Pendaftaran Online UNTAD 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.untad.ac.id 2024  -- Pendaftaran UNTAD Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNTAD Online, PMB UNTAD, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTAD, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTAD, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNTAD, Pendaftaran Kuliah UNTAD, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Jalur Bidikmisi, Universitas Tadulako, UNTAD. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Online UNTAD 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Infomasi ini ditujukan terutama bagi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang ingin mendaftar kuliah di UNTAD. Langsung saja simak informasi selengkapnya.
http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Tadulako (UNTAD)

Universitas Tadulako atau yang disingkat dengan UNTAD adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. Universitas Tadulako (UNTAD) telah didirikan pada tanggal 14 Agustus 1981.

Beberapa Fakultas dan Proram Studi yang ada di Universitas Tadulako (UNTAD) yaitu :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari program studi : Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Bimbingan dan Konseling, PGSD, PAUD, PJKR, PPKN, Sejarah, Geografi, Fisika, Kimia, Matematika.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari program studi : Fisika, Matematika, Statistik, Kimia, Biologi, Farmasi
  • Fakultas Ekonomi (FEKON) terdiri dari program studi : Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Akuntansi
  • Fakultas Pertanian (FAPERTA) terdiri dari program studi : Agroteknologi, Agrobisnis
  • Fakultas Teknik (FATEK) terdiri dari program studi : Teknik Sipil (D3), Teknik Sipil (S1), Teknik Arsitektur, Teknik Mesin (D3), Teknik Mesin (S1), Teknik Elektro (D3), Teknik Elektro (S1), Teknik Informatika (S1)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari program studi : Ilmu Administrasi Sejarah, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Sosiologi, Antropologi, Komunikasi
  • Fakultas Kehutanan (FAHUT) terdiri dari program studi : Kehutanan
  • Fakultas Hukum (FAKUM) terdiri dari program studi : Ilmu Hukum
  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) terdiri dari program studi : Pendidikan Dokter, Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Peternakan dan Perikanan (FAPETKAN) terdiri dari program studi : Peternakan, Perikanan

Program Pascasarjana UNTAD
  • Terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Pertanian, Doktoral Ilmu Ekonomi, Magister Bahasa Indonesia, Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen, Magister Pembangunan Wil. Pedesaan, Magister Agribisnis, Magister Ilmu-ilmu Pertanian, Magister Pendidikan Bhs. Inggris, Magister Pendidikan Sains, Magister Ilmu Hukum, Magister Teknik Sipil, Magister Pendidikan IPS, Magister Pendidikan Sejarah,  Magister Pendidikan Matematika, dan Magister Akuntansi

Itulah sedikit ulasan tentang Universitas Tadulako (UNTAD). Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan.

Sekarang langsung saja kita akan membahas tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Tadulako (UNTAD). Pahami penjelasannya berikut ini.

1. Pendaftaran UNTAD Jalur SNBP

UNTAD adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi SNBP. Seperti yang telah dijelas di website resmi bahwa SNBP merupakan jalur seleksi tanpa tes masuk ke PTN yang seleksinya didasarkan raport dan portofolio akademik.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini. Bagi yang berminat silahkan daftarkan diri.

Pendaftaran SNBP dimulai oleh pihak sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi yang berprestasi. Setelah diberi rekomendasi oleh pihak sekolah, siswa dapat melanjutkan pendaftaran hingga selesai.

Biaya pendaftaran di jalur SNBP gratis.

Penjelasan lain seperti link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, tanggal atau jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran, tahapan seleksi, prinsip seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan mengikuti SNBP, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP

2. Pendaftaran UNTAD Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan / atau kriteria lain yang disepakati PTN.

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Jalur ini bisa dimanfaatkan untuk kalian yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online dengan mengakses laman resminya. Link pendaftaran dapat ditemukan diakhir pembahasan di bagian ini.

Biaya pendaftaran SNBT tidak gratis sehingga calon peserta perlu mengeluarkan biaya ini. Pembayaran dilakukan melalui bank yang telah bekerja sama dengan panitia SNBT.

Untuk keterangan lain yang dibutuhkan seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, tanggal pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarag kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah ini seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, pertanyaan & solusi seputar KIP Kuliah, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah

4. Pendaftaran UNTAD Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh panitia UNTAD untuk menjaring calon mahasiswa baru yang mempunyai kualitas yang baik.

Jalur mandiri UNTAD dikenal dengan nama SMMPTN atau Seleksi Mandiri Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri.

Untuk bisa mendaftar jalur SMMPTN, kalian harus memenuhi semua persyaratan yang ditentukan seperti berikut ini.
  1. Lulus dari satuan pendidikan SMA / SMK / MA / MAK atau yang setara
  2. Ujian Nasional  SMA / SMK / MA / MAK atau yang setara paling lama 4 tahun terakhir
  3. Untuk lulusan 4 tahun terakhir memiliki Ijazah  SMA / SMK / MA / MAK atau yang setara
  4. Lulusan tahun berjalan sekurang-kurangnya telah memiliki surat keterangan hasil ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap Sekolah
  5. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di Perguruan Tinggi
  6. Tidak buta warna bagi Program Studi tertentu

Setelah memenuhi persyaratan di atas, selanjutnya melakukan pendaftaran SMMPTN UNTAD. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi UNTAD yaitu pmb.untad.ac.id . Informasi lainnya bisa dibaca pada alamat tersebut.

5. Pendaftaran Pascasarjana UNTAD

UNTAD kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk program pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UNTAD, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka tentunya harus memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Tahapan penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana UNTAD :
  • Pendaftaran calon mahasiswa online di pasca.untad.ac.id atau langsung di gedung sekretariat pascasarjana
  • Mengikuti seleksi penerimaan 
  • Melihat pengumuman hasil seleksi 
  • Pendaftaran ulang mahasiswa yang lulus seleksi

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNTAD yang bisa dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNTAD. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakatmu.

Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNTAD. 


Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online UNTAD Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi terkait.

Admin mendoakan semoga kalian lulus ujian seleksi masuk UNTAD. Admin juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk membaca disini. Sekian info dari admin, dan salam sukses untuk kita semua.

Mari bantu berbagi atau share informasi ini pada rekan atau kerabat lainnya yang membutuhkan.