Pendaftaran Online IAIN Curup 2024/2025

pmb.iaincurup.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Curup Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Curup, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Curup, Informasi Penerimaan Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Curup, SPMB IAIN Curup, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Mandiri, KIP Kuliah, Institut Agama Islam Negeri Curup. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online IAIN Curup 2024/2025. Sebelum membahas tentang pendaftaran online tersebut, terlebih dahulu admin akan mengajak anda untuk menambah sedikit informasi tentang Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

IAIN Curup atau dengan kepanjangan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup adalah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Indonesia.

Sebelum berstatus sebagai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup seperti sekarang ini, status sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup.

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup telah didirikan pada 19 September 1997. Pada mulanya STAIN Curup merupakan Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Curup yang berstatus sebagai fakultas jauh dari UIN Raden Fatah Palembang.


Kini PTKIN ini berstatus sebagai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup atau disingkat IAIN Curup. Perubahan tersebut didasarkan pada Peraturan Presiden Republik Indonesia yang ditandatangai oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, Nomor 24 Tahun 2018 tentang “Institut Agama Islam Negeri Curup” pada 5 April 2018. Dengan demikian, STAIN Curup telah resmi menjadi IAIN Curup.

Ada cukup banyak Program Studi yang terdapat di IAIN Curup, yaitu :
  • Pendidikan Agama Islam
  • Tadris Bahasa Inggris
  • Pendidiikan Bahasa Arab
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  • Komunikasi Penyiaran Islam
  • Ahwal al-Syakhsiyyah
  • Perbankan Syariah
  • Manajemen Pendidikan Islam
  • Hukum Tata Negara Islam
  • Ilmu Al-Quran dan Tafsir
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • Bimbingan Penyuluhan Islam
  • Tadris Matematika
  • Tadris Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • Ekonomi Syariah
  • Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

Setelah membaca sedikit ulasan di atas, semoga wawasan anda bertambah. Ayo sekarang kita lanjutkan kembali pembahasan awal kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri Curup.

Pada tahun ini, Institut Agama Islam Negeri Curup membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional maupun jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka adalah jalur SPAN-PTKIN dan jalur UM PTKIN. Persiapkan diri anda untuk menghadapi ujian seleksi agar harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa baru di IAIN Curup bisa terkabulkan.

Langsung saja kita akan membahas secara rinci jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri Curup berikut ini. Simak dengan baik Informasinya.

1. Pendaftaran IAIN Curup Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi nasional yang didasarkan pada nilai raport siswa dan prestasi akademik lainnya.

Jalur SPAN-PTKIN ini diperuntukkan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Islam Negeri seperti UIN / IAIN / STAIN, salah satunya adalah IAIN Curup.

Ketika akan mendaftar, calon peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya dapat melakukan pendaftaran secara online melalui website resmi SPAN-PTKIN yaitu www.span-ptkin.ac.id

Semua informasi yang berkaitan dengan SPAN-PTKIN seperti jadwal lengkap, prosedur, nama-nama PTN lain, tata cara pendaftaran dan hal terkait lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran Online SPAN-PTKIN

2. Pendaftaran IAIN Curup Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ini adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil ujian tertulis yang diperoleh siswa.

Jalur UM-PTKIN ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia seperti UIN / IAIN / STAIN.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat website www.um-ptkin.ac.id. Informasi selengkapnya mengenai UM-PTKIN yang berupa jadwal lengkap, tahapan seleksi, tata cara mengikuti seleksi, nama-nama PTKIN, dan hal lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran Online UM-PTKIN

3. Pendaftaran Online IAIN Curup Jalur Mandiri

Jalur Mandiri merupakan jalur seleksi yang diadakan secara langsung oleh panitia penyelenggara, dalam hal ini panitia IAIN Curup yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke IAIN Curup.

Dengan kata lain bisa juga dikatakan bahwa jalur Mandiri merupakan jalur alternatif bagi anda yang mungkin sebelumnya telah mengikuti SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN, tetapi tidak lulus, maka anda bisa mengikuti jalur seleksi Mandiri ini.

Informasi lain yang berkaitan dengan pendaftaran jalur mandiri bisa diakses langsung melalui website resmi IAIN Curup yaitu iaincurup.ac.id

4. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Curup

IAIN Curup juga turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu yang disebut dengan program KIP Kuliah.

KIP Kuliah akan disalurkan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang dapat memenuhi persyaratan pendaftaran serta ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca di pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag.

5. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Curup

IAIN Curup juga melakukan penerimaan calon mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah di bidang keagamaan islam untuk jenjang Pascasarjana, maka bisa kuliah di IAIN Curup.

Untuk informasi pendaftaran selengkapnya bisa anda baca di website resmi Pascasarjana IAIN Curup di alamat : iaincurup.ac.id

Baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran Online IAIN Curup. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi masuk IAIN Curup pada tahun ini. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada anda yang telah membaca artikel ini. Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua.

Mari bantu berbagi atau share informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.