Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri UPI 2024/2025 (pmb.upi.edu)

Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri UPI 2024 -- pmb.upi.edu, Pendaftaran Seleksi Mandiri UPI D3 & S1, Pendaftaran SM UPI, Pendaftaran PPA-D3 UPI, Pendaftaran Jalur Mandiri UPI, Pendaftaran Ujian Mandiri UPI, Pendaftaran UPI Bandung Jalur Mandiri, Jadwal Jalur Mandiri UPI, Persyaratan Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri UPI, Pendaftaran Online UPI Jalur Mandiri. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri UPI 2024/2025 (pmb.upi.edu). Informasi ini ditujukan bagi kalian semua lulusan SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke UPI dan ingin masuk melalui jalur seleksi mandiri. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.pendaftaranonline.web.id/

Universitas Pendidikan Indonesia atau yang kita kenal dengan nama UPI merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama yang ada di Indonesia yang berlokasi di Bandung.

UPI menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Diploma, Sarjana, Pascasarjana, serta program profesi. Nah, bagi kalian siswa-siswi lulusan SLTA sederajat dapat menempuh pendidikan di UPI pada jenjang Diploma atau Sarjana.

Untuk jenjang Diploma 3 (D3) masa studinya 3 tahun atau 6 semester, sedangkan untuk masa studi jenjang Sarjana (S1) yaitu 4 tahun atau 8 semester. 

Dalam melakukan penerimaan calon mahasiswa baru, UPI membukanya di setiap tahun ajaran baru, yang dimulai sekitar bulan Januari hingga Juli. Adapun jalur seleksi yang bisa diikuti oleh siswa-siswi lulusan SLTA sederajat sebagai calon mahasiswa UPI yaitu jalur SNBP, jalur SNBT, jalur Prestasi Istimewa, serta jalur seleksi mandiri.

Dari banyaknya jalur seleksi yang dibuka tersebut, kalian bisa mengikuti salah satunya saja. Namun apabila telah mengikuti salah satu jalur seleksi tetapi dinyatakan tidak lulus pada saat pengumuman, maka dapat mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka. 

Tidak harus menunggu pengumuman kelulusan jalur sebelumnya untuk bisa mengikuti jalur seleksi berikutnya yang telah dibuka saat ini. Langsung daftarkan diri saja jika kalian kurang yakin dengan hasil kelulusan jalur seleksi sebelumnya. Namun jika masa pendaftaran jalur berikutnya masih panjang, tunggulah dulu pengumuman jalur sebelumnya agar lebih pasti.

Nah, untuk jalur seleksi yang pertama dibuka oleh UPI yaitu jalur seleksi SNBP. Jalur tersebut diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi, dan merupakan jalur tanpa tes. Kemudian jalur berikutnya yang dibuka adalah jalur SNBT yang merupakan jalur seleksi melalui tes tertulis berbasis komputer. Dan yang terakhir adalah jalur seleksi mandiri, baik mandiri tertulis atau mandiri prestasi yang dibuka hampir bersamaan.

Bagi kalian yang berpretasi, maka bisa mengikuti jalur SNBP. Jika tidak lulus maka bisa mengikuti jalur SNBT, dan apabila tidak lulus juga masih bisa mengikuti jalur seleksi mandiri tertulis atau mandiri prestasi. Sedangkan bagi kalian yang tidak berprestasi di bangku sekolah, maka dapat mengikuti jalur seleksi SNBT, dan jalur seleksi mandiri tertulis.

Melalui jalur-jalur seleksi tersebutlah kalian bisa masuk ke UPI untuk menjadi mahasiswa disana. Oleh karena itu, kalian harus mempersiapkan diri untuk mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Jika kalian telah mengikuti jalur seleksi nasional namun dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti jalur seleksi mandiri UPI.

Jalur seleksi mandiri UPI merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dikelola secara langsung oleh pihak UPI. Jalur seleksi mandiri ini bisa menjadi jalur alternatif terakhir bagi kalian. Jadi, mengoptimalkan kesempatan ini.

Kalian bisa mempersiapkan diri dengan cara belajar membahas soal-soal tes masuk UPI tahun sebelumnya bersama teman atau sendiri, atau belajar di tempat kursus atau privat. Dengan persiapan yang optimal, mudah-mudahan keinginan untuk lulus dari jalur seleksi mandiri UPI dapat terwujudkan. Aamiin.

Untuk bisa mendaftarkan diri pada jalur seleksi mandiri UPI, maka kalian juga harus mempersiapkan syarat pendaftaran, serta mendaftar sesuai alur dan jadwal yang telah ditentukan, dan mematuhi aturan lainnya. Berikut ini admin telah merangkum informasi terkait pendaftaran jalur seleksi mandiri UPI. Silahkan disimak dengan baik.

Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri UPI (pmb.upi.edu)

Seperti yang telah disebutkan sedikit dibagian atas, bahwa jalur seleksi mandiri UPI untuk penerimaan calon mahasiswa baru terbagi menjadi jalur prestasi istimewa dan jalur seleksi mandiri, berikut penjelasannya.

I. Pendaftaran Jalur Prestasi Istimewa

Jalur Prestasi Istimewa (PI) merupakan jalur seleksi yang ditujukan bagi siswa-siswi yang memiliki prestasi istimewa yang ditunjukan melalui karya seni atau teknologi monumental yang mendapat pengakuan masyarakat atau berupa prestasi akademik maupun non-akademik pada kompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

A. Persyaratan Pendaftaran

1. Persyaratan Umum

Peserta PI harus memenuhi persyaratan umum sebagai berikut:
  1. Lulusan SMA / MA / SMK / Paket C yang lulus 3 tahun terakhir (lulusan tahun ini, tahun kemaren, dan tahun kemarennya lagi)
  2. Siswa memiliki karya seni atau teknologi monumental yang mendapatkan pengakuan masyarakat, siswa hafidz Al-Qur’an minimal 15 Juz, atau memiliki prestasi juara berupa medali pada olimpiade, kejuaraan, atau MTQ tingkat Provinsi, Nasional atau Internasional.
  3. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya.

2. Persyaratan Khusus

Peserta PI harus memenuhi persyaratan khusus sebagai berikut:
  1. Pendaftar yang memilih program studi Pendidikan IPA (International Program on Science Education / IPSE) mampu berbahasa Inggris secara aktif (perkuliahan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris).
  2. Pendaftar yang memilih program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam mampu membaca Alqur’an.
  3. Pendaftar yang memilih program studi Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, Film dan Televisi, Pendidikan Kimia, atau Kimia tidak buta warna parsial dan tidak buta warna total.

B. Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website PMB UPI di alamat pmb.upi.edu.

C. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran jalur prestasi istimewa UPI dibuka sekitar bulan Juni hingga Juli. Untuk kepastiannya, silahkan cek di website resmi

II. Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri UPI

A. Persyaratan Pendaftaran

1. Persyaratan Umum

Peserta SM UPI harus memenuhi persyaratan umum sebagai berikut:
  1. Lulusan SMA / MA / SMK / Paket C yang lulus 3 tahun terakhir (lulusan tahun ini, tahun kemaren, dan tahun kemarennya lagi)
  2. Memiliki sertifikat nilai UTBK LTMPT tahun ini
  3. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya.

2. Persyaratan Khusus

Peserta SM UPI harus memenuhi persyaratan khusus sebagai berikut:
  1. Pendaftar yang memilih program studi Pendidikan IPA (International Program on Science Education / IPSE) mampu berbahasa Inggris secara aktif (perkuliahan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris).
  2. Pendaftar yang memilih program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam mampu membaca Alqur’an.
  3. Pendaftar yang memilih program studi Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, Film dan Televisi, Pendidikan Kimia, atau Kimia tidak buta warna parsial dan tidak buta warna total.

B. Ketentuan Umum

Seleksi mandiri UPI diselenggarakan dengan menggunakan data nilai UTBK tahun ini, Tes Psikologi Bidang Minat dan Tes Terpadu.

C. Pendaftaran

Pendaftaran seleksi mandiri UPI dilakukan secara online melalui alamat pmb.upi.edu. Terlebih dahulu, calon peserta harus membaca panduan yang ada di web tersebut.

D. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran dibuka sekitar bulan Juli hingga Juli. Untuk kepastian silahkan cek di website resmi

III. Pendaftaran PPA-D3 UPI

A. Tujuan

Jalur PPA-D3 merupakan jalur seleksi mandiri UPI melalui Penjaringan Prestasi Akademik (PPA) untuk menerima para lulusan SLTA sederajat yang ingin menempuh pendidikan jenjang Diploma 3 (D3) sesuai dengan minat dan kemampuannya.

B. Dokumen Persyaratan

Berikut adalah dokumen persyaratan yang harus dikirim melalui POS:
  1. Printout hasil pendaftaran secara online
  2. Fotokopi raport semester 1,2,3,4, dan 5 yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah.
  3. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  4. Surat Keterangan Kesehatan dari Puskesmas / Rumah Sakit Pemerintah.
  5. Fotokopi bukti transfer pembayaran biaya pendaftaran.
  6. Fotokopi Sertifikat atau Piagam yang relevan yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah bagi yang memiliki.
  7. Surat Pernyataan dari Orang tua / Wali

C. Syarat Khusus Program Studi

1. FPIPS

Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi D3 Survey Pemetaan dan Informasi Geografis adalah siswa kelas III SMA / MA / SMK semua jurusan dan harus menyertakan surat keterangan TIDAK BUTA WARNA dari Puskesmas / Rumah Sakit Pemerintah.

2. UPI Kampus Sumedang

Calon mahasiswa Program Studi Keperawaratan D3 adalah siswa kelas III SMA / MA / SMK semua jurusan dan harus menyertakan surat keterangan TIDAK BUTA WARNA dari dokter dan akan melaksanakan tiga tahap meliputi seleksi tahap 1 prestasi akademik, seleksi psikotes dan tes kesehatan setelah dinyatakan lulus seleksi seleksi tahap 1.

D. Alur Pendaftaran

1. Ambil Kode Bayar
  • Isikan data yang diminta untuk memperoleh kode bayar.

2. Driving School Website Template
  • Membayar biaya pendaftaran
  • Setelah anda memperoleh kode bayar, silahkan anda membayar ke BNI terdekat unruk memperoleh PIN.

3. Driving School Website Template
  • Melengkapi Biodata
  • Lengkapi biodata dengan cara login menggunakan kode bayar dan PIN anda, sampai memperoleh nomor seleksi dan cetak kartu peserta

E. Ketentuan Pendaftaran
  • Yang dapat mendaftarkan diri adalah siswa SMA / MA / SMK kelas III yang memiliki peringkat 15 terbaik di kelasnya, atau siswa yang memiliki prestasi khusus yang relevan dengan program studi yang dituju dan ditunjukkan dalam bentuk piagam atau sertifikat yang dilegalisasi Kepala Sekolah.
  • Setiap siswa hanya boleh mengajukan SATU PILIHAN program studi.
  • Pendaftaran hanya dilakukan secara online pada websites http://pmb.upi.edu
  • Berkas pendaftaran dikirim melalui pos ke sekretariat PMB UPI Direktorat Akademik UPI Jl. Dr. Setiabudhi No.229 Bandung 40154.
  • Membayar biaya pendaftaran
  • Seluruh dokumen dikirimkan sesuai jadwal
  • Biaya pendaftaran dan biaya tes khusus harus dibayarkan sekaligus melalui Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Kantor Cabang Utama Perguruan Tinggi Bandung dengan Nomor Bayar.
  • Hasil seleksi Undangan Mandiri akan diumumkan melalui website www.pmb.upi.edu

Itulah informasi mengenai penerimaan calon mahasiswa baru jalur seleksi mandiri UPI jenjang Diploma dan Sarjana. Untuk informmasi lain yang dibutuhkan silahkan cek langsung di website resmi. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.

Selain jalur seleksi mandiri seperti yang dijelaskan di atas, UPI juga membuka jalur SNBP dan SNBT yang informasinya telah dirangkum pada artikel Pendaftaran Online UPI (Universitas Pendidikan Indonesia).

Sumber : pmb.upi.edu


Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri UPI (pmb.upi.edu). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih atas waktunya. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman. Cukup sekian dan salam sukses.