Pendaftaran Online UNTIRTA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.untirta.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNTIRTA Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNTIRTA Online, PMB UNTIRTA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTIRTA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIRTA, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, UNTIRTA, Pendaftaran Kuliah UNTIRTA, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur KIP Kuliah, Jalur Mandiri UNTIRTA, Pendaftaran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, UNTIRTA, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan membahas informasi tentang Pendaftaran Online UNTIRTA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin kuliah di kampus UNTIRTA. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau yang sering disebut dengan UNTIRTA merupakan Universitas Negeri yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) memiliki dua kampus yaitu kampus Serang dan kampus Cilegon.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) didirikan pada 1 Oktober 1981 sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang kemudian berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada 19 Maret 2001.

Moto dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) adalah Maju, Bermutu, dan Berkarakter dalam Kebersamaan. Julukan untuk Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) adalah Kampus Peradaban.

Saat ini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) memiliki beberapa fakultas dan program studi yaitu :

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Biologi.
Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum
Fakultas Ekonomi
  • Akuntansi (S1), Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Ekonomi Islam (S1), Keuangan Perbankan (D3), Akuntansi (D3), Perpajakan (D3), Pemasaran (D3)
Fakultas Ilmu Sosial Politik
  • Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Pemerintahan
  • Fakultas Pertanian
  • Agribisnis, Agroekoteknologi, ddan Perikanan
Fakultas Teknik
  • Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi, Teknik Sipil
Program Studi Baru
  • Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Program Studi Bimbingan Konseling, Program Studi Pendidikan IPA, dan Program Studi Seni Drama, Tari, dan Musik.
Program Pasca Sarjana
  • Ilmu Hukum, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Administrasi Publik, Magister Akuntansi, dan Magister Manajemen

Itulah sekilas tentang tentang Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). Semoga bisa memberi gambaran kepada kalian yang ingin mengetahuinya. Baiklah kita kembali ke pembahasan awal yang akan membahas jalur-jalur masuk Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA).

Pada tahun ini, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) membuka beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru, diantaranya adalah jalur SNBP, jalur SNBT, jalur SMMPTN Barat, Jalur mandiri, dan jalur masuk Program Pascasarjana. 

Melalui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, maka kalian mempunyai kesempatan yang besar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). Namun, perlu diingat bahwa harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi agar bisa masuk dengan lancar sesuai harapan.

Langsung saja kita akan membahas tentang jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). Simak pembahasannya dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran UNTIRTA Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi yang diadakan secara nasional untuk siswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik di sekolah berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. 

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK kelas XII di tahun ini (siswa yang akan lulus di tahun ini). Siswa yang tidak bisa mengikuti seleksi SNBP bisa mengikuti jalur lainnya seperti jalur SNBT atau jalur Mandiri yang diadakan oleh UNTIRTA.

Proses pendaftaran diawali oleh pihak sekolah dengan memberikan rekomendasinya. Kemudian calon peserta melanjutkan pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran gratis sehingga calon peserta tidak perlu mengeluarkannya.

Informasi lengkap seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, link pendaftaran, cara pendaftaran, ketentuan pilihan program studi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP.

2. Pendaftaran UNTIRTA Jalur SNBT

Selain SNBP, masih ada jalur seleksi nasional lainnya yaitu SNBT. SNBT merupakan jalur seleksi nasional dengan seleksi berdasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN. 

UNTIRTA adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi SNBT. Jadi kalian bisa masuk ke UNTIRTA melalui jalur ini, tentunya dengan mengikuti semua ketentuan yang berlaku.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengunjungi situs resminya.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarakan karena tidak gratis.

Keterangan lain mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jadwal seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran UNTIRTA Jalur SMMPTN Barat

Selain jalur SNBP dan SNBT, UNTIRTA turut serta dalam jalur SMMPTN Barat

Calon mahasiswa yang ingin masuk ke UNTIRTA dapat mengikuti jalur seleksi SMMPTN Barat ini. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran SMMPTN Barat.

4. Pendaftaran UNTIRTA Jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM)

Jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM) UNTIRTA dibuka untuk memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di kampus ini. 

Jalur UMM UNTIRTA ada beberapa yaitu :
  • UMM D3 dan Alih Jenjang
  • UMM S3 dan S3, dan 
  • UMM Jalur Prestasi

# UMM D3 dan Alih Jenjang (S1)

Untuk yang ingin masuk ke program Diploma 3 atau Alih Jenjang (S1) maka bisa mengikuti jalur seleksi masuk ini. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website resmi.

# UMM Jalur Prestasi

Bagi calon mahasiswa yang memilik prestasi di bidang akademik maupun non akademik, maka bisa mengikuti seleksi jalur ini untuk mendaftar di UNTIRTA.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa yang mempunyai prestasi akademik atau non akademik untuk lulusan SMA / MA / SMK atau sederajat paling lama 3 (tiga) tahun terakhir.

# Jalur Masuk Program Pascasarjana (S2 / S3) 

UNTIRTA membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana yang dilakukan melalui tes. Bagi yang ingin kuliah jenjang pascasarjana di UNTIRTA, silahkan daftarkan diri dengan memenuhi ketentuan yang berlaku. 

Informasi lainya berkaitan dengan pendaftaran mahasiswa baru Pascasarjana UNTIRTA bisa dilihat di pasca.untirta.ac.id

3. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dilihat dari segi ekonomi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah juga pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah ini seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah,  tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, pertanyaan & solusi seputar KIP Kuliah, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Itulah informasi yang berkaitan dengan jalur-jalur seleksi masuk ke UNTIRTA. Silahkan ikuti jalur seleksi yang diminati tentunya dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNTIRTA

Silahkan Baca Juga Pendaftaran PTN Lainnya :

Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pendaftaran Online UNTIRTA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah diberikan bisa membantu kalian dalam melakukan proses pendaftaran.

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus seleksi sehingga nantinya bisa menjadi mahasiswa UNTIRTA. Terima kasih telah membaca artikel di web ini. Semoga kita bisa menjadi orang yang berilmu dan bisa menjadi orang sukses sejak muda. Aamiin. 

Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya dan sukai juga halaman web kami.