Pendaftaran Online USN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.usn.ac.id 2024 -- Pendaftaran USN Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran USN Kolaka PMB USN Kolaka, Pendaftaran Mahasiswa Baru USN, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru USN, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana USN, Pendaftaran Kuliah USN, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Universitas 19 November, USN. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Online USN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di USN. Langsung saja simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN Kolaka)

Universitas Sembilanbelas November Kolaka atau  yang disingkat dengan USN Kolaka adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Lembaga pendidikan tinggi ini didirikan pada tanggal 16 April 1984 dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kolaka. Pada 2 April 2014 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kolak berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan nama Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN Kolaka) telah memiliki beberapa fakultas dan program studi berikut :

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan :
  • Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  • Program Studi Pendidikan Matematika
  • Program Studi Pendidikan Geografi
  • Program Studi Pendidikan Biologi
  • Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Program Studi Pendidikan Kimia
  • Program Studi Pendidikan Jasmani
  • Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan :
  • Program Studi Agroteknologi
  • Program Studi Agribisnis
  • Program Studi Ilmu Perikanan
  • Program Studi Peternakan
  • Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
  • Program Studi Ilmu Kelautan

Fakultas Sains dan Teknologi :
  • Program Studi Teknik Sipil
  • Program Studi Teknik Pertambangan
  • Program Studi Kimia
  • Program Studi D3 Keperawatan
  • Program Studi Farmasi
  • Program Studi Teknik Mesin
  • Program Studi Teknik Perkapalan
  • Program Studi Matematika

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik :
  • Program Studi Administrasi Publik
  • Program Studi Manajemen
  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Ekonomi Pembangunan

Fakultas Hukum :
  • Program Studi Hukum

Fakultas Teknologi Informasi :
  • Program Studi Sistem Informasi
  • Program Studi Ilmu Komputer

Itulah sekilas mengenai kampus USN. Semoga informasi di atas bisa memberikan sedikit gambaran untuk kalian yang ingin kuliah di USN,

Sekarang kita langsung saja kita akan membahas jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Sembilanbelas November (USN). Perhatikan dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran USN Jalur SNBP

Universitas Sembilanbelas November adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam jalur seleksi nasional SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi nasional tanpa tes masuk ke PTN yang seleksinya didasarkan pada nilai raport dan portofolio akademik.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini dan berprestasi.

Rekomendasi kepala sekolah menjadi langkah awal proses pendaftaran SNBP. Siswa berprestasi yang telah direkomendasikan dapat meneruskan proses pendaftaran hingga selesai (mencetak kartu peserta)  

Biaya pendaftaran SNBP tidak ada alias gratis.

Penjelasan lain seperti link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, tanggal atau jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran, tahapan seleksi, prinsip seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan mengikuti SNBP, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP

2. Pendaftaran USN Jalur SNBT

Selain SNBP, Universitas Sembilanbelas November juga tergabung dalam jalur seleksi nasional lainya yaitu jalur seleksi SNBT.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan jalur seleksi nasional yang seleksinya didasarkan pada hasil tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT dengan mengikuti semua prosedur dan harus persyaratan yang ditentukan. Lulusan 3 tahun terakhir jenjang tersebut yang bisa mendaftar di jalur ini.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran sampai selesai (mencetak kartu peserta).

Biaya pendaftarannya ada karena tidak gratis.

Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, link pendaftaran, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jadwal seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Informasi Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT.

3. Pendaftaran USN Jalur Mandiri

Selain kedua jalur di atas, Universitas Sembilanbelas November (USN) juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Mandiri. Jalur mandiri USN dikenal dengan sebutan SMMPTN atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Jalur ini juga merupakan jalur alternatif bagi kalian yang tidak lulus SNBP atau SNBT. Persiapkan diri lebih baik agar bisa lulus seleksi.

Bagi yang berminat silahkan daftarkan diri dengan mengikuti semua ketentuannya.

Registrasi Akun Peserta :
  1. Buka laman http://pmb.usn.ac.id dan pilih menu Jalur Mandiri.
  2. Setelah itu akan muncul Halaman Login, silahkan membuat akun dengan klik "Daftar Disini"
  3. Masukan Username (Nomor Handphone) dan Password. Lalu tekan tombol Registrasi Akun.
  4. Setelah akun aktif, selanjutnya lakukan Login.

Verifikasi Data Peserta :
  1. Buka laman http://pmb.usn.ac.id dan pilih menu Jalur Mandiri. Pada halaman Login gunakan Username dan Password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  2. Anda akan diarahkan menuju dashboard portal SMMPTN. Pilih menu Data Peserta Pada halaman Data Peserta, klik tombol Perbaharui Data. Isi kolom NISN, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Asal Sekolah, Jurusan, Alamat, dan Nomor Telephone. Sebelum menekan tombol Simpan Perubahan periksa kembali data anda dengan seksama.
  3. Silahkan unggah foto anda dengan menekan tombol Unggah Foto. Perhatikan ketentuan sebelum anda mengupload foto. Jika sudah faham silahkan unggah foto dengan menekan tombol Lampirkan Foto, lalu tekan tombol Simpan Foto.
  4. Periksa kembali data anda dengan seksama sebelum menekan tombol Validasi Data. Jika masih terdapat kesalahan silahkan Perbaharui Data dan jika sudah benar silahkan validasi data anda dengan menekan tombol Validasi Data.
  5. Setelah data di validasi, selanjutnya cetak slip pembayaran dengan menekan tombol Slip Pembayaran.
    • Silahkan anda melakukan pembayaran terlebih dahulu. Setelah itu, unggah atau upload bukti pembayaran sebelum melakukan pemilihan Program Studi dan Lokasi Ujian. Karena menu Pilihan Program Studi tidak akan muncul sebelum anda melakukan pembayaran. Perhatikan pula tanggal pembayaran yang harus dilakukan.
  6. Jangan lupa lakukan unggah/upload bukti pembayaran.

Pemilihan Program Studi dan Lokasi Ujian :
  • Buka laman http://pmb.usn.ac.id dan pilih menu Jalur Mandiri. Pada halaman Login gunakan Username dan Password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Anda akan diarahkan menuju dashboard portal SMMPTN. Pilih menu Pilihan Program Studi.
  • Pada halaman Pilihan Program Studi, silahkan isi kolom Pilihan 1, Pilihan 2, Pilihan 3, dan Pilih Jadwal Ujian. Setelah pilihan selesai di isi, selanjutnya simpan pilihan anda dengan menetakan tombol Simpan Permanen Pilihan.
  • Silahkan cetak Kartu Peserta Ujian dengan menekan tombol Cetak Kartu Ujian.

Cara Login :
  • Buka laman http://daftarmaba.usn.ac.id/depan/
  • Isikan username dan password lalu klik "Masuk"

Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat di cek di laman pmb.usn.ac.id

4. Pendaftaran KIP Kuliah

Bidikmisi kini telah berubah menjadi KIP-Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah. KIP-Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada siswa SLTA sederajat yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tetapi terkendala atau tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti keunggulan KIP Kuliah, cakupan, syarat mendaftar, tahapan pendaftaran, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah.


Itulah jalur-jalur seleksi masuk USN yang bisa dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru USN. Silahkan pilih sesuai keinginanmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi USN

Baca Juga Pendaftaran PTN di Sulawesi :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran Online USN Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga setelah membaca artikel ini kalian mendapatkan informasi yang ficari tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa dan salam sukses. Mari bantu berbagi atau share informasi ini pada rekan atau kerabat lainnya yang membutuhkan.