Pendaftaran Online ISI Surakarta 2024/2025

ISI Surakarta 2024 -- Pendaftaran ISI Surakarta Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran ISI Surakarta / ISI Solo, PMB ISI Surakarta, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Surakarta, Pendaftaran Maba ISI Surakarta, Pendaftaran Mahasiswa Baru ISI Surakarta, Pendaftaran Kuliah ISI Surakarta, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, SNBP, SNBT, Mandiri, PMB Pascasarjana. 2026. 2027. 

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online ISI Surakarta 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk lulusan SMA / SMK sederajat yang ingin menjadi yang ingin kuliah di ISI Surakarta. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

ISI Surakarta atau Institut Seni Indonesia Surakarta adalah sebuah instansi pendidikan yang utamanya bergerak di bidang Seni.

Sejarah ISI Surakarta dimulai dari berdirinya sebuah Perguruan Tinggi setingkat akademi dengan nama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta, yang didirikan sebagai salah satu wadah untuk merintis perkembangan seni tradisional.

Kemudian terus mengalami perubahan nama diantaranya yaitu ASKI, STSI, dan akhirnya pada tahun 2006 STSI berubah status menjadi ISI Surakarta yang ditandai dengan terbitnya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2006 tanggal 20 Juli 2006

Telah ada beberapa Fakultas, Jurusan, dan Program Studi di ISI Surakarta, yaitu :

Fakultas Seni Rupa Desain terdiri dari : :
  • Program Studi S1 Kriya
  • Program Studi S1 Seni Murni
  • Program Studi S1 Desain Interior
  • Program Studi S1 Film dan Televisi
  • Program Studi S1 Fotografi
  • Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
  • Program Studi D4 Desain Mode batik
  • Program Studi D4 Senjata Tradisional Keris

Fakultas Seni Pertunjukan terdiri dari :
  • Program Studi S1 Teater
  • Program Studi S1 Seni Karawitan
  • Program Studi S1 Etnomusikologi
  • Program Studi S1 Seni Pedalangan
  • Program Studi S1 Tari

Program Studi Jenjang Magister (S2) terdiri dari :
  • Minat Penciptaan Seni, dan Minat Pengkajian Seni

Program Studi Jenjang Doktor (S3) terdiri dari :
  • Minat Penciptaan Seni, dan Minat Pengkajian Seni 

Itulah beberapa Fakultas, Jurusan, dan Program Studi yang ada di ISI Surakarta yang bisa dipilih saat melakukan pendaftaran mahasiswa baru ISI Surakarta.

Sekarang kalian harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh ISI Surakarta untuk melaksanakan penyeleksian calon mahasiswa baru. Berikut informasinya.

1. Pendaftaran ISI Surakarta Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang seleksinya dilakukan melalui penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh ISI Surakarta.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK kelas XII yang berprestasi dan akan lulus di tahun ini.

Untuk bisa mendaftar SNBP, terlebih dahulu harus direkomendasikan oleh kepala sekolah. Setelah direkomendasikan, siswa dapat melengkapi data pendaftaran di laman resmi SNBP hingga mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran SNBP gratis sehingga calon peserta tidak perlu lagi mengeluarkannya.

Untuk informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, link pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP.

2. Pendaftaran ISI Surakarta Jalur SNBT

ISI Surakarta adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur seleksi SNBT. Pada jalur SNBT, peserta diseleksi melalui tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK sederajat (lulusan 3 tahun terakhir) yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT dengan mengikuti semua prosedur dan persyaratan yang ditentukan.

Pendaftarannya dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan melakukan pengisian data sampai mencetak kartu peserta. Link pendaftaran dapat ditemukan di akhir pembahasan di bagian ini.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan karena tidak gratis.

Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, link pendaftaran, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jadwal seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran ISI Surakarta Jalur Mandiri

Jalur Mandiri merupakan seleksi yang dibuka untuk semua lulusan SMA / SMK sederajat dan dilaksanakan secara mandiri di kampus ISI Surakarta, melalui jalur berikut :
  • Program Mandiri
  • Program Kerjasama

Pendaftaran dan informasi selengkapnya mengenai jalur-jalur mandiri pendaftaran online ISI Surakarta bisa diakses di alamat website spmb.isi-ska.ac.id

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

ISI Surakarta merupakan salah satu instansi pendidikan yang turut membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikannya. ISI Surakarta akan memberikan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti keunggulan KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, syarat mendaftar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran Pascasarjana ISI Surakarta

ISI Surakarta juga melakukan penerimaan calon mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri, maka segera daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka.

Untuk informasi lebih lanjut maka dapat dilihat di web : spmb.isi-ska.ac.idpps.isi-ska.ac.id, atau sipadu.isi-ska.ac.id, atau bertanya secara langsung di kampus ISI Surakarta.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru ISI Surakarta. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan bagi kalian.  Silahkan bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus ujian seleksi masuk ke ISI Surakarta dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa ISI Surakarta. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.