Pendaftaran Online Politani Samarinda 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.politanisamarinda.ac.id 2024 -- Pendaftaran Politani Samarinda Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online Poltanesa / Politani Samarinda, PMB Poltanesa / Politani Samarinda, Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Penerimaan Maba Politani Samarinda, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online Politani Samarinda 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan terutama untuk kalian lulusan SMA / SMK / sederajat yang ingin kuliah di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Informasi selengkapnya dapat disimak berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Pertanian Negeri Samarinda atau yang sering disingkat dengan nama Politani Samarinda adalah Politeknik Negeri yang menyelenggarakan pendidikan di bidang pertanian di jenjang D3 dan D4.

Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda) beralamatkan di jalan Cipto Mangun Kusumo, Sungai Keledang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75242, Indonesia.

Untuk kalian yang ingin ahli di bidang pertanian, maka bisa kuliah di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda dan bisa memilih salah satu dari beberapa program studi yang ada seperti berikut ini:

Jurusan Perkebunan terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Hasil Perkebunan
  • D3 Budidaya Tanaman Perkebunan
  • D4 Pengelolaan Perkebunan

Jurusan Manajemen Hutan terdiri dari program studi :
  • D3 Pengelolaan Hutan
  • D3 Pengelolaan Lingkungan

Jurusan Teknik dan Informatika terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Geomatika (TG)
  • D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL)

Jurusan Teknologi Hasil Hutan terdiri dari program studi :
  • D3 Pengolahan Hasil Hutan (PHH)
  • D4 Rekayasa Kayu (RK)

Itulah daftar jurusan dan program studi yang ada di Politani Samarinda. Silahkan dipilih salah satu dari program studi yang ada tersebut.

Selanjutnya kalian perlu mengetahui dan memahami beberapa jalur seleksi yang dibuka oleh Politani Samarinda. Mari simak informasi berikut ini.

A. Pendaftaran Online Politani Samarinda Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri salah satunya Politani Samarinda, yang mana seleksinya dilakukan dengan didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Jalur SNBP diperuntukkan untuk lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran SNBP diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasinya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu, siswa melanjutkan pendaftaran dengan login ke laman resmi menggunakan username dan password dari Kepala Sekolah untuk melengkapi data pendaftaran dan cetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran di jalur SNBP gratis sehingga calon peserta tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pendaftaran tersebut.

Informasi seperi persyaratan pendaftaran untuk sekolah dan siswa, jadwal pelaksanaan, link pendaftaran, tata cara pengisian data, mekanisme seleksi, jumlah pilihan program studi, daftar Politeknik, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran Online Politani Samarinda Jalur SNBT / UTBK SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Bagi kalian yang tidak bisa mengikuti seleksi SNBP atau yang telah mengikuti SNBP tetapi tidak lulus dapat mengikuti jalur SNBT ini.

Jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya. Namun apabila mengalami kesulitan, dapat meminta bantuan pada pihak sekolah atau pada kakak senior yang berpengalaman.

Biaya pendaftaran SNBT perlu dikeluarkan oleh calon peserta yang dibayarkan melalui bank yang telah bekerja sama dengan panitia SNBT.

Informasi pendaftaran lainnya seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, link pendaftaran, cara mendaftar, portofolio,jumlah pilihan program studi, daftar perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran Online Politani Samarinda Jalur Mandiri

Untuk kalian yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur seleksi SNBP atau SNBT, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri.

Jalur mandiri ini diperuntukkan bagi lulusan SMA / MA / SMK / Paket C / sederajat yang berumur maksimal 25 tahun pada bulan September.

Jalur mandiri yang ada di Politani Samarinda ada 3 jalur yaitu :

1. Jalur Tes / Ujian Tulis

Seleksi di jalur ini dilakukan melalui tes / ujian tulis.

2. Jalur Seleksi Rapor

Seleksi di jalur ini dilakukan melalui seleksi rapor semester 1 s.d 5

3. Jalur Seleksi UTBK - SNBT

Seleksi di jalur ini didasarkan pada hasil UTBK SNBT tahun ini. Khusus untuk calon peserta yang telah mengikuti jalur seleksi nasional UTBK SNBT tahun ini.


Untuk informasi pendaftaran dan lain-lain lebih lanjut silahkan baca di website resmi Politani Samarinda di laman pmb.politanisamarinda.ac.id

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Politani Samarinda juga menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politani Samarinda. Bantuan biaya pendidikan yang dimaksud yaitu KIP Kuliah.

Pengajuan KIP Kuliah dilakukan bersamaan dengan pendaftaran di jalur seleksi yang diikuti, misal jalur SNBP, SNBT, atau jalur mandiri.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui alamat website resminya yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lainnya seperti panduan pendaftaran, peryaratan, jadwal, dan lain sebagainya telah admin rangkum pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah.


Itulah jalur-jalur seleksi masuk yang dibuka oleh Politani Samarinda. Silahkan kalian ikuti salah satu jalur yang ada tersebut atau ikuti jalur lainnya jika tidak diterima di satu jalur.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Sumber : http://pmb.politanisamarinda.ac.id/
Demikian informasi mengenai Pendaftaran Online Politani Samarinda Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat menambah informasi yang telah kalian miliki sebelumnya.

Mari turut berbagi informasi ini pada teman atau rekan lainnya yang membutuhkan. Cukup sekian info dari admin dan semoga harapan kalian masuk ke Politani Samarinda dapat terwujudkan. Aamiin.