Pendaftaran Online ULBI 2024/2025 (POLTEKPOS / STIMLOG)

admission.ulbi.ac.id 2024 -- Pendaftaran ULBI, Admissian ULBI, Jurusan di ULBI, ULBI BUMN, Pendaftaran Poltekpos - Politeknik Pos Indonesia / STIMLOG, PMB ULBI, Penerimaan Mahasiswa Baru ULBI, Info Pendaftaran Online ULBI, Jalur undangan / tes / beasiswa. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan menyampaikan informasi tentang Pendaftaran Online ULBI 2024/2025 (POLTEKPOS / STIMLOG). Informasi diberikan dengan tujuan agar memudahkan kalian dalam mendapatkan informasi tentang Admisi ULBI. Informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/


Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) hasil merger dari Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS) dan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG) Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 334/E/O/2022 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 24 Mei 2022. ULBI merupakan Perguruan Tinggi Pertama di Indonesia yang berfokus pada keilmuan bidang Logistik, Manajemen Rantai Pasok, E-Commerce, dan Bisnis.

ULBI adalah institusi pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), ULBI memiliki visi menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul secara Nasional dalam bidang Logistik dan Manajemen Rantai Pasok.

Poltekpos sendiri awalnya didirikan pada 5 Juli 2001 berdasarkan SK Mendiknas No. 56/D/O/2001.

Ada beberapa jurusan yang ada di ULBI yaitu sebagai berikut :

Sekolah Vokasi, terdiri dari :
  • D3 Akuntansi
  • D3 Manajemen Bisnis
  • D3 Manajemen Logistik
  • D3 Sistem Informasi
  • D3 Teknik Informatika
  • S1 Terapan Manajemen Bisnis
  • S1 Terapan Akuntansi Keuangan
  • S1 Terapan Logistik Bisnis
  • S1 Terapan Teknik Informatika
  • S1 Terapan E-Commerce Logistik

Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis, terdiri dari :
  • S1 Manajemen Logistik
  • S1 Manajemen Transportasi
  • S1 Manajemen Rekayasa
  • S1 Sains Data
  • S1 Bisnis Digital
  • S2 Magister Manajemen Logistik konsentrasi :
    • Logistics & Supply Chain Management
    • Logistics & Transportation Management

Jika dari beberapa jurusan yang ada di ULBI tersebut salah satunya ada yang kalian minati dan juga berminat untuk menjadi mahasiswa ULBI, segeralah daftarkan diri dengan melengkapi persyaratan pendaftaran dan menyesuaikan dengan jadwal dan ketentuan yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara.

Pada tahun ini, Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) membuka pendaftaran online mahasiswa baru melalui beberapa jalur seleksi yang akan disampaikan berikut ini.

A. Jalur Undangan

Jalur Undangan merupakan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ULBI dimana calon mahasiswa mendapatkan Surat Undangan Resmi dari Tim Admisi ULBI. 

Jalur ini khusus bagi para calon mahasiswa baru tahun lulusan tahun ini (Fresh Graduate) mempunyai nilai rerata mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Semester 4 minimal = 75 (nilai yang digunakan adalah nilai pengetahuan).

B. Jalur Rapor

Jalur Rapor merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru ULBI bagi lulusan 2 tahun terakhir (lulusan tahun ini dan tahun kemaren) dengan rata-rata nilai rapor pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris semester 4 = 70 (nilai yang digunakan adalah nilai pengetahuan).

C. Jalur CBT

Jalur CBT (Computer Based Test) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru ULBI tes berbasis komputer bagi lulusan 5 tahun terakhir. Tes dilaksanakan secara online setelah pengisian data diri, dengan hasil tes secara realtime.

D. Jalur UTBK/SNBT

Jalur UTBK/SNBT merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru ULBI bagi siswa siswa SMA/SMK/MA yang telah mengikuti Ujian Berbasis Komputer (UTBK) / Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) lulusan 5 tahun terakhir dengan persyaratan mengupload sertifikat UTBK/SNBT.

E. Jalur Mandiri

Jalur Mandiri merupakan Jalur Prioritas untuk masuk dan diterima di ULBI dengan hasil pengumuman kelulusan / diterima dapat diketahui dihari yang sama (One Day Service).

Jalur ini dibuka untuk lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat 5 tahun terakhir.

F. Jalur RPL - Sekolah Vokasi

RPL adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal. 

Dengan demikian program RPL dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan formal pada jenjang yang lebih tinggi, dimana seseorang tidak perlu mengambil keseluruhan mata kuliah untuk mendapatkan ijazah, dikarenakan sebagian mata kuliah dapat memperoleh pengakuan kredit berdasarkan pengalaman kerjanya atau berdasarkan pendidikan formal / nonformal / informal yang relevan yang telah ditempuh sebelumnya. Pengakuan sebagian mata kuliah tersebut dilakukan melalui tahap asesmen yang dilakukan oleh asesor.

G. Beasiswa KIP Kuliah

KIP Kuliah adalan bantuan biaya pendidikan yang diberikan pada para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Penerima KIP Kuliah Merdeka adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.

Catatan:
Khusus Calon Pendaftar yang pernah mendaftarkan diri ke ULBI melalui jalur lain (Rapor, Undangan, UTBK/SNBT, CBT, Mandiri dan APERTI BUMN) tidak dapat daftar kembali di jalur KIP Kuliah

Baca lebih lanjut : Pendaftaran KIP Kuliah

H. Jalur Beasiswa ULBI

Jalur Beasiswa ULBI merupakan Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang dimana Pendaftara akan mendapatkan Bantuan Biaya Pendidikan berupa Beasiswa Penuh maupun Khusus.

Program Beasiswa ULBI diantara lain:
  • Beasiswa ULBI (Beasiswa Khusus berupa Potongan Biaya Kuliah Secara Penuh/Khusus)
  • Beasiswa PT Pos Indonesia (Beasiswa dan Rekrutmen Kerja)
  • Beasiswa YPBPI (Beasiswa langsung untuk mahasiswa aktif)
  • Beasiswa Aperti BUMN (Beasiswa Penuh hingga lulus)
  • Beasiswa Jabar Leader (Program beasiswa dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat)


Laman Pendaftaran

Jika berminat mengikuti jalur seleksi di atas, kunjungi laman https://admission.ulbi.ac.id/ untuk membaca lebih lanjut mengenai jalur yang akan diikuti.


Itulah beberapa jalur seleksi masuk ke ULBI. Silahkan ikuti salah satunya. Atau jika tidak lulus dai satu jalur maka bisa mengikuti jalur lainnya yang masih dibuka.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka ikuti yang ada di laman resmi ULBI.

Baca juga :
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran Online Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) yang telah admin berikan bisa membantu kelancaran anda dalam melaksanakan proses pendaftaran sampai melihat pengumuman kelulusan. 

Terima kasih admin ucapkan kepada pengunjung setia yang telah membaca artikel ini. Sekian dari admin dan salam sukses. Ayo sukai halaman web kami dan berbagi info pada teman lainnya.