Pendaftaran Online POLITAP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.politap.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLITAP Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online Politap, PMB Politap / Polinka / Poltek Ketapang, Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Ketapang, Penerimaan Maba Politap, Pendaftaran D3/D4 Politap, Jalur SNBP, Jalur SNBT, PCMB, USM, Bidikmisi, KIP Kuliah, Pendaftaran Politeknik Negeri Ketapang. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online POLITAP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang ingin mendaftar kuliah di Politap. Dengan adanya informasi ini semoga bisa memberikan gambaran awal untuk kalian yang ingin kuliah di Politeknik Negeri Ketapang. Langsung saja simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Negeri Ketapang atau yang disingkat dengan nama Politap adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang terletak di Jalan Rangge Sentap, Dalong, Sukaharja, Kalimantan Barat, Indonesia.

Sejarah singkat awal berdirinya Politeknik Negeri Ketapang yang dikuti langsung dari website resminya yaitu "Politap dirintis pendiriannya pada tanggal 12 Pebruari 2006 berdasarkan Kesepakatan Bersama Nomor: 425.1/Ekbangsos-C dan Nomor: 03/YPI-KTP/B/02/2006 yang ditandatangani antara Bupati Kabupaten Ketapang (H. Morkes Effendi, S.Pd. MH) dengan Ketua Yayasan Pangeran Iranata Ketapang (Abdulbad H.A.Rani,S.Pd. S.Ap).

Legalitas operasional pendirian dan pembukaan program studi di POLITAP didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 66/D/O/2008 tanggal 8 April 2008, sedangkan legalitas institusional pendirian POLITAP ditetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Ketapang Nomor: 17 Tahun 2009 tanggal 15 Mei 2009".

Beberapa program studi yang ada di Politeknik Negeri Ketapang yaitu :

Jurusan Teknik Pertambangan terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Pertambangan
  • D3 Teknik Pertambangan

Jurusan Pengelolaan Hasil Perkebunan terdiri dari program studi :
  • D3 Agroindustri
  • D3 Teknologi Hasil Perkebunan
  • D4 Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan
  • D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan
  • D4 Budidaya Tanaman Perkebunan

Jurusan Perawatan dan Perbaikan Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 Pemeliharaan Mesin
  • D3 Perawatan dan Perbaikan Mesin

Jurusan Teknik Elektro terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Listrik
  • D3 Teknik Elektro

Jurusan Teknik Informatika terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Informasi
  • D3 Teknik Informatika

Jurusan Teknik Sipil terdiri dari program studi :
  • D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan
  • D4 - Teknik Sipil

Dari informasi di atas terutama dilihat dari program studi yang ada tersebut, mungkin salah satunya ada yang diminati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Ketapang dan pilih program studi tersebut saat mendaftar.

Berikut ini admin sampaikan informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Politeknik Negeri Ketapang (Politap) yang dapat kalian ikuti.

A. Pendaftaran Online Politap Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke perguruan tinggi negeri yang mana seleksinya dilakukan berdasarkan prestasi siswa terutama yang dilihat dari nilai rapor.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Bagi yang ingin mendaftar jalur SNBP harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah itu akan diberi kode akses berupa username dan password yang dapat digunakan untuk login. Setelah login dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga selesai.

Biaya pendaftaran SNBP gratis, sehingga calon peserta tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran tersebut.

Informasi lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran, panduan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlahpilihan program studi, daftar perguruan tinggi negeri, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran Online Politap Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT ini dibuka untuk para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat maksimal lulusan maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi SNBT. Namun apabila mengalami kesulitan, dapat meminta batuan pada pihak sekolah atau kakak senior yang telah berpengalaman.

Biaya pendaftaran SNBP perlu dikeluarkan oleh calon peserta karena biayanya tidak gratis. Pendaftaran dibayarkan melalui bank yang telah bekerja sama dengan panitia SNBT.

Informasi lain seperti persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan program studi, daftar perguruan tinggi negeri, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran Online Politap Jalur USM

USM atau Ujian Saringan Masuk merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Politap untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur USM ini terbuka untuk siswa lulusan SMA / SMK atau sederajat maksimal 3 tahun terakhir.

Jalur USM biasanya dibuka untuk 2 gelombang yaitu gelombang 1 yang dibuka sekitar bulan Mei dan gelombang 2 yang dibuka sekitar bulan Juni atau Juli. Untuk kepastian jadwal dapat dilihat di web Politap.

Berkas Pendaftaran yang Perlu Dipersiapkan pada jalur USM yaitu :
  1. Pas Foto Terbaru
  2. Surat Pernyataan Kebenaran Data
  3. Formulir Deksripsi Pekerjaan Orang Tua
  4. Scan KTP/Kartu Pelajar
  5. Kartu Keluarga
  6. Akte Kelahiran
  7. Scan KTP Ayah Kandung
  8. KTP Ibu Kandung
  9. Warna Surat Tidak Buta Warna (Asli) dari pukesmas atau rumah sakit
  10. Warna Surat Keterangan Sehat (Asli) pukesmas atau rumah sakit
  11. Ijazah/SKHU/Surat Keterangan Lulus
  12. Bukti Biaya Listrik 3 Bulan Terakhir
  13. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Slip Gaji
  14. Foto Keluarga (Foto bersama orang tua dan keluarga) Terbaru di depan rumah
  15. Foto Ruang Tamu Rumah
  16. Foto Ruang Dapur Rumah
  17. Foto Rumah Tampak Depan Seutuhnya
  18. Kartu Bantuan Sosial/KIP (Jika Ada)

                                    Bagi yang ingin mendaftar, silahkan terlebih dahulu melengkapi informasi bacaannya di laman pmb.politap.ac.id. Setelah memahami secara keseluruhan, silahkan daftarkan diri.

                                    D. Pendaftaran Online KIP Kuliah Politap

                                    KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

                                    Pengajuan KIP Kuliah dilakukan bersamaan dengan jalur seleksi yang diikuti seperti jalur SNBP, SNBT, atau jalur mandiri.

                                    Pendaftaran KIP Kuliah melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbid.go.id

                                    Informasi pendaftaran lebih seperti persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, jadwal pelaksanaan, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah


                                    Itulah jalur - jalur seleksi yang dibuka oleh POLITAP yang dapat kalian pilih pada saat ingin mendaftar kuliah di kampus ini.

                                    Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi

                                    Baca juga :

                                    Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Online POLITAP Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga apa yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan gambaran untuk kalian terutama yang ingin kuliah di Politeknik Negeri Ketapang

                                    Admin turut mendoakan semoga kalian bisa diterima menjadi mahasiswa di Politeknik Negeri Ketapang. Mari bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya. Sukai juga halaman web kami.