Pendaftaran Online POLIBAN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.poliban.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLIBAN Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB POLIBAN, Penmaru POLIBAN, Pendaftaran POLIBAN Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLIBAN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLIBAN, Informasi Pendaftaran Diploma POLIBAN, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri Kerjasama, Mandiri Prestasi, Mandiri Tes, KIP Kuliah, Jalur Mandiri, Politeknik Negeri Banjarmasin. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online POLIBAN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi anda utamanya yang ingin kuliah di POLIBAN. Simak informasi selengkapnya berikut ini.


Banjarmasin adalah Ibukota dari Kalimantan Selatan. Di Banjarmasin terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti UNLAM, POLIBAN, dan lain-lain.

POLIBAN atau Politeknik Negeri Banjarmasin adalah sebuah Politeknik Negeri yang berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia, yang telah didirikan sejak tahun 1986.

Pada awalnya Politeknik Negeri Banjarmasin merupakan Politeknik Univesitas Lambung Mangkurat yang telah memisahkan diri sejak tahun 1997 dan saat ini semakin berkembang.

Jurusan dan Program studi yang ada di POLIBAN, yaitu :

Jurusan Teknik Sipil dan Kebumian, terdiri dari program studi :
  • D4 Teknik Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan
  • D4 Teknik Bangunan Rawa
  • D4 Tekonologi rekayasa geomatika dan survei
  • D3 Teknik Sipil
  • D3 Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Mesin, terdiri dari program studi :
  • D4 Teknologi Rekayasa Otomotif
  • D3 Teknik Mesin
  • D3 Alat Berat
  • D2 Tata Operasi Dan Pemeliharaan Prediktif Alat Berat

Jurusan Teknik Elektro, terdiri dari program studi :
  • D4 Sistem Informasi Kota Cerdas
  • D4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi
  • D4 Teknologi Rekayasa Otomasi
  • D3 Teknik Listrik
  • D3 Elektronika
  • D3 Teknik Informatika

Jurusan Akuntansi, terdiri dari program studi :
  • D4 Akutansi Lembaga Keuangan Syariah
  • D3 Akutansi
  • D3 Komputerisasi Akutansi

Jurusan Administrasi Bisnis, terdiri dari program studi :
  • D4 Bisnis Digital
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D3 Manajemen Informatika

Itulah sekilas informasi mengenai POLIBAN. Bagi kalian yang ingin kuliah di POLIBAN, mungkin informasi tersebut bisa menambah sedikit wawasan terutama mengenai program studi yang nantinya akan dipilih saat mendaftar sebagai mahasiswa baru.

Pada saat kalian ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru POLIBAN, maka perlu mengetahui jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh POLIBAN.

Dengan mengetahui jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh POLIBAN, nantinya dapat menentukan jalur mana yang akan diikuti untuk bisa lulus seleksi masuk POLIBAN.

POLIBAN membuka jalur seleksi nasional dan juga jalur mandiri. Adapun jalur seleksi nasional yang dimaksud yaitu jalur SNBP dan jalur SNBT.

Berikut ini akan diberikan penjelasan mengenai jalur-jalur seleksi masuk POLIBAN yang dapat dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru POLIBAN.

1. Pendaftaran Online POLIBAN Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke perguruan tinggi negeri yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Perguruan tinggi negeri yang dimaksud salah satunya adalah Poliban ini.

Seleksi SNBP didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki siswa yang dilihat dari nilai raport, serta prestasi lainnya yang relevan.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi terbaiknyanya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu, siswa-siswi tersebut dapat melakukan pendaftaran SNBP sendiri untuk melengkapi data pendaftaran.

Mengenai biaya pendaftaran bahwa biaya pendaftarannya gratis.

Untuk penjelasan lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran lengkap, cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, pilihan program studi, jumlah pilihan perguruan tinggi negerinya, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Inforamasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online POLIBAN Jalur SNBT

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru lulusan SMA / sederajat 3 tahun terakhir yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri melalui tes.

Bagi yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Mengenai biaya pendaftaran bahwa biayanya ditanggung oleh calon peserta, alias tidak gratis.

Untuk proses pendaftarannya dilakukan sendiri secara online oleh calon peserta. Namun apabila mengalami kesulitan, pihak sekolahpun biasanya akan membantu para lulusannya untuk mendaftar SNBT,

Penjelasan lebih rinci mengenai SNBT seperti persyaratan, jadwal, cara mendaftar, kriteria penerimaan, pilihan program studi, pilihan perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel yang telah kami siapkan sendiri dengan judul : Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran Online POLIBAN melalui Jalur Mandiri

Jalur Mandiri POLIBAN adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh POLIBAN untuk memberikan kesempatan pada calon mahasiswa baru yang berkeinginan untuk menempuh pendidikan di kampus ini.

Ada 3 jalur mandiri yang dibuka oleh POLIBAN yaitu :
  • Jalur Mandiri Prestasi
    • Jalur ini dapat diikuti oleh siswa-siswi berprestasi yang memenuhi kriteria sesuai ketentuan. 
  • Jalur Mandiri Tes
    • Jalur ini dapat diikuti oleh calon peserta yang berkeinginan mendaftar
  • Jalur Mandiri Kerjasama
    • Jalur ini hanya bisa diikuti oleh SMK terpilih untuk mendaftarkan siswa-siswinya.

Jalur mandiri umumnya dibuka setelah jalur seleksi nasional berakhir. Nah untuk kalian yang masih belum lulus juga melalui jalur nasional, maka bisa mendaftar di jalur mandiri ini.

Mengenai pendaftaran dan informasi yang lebih rinci terkait jalur mandiri silahkan kunjungi langsung laman https://pmb.poliban.ac.id

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah POLIBAN

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dilihat diri segi ekonomi orang tuanya. Calon mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi KIP Kuliah.

Calon peserta yang ingin mendaftar dapat mengunjungi laman resmi KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Calon peserta yang ingin mendaftar KIP Kuliah juga harus terdaftar pada jalur seleksi masuk ke POLIBAN. Pendaftarannya KIP Kuliah hampir bersamaan dengan pendaftaran jalur seleksi masuk yang diikuti.

Informasi seperti persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah jalur-jalur seleksi yang dibuka oleh POLIBAN untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya. Silahkan kalian jalur seleksi yang diinginkan.

Apabila ada perubahan atau perbedaan terkait infomasi ini, maka ikuti yang ada di laman resminya.

Sumber : https://pmb.poliban.ac.id/

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online POLIBAN (Politeknik Negeri Banjarmasin). Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk kalian terutama yang ingin kuliah di POLIBAN.

Jangan lupa untuk belajar dan juga berdoa agar keinginan anda untuk lulus seleksi dan bisa kuliah di Poliban bisa terwujudkan. Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Bagikan artikel ini.