Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN 2020/2021

Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN 2020 -- Update UTBK, Update SBMPTN, Proses Pendaftaran SBMPTN, Tes-Ujian-Seleksi SBMPTN, Pengumuman SBMPTN, Cara Mendaftar SBMPTN, Cara Melihat Pengumuman SBMPTN, Alur dan Tahapan Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN. Petunjuk dan Prosedur Pendaftaran, Ujian, Sampai Pengumuman SBMPTN, 2022. 2023.

Kali ini admin akan membagikan informasi tentang Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN 2020/2021. Informasi ini ditujukan bagi calon peserta SBMPTN yang akan melakukan pendaftaran ataupun untuk peserta SBMPTN yang telah melakukan pendaftaran dan akan mengikuti proses berikutnya. Nah, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Proses pendaftaran, Ujian, hingga pengumuman SBMPTN merupakan suatu rangkaian terurut yang harus dilalui oleh peserta SBMPTN untuk bisa diterima sebagai mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Peserta harus mengikuti prosedur tersebut dengan baik agar proses-proses yang dilalui dapat berjalan lancar.

Berikut admin sampaikan penjelasan selengkapnya mengenai Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN. Silahkan disimak dengan baik.

1. Proses Pendaftaran SBMPTN

Proses pendaftaran SBMPTN merupakan proses awal yang harus dilakukan oleh calon peserta SBMPTN. Calon peserta melakukan pendaftaran SBMPTN secara online melalui alamat resmi pendaftaran SBMPTN.

Sebelum melakukan pendaftaran SBMPTN, maka baca terlebih dahulu informasi seputar persyaratan, jadwal, biaya pendaftaran, daftar PTN, dan lain-lain pada artikel berikut :
Karena pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online, maka sebaiknya anda mempersiapkan dua hal berikut ini :
  • Laptop / PC yang lancar untuk dioperasikan
  • Kecepatan koneksi internet yang stabil dan cepat

Dua hal tersebut menjadi hal yang perlu untuk disiapkan saat proses pendaftaran SBMPTN karena akan memberikan pengaruh dalam kelancaran proses pendaftaran online SBMPTN.

Setelah anda menyiapkan dua hal di atas, maka selanjutnya dapat melakukan pendaftaran SBMPTN dengan tahapan / alur sebagai berikut :

Ingat, sebelum mendaftar SBMPTN, harus memiliki akun LTMPT. Baca Informasinya :
Registrasi Akun LTMPT untuk Mendaftar SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN


    Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu tipe A dan tipe B. Berikut penjelasannya.

    1. Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A

    Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A (Pendaftaran Berbayar) diperuntukkan bagi pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK.

    Tahapan / Alur Pendaftaran UTBK SBMPTN Tipe A :
    1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun LTMPT
    2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
    3. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A.
    4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
    5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
    6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Berbayar, lakukan tahapan berikut:
      • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP KuliahJika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id
      • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
    7. Mencetak Slip Pembayaran untuk membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN.
    8. Membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN melalui salah satu bank mitra LTMPT, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN menggunakan Nomor Slip Pembayaran yang sudah dimiliki dalam kurun waktu maksimum 2 x 24 jam sesuai yang tercetak dalam Slip Pembayaran. Lihat dan baca petunjuk tata cara pembayaran di laman https://www.ltmpt.ac.id. Jika batas waktu 2 x 24 jam terlewati, siswa harus mengulang proses pendaftaran dari awal.
    9. Setelah melakukan pembayaran biaya mengikuti UTBK-SBMPTN, siswa harus login kembali menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman  https://portal.ltmpt.ac.id untuk menuntaskan proses pendaftaran UTBK-SBMPTN.
    10. Mengisi jenis jurusan SMTA.
    11. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Politeknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
    12. Mengunggah portofolio (bagi yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio)
    13. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
    14. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

    2. Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B

    Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B (Pendaftaran Tidak Berbayar) diperuntukkan khusus untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud

    Tahapan / Alur Pendaftaran UTBK SBMPTN Tipe B :
    1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun LTMPT
    2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id
    3. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B.
    4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
    5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
    6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Gratis, lakukan tahapan berikut:
      • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP KuliahJika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id
      • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
    7. Mengisi jenis jurusan SMTA
    8. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Politeknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
    9. Mengunggah portofolio (bagi yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio)
    10. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
    11. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

    Alur pendaftaran SBMPTN rinci / detail dapat anda baca selengkapnya pada artikel berikut ini :

    2. Mengikuti Ujian SBMPTN

    Ujian SBMPTN pada peraturan sekarang telah ditiadakan. Ujian SBMPTN telah diganti dengan UTBK.

    Kalau dulu, ada ujian SBMPTN. Namun sekarang sudah tidak ada lagi.

    3. Melihat Pengumuman SBMPTN

    Pengumuman SBMPTN adalah penentu kelulusan peserta SBMPTN. Pengumuman SBMPTN akan diumumkan secara online melalui situs resmi SBMPTN dan situs mirror beberapa PTN.

    Cara melihat pengumuman SBMPTN dapat dilihat pada artikel berikut ini. Silahkan kunjungi masing-masing artikel sesuai kebutuhan anda :

    Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Proses Pendaftaran, Ujian, Hingga Pengumuman SBMPTN. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan arahan bagi anda dalam melakukan pendaftaran, hingga melihat pengumuman.

    Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga harapan anda untuk diterima di PTN melalui jalur SBMPTN bisa terwujudkan. Amin. Cukup sekian dan semoga sukses selalu.

    Mari turut berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan agar mereka bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Jangan lupa pula untuk menyukai halaman web kami. Thanks.