Pendaftaran Jalur Prestasi Masuk PTN, PTKIN, POLTEK 2024/2025

Jalur Prestasi Masuk PTN, PTKIN, POLTEK 2024 -- Daftar Kuliah Jalur Prestasi ke PTN, PTKIN, POLTEK, Pendaftaran Online Jalur Undangan Masuk PTN, PTKIN, POLTEK, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi PTN, PTKIN, POLTEK, Pendaftaran Jalur Khusus Siswa Berprestasi, Cara Mengikuti Seleksi Jalur Prestasi PTN, Pendaftaran Jalur Tanpa Tes Tertulis, Jalur SNBP, Jalur SPAN-PTKIN, Jalur SNMPN, 2026. 2027.

Kali ini akan memberikan informasi yang menggembirakan untuk kalian, khususnya para siswa yang berprestasi yaitu Pendaftaran Jalur Prestasi Masuk PTN, PTKIN, POLTEK 2024/2025. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari ikuti pembahasannya berikut ini.


Sebagian besar siswa yang duduk di kelas XII mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, terutama yang berstatus negeri. Mereka berharap bisa masuk dan diterima di perguruan tinggi yang selama ini diimpikan.

Untuk bisa masuk dan diterima di perguruan tinggi, terutama yang berstatus negeri, tentunya harus melalui proses seleksi terlebih dahulu. Sebelum mengikuti seleksi, kalian harus mendaftarkan diri terlebih dahulu mengikuti jalur seleksi yang dibuka oleh perguruan tinggi tersebut.

Jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi yang berstatus negeri, yaitu jalur seleksi nasional dan jalur mandiri :
  • Jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu SNBP dan SNBT
  • Jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik Negeri (Poltek Negeri) yaitu SNBP dan SNBT
  • Jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yaitu SPAN PTKIN dan UM PTKIN

Sedangkan jalur mandirinya biasanya terdiri dari jalur mandiri ujian tertulis dan jalur mandiri undangan, serta di beberapa kampus ada jalur mandiri kerjasama.

Dari beberapa jalur yang telah disebutkan di atas, yang termasuk dalam jalur prestasi yaitu jalur SNBP, SNMPN, dan jalur SPAN PTKIN.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi.

Jalur prestasi merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa-siswi terbaik di Sekolah untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi tanpa ujian tertulis, namun seleksinya didasarkan pada prestasi yang dimiliki siswa.

Calon pesertanya pun hanya siswa berprestasi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut.

Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, bahwa jalur prestasi ini merupakan jalur yang paling banyak pesertanya. Hal tersebut terlihat dari peserta tahun sebelumnya yang mencapai ratusan ribu. Mereka semua adalah siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolah. 

Beberapa kelebihan yang didapatkan melalui jalur prestasi yaitu peserta tidak perlu mengikuti seleksi ujian tertulis, karena seleksinya didasarkan pada nilai rapor siswa dan prestasi lain yang relevan.

Selain itu, peserta jalur prestasi tidak perlu mengeluarkan biaya seleksi, karena biaya seleksi telah ditanggung oleh panitia penyelenggara.

Agar lebih memahami mengenai jalur prestasi, langsung saja kita akan membahas masing-masing Jalur Prestasi Masuk PTN, PTKIN, POLTEK yang telah disebutkan di atas, simak informasi selengkapnya dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran Jalur Prestasi Masuk PTN dan Poltek : SNBP

SNBP atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur prestasi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia yang seleksinya didasarkan pada nilai raport siswa dan prestasi lain yang relevan. 

Untuk kalian yang berprestasi dan berminat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti UNSRI, UGM, UPI, ITB, UI, IPB, UNY, USU, UNESA, UNIMED, UNTAN, UNPAD, UNDIP, atau PTN lainnya, silahkan mengikuti seleksi jalur SNBP.

Sedangkan untuk kalian yang berprestasi dan ingin menempuh pendidikan vokasi melalui Politeknik Negeri, silahkan mengikuti seleksi jalur prestasi melalui jalur SNBP ini. Kalian bisa memilih berbagai Politeknik Negeri se-Indonesia, misalnya POLSRI, POLMED, POLINEMA, POLIJE, PPNS, PENS, PNJ, atau Politeknik Negeri lainnya. 

Pendaftarannya dilakukan secara online melaui website resminya. Pendaftaran diawali oleh kepala sekolah sebagai pemberi rekomendasi pendaftaran, dan siswa sebagai calon peserta SNBP.

Persyaratan Pendaftaran SNBP untuk Sekolah
  1. SMA / MA / SMK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  2. Ketentuan akreditasi:
    • akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya
    • akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya; dan
    • akreditasi C dan lainnya : 5% terbaik di sekolahnya.
  3. Mengisi data di PDSS. Data siswa yang diisikan hanya yang eligibel sesuai dengan ketentuan

Persyaratan Pendaftaran SNBP untuk Siswa
  1. Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNBP adalah:
  2. Siswa SMA / MA / SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun ini yang memiliki prestasi unggul.
  3. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  4. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS.
  5. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS oleh pihak sekolah.
  6. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. 

Keterangan lain lebih lengkap mengenai SNBP seperti tata cara pendaftaran, jadwal, alur, kriteria penerimaan SNBP, daftar PTN, dan lain-lain bisa dibaca pada artikel kami yang berjudul : 

Untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, silahkan mengikut seleksi KIP Kuliah SNBP. Informasinya baca di Pendaftaran KIP Kuliah.

2. Pendaftaran Jalur Prestasi Masuk PTKIN : SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur prestasi masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se-Indonesia seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Seleksi jalur SPAN-PTKIN ini juga sama seperti pada jalur SNBP, yaitu didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain yang relevan.

Bagi kalian yang berprestasi dan memiliki keinginan untuk kuliah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seperi UIN Malang, UIN Jakarta, UIN Raden Fatah, UIN Sunan Kali Jaga, UIN Sunan Gunung Jati, UIN Sultan Syarif Khasim Hidayatullah, atau PTKIN lainnya, silahkan mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN. 

Pendaftaran SPAN-PTKIN ini dilakukan secara online melalui alamat website resminya. Kepala sekolah yang akan memberikan rekomendasi pendaftaran untuk siswa-siswi terbaiknya. Nantinya siswa melanjutkan proses pendaftaran untuk melengkapi data.

Untuk calon peserta dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan dengan mendaftar KIP Kuliah Kemenag. Temukan informasinya pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

Persyaratan Pendaftaran SPAN-PTKIN untuk Sekolah
  1. Siswa SMA / SMK / MA / MAK / Pesantren Mu'adalah kelas terakhir pada tahun ini.
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah / Madrasah.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

Informasi lain yang berkaitan dengan SPAN-PTKIN seperti tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal, daftar PTKIN, dan lainnya bisa dibaca pada artikel kami yang berjudul :

Demikianlah serangkaian informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Jalur Prestasi Masuk PTN, PTKIN, POLTEK. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin masuk PTN melalui jalur prestasi.


Admin turut mendoakan semoga kalian lulus seleksi. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan untuk membaca artikel ini, sekian dari admin dan salam sukses. Ayo bagikan artikel ini dan sukai juga halaman web kami.