persyaratan.

Pendaftarannya dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengisi data secara online di laman resmi SNBT. Link laman pendaftaran akan diberikan di akhir bagian ini.

Ada biaya pendaftaran untuk mendaftar SNBT.

Informasi lebih lanjut seperti persyaratan, jadwal, link laman pendaftaran, jumlah pilihan Politeknik dan program studi, dan keterangan penting lainnya dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran Online Polindra Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi mahasiswa baru yang dikelola secara langsung oleh Polindra. 

Bagi yang ingin mendaftar maka harus memenuhi terlebih dahulu persyaratan seperti berikut ini.

Peryaratan Pendaftaran
  1. Peserta Lulusan SMK / SMA / MA Sederajat
  2. Fotokopi Ijazah (Terlegalisir)*
  3. Fotokopi SKHUN (Terlegalisir)*
  4. Tidak Buta Warna (Dibuktikan dengan Surat Ket. Dokter)
  5. Fotokopi tanda pengenal
  6. Fotokopi akte kelahiran
  7. Pasfoto berwarna 4 x 6 Sebanyak 1 lembar
  8. Membayar biaya pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan secara online dan secara offline atau langsung di kampus Polindra. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Pendaftaran

1. Pendaftaran Offline

Pendaftaran Offline / Langsung di laksanakan di Gedung Direktorat ruang Bagian Akademik (BAAK) Kampus Politeknik Negeri Indramayu (POLINDRA) pada hari kerja, senin - jumat pkl. 08.00 - 15.00 WIB dengan alamat Jl. Raya Lohbener Lama No. 08 Indramayu 45252 Tlp. (0234) 5746464 dengan membawa persyaratan diatas.

2. Pendaftaran Online

Pendaftaran Online Jalur Mandiri dilaksanakan melalui beberapa tahap pendaftaran seperti berikut ini
  1. Mengisi Formulir pendaftaran di laman http://pmb.polindra.ac.id dengan Lengkap dan bertanggung jawab, karena data tersebut menjadi acuan kami.
  2. Setelah daftar, anda akan dibawa langsung he kalaman pendaftar untuk memproses pendaftaran lebih lanjut.
  3. Anda akan memperoleh nomor registrasi yang digunakan untuk username login anda dengan default password : polindra
  4. Mentransfer biaya pendaftaran ke BANK BNI No. Rek. 6648489911  Atas Nama BPn 024 Politeknik Negeri Indramayu
  5. Unggah / Upload foto berpakaian rapih dengan unkuran 3x4 cm maximal size file 2 Mb pada laman akun yang anda peroleh dari pendaftaran online.
  6. Scant bukti pembayaran dari BANK, Kartu tanda Penganal (KTP), Ijasah,SKHUN, Akte Kelahiran kemudian kompres dengan formati ZIP/ RAR sehingga menjadi 1 file.
  7. Unggah file tersebut di menu berkas
  8. Jika persyaratan sudah lengkap, segera konfirmasi kepada live support kami untuk memperoleh hak akses mencetak Kartu Ujian dan Formulir Pendaftaran anda.
  9. Silahkan pilih menu logout untuk keluar dari halaman pendaftar.

Untuk informasi lebih lanjut yang anda butuhkan silahkan kunjungi langsung website resmi Polindra di alamat pmb.polindra.ac.id atau menanyakan langsung di kampus Polindra.

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah Polindra

Polindra merupakan salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

# Persyaratan Pengusul Beasiswa
  1. Siswa SMA / SMK / MA  atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun ini
  2. Lulusan tahun lalu yang bukan penerima KIP Kuliah dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
  5. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM);
  6. Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya ;
  7. Pendapatan kotor gabungan orangtua / wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp 3.000.000,00 per bulan. Untuk pekerjaan non formal / informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau
  8. Pendapatan  kotor  gabungan  orangtua/wali  dibagi  jumlah  anggota  keluarga sebesar-besarnya Rp 750.000,00 setiap bulannya;
  9. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  10. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.

# Cara Pendaftaran

Pendaftaran KIP Kuliah Polindra dapat dilakukan secara online dan offline. Berikut penjelasannya.

1. Pendaftaran Online

Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah Online dapat dilakukan dengan mengisi formulir pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id setelah itu, pendaftar menunjukan KAP dan PIN yang dicetak dari system pendaftaran tersebut.

 2. Pendaftaran Offline

Pendaftar Beasiswa KIP Kuliah yang di daerahnya tidak memiliki akses internet dapat mengunduh dan mengisi formulir KIP Kuliah, dan meyerahkannya kepada panitia Pendaftaran POLINDRA.

# Berkas Pendaftaran KIP Kuliah

Pendaftar KIP Kuliah secara Online dan Offline, wajib melengkapi berkas sebagai berikut :
  1. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
  2. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  3. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  4. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  5. Surat keterangan tentang prestasi / peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah;
  6. Kartu Pengaman Sosial (KPS / BSM / KIP). (jika ada)
  7. Surat Keterangan Penghasilan Orang tua / wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa / Kepala dusun / Instansi tempat orang tua bekerja / tokoh masyarakat;
  8. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
  9. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya;
  10. Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 1 lembar;
  11. Tidak buta warna (dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter);
  12. Fotokopi tanda pengenal.
  13. Foto Keluarga dan foto Kondisi Rumah (Tampak depan, belakang, samping, dapur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur dll)

Itulah informasi mengenai pendaftaran KIP Kuliah Polindra, untuk informasi lain yang belum disampaikan disini yang anda butuhkan silahkan baca di web resmi Polindra atau temukan informasi selengkapnya pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah


Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Online Polindra Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Mari turut bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk ke Polindra dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa Polindra.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kita semua menjadi orang yang meraih kesuksesan dan bermanfaat sejak muda. Aamiin.