Pendaftaran Jalur Mandiri UNM 2024/2025 (pmbm.unm.ac.id)

Pendaftaran Jalur Mandiri UNM 2024 -- pmbm.unm.ac.id, Pendaftaran Jalur Mandiri UNM D3 - D4 - S1, Seleksi Jalur Mandiri Masuk UNM, Pendaftaran UNM Jalur Mandiri, Pendaftaran Jalur Mandiri UNM Makassar, Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri UNM, Kapan Pendaftaran Jalur Mandiri UNM Dibuka, Persyaratan Pendaftaran, Cara Mendaftar, Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah Jalur Mandiri, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNM Jalur Mandiri, Penerimaan MaBa UNM. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Jalur Mandiri UNM 2024/2025 (pmbm.unm.ac.id). Informasi ini ditujukan bagi para lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di UNM yang masuk melalui jalur mandiri. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Universitas Negeri Makassar atau yang dikenal dengan sebutan UNM adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama yang ada di Indonesia yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan.

UNM menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Nah, untuk siswa-siswi lulusan SMA / MA / sederajat yang ingin menempuh pendidikan di UNM, maka dapat memilih jenjang pendidikan Diploma atau Sarjana.

Dalam melakukan penerimaan calon mahasiswa baru jenjang Diploma atau Sarjana, UNM membuka jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri. 

Jalur seleksi nasional yang dibuka oleh UNM yaitu jalur SNBP dan jalur SNBT. Kedua jalur tersebut dibuka lebih dulu dibanding dengan jalur mandiri. SNBP dibuka sekitar bulan Januari, dan kemudian dilanjutkan jalur SNBT yang dibuka sekitar bulan Juni. Namun untuk pastinya, dapat dilihat sesuai jadwal yang ada saat ini.

SNBP ini merupakan jalur tanpa tes yang dapat diikuti oleh siswa-siswi berprestasi. Sedangkan jalur SNBT merupakan jalur tes yang dapat diikuti oleh siswa yang berprestasi ataupun tidak berprestasi di sekolahnya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai jalur SNBP dan SNBT dapat ditemukan langsung pada artikel di berikut : Pendaftaran Online SNBP dan Pendaftaran Online SNBT.

Bagi kalian yang telah mencoba mengikuti seleksi jalur SNBP ataupun SNBT tetapi belum juga lulus dari seleksi, maka dapat mengikuti jalur seleksi terakhir yang dibuka oleh UNM. Dalam hal ini, UNM memberikan kesempatan terakhir bagi calon mahasiswa barunya untuk mendaftar di jalur mandiri.

Jalur mandiri UNM dibuka untuk memberikan kesempatan bagi kalian semua yang sangat menginginkan untuk masuk ke UNM. Seleksinya dilakukan melalui tes. Jadi kalian harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tes tersebut. Belajarlah dengan semaksimal mungkin.

UNM juga membuka jalur mandiri prestasi yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa berprestasi semasa duduk di bangku sekolah. Prestasi yang bisa diajukan seperti tahfidz qur’an, berprestasi akademik di sekolah, atau memiliki prestasi tingkat nasional atau internasional.

Untuk bisa mendaftar dijalur mandiri UNM, tentunya kalian harus bisa memenuhi semua persyaratan pendaftaran, serta harus mendaftar sesuai alur dan jadwal yang telah ditentukan, dan juga mengikuti semua ketentuan lainnya.

Disini admin telah merangkum informasi pendaftaran jalur mandiri UNM mulai dari persyaratan pendaftaran, persyaratan tambahan bagi calon peserta jalur prestasi, portofolio yang harus diupload pada saat pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, serta biaya pendaftaran. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak di bawah ini.

Pendaftaran Jalur Mandiri UNM (pmbm.unm.ac.id)

A. Persyaratan Pendaftaran
  1. Siswa SMA / MA / SMK / Sederajat lulusan tahun kemaren dan kemarennya lagi sudah harus memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA / MA / SMK / Sederajat lulusan tahun ini memiliki ijazah / Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah.
  3. Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  4. Memilih satu program studi yang ditawarkan.
  5. Bagi peserta yang memilih program jalur prestasi wajib mengunggah dokumen portofolio berupa setifikat dan / atau keterangan yang menjelaskan prestasi

Tambahan Persyaratan Bagi Calon Peserta Jalur Prestasi Tahfidz Qur’an :
  1. Telah menghafal Qur’an minimal 15 Juz dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan sekolah / madrasah / pesantren / pondok
  2. Memiliki prestasi akademik sekolah yang baik dibuktikan dengan nilai rapor dari kelas X hingga XII

Tambahan Persyaratan Bagi Calon Peserta  Jalur Prestasi lain :
  1. Memiliki prestasi tingkat nasional atau internasional dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan berprestasi
  2. Memiliki prestasi akademik sekolah yang baik dibuktikan dengan nilai rapor dari kelas X hingga XII

B. Persiapan Portofolio untuk diupload pada saat Pendaftaran :
  1. File foto warna bertipe .JPG dengan besar file maksimal 1 Mbyte, dimensi file tidak lebih 600×800 pixels
  2. Untuk jalur Prestasi, Ijasah/Surat keterangan tahfidz atau prestasi lain di scan kedalam file bertipe .JPG dengan besar file maksimal 1 Mbyte
  3. Untuk jalur Prestasi, Fotocopy rapor semester 1 s.d. 5 terlegalisir dari pimpinan sekolah/pesantren discan kemudian dikompresi dalam 1 file .ZIP dengan besar file maksimal 3 Mbyte

C. Pendaftaran

Pendaftaran jalur seleksi mandiri UNM dilakukan secara online melalui laman http://daftar-pmbm.unm.ac.id/ sesuai dengan alur dan jadwal yang telah ditetapkan. 

D. Tata Cara Pendaftaran
  1. Calon peserta mengakses alamat http://daftar-pmbm.unm.ac.id/
  2. Kemudian klik pada tombol :"Permintaan KAP dan PIN - Klik Disini"
  3. Lalu mengisi Formulir Kode Akses yang berupa : nama peserta, nomor induk kependudukan / NIK (terdapat pada KTP, kartu kerluarga), tanggal lahir, nama ibu kandung serta pilihan Jalur dan memasukkan rangkaian 3 huruf pengaman yang tampil pada laman
  4. Klik tombol Cetak untuk menampilkan kode bayar, KAP dan PIN, cetak dan simpan baik-baik untuk digunakan saat melengkapi formulir pendaftaran
  5. Bayarlah uang pendaftaran melalui Bank BNI sebelum tanggal penutupan dengan memperlihatkan KODE BAYAR pada teller bank
  6. Setelah membayar, Loginlah pada laman http://daftar-pmbm.unm.ac.id/ menggunakan pasangan KAP dan PIN untuk melengkapi data pendaftaran
  7. Upload foto anda, dengan ketentuan file photo bertipe JPG dengan besar file maksimal 1 Mbyte dan dimensi photo tidak lebih dari 600x800 pixel
  8. Klik lanjut untuk melengkapi data formulir personal anda
  9. Isikan data pendidikan anda
  10. Isikan program studi yang anda minati
    • Jika memilih jalur prestasi, maka harus mengupload dan mengisi inputan keterangan prestasi dan nilai rapor
  11. Klik lanjut untuk melihat kembali semua isian yang telah dimasukkan, jika terdapat kesalahan klik masing tombol Edit untuk melakukan perbaikan data
  12. Jika semua data sudah benar, silahkan lanjut dengan mengklik tombol Cetak Kartu, cetaklah kartu peserta anda

E. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran biasanya dibuka di bulan awal Juli. Namun kalian harus bersiap-siap sejak bulan Juni. Siapa tahu dibuka di bulan Juni. Untuk kepastiannya, cek langsung di website resmi UNM.

F. Biaya Pendaftaran dan Biaya Kuliah

Biaya pendaftaran jalur mandiri UNM terbagi menjadi 2, yaitu untuk jalur mandiri reguler sekitar Rp. 400.000,- sedangkan untuk jalur mandiri prestasi sekitar Rp. 200.000,-. Pembayaran dilakukan melalui Bank BNI. Besarnya biaya tersebut dapat berubah sesuai ketentuan. Untuk kepastiannya silahkan cek langsung di website resmi UNM.

Sedangkan biaya kuliah UNM menggunakn sistem UKT. UKT pada jalur mandiri secara umum lebih mahal dibandingkan dengan UKT pada jalur SNBP dan SNBT. Informasi biaya kuliah dapat ditemukan pada www.biayakuliah.web.id

Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri UNM. Untuk informasi lainnya yang dibutuhkan silahkan cek di website resmi UNM. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, silahkan ikuti yang ada di website resmi UNM.

Selain jalur seleksi mandiri tersebut, UNM juga membuka jalur seleksi nasional (SNBP dan SNBT) yang mana informasinya telah di bahas pada artikel Pendaftaran Online UNM.

Sumber : pmbm.unm.ac.id

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran Jalur Mandiri UNM (pmbm.unm.ac.id). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih atas waktunya dan ayo berbagi pada yang lain. Cukup sekian dan salam sukses.