Pengumuman Hasil SNBP di Laman Resmi 2024/2025

Pengumuman Hasil SNBP 2024 -- Pengumuman Hasil SNBP di Laman Resmi, Pengumuman Hasil SNBP, Pengumuman Kelulusan SNBP, Pengumuman Hasil Seleksi SNBP, Pengumuman Peserta Lulus SNBP, Pengumuman SNBP Undangan, Pengumuman Hasil SNBP Online di snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pengumuman Hasil SNBP di Laman Resmi 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi peserta SNBP yang telah diseleksi oleh panitia beberapa waktu yang lalu dan sebentar lagi akan segera melihat pengumumannya. Mari simak pembahasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Informasi ini merupakan kelanjutan dari informasi sebelumnya yang berjudul Pendaftaran SNBP, Pendaftaran Online SNBP dan Panduan Pendaftaran Online SNBP.

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi undangan masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, namun menggunakan nilai raport dan prestasi siswa.

Jalur SNBP tidak dapat diikuti oleh semua siswa, namun hanya siswa yang berprestasi yang dapat mengikuti seleksi jalur SNBP. Dengan kata lain bahwa jalur ini khusus untuk siswa-siswi berprestasi.

Kemudahan yang didapatkan dari seleksi jalur SNBP yaitu peserta tidak perlu mengikuti ujian / tes karena memang seleksinya dilakukan tanpa tes, namun menggunakan nilai raport dan prestasi siswa.

Siswa yang memiliki nilai raport baik dan berprestasi baik serta konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester maka berpeluang untuk lulus seleksi.

Perlu diketahui bahwa, ada beberapa kriteria penerimaan masuk ke PTN melalui jalur SNBP :
  • Lulus satuan pendidikan
  • Lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
  • Lulus SNBP tahun ini

Lulus satuan pendidikan, artinya siswa yang ingin diterima di PTN melalui jalur SNBP harus lulus dari tingkat SMA / SMK /  MA / sederajat. Meskipun siswa telah melakukan pendaftaran, namun syarat lulus dari satuan pendidikan harus dipenuhi.

Lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima, artinya siswa harus lulus verifikasi data yang dilakukan oleh panitia serta memenuhi persyaratan lain sesuai yang ditentukan oleh PTN penerima.

Lulus SNBP,  artinya siswa yang ingin diterima di PTN melalui jalur SNBP harus lulus dari seleksi SNBP. Bagian ini lah yang akan kita bahas kali ini.

Yang paling dinanti-nanti oleh peserta SNBP setelah proses seleksi yang dilakukan oleh panitia adalah pengumuman hasil SNBP.

Pengumuman hasil seleksi jalur SNBP akan diumumkan secara online melalui situs resmi Pengumuman SNBP pada tanggal yang telah ditentukan.

Dikarenakan pengumuman SNBP akan diumumkan secara online, maka peserta SNBP harus menyiapkan laptop dan kuota internet untuk browsing. Laptop yang digunakan harus tangguh, sedangkan kuota yang disediakan harus banyak dan memiliki kecepatan tinggi dan stabil.

Terkadang ada hal yang menjadi kendala ketika pengumuman SNBP tiba. Kendalan tesebut adalah situs resmi pengumuman SNBP yang tidak bisa diakses / sulit dibuka.

Hal yang menyebabkan itu terjadi adalah banyaknya peserta SNBP yang mengakses situs resmi SNBP secara bersamaan sehingga menyebabkan server down.

Apabila hal tersebut terjadi, maka peserta SNBT harus sabar menunggu hingga situs resmi SNBT kembali normal. Sebagia alternatif lainnya, peserta SNBP juga dapat melihat pengumuman hasil SNBP melalui laman mirror / situs mirror beberapa PTN.

Laman mirror PTN adalah situs resmi milik PTN yang telah ditunjuk secara resmi untuk turut membantu mengumumkan hasil resmi pengumuman SNBP. Hasil yang akan diperoleh dipastikan sama ketika peserta mengecek kelulusan di situs resmi ataupun di laman mirror PTN.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengumuman hasil SNBP di laman mirror dapat dibaca pada artikel berikut ini : Situs Alternatif Melihat Pengumuman SNBP

Selanjutnya, untuk peserta SNBP yang mungkin masih bingung bagaimana cara melihat pengumuman hasil SNBP, maka ditidak perli khawatir, disini admin akan membantu dengan memberikan cara melihat pengumuman hasil SNBP.

Sebagai pengingat bahwa pengumuman SNBP diumumkan secara online melalui web resmi.


Cara Melihat Pengumuman Hasil SNBP di Laman Resmi
  • Buka situs resmi pengumuman SNBP : https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Kemudian uncul halaman kurang lebih seperti di bawah ini (tampilan tahun sebelumnya)
http://www.pendaftaranonline.web.id/
  • Silahkan login menggunakan tanggal lahir dan nomor pendaftaran
  • Lalu klik tombol "lihat hasil seleksi"
  • Setelah login, anda akan menemukan keterangan yang berisikan pernyataan kelulusan
  • Baca keterangan tersebut, apakah anda dinyatakan lulus seleksi atau tidak

Itulah informasi tentang Pengumuman Hasil SNBP di Laman Resmi. Admin mengucapkan selamat kepada peserta SNBP yang dinyatakan lulus seleksi. Ucapan jangan menyerah dan harus terus berjuang admin berikan kepada peserta yang dinyatakan tidak lulus seleksi. Silahkan coba ikuti seleksi jalur mandiri atau kuliah di PTS ternama.

Pengumuman SNBP juga dapat dilihat pada artikel berikut :

Selanjutnya baca : Pendaftaran Ulang SNBP

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pengumuman Hasil SNBP di Laman Resmi. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk peserta SNBP.

Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami. Terima kasih telah membaca artikel ini. Good luck