Cara Melihat Pengumuman SNBP 2024/2025

Cara Melihat Pengumuman SNBP 2024 -- Cara Melihat Pengumuman Hasil SNBP, Cara Melihat Pengumuman Kelulusan SNBP, Cara Melihat Pengumuman SNBP di Situs Resmi dan Situs Mirror PTN, Cara Melihat Nama Peserta Lulus SNBP. Cara Melihat Pengumuman Hasil Seleksi SNBP, Cara Melihat Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Undangan SNBP. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Cara Melihat Pengumuman SNBP 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi peserta SNBP yang akan segera melihat pengumuman SNBP. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Setelah melakukan pendaftaran SNBP, dan telah melalui proses seleksi, yang dinanti-nanti akan segera datang, yaitu Pengumuman SNBP. Pengumuman SNBP adalah penentu kelulusan peserta SNBP yang telah diseleksi oleh panitia.

Karena sebentar lagi pengumuman SNBP akan diumumkan, maka kalian harus menyiapkan diri baik secara mental dan juga secara administrasi.

Secara mental, kalian harus siap menerima apapun hasil yang diperoleh, apakah itu dinyatakan lulus SNBP atau tidak lulus SNBP. Yakinlah, apapun hasil yang didapatkan adalah yang terbaik untuk masa depan kalian.

Sedangkan persiapan secara administrasi, peserta harus menyiapkan nomor peserta yang digunakan untuk melakukan pengecekan kelulusan hasil SNBP. Selain itu, kalian juga harus menyiapkan laptop, modem, dan kuota internet untuk membuka situs resmi SNBP untuk melihat pengumuman SNBP.

Sebelum kalian melihat pengumuman SNBP, maka sebaiknya mengetahui tentang prinsip seleksi, tahapan seleksi, serta kriteria peserta yang akan diterima melalui jalur SNBP.

Prinsip seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:
  1. Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi akademik lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;
  2. Memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah.
  3. Menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Sedangkan seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi,
  2. Pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN 1 maka akan diseleksi di PTN 2 berdasar urutan prodi dan ketersediaan daya tampung.

Peserta diterima di PTN melalui jalur SNBP, jika:
  • Lulus satuan pendidikan;
  • Lulus SNBP tahun ini; dan
  • Lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Itulah prinsip, tahapan seleksi, dan kriteria penerimaan di PTN. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka dapat diprediksikan peserta seperti apa yang akan lulus SNBP.

Pada saat detik-detik pengumuman SNBP tiba, terkadang situs resmi SNBP menjadi error. Hal ini disebabkan karena pengguna situs (peserta SNBP) yang online bersamaan melebihi kapasitas sehingga situs menjadi error. Apabila hal tersebut terjadi, maka kalian harus bersabar menunggu hingga situs kembali normal.

Bacaan Penting : Situs Alternatif  Melihat Pengumuman SNBP

Pada saat pengecekan pengumuman, nama-nama peserta yang dinyatakan lulus dan yang dinyatakan tidak lulus dapat dilihat di situs resmi SNBP.

Untuk peserta SNBP yang merasa kebingunan bagaimana cara melihat pengumuman SNBP, nah tidak perlu khawatir. Disini admin akan membantu kalian dengan memberikan panduan cara melihat pengumuman SNBP. Langsung saja kita simak caranya berikut ini.

Sebagai pengingat bahwa pengumuman SNBP diumumkan secara online melalui web resmi.

Cara Melihat Pengumuman SNBP
  • Peserta membuka alamat https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Muncul tampilan kurang lebih seperti berikut ini (tampilan tahun sebelumnya)
http://www.pendaftaranonline.web.id/
  • Silahkan masukkan nomor pendaftaran dan tangal lahir seperti yang diperintahkan.
  • Kemudian masukkan tanggal lahir anda pada kolom yang ada
  • Lalu klik tombol "Lihat Hasil Seleksi"
  • Setelah itu muncul keterangan kelulusan peserta SNBP
  • Silahkan baca keterangan tersebut, apakah anda dinyatakan lulus SNBP atau tidak
  • Ingat! baca dengan teliti keterangan tersebut.

Itulah informasi mengenai cara melihat pengumuman SNBP. Semoga bisa mempermudah kalian dalam melihat pengumuman SNBP.

Catatan : Apabila ada perubahan cara melihat pengumuman SNBP di tahun ini, maka silahkan sesuaikan dengan yang ada di situs resmi.

Admin mengucapkan selamat untuk peserta yang dinyatakan lulus seleksi. Segera lakukan pendaftaran ulang di PTN penerima dengan melengkapi berkas pendaftaran ulang dan ikuti prosedur serta jadwal yang ditetapkan.

Ucapan terus berjuang, jangan menyerah, dan ikuti jalur mandiri atau kuliah di PTS, admin ucapkan untuk peserta SNBP yang dinyatakan tidak lulus SNBP tahun ini.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Cara Melihat Pengumuman SNBP. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan khususnya untuk peserta SNBP yang akan segera melihat pengumuman. Terima kasih telah membaca artikel sederhana ini, semoga kesuksesan bisa kita raih semuda mungkin. Aamiin.